in , ,

6 Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris Untuk Melatih Speaking

Aplikasi percakapan bahasa Inggris – Kemampuan berbahasa inggris saat ini merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Bahkan sangat banyak perusahaan yang menjadikan kemampuan berbahasa inggris sebagai salah satu persyaratan untuk dapat diterima sebagai karyawan. Sehingga tidak berlebihan jika kamu harus mulai mendalami bahasa asing yang satu ini.

Salah satu cara yang paling efektif untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan cara melakukan percakapan dengan native speaker (orang asing yang aktif berbahasa Inggris). Nah, masalahnya, kebanyakan orang Indonesia mengaku kesulitan untuk mendapatkan kesempatan untuk bercakap langsung dengan native speaker.

Berhubungan dengan melatihan kemampuan berbahasa Inggris, ternyata terdapat cukup banyak aplikasi yang dapat kamu andalkan jika ingin melatih kemampuan bercakap dalam bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini, kami telah merangkumkan beberapa aplikasi percakapan bahasa Inggris dengan native speaker yang dapat membantu kamu belajar bercakap dalam bahasa Inggris. Berikut daftar aplikasi tersebut..

Slowly

Slowly App
Slowly App

Aplikasi percakapan bahasa Inggris dengan native speaker pertama yang dapat kamu coba adalah Slowly. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Why Interactive ini merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan teman di seluruh dunia berdasarkan minat dan hobi.

Yang cukup menarik dari aplikasi Slowly ini adalah terdapat pada lamanya pesan chat diterima. Lamanya pesan chat diterima bergantung dengan seberapa jauh lokasi  penerima pesan. Semakin jauh lokasi penerima pesan, maka semakin lama pula pesan diterima. Yah, dapat dikatakan aplikasi ini sedikit mengadaptasi konsep sahabat pena (melalui surat).

Meskipun memakan waktu yang cukup lama dalam hal percakapan, namun ternyata cukup banyak pengguna yang menyukai aplikasi yang memiliki besar file 16MB ini. Hal itu terbukti dari jumlah unduhan aplikasi ini di Playstore yang mencapai angka lebih dari 500 ribu unduhan.

Hello Pal

Aplikasi Hello Pal
Aplikasi Hello Pal

Aplikasi selanjutnya yang juga dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris melalu percakapan adalah Hello Pal. Aplikasi yang digagas oleh Hello Pal International Inc. ini memungkinkan penggunaya untuk dapat mencari teman dari seluruh dunia.

Secara garis besar, aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi sebelumnya “Slowly”, dimana aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk saling belajar bahasa melalui chat. Tidak hanya itu, Hello Pal bahkan memungkinkan penggunanya untuk dapat saling melakukan panggilan video (video call).

Aplikasi Hello Pal sendiri juga mengadaptasi konsep mirip media sosial, dimana penggunanya juga dapat berbagi status melalui fitur timeline, serta juga dapat memberikan like dan juga komentar pada suatu postingan.

Hingga saat ini, aplikasi yang memiliki ukuran file 54MB ini memilki cukup banyak pengguna yakni hingga mencapai lebih dari 1 juta pengguna Android.

Bottled

Bottled Aplikasi
Bottled Aplikasi

Unik, mungkin adalah salah satu kata yang dapat menggambarkan aplikasi percakapan bahasa Inggris yang satu ini. Ya, aplikasi bernama Bottled ini memiliki konsep aplikasi yang cukup unik dan menarik dalam hal membantu proses belajar bahasa Inggris penggunanya.

Melalui aplikasi Bottled ini, penggunanya dapat mengirimkan surat ke dalam botol dan kemudian menghanyutkannya di laut.

Pengguna aplikasi ini dapat mengirimkan satu pesan untuk siapapun yang berada di seluruh dunia. Pengguna lain yang menemukan surat yang dihanyutkan memiliki opsi untuk menghanyutkannya kembali atau menyimpannya.

Jika pengguna lain tersebut memilih untuk menyimpan pesan tersebut, maka pengguna yang mengirimkan surat tersebut akan dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang menyimpan pesan tersebut.

Dikarenakan konsep aplikasinya yang cukup unik, aplikasi yang di gagas oleh HonI Inc terbilang cukup terkenal di Playstore, dimana aplikasi ini telah berhasil mendapatkan lebh dari 10 juta unduhan hingga saat ini.

Tandem Language Exchange

Tandem Language Exchange
Tandem Language Exchange

Aplikasi percakapan bahasa Inggris yang satu ini mungkin pernah kamu dengar, Tandem Language Exchange adalah salah satu aplikasi language Exchange yang cukup terkenal di Playstore.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tripod Technology GmbH ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan chat, telepon dan bahkan video call dengan native speaker.

Fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya fitur pencarian yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan teman native speaker yang dekat dengan lokasi dimana kamu berada.

Di Playstore, aplikasi Tandem Languange Exchange ini sendiri telah berhasil mendapatkan jumlah unduhan yang cukup fantastis, yakni mencapai lebih dari 1 juta unduhan hingga saat ini.

Baca Juga : Masih Jomblo? 6 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Jodoh

HelloTalk

Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris HelloTalk
Aplikasi HelloTalk

Kamu belum lancar berbahasa Inggris?, maka HelloTalk dapat jadi aplikasi yang cocok untuk kamu. Aplikasi yang diluncurkan oleh Developer HelloTalk Learn Languages App memungkinkan penggunanya saling bertukar bahasa.

Melalui HelloTalk, penggunanya dapat menemukan native speaker dan saling bertukar pesan dengan mereka. Bahkan penggunanya juga dapat membagikan moment layaknya sosal media. Yang cukup menarik adalah aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur chat, namun juga menyediakan fitur Live Class.

Fitur Live Class memberikan layanan class online yang dapat diikuti oleh para pengguna HelloTalk. Masalah kepopuleran, aplikasi yang satu ini juga dapat dikatakan cukup populer, dimana jumlah unduhan untuk aplikasi ini di Playstore hingga mencapai lebih dari 5 juta unduhan hingga saat ini.

Airtripp

Aplikasi Airtripp
Aplikasi Airtripp

Di posisi terakhir untuk aplikasi percakapan bahasa Inggris yang direkomendasikan untuk kamu yang ingin berlatih berbahasa Inggris. Aplikasi yang dikembangkan oleh KiHeiTai Inc.

Ini merupakan aplikasi chat yang menyediakan fitur terjemahan secara otomatis guna mempermudah penggunanya yang belum lancar berbahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Tidak hanya memberikan fitur chat, aplikasi Airtripp ini juga menyediakan fitur berbagi foto, sehingga penggunanya dapat berbagi foto layaknya di media sosial. Di Playstore sendiri, aplikasi ini telah mendapatkan jumlah unduhan cukup tinggi yakni hingga lebih dari 10 juta unduhan.

Baca Juga : 8 Aplikasi Pembuat Logo Gratis di Android Untuk Pemula

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi percakapan bahasa Inggris yang telah dirangkum oleh redaksi Golife. Apakah kamu telah mencoba salah satunya?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.