in

5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Mencari Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan Sampingan
Pekerjaan Sampingan

Pada masa sekarang, kebutuhan hidup tergolong cukup sulit untuk dipenuhi. Terlebih dengan banyaknya jumlah pengangguran.

Sebagian dari jumlah pengangguran itu adalah mantan pekerja yang akhirnya harus kehilangan pekerjaannya entah karena kinerjanya yang kurang baik atau karena perusahaannya sudah hampir mengalami kebangkrutan.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pekerja adalah mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Padahal mungkin tidak akan selamanya mereka memiliki penghasilan dari pekerjaan tersebut.

Misalnya seperti yang terjadi pada pekerja yang diberhentikan secara mendadak oleh atasannya. Jika sudah seperti ini, tentu saja mereka akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Meski pekerjaan yang saat ini sudah kamu miliki tergolong sudah cukup bagus, bukan berarti kamu bisa menggantung kan hidupmu dengan satu pekerjaan itu saja. Tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi akan lebih baik jika kamu jaga jaga mulai dari sekarang.

Semua pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing. Sehingga sudah menjadi sebuah kewajiban untuk kamu mempersiapkan diri jika suatu hari ada hal yang tidak kamu inginkan terjadi.

Berikut ini menjadi lima alasan kuat kenapa kamu harus memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama yang kini sedang kamu tekuni.

1. Kamu Perlu Mengantisipasi Keadaan Ketika Jika Tiba-tiba Kamu Diberhentikan dari Pekerjaanmu yang Sekarang

Mengantisipasi Hal Tidak Terduga
Mengantisipasi Hal Tidak Terduga di Masa Depan

Mungkin saat ini perusahaan tempat kamu bekerja sedang dalam keadaan yang aman. tapi siapa yang akan menjamin jika suatu saat ada sesuatu hal yang buruk menimpa tempat kamu bekerja saat ini.

Dan hasilnya perusahaan harus memperhatikan beberapa karyawan untuk menekan pengeluaran gaji karyawan mereka.

Jangan terlalu nyaman dengan situasi pekerjaan yang saat ini kamu dapatkan. Kamu harus tetap memikirkan apa yang kamu lakukan jika ada suatu hal yang buruk terjadi nantinya.

Dengan begitu kamu akan tetap mendapatkan kehidupan yang baik-baik saja meskipun secara tiba-tiba pihak tempat kamu bekerja memberhentikanmu begitu saja.

Setidaknya dengan memiliki pekerjaan sampingan kamu akan tetap mendapatkan sumber penghasilan meski hasilnya mungkin tidak sebesar gaji yang kamu dapatkan di tempatmu bekerja sebelumnya.

Setidaknya penghasilan dari pekerjaan sampinganmu bisa membantu perekonomian mu sampai kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang baru.

2. Memiliki Pekerjaan Sampingan Artinya Kamu Juga Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Pekerjaan Sampingan
Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Pekerjaan Sampingan

Kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan loh. Jika kamu memiliki pekerjaan sampingan, kamu juga pasti akan mendapatkan penghasilan tambahan, bukan?

Nah, dengan begitu kamu akan mendapatkan hasil yang lebih banyak jika dibandingkan kamu hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja.

Jika kamu pandai dalam mengatur keuanganmu, sudah bisa dipastikan kamu bisa memiliki uang yang lebih. Berbeda jika kamu hanya bekerja di satu tempat tertentu saja.

Terkadang untuk bisa memenuhi semua kebutuhanmu, kamu pun perlu mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan.

3. Kamu Bisa Bebas Membeli Barang yang Kamu Inginkan dengan Menggunakan Uang dari Pekerjaan Sampingan

Bebas Bebelanja Menggunakan Penghasilan Tambahan
Bebas Bebelanja Menggunakan Penghasilan Tambahan

Alasan ketiga adalah kamu bisa dengan mudah mendapatkan benda yang ingin kamu beli. Kenapa?

Tentu saja karena penghasilan dari pekerjaan utamamu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harianmu dan penghasilanmu dari pekerjaan sampingan bisa kamu manfaatkan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan.

Berbeda jika kamu hanya mengandalkan satu pekerjaan saja. Jika pekerjaan satu-satumu memiliki hasil yang cukup banyak, mungkin kamu masih bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan.

Tetapi jika jumlah gajimu tidak seberapa, tentu kamu harus pandai dalam mengatur keuanganmu dan tidak mengutamakan barang yang tidak terlalu kamu butuhkan meskipun kamu sangat ingin memilikinya.

4. Jika Kamu Merasa Bosan dengan Pekerjaanmu yang Sekarang Kamu Tidak Perlu Ragu untuk Mengundurkan Diri dan Menekuni Pekerjaan Lain yang Kamu Inginkan

Resign Kerja
Resign Kerja

Selanjutnya adalah kamu bisa lebih bebas untuk memilih di tempat bekerja yang mana kamu merasa lebih nyaman.

Jika kamu bosan dengan suasana bekerja di tempat bekerja utamamu, kamu tak perlu ragu lagi untuk mengundurkan diri dari tempat itu. Tentu saja alasannya kamu masih punya sumber penghasilan lain dari pekerjaan sampinganmu.

Selagi menunggu pekerjaan lainnya, kamu bisa mengandalkan hasil dari pekerjaan sampinganmu terlebih dahulu.

Sehingga kamu tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhanmu meskipun kamu sudah mengundurkan diri dari pekerjaanmu sebelumnya.

Jangan buru-buru untuk resign dari pekerjaan. Coba baca 5 Tanda Bahwa Kamu Harus Meninggalkan Pekerjaan Saat Ini.

5. Kamu Bisa Menabung Lebih Banyak dan Tentunya Bisa Lebih Cepat dalam Mengumpulkan Kekayaan

Lebih Cepat Menabung
Lebih Cepat Menabung

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dengan pekerjaan sampingan kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan juga.

Nah, alasan yang terakhir ini berhubungan dengan alasan tersebut. Dengan pekerjaan sampingan yang menghasilkan cukup uang, kamu juga bisa lebih cepat dalam menabung.

Semakin rajin kamu menabung, maka semakin cepat pula kamu dalam mengumpulkan kekayaan. Penghasilan yang tidak hanya berasal dari satu pekerjaan saja tentu akan memberikan banyak keuntungan untukmu.

Jadi, selagi kamu masih memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan sampingan, ada baiknya kamu berusaha semaksimal mungkin untuk melakukannya.

Masih kesulitan untuk menabung? Ketahui 6 Kebiasaan Buruk Ini Akan Membuatmu Selalu Gagal Menabung.

Itulah 5 alasan yang membuatmu perlu memiliki pekerjaan sampingan. Kamu tidak bisa mengandalkan suatu pekerjaan saja untuk selamanya.

Selain plan A kamu juga harus memiliki plan B. Dengan begitu kamu akan bisa menjalani kehidupanmu dengan lebih tenang dan aman karena kebutuhan ekonomimu bisa lebih terjamin.

Pekerjaan sampingan akan membantumu dari segi penghasilan dan beberapa hal lainnya. Namun, jika memang kamu merasa tidak sanggup untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, kamu bisa memilih untuk menekuni satu pekerjaan saja dengan syarat kamu harus sungguh-sungguh dalam menekuninya.

Written by Muhammad Taufik

Share your knowledge. It is a way to achieve immortality