Inilah 7 Alasan Kenapa Berat Badanmu Tidak Turun-turun

Hampir menyerah karena berat badan tak turun? Simak tips berikut ini

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >

Kamu sudah mulai memperhatikan apa yang kamu makan dan juga olahraga rutin, tapi tetap saja berat badanmu tak berkurang? Atau berat badanmu menurun tapi dengan cepat naik lagi? Membuatmu bertanya-tanya, bukan? Nah, ternyata ada beberapa alasannya, lho.

Kamu sudah luar biasa untuk mau mulai hidup sehat, karena memulai itu adalah hal yang tersulit. Setelah kamu melewati fase itu, kamu membutuhkan pengetahuan tambahan agar bisa menurunkan berat badanmu dengan baik dan benar. Berikut adalah 7 alasan kenapa berat badanmu tak turun-turun.

1. Terlalu Sering Nge-Gym

NgeGym Bikin Kamu Gemuk
NgeGym Bikin Kamu Gemuk

Kamu mulai sering pergi ke gym dan angkat beban di sana. Kamu mulai terbiasa dan kamu juga merasakan perubahan dalam tubuhmu setelah nge-gym. Tak hanya itu, kamu juga merasakan kalau kekuatanmu meningkat dan mulai muncul otot-otot yang sebelumnya tak ada.

Jika kamu menyukainya dan merasakan perubahan positif, maka sudah hal yang normal kalau kamu akan nge-gym lebih lama dan lebih keras daripada sebelumnya. Jika tiga hari dalam seminggu kamu sudah bisa merasakan efek positif, kenapa gak sekalian lima hari dalam seminggu? Atau bahkan seminggu penuh sekalian saja?

Kalau angkat beban sejam saja kamu sudah merasakan perubahan yang positif, kenapa tak menambahnya hingga dua jam? Atau tiga jam? Semakin lama maka berat badanmu akan turun dan kamu merasa lebih fit, kan?

Sayangnya, bukan seperti itu caranya dan sebaiknya kamu membiarkan tubuhmu untuk beristirahat. Saat kamu nge-gym terlalu banyak, maka kamu bisa menambah beban kepada pusat sistem syarafmu. Kamu membuat tubuhmu terus-terusan merasakan stres, sehingga terus-terusan mengeluarkan hormon stres. Jika kamu tak beristirahat dengan cukup dan memulihkan tubuhmu, maka hal ini akan mengacaukan dietmu.

Olahraga yang berlebihan itu bisa menyebabkan cidera hingga otot yang robek. Selain itu, olahraga berlebihan juga bisa melemahkan sistem imunmu dan membuatmu lebih berisiko terkena penyakit. Kamu harus menghindari olahraga yang berlebihan jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Saat hormon stresmu sedang naik, maka akan sangat sulit untuk menurunkan berat badan karena tubuhmu berusaha menjaga apa yang tersisa. Jadi, biarkan tubuhmu beristirahat agar hormonmu menjadi normal dan perlahan, berat badanmu juga berkurang.

2. Kurang Tidur

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan
Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Poin nomor 2 ini berhubungan erat dengan poin nomor 1 di atas. Jika kamu tak mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuhmu akan merasakan hal yang sama dengan saat kamu terlalu sering nge-gym. Jika kamu tak tidur dengan cukup, tubuhmu mulai menduga kalau ada suatu kejadian trauma yang sedang terjadi, karena jika tidak apa-apa, maka kamu seharusnya tidur.

Hal itu akan membuat tubuhmu meningkatkan kadar hormon stresmu dan dalam jangka panjang hal ini cukup buruk. Mereka bisa membuat tubuhmu penuh dengan peradangan dan menjadi sumber dari banyak penyakit. Tak hanya itu, hormon stres itu juga membuat penurunan berat badan sangat sulit karena metabolisme tubuhmu mulai melambat.

Selalu usahakan untuk tidur setidaknya 7 atau 8 jam di malam hari. Sebaiknya kamu membuat jadwal tetap dan kamu harus mengikutinya apapun yang terjadi setiap malamnya.

Untuk mempermudahmu terlelap, hindari bermain handphone atau komputer sebelum tidur, hindari minum kopi ataupun alkohol di malam hari. Buatlah kamarmu menjadi segelap mungkin agar tubuhmu bisa tidur dengan lebih baik daripada dengan kondisi pencahayaan yang terang.

3. Kurang Makan

Kurang Makan Menyebabkan Kegemukan
Kurang Makan Menyebabkan Kegemukan

Membingungkan, bukan? Karena jika makanmu kurang, maka sudah pasti kamu akan kehilangan berat badan, kan? Namun tak semudah itu karena hal ini kembali lagi ke masalah hormon dan metabolisme dalam tubuhmu.

Anggap saja lemak dalam tubuhmu itu sebagai bahan bakar. Nah, saat tubuhmu merasa stres atau trauma, maka lemak itu secara otomatis akan diserap sebagai energi untuk tubuhmu.

Saat kamu membatasi terlalu banyak kalori yang masuk, maka tubuhmu lagi-lagi akan berpikir kalau sedang ada trauma yang terjadi, karena kamu tak memberi dirimu makan. Lemak dalam tubuhmu itu adalah rencana terakhir yang sudah disusun oleh tubuhmu sendiri.

Saat kamu tak makan dengan cukup, maka metabolisme akan melambat karena tubuhmu tak mau membuang-buang lemak untuk hal yang tak perlu. Jadi, bisa dikatakan, kamu tak akan kehilangan berat badan karena tubuhmu memaksa menyimpan apa yang kamu miliki saat itu.

Hal ini bisa mendatangkan berbagai cidera dan penyakit karena tubuhmu berusaha memperlambatkan proses yang terjadi dalam tubuhmu sebisa mungkin. Jadi, tubuhmu itu perlu bahan bakar yang rutin agar bisa berfungsi dengan normal dan menurunkan berat badan.

4. Tak Membentuk Otot

Membentuk Otot Yang Tepat Akan Mengurangi Berat Badan
Membentuk Otot Yang Tepat Akan Mengurangi Berat Badan

Tidak, kita tak membicarakan tentang otot-otot dari binaragawan, tapi otot-otot tipis yang sebagian juga akan membantumu menurunkan berat badan.

Membentuk otot itu akan membuat tubuh membakar banyak sekali kalori, sehingga poin 4 ini juga berhubungan dengan poin 3 di atas.

Kamu harus menemukan kombinasi yang tepat agar tak terlalu sering nge-gym, makan dengan cukup agar kalori terbakar untuk membentuk otot.

Dengan terbentuknya ototmu maka metabolisme dalam tubuhmu akan aktif walaupun kamu sedang istirahat sekalipun, sehingga akan membantu penurunan berat badanmu.

5. Kurang Asupan Protein

Kurang Asupan Protein
Kurang Asupan Protein Akan Membuatmu Gemuk

Kamu mungkin sering sekali mendengar tentang masalah protein ini, tapi tahukah kamu kalau tujuan utama asupan protein itu tak hanya untuk membentuk otot saja. Protein itu penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh, dari membentuk hormon, serta mempengaruhi struktur dan fungsi dari berbagai organ dalam tubuh.

Protein juga punya efek termogenik, dimana agar protein bisa dimakan dan diserap, maka tubuh membutuhkan kalori. Jadi, tubuh akan membutuhkan banyak energi untuk menyerap protein dan hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk membakar kalori dalam tubuh.

Manfaat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi protein, maka metabolisme bisa meningkat hingga 80 sampai 100 kalori per harinya. Jadi, protein ini bisa membuatmu merasa kenyang. Kamu tak akan sering merasa kelaparan, sehingga kamu tak perlu mengkonsumsi kalori tambahan dan akhirnya berat badanmu bisa menurun.

Protein sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam porsi yang cukup saat sarapan karena bisa membantumu menurunkan berat badan. Kamu akan merasa lebih kenyang di pagi harinya, sehingga tak membuatmu ngemil sebelum jam makan siang tiba.

6. Terlalu Banyak Makan

Terlalu Banyak Makan
Terlalu Banyak Makan

Jika kamu benar-benar serius untuk menurunkan berat badan, maka kamu seharusnya lebih berhati-hati tentang porsi makan dan kalori yang kamu konsumsi. Oh ya, perhitungan kalori ini sedikit rumit karena tak hanya sekedar kalori masuk kalori keluar. Kalori itu tak dibuat sama, misalnya, 100 kalori dari walnut akan mempunyai efek yang berbeda dalam tubuh daripada 100 kalori dari Coca-Cola.

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah berhentilah meminum kalori, jadi jauhi minuman bersoda, jus, kopi dan lain sebagainya. Kalori di dalam minuman-minuman itu adalah jenis kalori yang tak membuatmu kenyang dan justru membuatmu lebih lapar, karena tak adanya protein atau serat yang ada di dalamnya.

Tak hanya itu saja, karena minuman-minuman itu penuh dengan gula, maka bisa meningkatkan gula darahmu. Jika sudah begini, maka kamu akan lebih sering untuk ngemil yang manis-manis, sehingga menurunkan berat badanmu akan menjadi proses yang sulit. Maka dari itu, minumlah air putih saja.

7. Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi Konsumsi Karbohidrat
Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Kamu harus benar-benar memperhatikan hal ini, apalagi jika kamu punya masalah dalam menurunkan berat badan atau menderita diabetes karena kamu harus mengurangi konsumsi karbohidratmu. Hal ini sebaiknya kamu bicarakan dengan dokter, tapi kebanyakan sumber karbohidrat yang kita ketahui itu sebenarnya tak terlalu kita butuhkna.

Makanan seperti nasi putih, roti putih, gandum putih, gula putih dan lain sebagainya tak memberikanmu nutrisi dan mengandung glikemik yang sangat tinggi, sehingga gula darahmu meningkat dan membuatmu susah untuk mengurangi berat badan.

Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, maka tingkat kolestrol tubuhmu akan lebih baik dan di saat yang sama, kamu juga mengendalikan kadar gula darahmu serta menurunkan berat badanmu.

Jika kamu masih ingin mengkonsumsi karbohidrat, maka sesuaikan dengan rutinitas nge-gym karena karbohidrat bisa menjadi sumber tenaga yang baik. Cobalah mencari sumber karbohidrat yang terbaik, seperti oat, kentang ataupun biji gandum.

Baca Juga: 13 Tips Hidup Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja Bagai Kuda

Setelah membaca penjelasan di atas, sekarang kamu sudah lebih paham kan, kenapa berat badanmu tak turun-turun? Cukup tidur lebih lama, kurangi minuman kalori, istirahat yang cukup dan perhatikan karbohidrat yang masuk. Semoga dietmu berhasil, ya!

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile