Agar Otak Semakin Tajam, 12 Makanan & Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Sama hal nya dengan bagian tubuh lainnya, otak juga membutuhkan asupan nutrisi yang tepat

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
Makanan dan Minuman Yang Mempertajam Otak

Di zaman sekarang ini ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi. Apalagi, ada banyak sekali iklan makanan yang mengatakan bahwa produk mereka baik untuk otak, natural, bebas lemak dan bebas gula.

Namun, benarkah produk-produk yang mereka iklankan seperti itu benar-benar mempunyai fungsi yang baik bagi otak? Nah, untuk produk-produk tersebut kamu harus melakukan riset lebih jauh lagi mengenai efeknya terhadap otakmu.

Tapi tenang saja, artikel kali ini akan membahas tentang 15 makanan yang bisa kamu coba untuk konsumsi rutin agar otakmu bisa berfungsi lebih tajam daripada sebelumnya.

1. Blueberry

blueberry
blueberry

Salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh alam adalah buah blueberry. Bluberry ini terkenal punya reputasi sebagai rajanya antioksidan dan sering digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Memang tak ada banyak riset yang meneliti hubungan dari blueberry dengan meningkatnya fungsi otak. Tapi, ada satu penelitian yang dilakukan kepada 9 orang-orang lanjut usia. Para peneliti menemukan bahwa meminum jus blueberry setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kemampuan ingat mereka.

Jika kamu masih tak yakin dengan manfaat buah blueberry ini, kamu bisa melakukan riset sendiri di Google dan pasti akan menemukan berbagai artikel lain yang membahas mengenai manfaat buah yang satu ini.

Namun, jika kamu mengkonsumsi blueberry terlalu banyak, maka akan memberikan efek samping yang sebaiknya kamu hindari. Disarankan kamu mengkonsumsi blueberry tak lebih dari 113 grams per harinya agar efek samping yang tak diinginkan muncul.

2. Brokoli

brokoli
brokoli

Sudah berapa sering kamu mendengar manfaat sayur berondong satu ini? Kamu bisa memanggangnya, mengukusnya atau melakukan apapun dengan brokoli dan sayur ini bisa tetap bermanfaat baik untuk membuat otakmu lebih tajam.

Ada dua nutrisi penting dalam brokoli yang baik untuk otak. Pertama adalah Vitamin K–yang juga ada di buah blueberry, yang bisa membantu kemampuan kognitifmu. Kedua adalah kandungan nutrisi choline yang meningkatkan daya ingatmu.

Oh ya, brokoli mempunyai enam kali Vitamin K yang lebih banyak daripada blueberry, lho. Cuma kalau berbicara mengenai rasa, blueberry masih menang, sih. Jangan lupa untuk mengkonsumsi beberapa brokoli setiap kamu makan agar otakmu bisa menjadi otak yang super.

3. Walnut

walnut
walnut

Walnut merupakan pilihan terbaik di antara kacang-kacangan lainnya apabila membicarakan tentang meningkatkan kemampuan kognitif. Walnut mempunyai manfaat yang sama dengan kacang lain, namun walnut ini lebih spesial karena ia mengandung omega-3 di dalamnya.

Selain bisa meningkatkan kesehatan jantung, walnut juga bisa membuat ingatanmu lebih tajam–terutama pada wanita. Mengkonsumsi walnut juga memperlambat penurunan kondisi mental dikarenakan Vitamin E yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, selanjutnya, jika kamu ingin ngemil, belilah walnut yang original (tanpa dipanggang ataupun diberikan garam). Rasanya memang tak manis, karena umumnya, makanan yang baik untuk otak itu mempunyai kandungan vitamin yang tinggi serta antioksidan di dalamnya.

4. Green Tea

Green Tea
Green Tea

Green Tea atau Teh Hijau itu mengandung L-theanine yang bisa menurunkan tingkat kecemasanmu. Tak hanya itu saja, tapi green tea juga bisa meningkatkan kadar dopamine dan produksi gelombang alpha yang membuatmu lebih relaks.

Selain itu, green tea juga mempunyai kandungan kafein di dalamnya. Kandungan kafein yang rendah dan digabungkan dengan L-theanine merupakan kombinasi luar biasa yang bagus untuk otakmu.

Orang-orang yang meminum green tea, membuktikan bahwa mereka memiliki tingkatan energi yang lebih stabil serta mereka juga lebih produktif, dibandingkan saat mereka meminum kopi. Maka dari itu, jika kamu mencari minuman yang meningkatkan produktivitasmu, maka silahkan konsumsi green tea setiap harinya.

5. Jeruk

Jeruk
Jeruk

Jeruk adalah anugerah dari alam yang indah dan terkenal dengan kandungan Vitamin C yang kaya di dalamnya. Satu buah jeruk berukuran besar, sudah cukup untuk memenuhi 100% kebutuhan Vitamin C harianmu. Vitamin C ini juga mempunyai banyak manfaat, seperti:

  • Vitamin C bisa meringankan risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung
  • Bisa dikonsumsi untuk melawan tekanan darah tinggi
  • Vitamin C meningkatkan imunitas karena memperbanyak produksi sel darah putih
  • Dan yang paling penting: Vitamin C sudah dibuktikan berhubungan erat dengan meningkatnya ingatan dan daya pikir. Orang-orang yang menderita dementia dilaporkan mempunyai kandungan Vitamin C yang sedikit, jadi bisa diambil kesimpulan bahwa, dengan mengkonsumsi banyak Vitamin C maka bisa mencegah dementia.

6. Alpukat

alpukat-compressed
alpukat-compressed

Buah alpukat ini merupakan sumber dari lemak yang sehat dan baik bagi tubuh, yakni lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal ini dipercaya bisa membuat peredaran darahmu lebih baik dan lebih sehat, sehingga akhirnya bisa membuat otak menjadi lebih sehat.

Selain itu, buah alupkat juga menurunkan tekanan darah sehingga bisa mencegah penurunan kemampuan kognitif. Memakanan 1/4 atau 1/2 buah alpokat setiap harinya sangat disarankan agar otakmu bisa berfungsi dengan super.

7. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak dengan berbagai manfaat; ada yang menggunakannya untuk mandi, ada yang menggunakannya dengan mengoleskannya ke tubuh dan ada juga yang memakainya untuk memasak.

Tapi, untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang baik untuk otak, kamu harus mengkonsumsinya melalui mulut.

Minya kelapa telah terbukti bisa untuk meningkatkan kemampuan dari fungsi otak pada para penderita Alzheimer. Walaupun masih belum terbukti apa manfaatnya kepada orang yang tak menderita Alzheimer, namun tak ada salahnya mencoba, kan?

8. Bayam

Manfaat Bayam Bagi Perkembangan Otak
Bayam

Jika orang-orang lanjut usia mengkonsumsi satu ataupun dua bayam setiap harinya selama 5 tahun lamanya, maka kemampuan kognitif mereka sama baiknya dengan seseorang yang berusia 11 tahun lebih muda yang tak pernah mengkonsumsi bayam.

Semua itu terjadi karena kandungan Vitamin K yang tinggi pada sayuran-sayuran berwarna hijau, termasuk di antaranya bayam. Popeye memang terlihat luar biasa dari fisiknya setelah mengkonsumsi bayam, tapi untuk kamu, otakmu lah yang akan menjadi luar biasa setelah mengkonsumsi bayam.

9. Oatmeal

Makan Oatmeal Untuk Menambah Fokus
Oatmeal

Terkenal sebagai salah satu pilihan terbaik untuk sarapan, oatmeal adalah salah satu jenis sereal berguna yang tak hanya mempunyai kandungan gula saja di dalamnya.

Ada alasan tertentu kenapa oatmeal sering dikonsumsi saat sarapan, yakni karena kandungan karbohidrat dan glukosanya yang bisa meningkatkan kadar gula darahmu.

Jadi, semakin banyak kandungan glukosa yang ada dalam darahmu, maka semakin baik kemampuanmu utnuk fokus dan mengingat berbagai hal. Jika kamu menderita darah rendah di pagi hari dan tak bisa benar-benar “berfungsi” sebelum makan besar, maka kamu bisa mencoba sarapan dengan oatmeal.

10. Kismis

Kismis
Kismis

Anak-anak kecil sering ngemil kismis karena rasanya yang manis, tapi tahukah kamu kalau kismis itu baik untuk otakmu? Raisin adalah sumber nomor satu dari boron yang bisa ditemukan di makanan apapun.

Penelitian menemukan bahwa boron ini berhubungan erat dengan kordinasi mata-tangan dan ingatan jangka pendek. Semakin banyak boron yang kamu konsumsi, maka semakin meningkat pula dua hal tersebut. Tak hanya itu saja, kismis juga mempunyai manfaat seperti bisa menyembuhkan luka dengan cepat dan bisa mencegah kekurangan Vitamin D dalam tubuh.

11. Almond

Manfaat Almond Untuk Mempertajam Otak
Manfaat Almond Untuk Mempertajam Otak

Nah, setelah walnut, kacang-kacangan super lainnya adalah almond. Almond dikenal luas sebagai makananan yang meningkatkan kemampuan mengingat dan mencegah perkembangan alzheimer. Tak terlalu berbeda dengan walnut, kan? Bedanya adalah almond mempunyai kandungan omega 3 yang lebih rendah.

Jika kamu sering lupa berbagai hal setiap harinya, maka mengkonsumsi almond setiap harinya mungkin bisa saja membantu masalahmu itu. Lima hingga enam almond setuap harinya seharusnya sudah cukup. Jangan terlalu banyak, karena banyaknya kandungan lemak dalam almond yang bisa membuatmu gendut.

12. Stroberi

Manfaat Strawberry Untuk Mempertajam Otak
Manfaat Strawberry Untuk Mempertajam Otak

Kebanyakan buah berry dan buah-buahan yang masih satu keluarga dengan berry, dikenal sebagai makanan yang punya manfaat yang bagus untuk otak. Buah-buahan itu bisa mencegah kehilangan ingatan karena umur dan bisa juga memperlambat perkembangan Alzheimer.

Tak hanya itu saja, kandungan potasium dalam stroberi juga bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh, sehingga bisa meningkatkan kemampuan kognitifmu. Mengkonsumsi sekitar delapan stroberi setiap harinya seharusnya cukup untuk merasakan berbagai manfaat yang ada di dalamnya.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile