in

Inilah 7 Alasan Seseorang Memilih untuk Miliki Pacar Virtual

Memilih Pacar Virtual

Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar istilah pacar virtual? Orang-orang yang memiliki pacar virtual akan menjalani hubungan mereka layaknya Long Distance Relationship (LDR). Mereka hanya akan berhubungan melalui media sosial.

Sebagian orang menganggap bahwa memiliki pacar virtual adalah hal yang aneh atau tidak normal. Mereka menganggap bahwa akan sulit bagi seseorang menyakinkan diri untuk menjalin hubungan tanpa harus bertemu dengan pacarnya secara langsung dalam dunia nyata.

Namun, nyatanya segala pandangan aneh dapat dipatahkan oleh orang-orang yang tetap memilih untuk memiliki pacar virtual. Meski proses perkenalan mereka hanya melalui media sosial, mereka tetap bisa mengembangkan perasaan mereka.

Memiliki pacar virtual juga seolah membuktikan bahwa aktivitas fisik yang seringkali dilakukan pasangan pada umumnya tidaklah penting. Mereka tetap bisa mengembangkan perasaan mereka tanpa adanya kontak fisik secara langsung.

Bagi kamu yang penasaran apa saja alasan seseorang memilih untuk memiliki pacar virtual, artikel ini wajib kamu baca sampai selesai.

1. Memiliki Kepercayaan Diri yang Rendah

Kepercayaan Diri Rendah
Kepercayaan Diri Rendah

Tidak semua orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup baik. Sebagian orang selalu merasa insecure atau kurang percaya diri terhadap diri mereka sendiri. Kepercayaan diri ini tidak melulu berkaitan dengan fisik mereka, ada kemungkinan hal itu juga berkaitan dengan karakter maupun kondisi finansial yang dimiliki.

Orang-orang dengan alasan yang satu ini merasa tidak percaya diri untuk bertemu secara langsung dengan pacar mereka atau orang yang mereka sukai. Ada rasa gugup dan canggung saat mereka harus bertatap muka secara langsung dengan orang yang disukainya.

Hal inilah yang membuat mereka akhirnya lebih memilih untuk memiliki pacar virtual. Kembali lagi, keputusan memiliki pacar virtual adalah hak setiap orang. Mungkin saja dengan memiliki pacar virtual, mereka akan lebih mudah menemukan kenyamanan dalam menjalin hubungan.

2. Dapat Menjadi Diri Sendiri Tanpa Takut Komentar dari Orang Lain

Tidak Takut Komentar Orang Lain
Tidak Takut Komentar Orang Lain

Akan ada saatnya kamu berusaha menjadi sosok yang disukai oleh orang lain. Bahkan kamu pun sampai rela meninggalkan jati dirimu demi komentar baik yang ingin kamu dapatkan dari orang-orang sekitarmu, termasuk orang yang kamu sukai.

Nah, bagi mereka yang memilih untuk memiliki pacar virtual, mereka bisa lebih leluasa untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa takut komentar dari orang lain. Mereka bisa menunjukkan sisi asli mereka pada orang yang disukai.

Jika orang yang disukai bisa menerima mereka dengan apa adanya mereka, maka hubungan mereka bisa dilanjutkan. Tapi jika tidak, tinggal kecewa dan sakit hati mereka tidak akan sebesar saat mereka berusaha mati-matian mendapatkan kesan baik bagi orang yang dia temui dan dekati secara langsung.

3. Menghemat Lebih Banyak Uang dan Tenaga

Menghemat Lebih Banyak Uang
Menghemat Lebih Banyak Uang

Alasan selanjutnya ini cukup masuk akal. Dengan memiliki pacar virtual tentu kamu tidak harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk duduk di cafe atau pergi ke tempat kencan lainnya.

Selain itu, kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membahagiakan pacarmu. Alasan yang satu ini sangat bisa diterima oleh logika, bukan? Inilah yang membuat beberapa orang lebih memilih untuk memiliki pacar virtual.

Baca Juga : 7 Alasan Meskipun Jomblo, Kamu Masih Bisa Tetap Bahagia

4. Mencari Pacar Virtual Lebih Mudah

Mencari Pacar Virtual Lebih Mudah
Mencari Pacar Virtual Lebih Mudah

Jalannya jodoh tidak pernah ada yang tahu. Namun, beberapa orang yang memilih untuk memiliki pacar virtual merasa bahwa mereka lebih mudah mendapatkan pacar secara virtual.

Mereka bisa lebih leluasa menemukan orang-orang yang memenuhi kriterianya. Selanjutnya, mereka bisa mencoba berkenalan dan menilai kecocokan mereka dengan intens berhubungan melalui media sosial mereka masing-masing.

Jika mereka menemukan rasa nyaman dalam diri orang yang dikenalnya melalui media sosial itu, maka mereka akan mulai memikirkan untuk lanjut pada tahap selanjutnya, yaitu pacaran. Jika tidak ada kecocokan, maka mereka bisa lebih mudah untuk meninggalkan orang yang sedang dia dekati tersebut.

5. Sudah Terbiasa dengan Hubungan Jarak Jauh

Terbiasa Berhubungan Jarak Jauh
Terbiasa Berhubungan Jarak Jauh

Menjalani hubungan pacar virtual mungkin tidak terlalu berbeda dengan menjalani hubungan jarak jauh. Para pejuang LDR sulit menemukan waktu untuk bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Sedangkan menjalani hubungan dengan pacar virtual juga hanya dilakukan melalui media sosial.

Terbiasa menjalani LDR nyatanya bisa membuat seseorang lebih mudah menumbuhkan chemistry sebagai pasangan tanpa harus bertemu secara langsung. Menjalin hubungan dengan pacar virtual bukanlah hal yang sulit bagi mereka.

Baca Juga : 5 Tips Agar Kamu Tidak Tersiksa Dengan Hubungan LDR

6. Dapat Menjalin Hubungan Tanpa Harus Benar-Benar Menjaga Komitmen

Menjalin Hubungan Tanpa Komitmen
Menjalin Hubungan Tanpa Komitmen

Alasan yang satu ini mungkin termasuk cukup kejam. Jadi jika kamu hendak mencari pacar virtual, kamu pun harus tetap berhati-hati. Tidak ada jaminan pacarmu akan benar-benar menjaga komitmennya denganmu.

Sebagian orang memilih untuk memiliki pacar virtual dengan alasan mereka bisa menjalin hubungan tanpa harus benar-benar menjaga komitmen mereka. Artinya, meski sudah memiliki pacar virtual, mereka tetap bisa menjalin hubungan dekat dengan lawan jenis lain di media sosialnya.

Ya, meskipun hal seperti ini juga bisa terjadi pada hubungan yang dijalani orang-orang pada umumnya. Namun setidaknya, jika nantinya kamu berniat memiliki pacar virtual, kamu harus lebih berhati-hati agar tidak terlalu kecewa saat hal seperti ini menimpamu.

7. Menganggap Kenyamanan dalam Komunikasi Adalah Hal Utama dalam Menjalin Hubungan

Menganggap Komunikasi Adalah Yang Utama
Menganggap Komunikasi Adalah Yang Utama

Alasan terakhir yang biasanya melatarbelakang seseorang lebih memilih untuk memiliki pacar virtual adalah rasa nyaman yang dia temukan dari pacar virtualnya. Mereka percaya bahwa rasa nyaman dalam komunikasi adalah hal penting dalam menjalani hubungan.

Saat mereka sudah merasa nyaman dengan orang yang mereka ajak berkomunikasi di media sosial, maka hal itu sudah cukup membuatnya jatuh cinta dan yakin untuk menjalin hubungan. Kembali lagi, setiap orang memiliki pandangan mereka masing-masing dalam hal percintaan. Rasa nyaman bisa mengalahkan segalanya.

Baca Juga : Tak Harus Materi, Ini 8 Cara Manjain Hubungan Dengan Pacar

Itulah 7 hal yang menjadikan seseorang lebih memilih untuk memiliki pacar virtual. Terlepas baik atau buruknya, sebenarnya tidak hanya pacaran virtual saja yang memilikinya. Setiap jenis hubungan pasti memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing.

Selama hubungan yang dijalani bisa menciptakan rasa nyaman bagi orang yang menjalaninya, semua akan menjadi hal yang sah-sah saja. Jika kamu bukan orang yang berniat memiliki pacar virtual, jangan pernah men-judge mereka yang memilih jalan tersebut. Karena setiap orang memiliki cara berbeda untuk memperoleh kenyamanan bagi diri mereka.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer (Freelance)