Perlu Kamu Ketahui, Inilah Alasan Mengapa Seseorang Memilih Untuk Sendiri

Seperti yang kita ketahui, bagi beberapa orang jatuh cinta itu tidaklah mudah.

Widi Adawiah Widi Adawiah · 4 min read >
Alasan Seseorang Memilih Sendiri

Seperti yang kita ketahui, bagi beberapa orang jatuh cinta itu tidaklah mudah. Untuk itu seringkali kita lihat ada seseorang yang memilih untuk sendiri dalam jangka waktu yang lama.

Sebenarnya bukan karena mereka mati rasa atau tidak bisa jatuh cinta, hanya saja ada beberapa alasan yang mendasarinya. Kadang kita dengan mudahnya menghakimi kesendiriannya tanpa mengerti apa alasan dibaliknya.

Sebagai makhluk bernyawa tentu saja kita pasti merasakan cinta, namun mencintai tidak harus selalu terikat dalam suatu hubungan. Yang kita lihat betah dengan kesendirian atau bahkan sama sekali belum pernah pacaran sebenarnya bukan berarti mereka tidak normal, mereka pasti pernah jatuh cinta sama seperti kita, namun berbeda dalam memilih jalannya.

Nah, apakah kamu mempunyai teman yang sedang mengalaminya? Atau bahkan kamu sendiri sedang berada di fase ini? Beberapa alasan yang akan saya sampaikan mungkin akan mewakilimu juga lho, apa saja alasannya? Mari simak berikut ini.

1. Trauma Akan Masa Lalu

Trauma
Trauma

Alasan yang pertama sepertinya memang banyak yang mengalaminya ya, terkadang luka dari masa lalu itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali sembuh.

Seseorang yang pernah menorehkan luka adalah seseorang yang sangat sulit juga untuk dilupa. Ketakutan akan terulang hal yang sama membuatmu memilih untuk sendiri dulu saja.

Terlebih jika luka yang kamu rasakan adalah kekecewaan karena penghianatan, akan sulit rasanya jika harus kembali percaya setelah merasakan kecewa yang begitu hebatnya.

Bahkan terkadang kamu menganggap bahwa semua orang itu sama, semua cinta akan berakhir luka, sebuah pandangan yang justru hanya akan menambah sakit lukamu saja.

Biar aku beritahu, tidak setiap yang pergi akan kembali pun tidak setiap yang datang akan pergi. Kamu boleh saja berhati-hati dan menjadi lebih selektif dalam mencintai, namun jangan sampai setiap yang datang dengan niat membahagiakan malah kamu samakan dengan seseorang yang seharusnya kamu lupakan.

Saran dariku, jangan berhenti untuk mencintai. Kamu boleh saja beristirahat dulu dalam cinta, namun jangan sampai mati rasa.

Seseorang yang menyakitimu di masa lalu mungkin telah bahagia dengan pilihannya, seharusnya kamu pun mendapatkan kebahagiaan yang sama. Percayalah, orang baik itu selalu ada. yang ditakdirkan untukmu akan segera menemuimu, jangan pernah lelah untuk berdoa.

Biarkan masa lalu menjadi pengalaman sekaligus pelajaran beharga untukmu, karena setiap orang juga pasti akan mengalami hal yang sama. Sebelum menemukan tulang rusuk yang sebenarnya, kita pasti akan merasakan dulu patah hati karena cinta. Nikmatin saja, mungkin ini memang prosesnya.

Baca Juga : Tak Perlu Berlebihan, Ini Cara Mudah Dapatkan Hati Lelaki Cuek

2. Focus Pada Impian

Fokus Pada Mimpi
Fokus Pada Mimpi

Selanjutnya adalah mereka yang memang ingin focus dengan mimpinya. Mereka yang belum pernah pacaran biasanya adalah mereka yang memang menomorduakan tentang cinta. Ada beberapa tujuan hidup yang harus mereka raih sebelum memutuskan untuk memulai sebuah hubungan.

Tidak ada yang salah dengan hal ini, setiap orang berhak menentukan jalan hidupnya. Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu? Semangat ya, semoga pasanganmu juga sedang melakukan hal yang sama.

Karena jodoh adalah cerminan dirimu sendiri, jangan khawatir dengan apa yang telah ditentukan. Setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan, bersabarlah dalam penantian.

3. Bercermin Pada Keluarga

Melihat Masa Lalu Keluarga
Melihat Masa Lalu Keluarga

Tidak semua orang beruntung terlahir dari keluarga yang lengkap, ada beberapa orang yang memang patah hati terhebatnya diciptakan oleh ayahnya sendiri.

Ini juga termasuk alasan mengapa seseorang betah dengan kesendirian, perpisahan orang tua menimbulkan efek takut untuk menjalani sebuah hubungan.

Ketakutan itu ada berbagai macam, ada yang takut pasangannya mengecewakan seperti ayah atau ibunya, ada juga yang takut tidak diterima karena keluarganya yang tidak lagi lengkap.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa tidak sedikit orang yang memandang negative pada mereka yang orang tuanya telah berpisah, padahal setiap orang yang menikah tidak pernah berniat untuk berpisah. Semuanya kembali pada takdir yang telah ditentukan.

Untuk kamu yang merasa memiliki alasan ini, jangan pernah menganggap dirimu rendah ya. Tidak setiap orang memandangmu sebagai suatu kesalahan, suatu hari nanti akan ada seseorang yang mencintai dan menerimamu apa adanya, termasuk tentang keluargamu yang tidak lagi utuh.

Yang harus kamu lakukan adalah belajar dari perpisahan orang tuamu, kamu dituntut untuk menjadi dewasa sebelum waktunya, luka akan mengajarkanmu pelajaran hidup yang sangat berharga, jangan sampai menutup hati  ya, semangat.

4. Tidak Ingin Ribet Karena Cinta

Ingin Bebas
Ingin Bebas

Nah kalo yang ini memang ditujukan pada kalian yang sifatnya santai alias tidak ingin direpotkan dengan cinta. Ada bebrapa orang yang menganggap memiki pasangan itu adalah sebuah beban, kita harus memberinya kabar setiap waktu, tidak bebas pergi dengan siapapun, merasa ruang gerak itu menjadi lebih sempit.

Untuk itu mereka memilih untuk sendiri, padahal tidak semua hubungan itu begitu lho. Setiap orang memiliki sikap dan prinsip yang berbeda, ada ko yang memang hubungannya jauh dari kata ribet.

Cinta itu tentang komunikasi dan percaya, kamu tidak perlu 24 jam menghubunginya karena kalian juga memiliki kehidupan masing- masing. Kamu juga tidak perlu mengekangnya untuk tidak pergi bersama teman lawan jenisnya, karena kamu percaya bahwa pasanganmu itu setia.

Bahkan kamu juga tidak berhak membatasi pertemanannya, karena tentu saja kamu pun mempunyai waktu yang sama dengan teman-temanmu.

Sebenarnya tidak ada yang ribet dari cinta, semuanya kembali kepada cara pandang kita saja.

Mungkin kamu memang belum menemukan seseorang yang memang cocok denganmu, untuk itu sendiri dalam waktu yang lama juga bukan masalah untukmu ko. Selama ada niat untuk mencintai maka tuhanpun akan datangkan seseorang yang sesuai untukmu.

Baca Juga : Jangan Sedih, Inilah Keuntungan Menjadi Jomblo yang Harus Kamu Ketahui

5. Belum Menemukan Orang yang Tepat

Belum Menemukan Orang Yang Tepat
Belum Menemukan Orang Yang Tepat

Satu hal yang harus kamu tahu adalah tidak setiap orang yang memilih untuk sendiri sepenuhnya adalah keinginannya. Ada orang yang memang ingin menjalani sebuah hubungan namun tuhan belum mempertemukannya dengan seseorang yang tepat, dari pada terus terusan gagal dalam mencintai, menunggu akan lebih baik bukan?

Untuk kamu yang berada di posisi ini, jangan pernah lelah untuk mencoba ya. Mungkin tuhan ingin melihat sejauh mana usahamu dalam menemukan jodohmu, teruslah memperbaiki diri agar disandingkan dengan dia yang juga baik untukmu.

Jangan terburu-buru menjalani hubungan jika orang tersebut memang tidak cocok denganmu, karena selain akan membuatmu tidak nyaman bisa jadi kamu juga akan melukai hati orang itu.

Jadi lebih baik kamu sendiri dulu, jangan hiraukan ejekan dari teman-temanmu yang sudah berpasangan. Karena memilih pasangan hidup bukanlah sebuah perlombaan yang harus ditentukan siapa pemenangnya.

6. Memilih Untuk Menjemput Pasangan Sesuai Syariat Agama

Fokus Pada Ibadah
Fokus Pada Ibadah

Yang terakhir adalah karena mereka ingin menjemput pasangan sesuai dengan perintah agama, mereka menghabiskan kesendiriannya dengan perbaikan diri agar disatukan dengan seseorang yang terbaik.

Mereka lebih memilih untuk menahan rasa jika waktunya belum tepat, jika kiranya belum bisa menikahi maka mereka akan berusaha mengubur rasa itu dalam-dalam atau mengusahakannya tanpa keraguan.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa seseorang memilih berlama-lama dengan kesendirian. Kira-kira kamu termasuk yang mana nih? Atau bahkan semua alasan di atas mewakili kamu juga? Tidak mengapa, agar dunia tahu apa yang kau rasa. Sendiri bukan berarti kamu tidak mempunyai hati, hanya saja menjaganya terlebih dahulu untuk waktu yang tepat.

Gunakan sebaik-baiknya penantian dengan perbaikan, kejar apa yang ingin kamu capai terlebih dulu, jangan iri dengan mereka yang sudah menemukan tambatan hati, karena bahagiamu bukan hanya tentang pasangan saja kan? Semuanya hanya perihal waktu ya.

Setelah mengetahui alasan di atas semoga kalian tidak lagi mengejek mereka yang mempunyai prinsip ini ya, karena semua orang berbeda-beda dalam menentukan jalan hidupnya.

Cukup dukung saja temanmu yang sedang berada di fase ini, suatu saat nanti mereka juga akan memiliki pasangan jika waktunya telah tiba. Dan jangan salah lho, biasanya justru mereka inilah yang akan menjadi penasihat terbaik saat kamu memiliki masalah dengan pasanganmu.

Baca Juga : Meski Menyukaimu, Ternyata Ini Alasan Cowok Tak Mau Pacaran Denganmu

Karena pikiran mereka masih netral, jadi ketika kamu menceritakan masalahmu mereka akan memberikan saran dari sudut pandang mereka sendiri, tidak memihak padamu atau pasanganmu. jadi, beri mereka semangat dan kalo bisa bantu mereka dalam menemukan pasangannya juga ya.

Widi Adawiah
Kenali seseorang dari karya, bukan rupa. Read Full Profile