Meski Menyukaimu, Ternyata Ini Alasan Cowok Tak Mau Pacaran Denganmu

Banyak faktor yang membuat seorang cowok menahan diri untuk menjalin hubungan pacaran meskipun sebenarnya dia sudah jatuh hati.

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Alasan Pria Tidak Mau Pacaran

Apakah kamu percaya bahwa dalam menjalin hubungan hanya cinta yang dibutuhkan?

Dalam kenyataannya, sepertinya bermodalkan cinta saja tak cukup untuk menjalin sebuah hubungan yang kuat. Baik kamu maupun pasanganmu butuh kesiapan dan juga kemauan untuk dapat menjaga komitmen dalam hubungan yang kalian jalin.

Tak selalu cowok menolak pacaran dengan cewek karena tak punya rasa atau ketertarikan. Banyak faktor yang membuat seorang cowok menahan diri untuk menjalin hubungan pacaran meskipun sebenarnya dia sudah jatuh hati.

Mungkin salah satu alasannya tak mau pacaran denganmu karena beberapa hal ini.

1. Punya Tujuan Lain yang Harus Diprioritaskan

Saat Cowok Punya Prioritas Lain
Saat Cowok Punya Prioritas Lain

Sepertinya wajar jika seorang cowok punya banyak impian yang ingin diwujudkan. Dia punya banyak hal yang harus dicapai sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang dicintainya.

Meskipun dia suka padamu, dia akan menolak untuk pacaran denganmu karena prioritasnya saat ini bukan untuk menjalani hubungan pacaran melainkan ada hal lain yang ingin dia pikirkan dan capai lebih dulu.

Dia butuh konsentrasi dan memberikan perhatian penuh pada apa yang tengah menjadi prioritasnya sehingga dia tak ingin menjalin hubungan pacaran dulu denganmu.

Bisa jadi dia tak ingin kamu merasa tak diperhatikan karena dia terlalu memprioritaskan hal lain selain kamu.

2. Takut Kehilangan Kebebasan Yang Dimilikinya Selama Ini

Cowok Butuh Kebebasan
Cowok Butuh Kebebasan

Coba kamu teliti lebih dalam lagi apakah dia hampir selalu menghabiskan waktunya untuk dirinya sendiri, teman-temannya, atau keluarganya. Perhatikan juga apakah dia orang yang suka akan kebebasan.

Jika iya, mungkin dia tak ingin pacaran denganmu bukan karena tak menyukaimu, melainkan karena dia takut setelah menjalin hubungan pacaran denganmu, dia akan kehilangan kebebasan yang selama ini membuatnya nyaman.

Kenyataannya memang tak semua cewek bisa mengerti keinginan cowok untuk diberi kebebasan melakukan apa yang dia inginkan.

Meskipun kamu mencoba menjelaskan bahwa kamu tak akan berusaha untuk mengekang apa yang ingin dia lakukan, dia akan tetap berpikiran bahwa kondisi kehidupannya sebelum dan setelah pacaran denganmu tak akan sama.

3. Belum Berpikir untuk Berganti Status dari Single Menjadi Berpacaran dalam Waktu Dekat

Single Karena Prinsip
Single Karena Prinsip

Artinya dia belum punya pikiran untuk mengubah status single-nya menjadi berpacaran denganmu. Dia masih nyaman sendiri dan belum berpikir tentang hubungan pacaran.

Dia mungkin memang menaruh hati padamu, tapi tidak untuk ke arah pacaran. Dia masih ingin menikmati kesendiriannya.

Kamu pun tak perlu bersedih jika kenyataannya dia memiliki pikiran seperti ini.

Percaya saja bahwa yang namanya jodoh tak akan ke mana. Mungkin yang kamu inginkan memang bukan yang terbaik untukmu.

4. Masih Memiliki Urusan Keluarga yang Harus Dia Selesaikan Terlebih Dahulu

Keluarga Salah Satu Alasan Mengapa Cowok Tidak Mau Pacaran
Keluarga Salah Satu Alasan Mengapa Cowok Tidak Mau Pacaran

Kita tak pernah tahu masalah apa yang dimiliki setiap orang, begitu pun kamu yang tak tahu masalah apa dan urusan apa saja yang cowok gebetanmu miliki. Kamu tak pernah tahu beban apa yang sedang dia tanggung saat ini.

Meskipun dia mengungkapkannya padamu apa saja yang dia pikirkan, hal itu tak menjamin bahwa apa yang dipikirkan olehnya sudah dia sampaikan padamu secara keseluruhan.

Mungkin saja dia masih punya urusan keluarga yang harus dia selesaikan terlebih dahulu sehingga dia belum bisa menjalin hubungan pacaran denganmu. Jangan sedih, sebaliknya kamu patut berikan apresiasi atas sikapnya. Dia sosok yang bertanggungjawab.

5. Belum Yakin dengan Karir dan Masa Depannya untuk Membahagiakanmu

Cowok Masih Memikirkan Karir
Cowok Masih Memikirkan Karir

Dia suka padamu, itu ditunjukkan dari sikapnya yang belum mau menjalin hubungan pacaran terlebih dulu denganmu. Dia ingin memastikan karir dan masa depannya dulu.

Dia ingin kamu bisa bahagia dengan apa yang dia miliki nanti. Untuk mendapatkan hal itu, dia perlu konsentrasi dan berusaha keras. Waktunya mungkin akan habis untuk mengejar karir gemilang yang dia impi-impikan.

Saat dia sudah yakin dengan karir dan masa depannya, dia pasti datang padamu untuk menjanjikan kebahagiaan untukku.

6. Sedikit Bermasalah dalam Hal Komitmen. Dalam Artian Dia Pribadi yang Sulit Menjaga Komitmen

Saat Pria Memiliki Masalah Dengan Komitmen
Saat Pria Memiliki Masalah Dengan Komitmen

Menjaga komitmen dengan satu cewek adalah hal yang sulit untuknya. Dia memang suka padamu, tapi dia tahu akan kelemahannya itu. Sifat seperti ini biasanya memang dimiliki oleh anak muda.

Mereka masih labil dalam menjalani sebuah hubungan. Kecenderungan yang mereka miliki adalah mendua dan sulit menjaga komitmennya dalam menjalani hubungan dengan satu cewek saja. Dia masih ingin bersenang-senang dengan banyak cewek tanpa ada komitmen dengan salah satu dari para cewek yang menarik hatinya.

Jika kamu ada di posisi cewek dan dihadapkan dengan sosok cowok seperti ini, lebih baik jangan menaruh banyak harapan padanya jika kamu tak ingin semakin terluka. Cobalah membuka hati untuk cowok yang lebih baik dan memang pantas untukmu.

7. Jadwal Kegiatannya Sangatlah Padat, Kesibukan Membuatnya Takut Tak Mampu Membahagiakan Pasangannya

Pria Dengan Kesibukan Tinggi, Tidak Terlalu Peduli Dengan Pacaran
Pria Dengan Kesibukan Tinggi, Tidak Terlalu Peduli Dengan Pacaran

Alasannya tak ingin menjadikanmu pacar meski dia sudah jelas jatuh hati padamu mungkin karena kesibukan yang dia miliki. Dia takut tak bisa memberikan perhatian yang cukup padamu.

Waktu untuk dirinya sendiri saja terkadang tidak dia miliki, apalagi untuk cewek yang dia sukai. Dia tak ingin melihatmu sedih karenanya. Dia tahu bahwa seorang cewek butuh perhatian yang cukup dari pasangannya.

Dia tak ingin mengecewakanmu sehingga dia memutuskan untuk tidak menjalin hubungan pacaran denganmu. Mungkin saat dia bisa memiliki lebih banyak di waktu yang akan datang, dia tak hanya akan menjadikanmu pacar, melainkan pasangan sampai maut memisahkan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile