in , ,

7 Aplikasi Android Terbaik Yang Mendukung Produktivitas Kerja

Aplikasi Produktivitas Kerja untuk Android
Aplikasi Produktivitas Kerja untuk Android

Aplikasi produktivitas kerja terbaik – Apakah kamu sudah cukup produktif?. Dalam hal pekerjaan, menjadi produktif merupakan poin penting yang harus kamu usahakan. Produktivitas dalam bekerja dapat menjadi parameter yang digunakan untuk menilai kualitas kamu sebagai karyawan atau pekerja oleh atasan kamu. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan tepat mengapa kamu harus mulai meningkatkan produktivitas kamu.

Selain itu, hidup produktif dapat mengajarkan dan membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih teratur dan juga disiplin. Nah, berhubungan dengan produktivitas kerja ini, kali ini redaksi Golife memiliki beberapa rekomendasi aplikasi android yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas kerja kamu. Berikut daftar aplikasinya..

CamScanner

CamScanner
CamScanner

Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan sebagai aplikasi yang paling populer untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Aplikasi yang dirilis oleh INTSIG Information Co.,Ltd ini merupakan aplikasi scanner android yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan scan dokumen, mulai dari sertifikat, notulen meeting, tulisan di whiteboard, KK hingga KTP maupun SIM.

Hasil scan dari aplikasi CamScanner ini sendiri dapat disimpan dalam bentuk image ataupun pdf sesuai kebutuhan penggunanya.

Tidak hanya itu, aplikasi produktivitas kerja ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim maupun membagikan hasil scan melalui WhatsApp, Email maupun media sosial.

Hingga saat ini CamScanner telah memperoleh jumlah unduhan mencapai 100 juta kali.

Evernote

Evernote
Evernote

Evernote mungkin adalah salah satu aplikasi produktivitas kerja yang terbilang familiar di kalangan pengguna Android. Aplikasi yang hadir dengan take line Notes Organizer & Daily Planner ini sendiri secara sederhana merupakan aplikasi catatan android yang dilengkapi fitur lengkap.

Menggunakan aplikasi Evernote, pengguna dapat membuat serta menyimpan catatan yang memuat audio, gambar, reminder (pengingat), web clipper hingga to-do-list. Selain itu, Evernote juga memiliki fitur share via email, sehingga pengguna dapat langsung membagikan catatan kepada ke orang yang dituju melalui email.

Tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi, Evernote juga dapat diakses melalui website. Hingga saat ini tercatat, telah lebih dari 100 juta pengguna yang telah mengunduh aplikasi catatan android yang satu ini.

Todoist

Todoist
Todoist

Nama aplkasi Todoist mungkin memang belum seterkenal Evernote, namun aplikasi juga merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas kerja kamu.

Aplikasi yang dirilis oleh Doist ini dapat dikatakan cukup sederhana, dimana para penggunanya dapat mensikronkan semua list dengan device yang dimiliki pengguna.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membagikan to-do-list yang dibuat dan meminta feedback atas task yang telah dibuat.

Tidak hanya digunakan untuk personal, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan yang melibatkan kerja sama tim.

Untuk popularitas dari aplikasi Todoist, aplikasi ini memiliki jumlah unduhan yang masuk kategori tinggi yakni hingga lebih dari 10 juta kali unduhan.

Google Drive

Google Drive
Google Drive

Aplikasi Google Drive berada di urutan selanjutnya untuk kategori aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. Aplikasi yang dirilis oleh Google ini merupakan tempat penyimpanan (drive) untuk berbagai jenis dokumen, mulai dari video, foto maupun dokumen dengan format word, text, excel, zip dan lainnya.

Google Drive sendiri terbilang banyak digunakan di perusahaan sebagai database dokumen, entah untuk personal ataupun tim. Melalui Google Drive, penggunanya dapat mengakses pekerjaan dimana pun, melalui smartphone ataupun komputer.

Google Drive juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi serta mengizinkan pengguna lain untuk mengakses dokumen di Google Drive pengguna dengan otoritas persetujuan dari pemilik Drive.

Google Docs, Google Sheets & Google Slides

Google Docs
Google Docs

Tentunya sebagian besar dari kamu telah mengenal 3 serangkai aplikasi produktivitas kerja yang satu ini. Ketiga aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft office.

Google Docs memiliki fungsi serupa dengan Microsoft Word, Google Sheets dengan fungsi serupa Microsoft Excel dan Google Slides yang serupa dengan Microsoft Powerpoint.

Ketiga aplikasi buatan Google ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mengerjakan atau mengakses berkas kerja melalui smartphone, dimanapun.

Selain itu, ketiganya juga dapat disikronisasikan dengan aplikasi Google Drive. Ketiga aplikasi ini sendiri sering digunakan dalam pengerjaan proyek atau kerja tim.

Rembo

Rembo
Rembo

Rekomendasi lainnya untuk kategori aplikasi produktivitas kerja terbaik yang dapat membuat kamu lebih produktif dalam bekerja adalah Rembo.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Jio Haptik Technologies Limited ini merupakan aplikasi reminder (pengingat) yang cukup unik karena memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan aplikasi messenger WhatsApp.

Yang tidak kalah unik dari aplikasi Rembo ini adalah cara aplikasi ini mengingatkan penggunanya, dimana aplikasi ini akan menelpon pengunanya. Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat membuat to-do-list, pengingat rapat hingga mengatur alarm untuk tidur.

Aplikasi ini sendiri memiliki popularitas yang cukup tinggi dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 50 ribu unduhan.

Google Fit

Google Fit
Google Fit

Produktivitas tidak melulu soal pekerjaan, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan kamu agar dapat tetap produktif dalam bekerja. Untuk memenuhi hal tersebut, Google Fit adalah salah satu aplikasi yang cocok kamu coba.

Aplikasi yang juga dirilis oleh Google ini merupakan platform kesehatan yang menggunakan sensor yang dapat melacak aktivitas penggunanya melalui perangkat smartphone.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat memonitor detak jantung serta data kesehatan penting lainnya.  Google Fit sendiri dapat compatible dengan device lainnya seperti Smartwatch.

Baca Juga :8 Aplikasi Project Management Terbaik Untuk Mengatur Kerja Tim Kamu

Itulah beberapa daftar beberapa rekomendasi aplikasi produktivitas kerja untuk android yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas kerja kamu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.