in

6 Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik Untuk Android & IOS

Aplikasi Pembuat Animasi GIF Terbaik – GIF atau yang juga dikenal dengan singkatan Graphics Intercharge Format merupakan format gambar digital unik yang pastinya telah kamu kenal cukup lama. Berbeda dengan format gambar digital JPEG atau PNG, GIF terbilang unik dikarenakan menyajikan visual gambar yang bergerak seperti sebuah video.

Dikarenakan keunikannya inilah, gambar GIF menjadi sangat populer di antara pengguna Smartphone dan juga sosial media. Bahkan banyak yang menggunakan GIF sebagai gimmick dalam percakapan menggunakan sosial media, seperti WhatsApp, Facebook dan lainnya.

GIF sendiri telah banyak tersedia di Smartphone dan juga media sosial, biasanya mereka adalah clip animasi ataupun ekspresi karakter film ternama. Tapi tidak sedikit pengguna yang mulai merasa bosan dengan gambar GIF yang itu-itu saja dan terpikir untuk membuat GIF orisinil buatan sendiri.

Nah, berkaitan dengan membuat GIF orisinil buatan sendiri, terdapat beberapa rekomendasi aplikasi smartphone pembuat animasi GIF yang dapat kamu gunakan jika ingin membuat gambar GIF kamu sendiri. Berikut adalah daftar aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang telah dirangkum oleh redaksi Golife.

Video2me

Video2me
Video2me

Aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang pertama adalah Video2me. Aplikasi yang dirilis oleh developer 3A2E Studio ini dapat dikatakan merupakan salah satu aplikasi yang  cukup terkenal di kalangan pengguna Smartphone.

Melalui aplikasi Video2me ini, pengguna tidak hanya dapat membuat gambar GIF nya sendiri, namun juga mengedit gambar GIF seerti menyematkan sticker unik dan lainnya melalui fitur yang disediakan. Hingga saat ini, aplikasi ini sendiri telah diinstall lebih dari 1 juta pengguna Android.

Download : Android 

PicsArt Animator

PicsArt Animator

Aplikasi pembuat animasi GIF selanjutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah PicsArt Animator.

Aplikasi keluaran PicsArt ini memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat animasi, entah berupa video maupun gamabr GIF.

Aplikasi ini sendiri memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat digunakan dalam pembuatan animasi GIF ataupun video.

Salah satu fitur menarik dan juga sekaligus favorit di aplikasi PicsArt Animator ini adalah fitur untuk menambahkan animasi berupa teks atau sticker.

Tidak hanya itu, PicsArt Animator juga menyediakan berbagai frame yang dapat digunaka untuk mempercantik tampilan gambar GIF.

Yang juga tidak kalah menarik, aplikasi ini juga menyedakan fitur draw yang memungkinkan penggunanya untuk menggambar animasinya sendiri untuk ditambahkan ke gamabr GIF yang dibuat.

Hingga saat ini sendiri, aplikasi yang hadir dengan besar file 33M ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna Android.

Download : Android – IOS

Gif Mob

Aplikasi Gif Mob
Aplikasi Gif Mob

GIF Mob dapat dikatakan salah satu pilihan yang cocok jika kamu mencari aplikasi pembuat animas GIF dengan tampilan sederhana. Aplikasi yang dirilis oleh developer PHOTO3DLAB ini menyajikan interface yang sederhana untuk para penggunanya.

Meskipun memiliki interface yang sederhana, namun aplikasi GIF Mob ini memiliki berbagai fitur menarik yang dapat digunakan untuk membuat animasi GIF. Tidak hanya itu, aplikas ini bahkan mendukung pembuatan animasi GIF dengan bentuk portrait ataupun landscape.

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari GIF Mob ini adalah fitur yang memungkinkan penggunanya menggambil gambar mengguna kamera depan atau belakang yang nantinya akan menjadi material untuk membuat gambar GIF.

Download : Android 

StickDraw – Animation Maker

StickDraw – Animation Maker
StickDraw – Animation Maker

Masih lanjut bicara tentang aplikasi-aplikasi pembuat animasi GIF terbaik, StickDraw – Animation Maker berada di urutan selanjutnya untuk kategori aplikasi pembuat animasi GIF.

Aplikasi besutan developer Bingzer LLC ini terbilang cukup sederhana namun juga menarik, dimana penggunanya dapat membuat atau menggambar animasi-nya sendiri.

Tidak hanya itu, poin menarik lainnya dari StickDraw ini terdapat pada fitur convert yang disediakan oleh aplikasi ini.

Melalui fitur convert, penggunanya dapat melakukan convert gambar ke dalam format GIF ataupun MP4. Bicara tentang kepopuleran aplikasi yang satu ini, aplikasi ini telah mendapatkan lebih dari 1 juta kali unduhan di playstore.

Download : Android 

GIF Studio

GIF Studio
GIF Studio

Sesuai dengan namanya GIF Studio dirancang seperti studio khusus yang dapat digunakan penggunanya untuk menbuat gambar GIF.

Aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar GIF dari koleksi foto yang tersedia di gallery ataupun dengan langsung merekam melalui kamera Smartphone pengguna.

Tidak hanya itu, GIF Studio juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menambahkan watermark pada gambar GIF yang telah dibuat.

Meskipun tergolong cukup baru, aplikasi yang dikembangkan oleh Cognitive Droid ini telah memiliki cukup banyak pengguna yang dibuktikan dari jumlah unduhannya di Playstore yang mencapai lebih dari 500 ribu unduhan hingga saat ini.

Download : Android 

GIF Me! Camera

GIF Me! Camera
GIF Me! Camera

GIF ME! Camera berada di posisi terakhir untuk kategori aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang dapat kamu pertimbangkan. Aplikasi yang dibesut oleh developer XnView ini menghadirkan tampilan yang menarik, mirip dengan fitur filter foto yang terdapat pada aplikasi Instagram.

GIF ME! Camera tidak hanya menawarkan fitur pembuat GIF, namun juga berbagai filter yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan dari GIF yang dibuat. Yang cukup menarik dari aplikasi yang satu ini terdapat pada jumlah durasi animasi GIF yang dapat dibuat.

Melalui aplikasi GIF ME! Camera, pengguna dapat membuat animasi GIF yang cukup panjang yakni sekitar 14 detik. Hingga saat ini sendiri, aplikasi ini telah mendapatkan jumlah unduhan yang cukup fantastis di Playstore yakni mencapai lebih dari 1 juta unduhan.

Download : Android 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pembuat animasi GIF terbaik yang dapat kamu gunakan untuk membuat animasi GIF-mu sendiri.

Baca Juga : 

Saat ini, membuat GIF bisa jadi lebih mudah. Kamu gak perlu lagi kesulitan untuk membuat gif lucu. Bagaimana? Apa kamu tertarik mencoba salah satunya?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.