Terlihat Berbeda, Mungkin Ini yang Jadi Alasan Pasanganmu Berubah

Pertanyaan untuk yang punya pasangan atau pernah punya pasangan nih. Apakah kamu

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Alasan Pasangan Berubah

Pertanyaan untuk yang punya pasangan atau pernah punya pasangan nih. Apakah kamu pernah merasa sikap yang ditunjukkan oleh pasanganmu tiba-tiba saja berubah? Alhasil semua itu membuatmu bingung dalam bersikap.

Secara tiba-tiba dia sulit sekali dihubungi, sangat mudah emosi, atau bahkan mungkin sudah enggan untuk bertemu lagi denganmu. Jika iya, pasti kamu bertanya-tanya tentang kesalahan apa yang kamu lakukan sehingga dia berubah dengan begitu cepatnya.

Eitsss, jangan terlalu cepat berspekulasi tentang alasannya berubah sikap padamu ya. Mungkin saja, ada hal lain yang mendesaknya untuk bersikap demikian.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga sih adanya hal buruk yang telah terjadi. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin jadi alasan kenapa sikap pasanganmu tiba-tiba berubah dalam waktu dekat.

1. Kamu yang Memulai Perubahan Itu, Tapi Sayang Kamu Tak Menyadarinya

Tanpa Disadari Dirimulah Yang Mulai Berubah
Tanpa Disadari Dirimulah Yang Mulai Berubah

Perubahan yang ada dalam diri orang lain justru kamu sadari, tapi perubahan yang ada pada dirimu justru tidak kamu ketahui. Kamu sibuk mempertanyakan apa alasannya mengubah sikapnya padamu. Padahal dia terlebih dulu yang bertanya-tanya tentang perubahan sikapmu terhadapnya.

Alasan dia berubah bukan karena punya hati pada yang lain, melainkan karena dirimu sendiri. Kamu yang lebih dulu berubah dan membuatnya kebingungan. Kamu perlu introspeksi diri terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Hubungan Bertahan, Meski Takdir Sepenuhnya Milik Tuhan

2. Tekanan dan Tuntutan yang Ada di Lingkungan Kerjanya

Tekanan di Lingkungan Pekerjaan
Tekanan di Lingkungan Pekerjaan

Tidak selamanya keadaannya di lingkungan kerja baik-baik saja. Mungkin dia tidak pernah mengatakannya padamu tentang beban berat yang harus dia selesaikan di tempat kerjanya.

Mungkin selama ini dia ingin terlihat baik-baik saja di hadapanmu. Meskipun pada kenyataannya dia sangat dipusingkan dengan apa yang ada di dunia kerjanya. Dia tak ingin memberitahumu karena dia mungkin tak tega untuk mengatakannya.

3. Perubahan Cara Pandang Setelah Menonton Sebuah Tayangan atau Membaca Tulisan Tertentu

Pandangan Berubah Terhadap Sesuatu
Pandangan Berubah Terhadap Sesuatu

Ya, hal ini mungkin saja terjadi. Apa yang menyebabkan perubahan sikapnya padamu adalah karena pengaruh suatu yang sudah dia lihat, dia dengar atau dia baca.

Mungkin saja, ada hal yang baru diketahui dan berhasil mengubah semua cara pandangnya selama ini. Seperti apa yang pernah dikatakan oleh seseorang bahwa kekuatan bahasa sangatlah kuat sampai mampu menghancurkan sebuah bangsa. Nah, hal yang sama juga terjadi pada pasanganmu.

4. Adanya Pengaruh dari Keluarganya

Adanya Pengaruh Dari Keluarga
Adanya Pengaruh Dari Keluarga

Bisa jadi yang jadi alasan kenapa pasanganmu berubah adalah karena adanya pengaruh dari keluarganya.

Mungkin ada urusan keluarga yang menyita banyak perhatian dan waktunya sehingga kamu merasa dia tak sama dengan pribadinya yang dulu kamu kenal. Akan lebih baik jika kamu lebih jeli dalam melihat situasi nyata di sekitarmu.

5. Fokus pada Hal Baru yang Dia Coba Tekuni

Mungkin Ia Sedang Fokus Terhadap Sesuatu
Mungkin Ia Sedang Fokus Terhadap Sesuatu

Alasan lain yang mungkin ada adalah karena adanya hal baru yang mulai dia ingin tekuni. Kamu pasti juga sudah paham kan kalau menekuni suatu hal baru butuh perhatian yang cukup besar.

Ada kemungkinan pasanganmu sedang melakukan hal yang menurutnya menarik untuk dilakukan dan ditekuni dalam jangka panjang. Jadi, jangan terlalu mudah sensi, mungkin dia juga sedang mempersiapkan masa depan yang indah untuk kamu nantinya.

6. Mulai Adanya Rasa Bosan dalam Menjalani Hubungannya Denganmu

Mungkin Ia Mulai Merasa Bosan
Mungkin Ia Mulai Merasa Bosan

Selanjutnya adalah alasan klasik yang sering muncul sebagai penyebab berubahnya sikap seorang pasangan. Tapi tenang, rasa bosan biasa muncul kok dalam sebuah hubungan. Terlebih jika kamu sudah cukup lama menjalin hubungan dengan pasanganmu.

Solusinya, mungkin kamu bisa mencari cara baru untuk membuat hubungan kalian tak lagi monoton dan membuatnya menjadi lebih bosan lagi.

7. Komitmen yang Mulai Goyah

Komitmen Mulai Goyah
Komitmen Mulai Goyah

Setiap orang yang menjalin hubungan pasti memiliki komitmen yang dipegang teguh oleh masing-masing. Nah, sayangnya, seiring berjalannya waktu biasanya ada yang mengubah pandangan seseorang akan komitmen tersebut.

Pengalaman yang sudah dilalui bisa menjadi salah satu penyebab goyahnya sebuah komitmen yang dibangun sejak awal menjalin hubungan. Pada akhirnya ada keraguan tentang sebenarnya mau dibawa kemana sih hubungan ini?

Baca Juga: Bukti Kedewasaan, Ini Cara Terbaik untuk Mengakhiri Sebuah Hubungan

8. Kurangnya Komunikasi yang Dijalin

Kurangnya Komunikasi
Kurangnya Komunikasi

Masih ingat kan hal apa saja yang penting dalam menjalin sebuah hubungan? Salah satu faktor penting dalam sebuah hubungan adalah komunikasi di dalamnya.

Apakah selama ini kamu sudah memastikan komunikasimu dengan pasanganmu berjalan dengan baik? Biasanya perubahan sikap pasangan terjadi karena kurangnya komunikasi atau komunikasi yang kurang baik di antara satu dengan yang lainnya.

9. Ada Banyak Masalah yang Tidak Bisa Dia Ceritakan Padamu

Ada Banyak Masalah Yang Tidak Bisa Diceritakan Kepadamu
Ada Banyak Masalah Yang Tidak Bisa Diceritakan Kepadamu

Mungkin kamu merasa sudah cukup mengenalnya. Tapi nyatanya belum tentu kamu mengetahui semua hal tentangnya. Buktinya kamu masih kebingungan tentang alasan perubahan sikap yang dia lakukan padamu.

Bisa jadi saat ini dia sedang memiliki banyak masalah. Dia berusaha keras untuk menyelesaikan segala masalah yang tengah dia hadapi saat ini. Sayangnya, dia tidak menceritakan semuanya padamu karena takut kamu mengkhawatirkan keadaannya atau tak ingin merepotkanmu.

Baca Juga: Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

10. Munculnya Perbedaan Prinsip dalam Menjalani Hubungan untuk ke Depannya

Munculnya Perbedaan Prinsip Dalam Menjalani Hidup
Munculnya Perbedaan Prinsip Dalam Menjalani Hidup

Di awal hubungan, mungkin kalian merasa bahwa prinsip bukan hal yang perlu diperdebatkan. Tapi semakin ke sini, ternyata perbedaan prinsip mampu mengubah energi dalam sebuah hubungan itu. Dia ingin melakukan suatu hal untuk masa depannya, namun kamu melarangnya. Atau mungkin ada perbedaan pendapat lainnya dalam menjalani hubungan kalian.

Nah, itu dia 10 alasan yang jadi penyebab berubahnya sikap pasangan. Sudah bisa menemukan alasan kenapa pasanganmu berubah atau belum? Biasakan untuk memandangnya secara jeli ya. Jangan mudah berspekulasi jika kamu tak ingin salah dan menyesal pada akhirnya.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Mulai terjun di bidang bahasa semenjak menjadi mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile