in

6 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Menghemat Kuota Internet

Aplikasi Pengehemat Kuota Internet

Aplikasi Penghemat Kuota Internet – Di zaman dimana Smartphone telah menjadi sebuah kebutuhan, banyak orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk membeli kuota internet setiap bulannya.

Hal tersebut terbilang wajar, dimana semakin banyak orang yang membutuhkan internet dalam kesehariannya, entah untuk bekerja, bermain media sosial atau sekadar untuk bermain game.

Namun, jika pemakaian kuota internet kamu tidak diawasi dengan baik, maka kamu dapat jadi akan menjadi boros dalam pemakaian kuota internet kamu.

Hal tersebut pastinya akan berdampak pada dompet kamu alias kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memenuhi kebutuhan kuota paket data kamu.

Nah, berhubungan dengan mengawasi atau menghemat pemakaian kuota paket, terdapat beberapa aplikasi Smartphone yang dapat membantu kamu menghemat pemakaian kuota internet kamu. Berikut beberapa aplikasi tersebut yang telah dirangkum oleh redaksi Golife.

1. Data Usage Monitor

Data Usage Monitor
Data Usage Monitor

Berada di posisi pertama, terdapat aplikasi bernama Data Usage Monitor.

Aplikasi penghemat kuota internet yang dikembangkan oleh developer Lufesu Inc. memungkinkan penggunanya untuk memonitor penggunaan internet di setiap aplikasi yang terinstal di Smartphone penggunanya.

Menggunakan aplikasi Data Usage Monitor ini, pengguna dapat mengantur aplikasi yang membutuhkan banyak internet dan mana yang tidak alias dapat dihemat.

Di Playstore, aplikasi yang berukuran 4,9MB ini telah diinstall oleh lebih dari 1 juta pengguna Android.

2. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite
Internet Speed Meter Lite

Aplikasi lainnya yang juga dapat membantu kamu dalam menghemat kuota internet kamu adalah Internet Speed Meter Lite.

Aplikasi yang digagas oleh DynamicApps ini sendiri merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan aplikasi Data Usage Monitor sebelumnya.

Internet Speed Meter Lite memungkinkan penggunanya untuk mengatur penggunaan internet di setiap aplikasi, sehingga dapat mengefisienkan penggunaan kuota internet .

Tidak hanya itu, aplikasi yang interface-nya didominasi warna biru ini juga akan memberikan laporan penggunaan paket data Smartphone di setiap bulannya.

Untuk jumlah unduhan di Playstore, aplikasi yang satu ini memiliki jumlah unduhan yang lebih banyak dari Data Usage Monitor yakni mencapai lebih dari 10 juta unduhan hingga saat ini.

3. My Data Manager

My Data Manager
My Data Manager

Masih membahas tentang aplikasi penghemat kuota internet terbaik, My Data Manager juga merupakan aplikasi yang layak masuk ke dalam kategori aplikasi terbaik untuk membantu menghemat kuota.

Aplikasi yang dirilis oleh developer Mobidia Technology ini memiliki fungsi utama yakni memonitor berapa banyak penggunaan data internet penggunanya.

Aplikasi My Data Manager ini juga dilengkapi dengan fitur yang akan memberikan informasi mengenai aplikasi yang paling banyak menggunakan data dan menyediakan opsi untuk menghentikan aplikasi tesebut.

Tidak hanya memonitor penggunaan kuota internet, aplikasi yang berukuran file 6,6MB ini juga memonitor penggunaan data internet selama penggunanya terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Sama halnya dengan aplikasi Internet Speed Meter Lite sebelumnya, aplikasi ini telah memiliki banyak pengguna. Hingga saat ini, aplikasi ini sendiri telah diinstall oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

4. Samsung Max

Samsung Max
Samsung Max

Samsung Max dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi penghemat kuota internet dengan tampilan interface dan fungsi yang sederhana.

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Samsung Max apps ini akan langsung mengompres data untuk aplikasi yang terinstall di perangkat penggunanya saat data seluler diaktifikan.

Ketika aplikasi Samsung Max ini terinstall di Smartphone pengguna, maka aplikasi ini akan secara langsung melakukan routing semua aplikasi yang adai di Smartphone pengguna untuk menghemat penggunaan kuota internet.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mengompres foto, video, foto dan juga halaman web, serta menginformasikan aplikasi yang paling banyak menggunakan data internet.

Meskipun cukup sederhana, aplikasi yang satu ini ternyata memiliki banyak penggemar. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah unduhannya di Playstore yang telah mencapai angka lebih dari 10 juta unduhan hingga saat ini.

5. Data Usage

Data Usage
Data Usage

Di posisi selanjutnya untuk kategori aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk menghemat penggunaan kuota internet kamu, terdapat aplikasi bernama Data Usage.

Aplikasi yang dikembangkan oleh OBytess, LLC ini menghadirkan cukup banyak fitur seperti Monitor Mobile Data and Wi-fi in real time, usage status, set usage dan beberapa fitur lainnya.

Tidak hanya dapat digunakan untuk memontoring dan mengontrol penggunaan kuota internet, aplikasi  Data Usage ini juga dilengkapi dengan fitur widget yang membuat tampilannya elegan.

Yang cukup istimewa tentang aplikasi yang satu ini terdapat pada fitur chart-nya, dimana fitur ini akan menampilkan notifikasi pembayaran kuota internet penggunanya.

Di Playstore, aplikasi ini sendiri dapat dikatakan cukup terkenal dengan jumlah unduhannya yang telah mencapai lebih dari 1 juta unduhan.

6. 3G Watchdog

3G Watchdog Android
3G Watchdog Android

3G Watchdog menjadi aplikasi yang berada di urutan terakhir dan penutup untuk rekomendasi aplikasi penghemat kuota internet terbaik yang telah dirangkum Golife.

Aplikasi yang dirilis oleh Youtility Mobile ini menampilkan 3 warna berbeda sebagai penanda kapasitas kuota internet yang sedang digunakan.

Warna hijau yang ditampilkan menandakan bahwa paket kuota internet masih dalam batas aman (penggunaan normal).

Warna kuning mengisyaratkan bahwa paket kuota internet yang dimiliki telah cukup banyak terpakai. Sedangkan warna merah menandakanbahwa paket kuota internet pengguna hampir habis.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android ini juga menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menentukan batas penggunaan internet setiap hari, minggu atau bulan.

Baca Juga : 6 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Cegah Kecanduan Smartphone

Itulah beberapa aplikasi penghemat kuota internet terbaik yang telah dirangkum oleh redaksi Golife. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan salah satunya untuk menghemat penggunaan kuota internet kamu?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.