in , ,

Hemat Memori, Cobain 6 Aplikasi Penyimpanan Berkas Online Ini

Aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online – Kapasitas penyimpanan di Smartphone memang terbatas. Meskipun telah ditambahkan SD Memory, terkadang banyak pengguna yang masih merasa bahwa kapasitas penyimpanan yang tersedia masih belum cukup untuk menampung  berkas atau dokumen yang ingin disimpan. Mungkin kamu adalah salah satunya yang merasakan hal ini?

Untuk kamu yang merasa memori Smartphone kamu  tidak cukup banyak untuk menampung berkas atau dokumen yang kamu milik, Cloud storage atau aplikasi penyimpanan berkas online dapat menjadi solusi yang diandalkan.

Cloud storage atau aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas memungkinkan kamu untuk menyimpan berkas secara online dan dapat diakses kapanpun, meskipun dari perangkat berbeda. Nah, pada kesempatan kali , Golife telah merangkumkan beberapa aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online terbaik yang dapat kamu coba. Berikut daftar aplikasi tersebut..

Google Drive

Google Drive
Google Drive

Meskipun sebagian besar Smartphone telah memiliki aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online yang satu ini, masih banyak yang belum menggunakan atau bahkan tidak mengetahui kegunaan dari  aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini.

Aplikasi Google Drive ini menyediakan ruang penyimpanan dokumen dan berkas online untuk penggunanya. Kapasitas yang ditawarkan oleh Google Drive pun cukup besar yakni hingga mencapai 15GB. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat saling berbagi file menggunakan fitur share yang terdapat pada Google Drive.

Berdasarkan informasi dari Playstore, Google Drive hingga saat ini telah terinstall di lebih dari 5 Miliar Smartphone Android.

DropBox

Dropbox
Dropbox

Selain Google Drive, opsi aplikasi penyimpanan file online lainnnya yang dapat kamu gunakan untuk menampung berkas atau dokumen penting di Smartphone kamu adalah DropBox.

Aplikasi yang satu ini mungkin terbilang tidak asing bagi kamu yang sering mengunduh film atau file di Internet. DropBox sendiri menyediakan layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dokumen dan berkas secara online hingga mencapai 10GB.

Sama halnya dengan Google Drive, aplikasi penyimpanan yang satu ini tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan dokumen dan berkas online, DropBox juga menyediakan fitur share yang memungkinkan penggunannya untuk berbagi file yang telah disimpan.

Di Playstore, aplikasi yang memiliki besaran file 38MB ini telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna Android hingga saat ini.

OneDrive

OneDrive
OneDrive

Berada di urutan selanjutnya, One Drive juga menjadi salah satu aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online terbaik. Aplikasi yang sebelumnya bernama SkyDrive ini bukan hanya menawarkan ruang penyimpanan online, namun juga keamanan file yang disimpan oleh penggunanya.

Aplikasi OneDrive ini menyediakan fitur personal vault guna memastikan keamanan file pengguna yang disimpan melalui verifikasi nomor PIN, sidik jari, identifikasi wajah hingga otentifikasi 2 langkah (2FA). Untuk kapasitas yang disediakan, aplikasi yang satu ini menawarkan kapasitas penyimpanan dibawah Google Drive dan DropBox, yakni hanya 5GB.

Di Playstore, aplikasi yang hadir dengan logo awan biru ini terbilang banyak difavoritkan oleh pengguna Android. Hal tersebut terbukti dari jumlah unduhan aplikasi OneDrive yang telah mencapai lebih dari 1 Miliar unduhan.

Media Fire

Mediafire
Mediafire

Sama dengan DropBox, aplikasi penyimpanan online yang satu ini dapat dikatakan sangat familiar dengan kamu yang sering mengunduh film atau file. Aplikasi Media Fire juga menyediakan ruang penyimpanan gratis yang dapat digunakan untuk menampung berkas atau dokumen penting.

Aplikasi Media Fire ini menyediakan kapasitas penyimpanan online yang cukup besar untuk penggunanya, yakni sebesar 10GB. Tidak hanya itu, Media Share juga dilengkapi dengan fitur Share yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file kepada orang lain.

Meskipun tidak setenar 3 aplikasi teratas yang disebutkan sebelumnya, aplikasi yang memiliki logo bola api biru ini memiliki angka unduhan yang cukup tinggi di Playstore yakni hingga mencapai lebih dari 5 juta unduhan hingga saat ini.

Amazon Drive

Amazon Drive
Amazon Drive

Sebagian besar dari kamu mungkin mengenal Amazon hanya sebagai salah satu situs e-commerce terbesar di dunia, namun Amazon ternyata telah hadir dalam bentuk aplikasi yang menawarkan ruang penyimpanan dokumen dan berkas online.

Aplikasi yang dirilis oleh Amazon Mobile LLC. Ini menawarkan kapasitas penyimpanan online sebesar 5GB secara gratis untuk penggunanya. Layaknya kebanyakan aplikasi  penyimpanan dokumen dan berkas online, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur share yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan file yang diunggah di Amazon Drive.  Amazon Drive sendiri hingga saat ini telah diinstall oleh lebih dari 1 juta pengguna Android.

IDrive Online Backup

IDrive Online
IDrive Online

Bagi beberapa pengguna Android, nama aplikasi IDrive Online Backup mungkin masih terdengar asing. Namun aplikasi yang dikembangkan oleh IDrive Inc. ini juga merupakan aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online yang layak kamu coba.

Aplikasi IDrive Online Backup ini menyediakan ruang penyimpanan online gratis yang cukup besar untuk penggunanya, yakni sebesar 5GB. Pengguna pun dapat mengakses file yang disimpan dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi yang hadir dengan tampilan interface biru ini hingga saat ini telah cukup banyak digunakan pengguna Android. Berdasarkan informasi dari Playstore, IDrive Online Backup telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Mega

Mega Cloud
Mega Cloud

Berada di posisi terakhir, terdapat aplikasi penyimpanan online bernama Mega. Aplikasi yang tampilan interface-nya didominasi warna merah ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang mencari kapasitas penyimpanan online yang besar.

Tidak tanggung-tanggung, aplikasi Mega ini menyediakan kapasitas penyimpanan online sebesar 50GB gratis untuk para penggunanya.

Meskipun menawarkan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar, namun aplikasi Mega sendiri hingga saat ini belum dapat mengalahkan ketenaran aplikasi penyimpanan online Google Drive ataupun DropBox. Di Playstore, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android.

Baca Juga : 8 Aplikasi Project Management Terbaik Untuk Mengatur Kerja Tim Kamu

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi penyimpanan dokumen dan berkas online terbaik yang telah dirangkum oleh Golife. Bagaimana? Apakah kamu tertarik menggunakan salah satunya untuk menyimpan dokumen dan berkas penting di Smartphone kamu?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.