7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Kebutuhan Youtube

Bagi yang sedikit gaptek, mempelajari cara mengedit video akan menguras tenaga dan waktu. Ditambah lagi kita hanya mengandalkan smarthone saja.

Muhammad Taufik Muhammad Taufik · 3 min read >
Aplikasi Edit Video Terbaik

Aplikasi edit video sangat penting saat ini untuk kebutuhan membuat Vlog, Youtube, Story di Instagram, Dokumentasi acara di perusahaan, atau sekedar ingin membagikan permainan terbaik dari sebuah game yang kamu sukai.

Hal yang pertama sekali ada di pikiran kita tentang software editing video adalah ribet. Bagi yang sedikit gaptek, mempelajari cara mengedit video akan menguras tenaga dan waktu. Ditambah lagi kita hanya mengandalkan smarthone saja. Hal ini pastilah sulit untuk dilakukan.

Untuk itu, kamu perlu menemukan secara bijak software yang sesuai dengan kemampuan serta kebutuhanmu.

Kabar baiknya, ada banyak developer yang memahami kondisi kita dengan menciptakan aplikasi yang lebih ringan, gratis, dan tidak ribet. Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit video yang saya sarankan untuk kamu coba sebagai pemula.

1. Avs Video Editor

AVS Video Editor
AVS Video Editor

Software yang pertama adalah Avs Video Editor. Salah satu keunggulan program ini ialah memiliki fitur Video Chace yang bisa digunakan untuk mengedit video dengan format HD. 

Selain itu, software ini juga menyediakan fitur editing standar seperti memotong, menggabungkan, selip bingkai dan teks dan fitur lainnya. Semua fitur ini bisa digunakan untuk mempercantik hasil editan. 

Yang paling bagus adalah fitur effect video. Selain bentuknya unik dan artistik, jumlahnya juga banyak. Dilansir dari situs resminya, aplikasi ini mengusung 300 efek yang bisa dipasangkan pada video. 

2. Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13
Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13 adalah software besutan Sony yang sangat bagus. Namun, software ini hanya bisa digunakan untuk perangkat pc. 

Yang istimewa dari program ini adalah mudah dalam editing. Bahkan cara input file-nya saja cukup satu kali drag saja. Jadi, tidak perlu melakukan klik-klik tool upload yang terkadang ribet. 

Selain itu, dengan software ini, pengguna tidak hanya bisa mengedit video saja, tetapi juga bisa menyisipkan musik di dalamnya. Ini tentunya tidak didapatkan dari aplikasi lain. Yang sebagian besar menitikberatkan pada editing video saja. 

Oleh karena itu, jika ingin membuat video berkualitas untuk sekedar buat vlog, pakai saja software ini. Apalagi kapasitasnya tidak terlalu besar, sehingga bisa diunduh di pc dengan speck rendah. 

3. Filmorago

Filmorago
Filmorago

Filmorago adalah software editing video yang sedang viral. Bahkan, sudah digunakan oleh 10 juta orang lebih. Itu artinya, software ini memang bermutu tinggi. Apalagi rating di Google play Store mencapai 4+.

Keunggulan dari software ini adalah tersedianya fitur effect dan transisi yang lengkap. Sehingga, hasil video tidak hanya bersih tetapi juga unik. Bahkan dengan software ini, pengguna bisa mengkreasikan video seperti flog di you tube dan instagram.

File yang bisa diedit menggunakan software ini bisa didapatkan dari penyimpanan jenis apapun. Bahkan, dari media sosial juga bisa. Pengguna cukup klik fitur unggah video, selanjutnya pilih drive yang berisi video yang akan dilakukan editing. 

Yang paling oke adalah, video bisa dimasukkan musik yang keren. Pengguna tinggal memilih melodi yang disediakan oleh developer atau mengambil dari file musik yang ada di dalam perangkat. 

Baca Juga : 7 Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Lebih Instagramable

4. Quik – Pengedit Video Dengan Musik

Software Edit Video Quik
Software Edit Video Quik

Quik sudah selayaknya kita sebut sebagai salah satu aplikasi untuk mengedit video terbaik. Software ini cocok untuk pemula yang masih kebingungan bagaimana cara memasukkan musik dalam video. Disini kamu dapat membuatnya secara mudah tanpa butuh pengetahuan khusus.

Sekali unggah video, maka di layar akan muncul effect dan background yang cantik. Pengguna tinggal menyesuaikan dan memasangkannya saja. Setelah itu, silakan export ke fb atau twitter. 

Sekalipun tampilan aplikasi sangat sederhana, fitur yang diusung tidak kalah keren. Bahkan, tidak kalah dengan yang lain, App ini juga bisa memasangkan musik ke dalam video. Sehingga hasil video lebih artistik dan terkesan lebih hidup. 

Jika ingin membuat slide video plus teks, aplikasi ini juga bisa digunakan. Jangan khawatir, jumlah font-nya banyak dan bermotif unik. Kabar baiknya, Quik juga tersedia di Play Store untuk pengguna Android.

5. Kinemaster

Aplikasi Edit Video Kinemaster
Kinemaster

Semua editor video digital profesional pasti kenal dengan aplikasi ini. Pasalnya, Aplikasi inilah yang sering digunakan untuk mengedit video di Smartphone IOS dan Android. 

Salah satu keunggulan aplikasi adalah fiturnya lengkap sehingga mempermudah proses editing. Bahkan, menu di dalam software terbanyak dibandingkan aplikasi yang lain. 

Dari segi tampilan juga elegan. Selain penuh warna, peletakan meja editing dengan fitur pas. Bahkan pengguna juga bisa melihat hasil editing di dalam menu preview. 

Yang paling oke dari aplikasi ini adalah, memiliki kemampuan menyeimbangkan suara dengan video. Makanya, banyak musikalitas puisi yang digarap menggunakan aplikasi ini. Hasilnya memang lebih indah dan syahdu. 

Selain itu, dengan fitur layer, kamu dapat memasukkan tambahan video lucu green screen untuk membuat videomu terlihat lebih hidup.

Sayang, aplikasi ini agak ribet jika digunakan oleh pemula. Sehingga masih harus banyak berlatih sampai mahir. Terutama ketika menyesuaikan antara video, musik dan durasinya. 

Tapi jika kamu berhasil mempelajarinya dengan sabar, kamu bisa membuat video-video game lucu. Seperti Mobile Legends WTF Moments, atau menambah sentuhann untuk video lainnya agar bernuansa funny.

6. Viva Video

Viva Video Editor
Viva Video Editor

Viva video adalah aplikasi editing video yang bisa diunduh gratis. Bahkan semua fitur efek, background, template dan selainnya juga bisa didapatkan tanpa membayar. Maka dari itu, penggunanya di Google Play mencapai 100 juta orang. 

Dengan fitur ini, tentu pengguna bisa melakukan editing video dengan puas. Selanjutnya, hasilnya bisa diposting di you tube maupun di fb. Kalau hanya untuk dijadikan dokumentasi pribadi, langsung di save saja di perangkat. 

Yang kurang dari aplikasi ini adalah, masih ada watermark di dalam hasil video. Ini wajar, mengingat aplikasi ini gratisan. Jika ingin hasil video yang benar-benar bersih, silakan upgrade App ke premium. 

Tetapi jika hanya untuk editing video berdurasi pendek, aplikasi ini sudah cukup. Hasilnya tetap elegan sekalipun fitur yang digunakan bebas biaya. 

7. VideoShop

VideoShop
VideoShop

VideoShop adalah aplikasi edit video vlog yang fokus pada editing video plus sound. Maka dari itu, fitur yang disediakan memang mengarah ke unsur-unsur tersebut. 

Fitur uniknya adalah tipe suara yang beraneka ragam. Bahkan suara-suara jenaka seperti suara binatang, suara benda, suara tertawa dan tangisan juga tersedia. Dengan fitur ini, tentu pengguna bisa membuat video yang unik dan lucu. 

Selain itu, aplikasi yang sudah diunduh oleh 10 juta orang ini memiliki menu slow dan fast motion. Dengannya, hasil video akan seperti tampilan ekstra di film-film.  

Jangan khawatir, selain menu di atas, aplikasi juga memiliki fitur standar seperti memotong, menggabung, dan merotasi video. Jadi, jika ingin menghasilkan video biasa dan sederhana, aplikasi ini juga bagus dan recommended. 

Baca Juga : 8 Aplikasi Pembuat Logo Gratis di Android Untuk Pemula

Jika ingin membuat video, tetapi ingin cepat dan hasilnya bagus, silakan pakai saja aplikasi edit video di atas. Selain prosesnya editing nya cepat, hasilnya pasti akan sangat memuaskan. 

Muhammad Taufik
Geek, pedant, casual gamer, lover of anything science fiction and cofee. I want to be alone, with someone else who wants to be alone. Read Full Profile