in

Jangan Salah Paham, Inilah 5 Alasan Mengapa Cintamu Selalu Ditolak

Penyebab Cinta Selalu Ditolak

Kenapa kita selalu menginginkan seseorang yang tak pernah bisa dimiliki? Kita sudah melakukan 1001 cara untuk memikat hatinya, tetapi ia selalu menolak cinta kita.

Kadang-kadang hal ini membuat kita berpikir, “Jangan-jangan aku ini memang tidak layak untuk dicintainya, tetapi aku kan sudah berusaha? Jika melihat semua usaha yang sudah ku lakukan, sepertinya akulah orang yang layak menjadi pendamping hidupnya.”

Bermacam pikiran dan pertanyaan terus muncul dalam benak hati ketika seseorang yang kita cintai tak pernah membalas cinta yang kita berikan. Namun jika kita terus berpikir dan menebak-nebak isi pikirannya, takutnya nanti jadi salah paham, kan?

Daripada terus bergaduh dengan segudang pikiran yang berkecamuk, ada baiknya kita simak beberapa alasan yang biasanya menyebabkan seseorang menolak cintamu.

1. Baginya Cinta Tak Terbalas Adalah Hal Biasa

Mungkin banyak hal yang kita tidak sependapat, namun seharusnya kita setuju bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Contohnya, bagimu cinta yang tak terbalas adalah hal yang buruk, kejam dan tidak manusiawi.

Namun bagaimana jika menurut dia cinta yang tak terbalas adalah hal biasa? Mungkin dari pengalamannya, dia sering mengalami cinta tak terbalas sehingga baginya itu adalah hal biasa.

Kemungkinan lainnya, jangan-jangan ini baru pertama kalinya kamu mengalami yang namanya cinta tak terbalas. Jika benar begitu, maka selamat. Sebab ini adalah langkah awal menuju kedewasaan.

Mungkin ini menjadi hal yang sangat menyakitkan bagimu, karena baru pertama kali mengalaminya. Namun salah satu tanda kedewasaan berpikir adalah kita sudah bisa menerima penolakan dari orang lain.

2. Baginya Cinta Bukanlah Hal yang Penting

Mungkin kamu sudah mencoba berbagai cara untuk memikat hatinya, tapi semua itu gagal dan kamu semakin bertanya-tanya apa yang sebenarnya dia inginkan.

Nah, ketika kita ingin orang lain menyukai kita, maka sangat penting untuk mengetahui apa yang dia inginkan. Sebab menurut sebagian orang cinta saja tidak cukup, mereka butuh sesuatu yang lebih bisa meyakinkan hatinya.

Seperti itulah yang di alami oleh seseorang yang kamu cintai. Bukan dia bermaksud menolak cintamu, hanya saja dia ingin melihat sesuatu dari dirimu yang bisa membuat hatinya yakin untuk menerima kamu.

Setiap orang memiliki prinsip dalam hidupnya yang mungkin akan menghantarkan ia pada tujuan besar yang ingin dicapainya. Mungkin saja, prinsip yang ia pegang sangat jauh dari yang namanya cinta.

Jadi, untuk apa seseorang menerima cinta jika yang ia butuhkan bukanlah cinta? Jika kamu tetap menginginkannya, maka berikan apa yang ia butuhkan dan pastinya itu bukan cinta.

3. Dia Takut Menyakiti Hatimu

Mungkin ini terdengar klasik, tetapi kenyataannya memang benar. Kamu hanya memikirkan ego mu saja,seperti,”jika dia menerima cintaku maka aku akan bahagia”. Apakah kamu yakin itu?

Sebab apa yang kamu bayangkan berbanding terbalik dengan apa yang ada dipikirannya. Baginya, jika dia menerima cintamu, maka kamu akan semakin menderita. Hal itulah yang membuatnya takut menerima kamu.

Selama ini mungkin kamu terlalu banyak memujinya dan terlalu sering menunjukkan sikap seolah dia adalah seseorang yang paling istimewa di dunia, sementara dia merasa lebih mengenal dirinya sendiri, artinya dia sadar bahwa dirinya tidak seistimewa yang kamu bayangkan atau katakan.

Hal ini sungguh-sungguh membuat dia takut kalau nantinya kamu kecewa dan tidak bahagia setelah menjalin hubungan dengan dirinya. Sebab memang benar bahwa kadang  cinta itu membutakan kita.

Membuat kita tidak bisa melihat sisi buruk dari orang yang kita cintai, dan nanti setelah cinta hilang barulah terbuka mata kita melihat semua sisi buruknya. Lalu, apakah nantinya kita tetap bisa mempertahankan hubungan itu?

4. Dia Takut Mencintai Seseorang

Saat kamu ingin mendekati seseorang, pastikan gebetan kamu sedang dalam keadaan baik-baik saja tanpa membawa luka dai masa lalunya. Sebab itu bisa menjadi alasan dia menolak cintamu.

Seseorang yang terluka butuh waktu untuk move on, tergantung dari seberapa besar luka yang dia alami pasca putus cinta. Jika gebetan yang kamu incar sekarang sedang mengalami luka yang dalam, maka pasti sulit baginya untuk menerima cintamu.

Terutama jika situasinya rumit, semisal, sampai saat ini dia masih sayang sama mantan. Jika ini yang terjadi, maka alangkah baiknya kamu mundur saja. Sebab membantunya untuk move on sama saja buang-buang waktu.

Biarkan saja dia sampai dia selesai dulu dengan masa lalunya, sebab jika kamu memaksa, dia akan terus menolak cintamu dan usaha mu pasti akan sia-sia.

Jangan merasa dirimu hebat seolah kamu bisa membuat hatinya berubah, sebab hatinya ada diluar kendalimu. Hanya dirinya sendiri yang bisa mengubah dan menghentikan rasa sayang kepada mantannya itu.

Coba pelajari juga tentang Philophobia: Takut Jatuh Cinta? Begini Cara Mengatasinya

5. Kamu Bukanlah Orang yang Dia Harapkan

Sebaik apapun sikapmu, sebesar apapun usahamu, dan sesabar apapun kamu menunggunya membalas cintamu, dia akan tetap menolak kamu. Pernyataan ini pasti menyakitkan, namun begitulah kenyataannya.

Jika kamu bukanlah orang yang dia harapkan, maka kamu berhentilah berharap banyak kepadanya. Kamu hanya perlu fokus pada dirimu dulu, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas sebagai seseorang yang lebih baik,

Jangan menjadi si pungguk yang merindukan bulan. Sebab hal itu hanya akan membuat dirimu hidup dalam ilusi cinta yang tak pernah menjadi nyata. Love yourself first!

Jika alasan dia menolakmu karena kamu bukanlah orang yang dia harapkan, maka kamu tak perlu mencari alasan-alasan lagi untuk tetap memintanya menerima cintamu. Karena tak semua yang kita inginkan harus kita miliki.

Akhir Kata

Ketika kita mencintai seseorang namun orang itu tidak pernah membalas cinta kita, itu pasti sakit. Tapi semua penolakan pasti memiliki alasan dan kita harus menerima alasan-alasan itu jika memang benar adanya.

Baca Juga Artikel Tentang Penolakan Cinta Lainnya :

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati