in ,

Ini Alasan yang Kerap Membuat Seseorang Takut untuk Jatuh Cinta

Alasan Seseorang Takut Jatuh Cinta
Alasan Seseorang Takut Jatuh Cinta

Bagi sebagian besar orang, cinta adalah suatu anugerah terindah. Itulah alasan kenapa seseorang tak pernah lelah dalam mencari dan memperjuangkan rasa cintanya. Mereka punya harapan besar untuk mendapatkan cinta yang abadi dan sejati.

Tapi sayangnya, tidak semua orang mengakui keindahan cinta dalam hidupnya. Beberapa orang justru merasa takut untuk merasakannya. Beberapa orang ragu untuk membuka hatinya.

Bukan karena tak mau jatuh cinta, mereka punya alasan yang lebih besar untuk tidak dijadikan candaan. Dari semua orang yang punya ketakutan tersendiri dengan sebuah rasa cinta, apakah kamu juga salah satu di antara mereka?

Jika iya, mungkin salah satu alasan ini juga mewakili alasanmu untuk berhati-hati dan tetap sendiri sampai saat ini.

1. Rasa Kurang Percaya Diri, Ada Anggapan Tentang Apakah Dirinya Memang Layak untuk Dicintai

Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri
Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri

Mungkin ada kalanya seseorang merasa kurang percaya diri atas dirinya sendiri. Ada rasa tak yakin jika mereka adalah orang yang pantas untuk dicintai dengan segala kelebihan maupun kekurangan yang ada dalam diri mereka.

Rasa kurang percaya diri mampu membuat seseorang merasa dirinya sebagai orang yang tak berguna, lemah, atau hal negatif lainnya. Padahal pada kenyataannya di balik kekurangan yang ada dalam diri seseorang, pasti juga ada kelebihan yang mampu dikembangkan.

Belum lagi jika mereka memiliki kekurangan dari segi fisik atau materi. Alasan ini kerap menjadi hal yang membuat seseorang takut untuk jatuh cinta. Perasaan tak layak untuk dicinta membuat mereka sulit membuka hati dan menemukan cinta sejatinya.

Baca Juga: Jangan Sedih, Inilah Keuntungan Menjadi Jomblo yang Harus Kamu Ketahui

2. Pikiran yang Sudah Jauh ke Depan, Ada Kekhawatiran yang Tengah Bersarang

Kekhawatiran Akan Masa Depan
Kekhawatiran Akan Masa Depan

Ada beberapa orang yang mengatur masa depannya dengan cukup rapi. Nah, biasanya sebagian dari mereka yang sudah memikirkan masa depannya dengan baik akan merasa khawatir jika ada suatu hal buruk tentang kisah asmaranya suatu saat nanti.

Kekhawatiran tentang apa yang akan terjadi di masa depan membuat mereka sulit membuka hati untuk dicintai. Mereka takut jatuh cinta karena mereka takut akan masa depan yang mungkin tak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Mereka takut jika akhirnya mereka jatuh cinta dan menjalin sebuah hubungan, ada kekhawatiran tentang apakah hubungan yang dijalani akan berakhir dengan bahagia atau berakhir dan meninggalkan luka dalam hati.

Memang tidak ada yang tahu tentang apa yang akan terjadi nanti. Namun tak ada juga yang bisa menghalangi adanya kekhawatiran dalam diri seseorang tentang apa yang berlaku di kemudian hari.

3. Pengalaman Menyakitkan di Masa Lalu Membuat Seseorang Enggan untuk Mencoba Jalani Kisah Cinta yang Baru

Memiliki Pengalaman Masa Lalu Yang Menyakitkan
Memiliki Pengalaman Masa Lalu Yang Menyakitkan

Masa lalu yang cukup menyakitkan memiliki kemungkinan untuk membuat seseorang trauma dan memilih untuk sendiri. Mereka takut membuka hati kembali dan merasakan sakit hati yang sama seperti yang sudah terjadi.

Luka yang ada dalam hatinya membuat mereka takut untuk mengenal lagi yang namanya cinta. Luka yang ada membuat mereka memandang cinta sebagai momok yang menakutkan.

Sehingga pada akhirnya mereka membangun temboknya sendiri untuk menghalangi siapapun masuk ke dalam hatinya.

4. Melihat Apa yang Banyak Terjadi di Sekitaran, Kamu Pun Punya Ketakutan akan Sebuah Perpisahan dan Rasa Kehilangan

Memiliki Ketakutan Akan Perpisahan
Memiliki Ketakutan Akan Perpisahan

Cerita tentang banyaknya orang yang terluka akan cinta juga bisa membuat seseorang ragu untuk ikut merasakannya. Banyak orang yang menjalin hubungan namun akhirnya berpisah di tengah jalan. Belum lagi jika perpisahan yang terjadi diiringi dengan amarah, kesedihan dan juga kekecewaan.

Kisah yang ada di lingkungan sekitar membuat seseorang takut untuk merasakan cinta kemudian terluka karena adanya perpisahan dan sebuah rasa kehilangan. Mereka merasa belum siap untuk merasakan kepedihan dari hancurnya sebuah hubungan.

Padahal sudah jelas bahwa dalam kehidupan ini adanya pertemuan dan perpisahan memang lumrah saja. Bukankah tak ada yang abadi dalam dunia ini? Tapi hal ini masih saja menjadi alasan seseorang untuk takut membawa hatinya untuk merasakan cinta yang sejati.

5. Ada Ketakutan Tersendiri dalam Dirimu, Kamu Takut Jika pada Akhirnya Kamu Hanya akan Dipermainkan

Takut Hanya Menjadi Mainan
Takut Hanya Menjadi Mainan

Biasanya seseorang memiliki ketakutan yang satu ini. Mereka takut dibuat jatuh cinta, kemudian ditinggalkan dan dipermainkan begitu saja. Seringkali alasan ini dimiliki oleh perempuan yang takut dipermainkan oleh laki-laki.

Melihat banyak orang yang sudah pernah dipermainkan, membuat mereka juga takut untuk menjalin sebuah hubungan.

Ada ketakutan dalam diri mereka jika suatu saat mereka juga merasakan rasa sakit yang sama dengan orang-orang yang pernah dipermainkan oleh seseorang atas dasar cinta.

Baca Juga: Ditinggal Gebetan di Puncak Kasmaran, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

6. Kecintaanmu akan Kebebasan, Membuatmu Takut Menjalin Komitmen dengan Pasangan

Takut Menjalani Komitmen
Takut Menjalani Komitmen

Kalau alasan yang terakhir ini biasanya banyak dimiliki oleh para laki-laki. Ada rasa takut jika saat menjalin hubungan dan berkomitmen pada pasangan, kebebasan yang selama ini mereka rasakan akan hilang.

Kecintaan mereka akan kebebasan sangatlah besar. Dan ada ketakutan akan kehilangan kebebasan itu jika dia merasakan yang namanya cinta.

Seperti apa yang banyak orang katakan, cinta itu buta. Seseorang bisa saja menjadi budak cinta yang tak lagi bebas melakukan apa-apa. Inilah yang membuat sebagian orang merasa takut untuk merasakan yang namanya cinta. Padahal cinta yang tulus dan sejati tak akan mengambil apapun dari orang yang disinggahi. Tidak ada kebebasan yang akan direnggut olehnya.

Nah, itulah beberapa alasan yang kerap membuat seseorang takut untuk jatuh cinta. Jika kamu juga merasakan hal yang sama, alasan apa yang menggambarkan suasana hatimu yang sebenarnya?

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.