Suka Pakai Aplikasi Jodoh Online? 8 Hal ini Harus Kamu Perhatikan

Menjalin hubungan dengan orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya memang sebuah

Novia Kartikasari Novia Kartikasari · 4 min read >
Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Jodoh Secara Online

Menjalin hubungan dengan orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya memang sebuah hal yang riskan dan patut untuk dipertimbangkan, namun seiring berkembangnya jaman dan era internet yang semakin cepat fenomena menjalin hubungan tanpa bertemu sebelumnya sekarang sudah sangat umum terjadi bahkan sampai menjadi pilihan alternatif untuk mencari jodoh.

Ada banyak yang berhasil hingga menikah namun tidak sedikit juga yang kandas di tengah jalan bahkan mungkin ada yang merasa dirugikan karena sudah ditipu oleh pasangannya.

“Di fotonya cantik / ganteng banget ni, eh pas ketemu kok… gender sama namanya bisa beda?”

“Dilihat dari fotonya dia masih muda lho kok pas ketemuan wajahnya beda ternyata dia lebih tua?”

“Si A ini sebenarnya nggak pernah ada soalnya akunnya yang itu sebenarnya cuma buatan dari si B buat deketin cewek itu”

Hm… Pastinya beberapa dari kalian ada yang pernah dengar kasus kayak gini atau mungkin malah pernah mengalaminya. Antara persona seseorang waktu dia online sama orang aslinya sudah ibarat dua orang yang beda banget.

Catfishing adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah aktivitas online yang melibatkan pembuatan identitas palsu dengan tujuan untuk menipu orang lain. Click To Tweet

Kemudahan akses internet saat ini dan akun media sosial membuat banyak oknum menggunakan identitas pura-pura  di dunia maya.

Meskipun tidak selalu mengalami kerugian materiil, namun para korban catfishing ini umumnya merasakan kerugian emosional yang mendalam apalagi kalau sudah berhubungan jangka lama, karena pastinya mereka sudah menginvestasikan sebagian besar waktu mereka untuk mengikat diri mereka secara emosional dengan si pelaku, eh ternyata malah dibohongin.

Alasan dari si pelaku yang melakukan modus catfishing juga beragam, ada yang memang tidak berani mengungkapkan identitas aslinya (dengan berbagai alasan) makanya dia bikin identitas baru, ada juga yang menipu buat mengeruk sesuatu dari partnernya (misal memenuhi kebutuhan materiil atau afeksi kasih sayang).

Namun apapun alasannya catfishing ini sekali lagi sangat merugikan korbannya. Karena ketika tahu tentang identitas orang yang dia gantungi secara emosional aslinya adalah identitas yang sama sekali berbeda, korban bisa-bisa sampai mengalami trauma psikologis yang mendalam.

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Menjalin Hubungan Lewat Dunia Maya

Mencari Jodoh Secara Online
Mencari Jodoh Secara Online

Sosial media memang tempat yang rawan buat melakukan modus tipu-menipu, karena hampir di setiap platform media sosial tidak ada crosschecked identitas yang jelas saat pembuatan akun baru, sehingga membuat seseorang bisa membuat fake account secara bebas sebanyak mungkin tanpa diketahui oleh orang lain.

Kita sebagai pengguna media sosial harus sadar dengan adanya modus penipuan seperti ini dan sangat mudah untuk dilakukan oleh seseorang dalam waktu singkat.

Memang sebaiknya kita menghindari menjalin hubungan dengan orang yang benar-benar asing atau paling tidak orang yang tidak pernah kamu temui sebelumnya.

Nah tapi yang namanya ketertarikan pada orang lain kan kadang kala memang sulit untuk dihentikan, dan itu sah-sah saja sebenarnya untuk dilakukan.

Jika memang terpaksa menjalin hubungan lewat dunia maya karena sudah terlanjur tertarik lah istilahnya, coba perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar menjalin hubungan serius lewat dunia maya.

1. Ajak Bertemu Langsung Setelah Kenal Dalam Beberapa Bulan

Bertemu Dengan Pacar Dunia Maya
Bertemu Dengan Pacar Dunia Maya

Salah satu cara untuk menverifikasi identitas seseorang asli atau tidak adalah dengan mengajaknya bertemu face to face.Memang terdengar kuno dan kolot. Tapi cara ini cukup ampuh untuk menghindarkan kamu dari scamming yang lagi marak – maraknya di era global ini.

Jadi kalau si doi diajak bertemu face to face,  tapi si doi kok menolak dengan berbagai macam alasan dan alasannya sangat dibuat – buat, kamu wajib curiga dengan si doi. Tetaplah waspada, jangan sampai menjadi celah untuk para scammer  yang malah akan merugikanmu.

2. Bertanya Tentang Background nya di Dunia Nyata Jika Mulai Tertarik Dengannya

Melihat Bibit Bebet Bobot Pasangan
Melihat Bibit Bebet Bobot Pasangan

Setelah bertemu secara langsung dengan si doi dan kamu merasa tertarik dengannya, kamu wajib menggali lebih dalam tentang si doi.

Kamu bisa menanyakan tentang apa pekerjaannya?

Dalam keluarganya ada siapa saja?

Pernah menempuh pendidikan dimana saja?

Dan berbagai pertanyaan mendasar yang wajib kamu tahu jika kamu ingin menjalin hubungan lebih serius dengan si doi.

3. Ajak Video Call Jika Masih Dirasa Mencurigakan

Video Call
Video Call

Ini juga bisa kamu lakukan sebelum ngajak doi ketemuan face to face lho. Sekedar memastikan apa benar si doi sesuai dengan foto profil akunnya.

Atau jika kalian memang berada di tempat yang jauh dan untuk bertemu secara face to face  sangatlah sulit menentukan waktu juga tempatnya. Cara ini bisa banget kamu pilih sebagai alternatif.

Namun, jika sudah bertemu face to face pun kamu masih belum yakin, kamu bisa meminta si doi untuk video call denganmu. Atau kamu juga bisa melakukan video call secara tiba – tiba untuk mengecek, apakah si doi yang baru kamu temui benar – benar orang yang sama.

Jika doi memang scammer doi pasti akan menghindari video call kamu yang  tiba – tiba tadi dengan berbagai macam alasan, dan tentunya kamu harus lebih waspada dan juga curiga.

4. Ketika Dia Mulai Membuka Diri Tanyakan Tentang Akun Media Social Lain Milik Dia

Akun Sosial Media
Akun Sosial Media

Nah, ini penting sekali. Di zaman modern seperti sekarang, sangatlah jarang ditemui orang – orang yang hanya memiliki satu akun media sosial.

Kamu bisa loh, menyelidiki si doi dari akun media sosialnya yang lain. Jadi, setelah kamu dekat dengannya dan dia mulai nyaman denganmu jangan sungkan ya menanyakan akun media sosial doi yang lain.

Jika doi bilang doi hanya punya satu akun saja, kamu wajib curiga nih.

5. Stalk Akunnya

Lihat Akun Profile Nya
Lihat Akun Profile Nya

Yap, kamu gak salah baca kok.  Nah setelah kamu dapat akun media social milik doi, kamu wajib banget stalking si doi. Apa aja sih hal – hal yang harus kamu stalking?

Kamu bisa lho stalking kegiatan doi yang lain lewat postingan di akun media sosialnya tadi, dan juga siapa saja teman – temannya dan juga keluarganya.

Kamu pun bisa tahu, bagaimana karakter si doi melalui komentar – komentar si doi dikolom komentar, disetiap postingan yang doi buat. Jadi, apa masih ragu stalking akun doi?

6. Lihat Tahun Akun Profile itu Dibuat

Melihat Tahun Pembuatan Akun
Melihat Tahun Pembuatan Akun

Tapi di zaman yang serba canggih ini, video call pun bisa di akali oleh para oknum scammer lho. Jadi kamu harus tetap berhati – hati. Nah, untuk mengantisipasinya kamu bisa melihat tahun berapa akun si doi dibuat.

Jika akun yang doi buat tahunnya sudah lama, kamu bisa melanjutkan ketahap selanjutnya, tapi jika tahun pembuatannya masih terbilang baru, kamu harus hati – hati.

7. Lihat Daftar Teman-Temannya

Melihat Daftar Teman di Sosial Media Nya
Melihat Daftar Teman di Sosial Media Nya

Untuk mengenal seseorang lebih dekat, kamu bisa lho melihat circle pertemanannya. Nah,  setelah kamu melihat tahun pembuatan akunnya, kamu juga bisa melihat daftar siapa saja teman – teman si doi.

Jika teman – teman di dalam akun doi rata – rata adalah orang – orang baru yang bahkan tidak pernah satu komunitas dan tidak ada yang pernah satu  sekolah dengan si doi kamu boleh banget curiga nih.

Karena biasanya dalam akun media sosial seseorang, setidaknya ada satu atau dua orang teman yang masih satu komunitas atau malah dulunya satu sekolah. Nah,dilihat dari pertemanannya yang hanya di isi orang – orang yang baru dikenal bisa saja nih, akun yang doi gunakan adalah sebuah akun palsu.

8. Jangan Terburu-buru

Jangan Terburu-buru Mengambil Keputusan Suatu Hubungan
Jangan Terburu-buru Mengambil Keputusan Suatu Hubungan

Ketika kamu kenal dengan seseorang lewat media soSial, janganlah terburu – buru dalam mengambil keputusan. Pelan – pelan saja, karena waktu tidak akan habis hanya karena kamu berhati – hati dalam mengambil keputusan.

Ikuti saja alurnya dan tetaplah waspada.

Jangan sampai kamu malah menjalin hubungan yang tidak sehat dan berpotensi menimbulkan konflik dimasa depan yang  berpotensi  menambah stress, hanya karena kamu terlalu cepat dalam mengambil keputusan. Berikan juga si doi waktu untuk merasa nyaman ketika berada didekat kamu dan mengenal kamu lebih dalam.

Baca Juga: Baru Kenal Si Dia Sudah Jatuh Cinta? Hati-hati Terkena Love Bombing

Oke, itu tadi beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum menjalin hubungan lewat dunia maya. Kata pepatah “Bila jodoh tak akan kemana” itu benar, tapi di jaman yang serba modern ini kamu juga harus tetap berhati – hati ya. Jangan sampai niat kamu yang baik, malah di manfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dan malah akan merugikan kamu.

Novia Kartikasari
An amateur writer who inspired to be a professional writer someday. I love writing about a social phenomenon, education, environmental and lifestyle issue Read Full Profile