in ,

10 Tips Membuat Ruang Kerja Jadi Lebih Nyaman

Tips Membuat Ruang Kerja Yang Nyaman

Terlepas dari Anda yang baru memasuki fase bekerja dari rumah (WFH) atau pun sudah lama WFH, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu di meja kerja dan fokus di depan laptop. Walaupun sesekali Anda pergi untuk mengambil minum atau makan, pergi ke kamar mandi, atau ke luar untuk membuang sampah, ruang kerja akan selalu menjadi tempat terlama menghabiskan waktu saat jam kerja.

Idealnya, tempat kerja yang baik bisa mendorong Anda bekerja dengan nyaman dan berpikir lebih kreatif. Namun, sering kali pekerjaan menumpuk dan berimbas pada kondisi ruangan yang berantakan. Pada akhirnya, Anda akan mencari tempat lain untuk bekerja, seperti di sofa atau meja makan.

Jika Anda sering merasa jengah saat bekerja, mendekorasi ruang dan meja kerja bisa jadi salah satu aktivitas yang bisa dicoba. Apalagi tanpa adanya unsur yang membuat semangat, hari juga akan terasa semakin panjang dan performa Anda bisa terus menurun karena kehilangan motivasi. Jangan sampai ini terjadi, ya.

Saat mendekor, suasana ruang kerja juga bisa merepresentasikan diri Anda, seperti hobi dan kebiasaan-kebiasaan kecil yang Anda miliki. Hanya saja, ini berlaku saat Anda berhasil mengubah ruang kerja dengan meja kerja yang lebih nyaman. Setiap orang juga memiliki preferensi untuk menjadikan area kerja menjadi lebih personal dan tidak setiap meja harus memiliki dekorasi yang sama, ya.

Anda juga tidak perlu sampai membeli peralatan atau dekorasi baru yang mahal untuk mengubah suasana lingkungan kerja secara menyeluruh. Satu hal yang bisa Anda fokuskan adalah mencari cara agar ruang kerja di rumah bisa terlihat menjadi lebih hidup dan menyenangkan. 

Untuk Anda yang ingin mengubah suasana ruang kerja, simak beberapa tips membuat ruang dan meja kerja jadi lebih nyaman di bawah ini, ya!

1. Tentukan Suasana Ruang Kerja

Jika Anda terbiasa bekerja menghadap tembok, mungkin ini bisa menjadi suatu dekorasi yang menarik untuk mengubah suasana ruang kerja. Dengan menggunakan wallpaper atau cat tembok,

Anda bisa menghias tembok dengan pola atau gambar tertentu dan menciptakan sebuah ruangan yang baru. Selain tembok, Anda dapat mengganti warna meja atau kursi untuk dekorasi tambahan.

2. Terapkan Konsep Minimalis

Walaupun menghias meja menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, jangan sampai meja kerja Anda malah penuh dengan dekorasi. Terlalu banyak pernak-pernik di atas meja bisa saja menghambat produktivitas ketimbang mendorong Anda untuk bekerja secara optimal, Iho.

Oleh karena itu, pastikan bahwa hiasan-hiasan yang digunakan tidak terlalu banyak sampai yang akan menjadi penghambat dalam bekerja secara optimal.

3. Gunakan Alat-alat yang Berwarna

Mulai dari keyboard, mousepad, dan alat-alat tulis, Anda bisa mengganti beberapa peralatan kerja dari warna monoton menjadi warna yang cerah atau warna favorit Anda.

Dengan sedikit tambahan warna-warna favorit di beberapa sudut akan memberikan perubahan suasana yang cukup signifikan pada ruang kerja Anda.

Tidak perlu mengganti semua peralatan menjadi satu warna yang khusus, tetapi Anda bisa berkreasi dan menggunakan warna berbeda untuk suasana hati yang menjadi lebih baik saat bekerja.

4. Manfaatkan Tanaman Indoor

Tidak sulit untuk menjaga tanaman indoor dan Anda bisa menempatkan satu atau dua tanaman di atas meja. Bahkan menempatkan tanaman di atas meja kerja telah terbukti bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat karena membuat tingkat konsentrasi meningkat saat bekerja di depan laptop. Tampilan meja kerja juga jadi terlihat lebih menarik.

Selain untuk dekorasi, tanaman indoor juga bisa membantu menghidupkan ruangan dan memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Keberadaan tanaman akan mengubah meja yang gelap dan membosankan menjadi lebih cerah.

Salah satu tanaman yang bisa Anda simpan tanpa memerlukan perawatan yang besar adalah kaktus.

5. Pajang Foto

Memajang foto adalah dekorasi yang bisa Anda tambahkan. Anda bisa menaruh foto bersama dengan teman, keluarga, pasangan, atau quotes yang bisa meningkatkan suasana hati.

Untuk tambahan ekstra, Anda bisa memasang foto yang bisa dijadikan motivasi untuk bekerja dengan giat. Jika Anda bersemangat, maka pekerjaan pun akan terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

6. Tuangkan Kreativitas pada Kalender

Di setiap meja kerja, kalender adalah salah satu benda yang esensial. Sebab, Anda akan menjadwalkan seluruh pertemuan, deadline, hingga waktu cuti Anda dengan melihat kalender.

Maka dari itu, Anda bisa memberikan sedikit hiasan atau dekorasi pada kalender Anda, seperti menggambar doodle atau menambahkan stiker. Jadi, kalender Anda tidak akan terlihat membosankan.

7. Dekat dengan Jendela

Sebuah ruangan yang memiliki jendela akan memiliki suasana yang berbeda dengan ruangan yang tidak memiliki jendela. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari yang masuk dapat memberi kesan yang terang dan lega pada sebuah ruangan. Di lain sisi, ruangan yang tidak memiliki jendela biasanya akan bergantung dengan lampu ruangan dan umumnya terlihat redup.

Dengan memastikan ruang kerja Anda mendapat asupan sinar matahari yang cukup, Anda akan menjadi lebih semangat dan giat dalam bekerja. Namun, jika ruang kerja tidak dekat dengan jendela, Anda bisa memilih lampu penerangan yang tepat, tidak terlalu silau atau redup.

8. Siapkan Camilan Ringan

Apa arti sebuah ruang kerja tanpa camilan-camilan ringan. Tidak hanya sebagai pengisi energi, menyantap camilan sembari bekerja juga menjadi salah satu cara yang populer untuk mengambil sedikit waktu break. Pemilihan camilan juga harus diperhatikan ya, jangan terlalu berminyak atau terlalu manis sehingga tidak mengganggu saat bekerja.

Untuk penyimpanannya, Anda bisa menyiapkan satu laci khusus untuk menyimpan camilan yang biasa Anda makan ketika bekerja. Walaupun tidak terlihat, laci tersebut akan menjadikan ruang kerja Anda sedikit lebih istimewa.

9. Simpan Barang dalam Laci

Kalau Anda memiliki tumpukan-tumpukan kertas atau buku yang sering Anda pakai saat bekerja, salah satu hal yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan wadah atau tempat penyimpanan.

Misal, memanfaatkan laci-laci meja untuk mengumpulkan kertas-kertas yang masih akan dipakai ke depannya, atau mengumpulkan seluruh kabel-kabel yang tidak terpakai dalam wadah tertutup. Dengan ini, meja kerja akan terlihat lebih rapi dan bersih setelah selesai bekerja.

10. Tambahkan Tempat Penyimpanan

Biasanya, meja kerja memiliki beberapa laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berkas atau alat-alat lainnya. Namun, tidak perlu khawatir jika meja Anda tidak ada laci. Sekarang ini, banyak yang menjual rak buku yang bisa ditempel ke tembok untuk menyimpan barang-barang tambahan, seperti dekorasi atau buku-buku.

Jadi, tidak semua perlu ditumpuk di atas meja dan Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman.

Baca Juga :

Nah, demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar ruang kerja kamu menjadi lebih nyaman. Dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman, tentu saja hal ini dapat menunjang produktivitas kamu dalam bekerja.

Written by Muhammad Taufik

You know me...