in ,

5 Cara Menenangkan Seseorang yang Sedang Menangis

Cara Menenangkan Orang Yang Menangis
Cara Menenangkan Orang Yang Menangis

Melihat seseorang menangis di hadapanmu tentunya merupakan suatu pemandangan yang langka, kamu pun bingung harus menanggapinya dengan sikap seperti apa karena mungkin kamu tidak biasa melihat orang menangis.

Mungkin dalam hatimu muncul pertanyaan seperti apa yang harus ku lakukan? Apakah aku harus memberinya saran? atau apakah aku hanya perlu memberi telinga untuk mendengarkan keluh kesahnya?

Entah orang itu adalah pacarmu, temanmu, keluargamu atau siapa pun, pada intinya melihat seseorang menangis di hadapan kita kadang-kadang membuat suasana menjadi canggung, tentunya hal ini hanya terjadi bagi kamu yang belum terbiasa menghadapinya.

Nah, jika kamu kerap merasa bingung harus bersikap seperti apa saat menghadapi orang yang bersedih, maka ada baiknya simak artikel ini sampai selesai karena kamu akan mengerti bagaimana cara menenangkan seseorang yang sedang menangis.

1. Memberi Pelukan

Tak banyak yang bisa kita lakukan ketika seseorang sedang bersedih, juga tak banyak yang bisa kita katakan saat seseorang sedang menangis, sebab meskipun ucapan kita benar, kita akan tampak salah di mata mereka yang sedang mengalami duka.

Disaat-saat seperti ini tak ada cara lain untuk menenangkan seseorang yang sedang menangis kecuali dengan memberinya pelukan, sedikitnya mengelus pundak atau rambutnya dan memberikan sentuhan-sentuhan yang membuatnya merasa disayangi.

Terkadang tidak mengatakan apa-apa adalah hal terbaik yang bisa diterima oleh seseorang yang hatinya sedang bersedih. Maka kamu tak perlu berlagak hebat dengan mencoba menghentikan air matanya, biarkan saja ia menangis sampai puas.

Kamu hanya perlu tetap berada di sampingnya saja, nanti setelah ia puas menangis, hatinya akan tenang dengan sendirinya dan setelahnya barulah kamu boleh memberi kata-kata motivasi untuk menyemangati dirinya.

2. Pahami Situasinya

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa ia menangis, mungkin kebanyakan penyebabnya adalah kesedihan yang mendalam, namun kadang-kadang orang juga bisa menangis karena kesakitan, terlalu bahagia atau terharu.

Sangat penting mengetahui penyebabnya menangis agar kita tahu cara menenangkannya. Jika ia menangis karena kecewa padamu, maka bukanlah hal yang baik jika kamu berada disampingnya.

Saat kamu mengecewakan hati seseorang sampai ia meneteskan air mata, maka jangan berusaha menenangkannya, kamu hanya perlu menenangkan dirimu sendiri, tapi sebelumnya carilah orang lain seperti sahabat atau keluarganya yang bisa membantunya menjadi lebih tenang.

Nanti setelah dia selesai menangis, barulah kamu datang lagi dan meminta maaf. Sementara jika penyebabnya menangis karena berduka, tugasmu adalah memberikannya perhatian dan cinta.

Terakhir, jika penyebabnya menangis karena terlalu bahagia, maka kamu hanya perlu memberikan senyum dan ucapan selamat karena tangisan bahagia berbeda dengan tangisan sedih.

3. Tanyakan Apa yang Dia Butuhkan

Jika seseorang yang kamu sayang seperti pacar atau keluarga sedang menangis, tentunya hatimu juga akan ikut terasa sakit dan lebih sakit lagi jika kamu hanya diam saja tanpa bisa berkata-kata.

Mungkin kamu juga jadi merasa bingung tapi tariklah napas yang dalam, tenangkan dirimu lebih dulu sebelum menenangkan orang lain. Setelahnya berbicaralah untuk menanyakan apa yang dai butuhkan.

Mungkin kamu bisa bertanya seperti “Apakah kamu ingin ku ambilkan tisu?” “Apakah kamu mau ku ambilkan minum?” atau “Apa yang bisa ku bantu?”

Memberikannya pertanyaan akan membantu otaknya untuk berpindah fokus dari kesedihan yang sedang ia rasakan. Namun jangan bersikap seolah kamu ingin menghentikan tangisannya, tetapi tunjukkanlah sikap bahwa kamu peduli.

Sementara jika ia malah meminta untuk ditinggalkan sendirian, maka turuti saja dan lanjutkanlah melakukan pekerjaan atau aktivitasmu seperti biasa. Namun sebelum pergi, katakan padanya untuk menghubungimu jika butuh apa-apa.

4. Jangan Membuatnya Merasa Tertekan

Perlu diketahui bahwa menangis adalah hal yang baik bagi orang yang sedang bersedih, menangis bisa membuat mereka merasa lebih baik dan tenang. Jika kamu memintanya untuk berhenti, maka kamu telah membuatnya merasa tertekan.

Jadi sebenarnya tidak ada cara untuk menenangkan orang yang sedang menangis karena secara alami mereka akan menjadi tenang dengan sendirinya. Justru kebanyakan dari kita salah mengambil sikap saat seseorang sedang menangis bersedih.

Seringkali ketika seseorang sedang menangis kita malah menawarkannya makanan, menawarkan liburan atau hadiah, namun ketahuilah bahwa cara itu sama sekali tidak membuatnya tenang melainkan tertekan.

Selain juga jangan juga memaksanya untuk bercerita, sebab hal itu akan membuat hatinya semakin sakit. Kamu mungkin boleh bertanya sedikit seperti “Maukah kamu bercerita? Aku akan mendengarkanmu.” Tapi jika ia enggan bercerita, jangan memaksa.

Pada intinya untuk menenangkan seseorang yang sedih bersedih, kita tak perlu berusaha keras, kita hanya perlu berhenti melakukan tindakan yang bisa membuatnya tertekan. Hanya dengan tidak membuatnya tertekan saja itu sudah cukup membantunya menjadi lebih tenang.

5. Biarkan Ia Menikmati Prosesnya

Jika seorang sahabatmu menangis karena putus cinta, maka kamu hanya perlu berada di sampingnya sebagai teman saja dan biarkan ia menikmati prosesnya sampai nantinya ia lelah dengan kesedihan.

Begitu pun jika seorang sahabatmu menangis karena berduka cita atas kehilangan seseorang yang ia cintai, kamu hanya perlu berada di sampingnya saja dan pastikan bahwa kamu selalu ada disana.

Percayalah, kehadiranmu saja sudah cukup untuk membuatnya merasa lebih baik. Kamu hanya perlu hadir dan menjadi pendengar saja, jangan mencoba untuk memberinya nasehat atau kesimpulan.

Sebab bukanlah sikap yang bijak jika kamu mengajak seseorang berpikir positif disaat ia sedang berada di titik terendah, simpanlah nasehat bijakmu itu, ada saat dimana kita juga perlu berempati dan memahami situasi orang lain.

Biarkan ia menikmati segala prosesnya, sebab kesedihan itu sendiriah yang akan mengajarkannya untuk dapat berpikir bijak. Tugasmu hanyalah berada disampingnya menjaganya tetap aman.

Baca Juga :

Menangis adalah ekspresi emosi. Sebagaimana kamu tersenyum saat mengekspresikan cinta, maka menangis adalah cara untuk mengekspresikan kesedihan.

Dengan kata lain, setiap rasa perlu di rasakan dan diekspresikan, jika ditahan akan sakit. Sama seperti ketika kamu jatuh cinta tapi berpura-pura tidak, bukankah itu sakit?