in

5 Alasan Dibalik Mengapa Wanita Suka Bawel Kepada Pria

Penyebab Wanita Suka Bawel

Sejak kita masih kecil, kita diajarkan bahwa anak laki-laki harus menyelesaikan segala sesuatu dengan menggunakan otak dan bertindak bukan kata-kata, sementara gadis-gadis sejak kecil sudah menggunakan bahasa-bahasa yang tajamnya setara dengan samurai.

Fakta bahwa kebiasaan membentuk siapa kita tidak dapat dibantah lagi. Bahwa jawaban dari pertanyaan “mengapa wanita begitu cerewet?” sudah jelas terjawab dengan melihat kebiasaan wanita sejak masih kecil.

Bahkan sejarah tentang wanita yang hobi mengobrol dan penuh omong kosong membentang jauh hingga jaman filsuf kuno, seperti Aristoteles yang mengatakan “Wanita berbicara hal-hal palsu dan kebanyakan mengeluh.”

Maka untuk para pria agar kamu tidak terkejut dengan sifat wanita yang suka mengeluh, berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang wanita yang suka ngomel!

1. Mengomel Adalah Bukti Bahwa Perempuan Peduli

Mengomel Tanda Wanita Peduli
Mengomel Tanda Wanita Peduli

 

Mungkin kamu kesal karena diomelin terus oleh ibu atau istrimu, sebab pada kenyataannya omelin mereka sering kabur dari hal yang seharusnya dipermasalahkan. Jadi wajar saja jika kamu menjadi pusing saat mendengarkan omelan wanita.

Namun kamu perlu tahu, wanita menganggap bahwa sikap cerewet mereka adalah bentuk kepedulian, ya itulah bentuk kepeduliannya kepadamu atau kepada anak-anakmu. Meskipun celotehannya kadang-kadang lari dari konteks, namun tetap saja itu bentuk kepedulian.

Jadi, kita harus mengerti bahwa mengomel sudah menjadi pekerjaan bagi wanita. Artinya, sebagaimana pria yang bekerja diluar agar bisa memberi nafkah sebagai bentuk perhatiannya kepada wanita, maka wanita memberi omelan sebagai bentuk kepeduliannya juga.

Setelah kita paham akan hal ini, maka tak perlu lagi menyalahkan wanita jika mereka cerewet. Namun tentunya kita masih perlu mengarahkan mereka dengan menasehatinya, seperti, “Sayang, silahkan cerewet, aku paham. Tetapi jadilah wanita cerewet yang cerdas, yang pandai menggunakan kata-kata dengan baik, biar cerewet itu berguna.”

2. Wanita Percaya Bahwa Pria Akan Menurut Jika Ia Cerewet

Cara Wanita Menguasai Pria
Cara Wanita Menguasai Pria

Apakah kamu merasa jengkel ketika wanita mengulang-ulang kalimat yang sama? Bahkan sebenarnya wanita tahu bahwa sikap seperti itu menjengkelkan, namun mereka sangat percaya bahwa cara itulah yang bisa berhasil membuat kita berubah atau membuat kita melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Kita perlu tahu apa perasaan wanita ketika sedang mengomel dan apa yang diharapkan wanita ketika sedang mengomel. Jelas bahwa wanita ingin supaya kita melakukan hal positif dan bertindak sesuai aturan. Artinya, wanita tidak akan mengomel jika semuanya sudah sesuai aturan.

Mereka memiliki ingatan yang jelas dan kuat di kepalanya tentang tata letak barang-barang yang ada di ruangan, jika ada suatu barang yang tidak terletak di tempatnya maka wanita akan mengomel agar kita mengembalikan barang tersebut ke tempat semula.

Sementara kamu mungkin berpikir “Kalau dia ngomong dengan kata-kata yang sedikit saja aku pun pasti sudah mengerti, mengapa harus mengomel panjang lebar?” Nah, disinilah tandanya bahwa kamu belum cukup paham bahwa memang begitulah cara wanita dalam menyampaikan keluhannya.

Maka untuk tercapainya sebuah hubungan yang harmonis dan langgeng, kita harusnya bisa menerima sifat wanita yang satu ini, yaitu suka mengomel. Sebab jika tidak, maka keduanya akan sama-sama rugi, sama-sama tersakiti dan akhirnya bubar.

3. Wanita Hanya Cerewet Saat Mereka Merasa Memiliki Kuasa

Wanita Cerewet Saat Memiliki Kuasa
Wanita Cerewet Saat Memiliki Kuasa

Pernahkah wanitamu cerewet kepada orang Ia anggap lebih rajin? Sebab biasanya wanita hanya cerewet saat mereka merasa miliki kekuatan yang lebih tinggi. Atau saat mereka yakin orang yang ia bawelin itu memang layak untuk dibawelin.

Artinya, wanita akan mengomel saat ia yakin bahwa itu akan berhasil membuat orang lain menjadi lebih baik, ya meskipun jarang berhasil. Namun kita benar-benar perlu memahami fakta berikut.

Bahwa wanita secara alami memiliki sifat keibuan, inilah mengapa mereka memperlakukanmu seperti seorang anak nakal yang diharapkannya bertumbuh ke arah yang positif. Alasan ini pula yang menjadikan wanita lebih menyukai bad boy ketimbang nice boy.

Intinya perempuan secara halus dan tersembunyi selalu mencuri-curi kesempatan untuk memiliki kuasa, dalam arti agar ia mampu mengendalikan pasangannya ke arah yang lebih baik. Mereka lupa bahwa orang lain bahkan pasangannya sendiri pun ada diluar kendalinya.

Fakta yang menarik disini adalah wanita tidak akan mengomel ketika ia sadar akan kelemahannya atau ketika ia sadar bahwa orang lain lebih hebat dari dirinya. Maka ketika pasanganmu mengomel, cobalah koreksi diri dan tingkatkan kualitas dirimu agar ia melihat kehebatanmu.

4. Wanita Memiliki Susunan Otak yang Membuatnya Menang Berbicara

Wanita Memiliki Cara Berpikir Berbeda
Wanita Memiliki Cara Berpikir Berbeda

Dikutip dari buku “Pria Pembohong dan Wanita Cengeng”, bahwa telah diperoleh hasil scan otak dari 50 pria dan 50 wanita, menunjukkan daerah aktif di otak yang digunakan untuk berbicara dan berbahasa.

Dari hasil scan otak tersebut, kita bisa melihat dengan jelas bahwa perempuan memiliki kemampuan yang lebih besar ketimbang pria dalam hal berbicara. Hal ini juga menjelaskan mengapa pria menganggap wanita suka mengomel, dan wanita menganggap pria jarang bicara.

Penelitian membuktikan bahwa perempuan bisa melakukan lima hal sekaligus, sementara pria hanya mampu melakukan tiga hal dalam satu waktu. Artinya, otak wanita memang dirancang untuk bisa lebih aktif ketimbang pria.

Itulah mengapa wanita bisa mengomel sambil masak, sekaligus mendengarkan orang yang sedang berbicara disebelah-nya dan ditambah dengan memperhatikan anak-anak yang sedang bermain.

Maka adalah sebuah kewajaran jika wanita lebih banyak berbicara, sebab memang begitulah mereka adanya. Jika kamu berusaha mengubahnya menjadi wanita yang pendiam, maka secara tidak langsung kamu telah menghilangkan ciri khas wanita pada dirinya.

5. Mengomel Bisa Menjadi Bentuk Kemarahan Besar

Mengomel Adalah Bentuk Kemarahan
Mengomel Adalah Bentuk Kemarahan

Ketika emosi pria sedang memuncak, mereka akan melepaskan kemarahan itu dengan tinju atau pukulan lalu selesai. Namun berbeda dengan wanita, untuk melampiaskan kemarahan di hatinya mereka akan mengomel hingga dua dekade.

Kita tidak bisa mengabaikan suatu fakta bahwa wanita lebih mengandalkan perasaan ketimbang logika. Selain itu, mereka juga lebih mudah tersentuh hatinya dan hal itulah yang membuat seisi ruangan memiliki nuansa drama yang kuat.

Banyak wanita merasa bahwa dirinyalah yang bekerja paling banyak, bahwa dirinya yang paling capek, dan bahwa dirinya yang paling bisa berpikir positif. Anggapan ini membuat mereka haus akan pengakuan dan pujian, sehingga ketika tidak mendapatkannya hatinya menjadi sangat sensitif.

Fakta ini sebenarnya sangat bermanfaat. Artinya jika kamu tidak ingin melihat pasanganmu marah dan banyak mengomel,, solusinya adalah berikan ia penghargaan, berikan ia pujian dan perhatian.

Sebab ketika kamu tidak peka akan hal itu, jika kamu tidak tahu kapan ia merasa lelah, maka kamu juga tidak akan tahu mengapa ia berubah menjadi sangat sensitif dan mudah marah.

Baca Juga : 

Wanita pada umumnya seringkali tidak mendapatkan kesempatan untuk berbicara, hal ini menjadikan mereka berpikir bahwa dirinya tidak berharga dan menjadi insecure. Hingga pada akhirnya, emosinya memuncak dan ia tidak bisa berhenti mengomel.

Maka sering-seringlah bertanya kepada pasanganmu, tanyakan apapun dan ajak ia berbicara sebab mereka yang jarang didengarkan merasa takut untuk memulai obrolan.