in

7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Paling Banyak Digunakan

Aplikasi Perekam Layar PC
Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar PC merupakan salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan saat ini, terutama untuk para content creator yang rajin bergulat dengan penyediaan konten video., seperti video tutorial ataupun reaction.

Saat ini sendiri telah banyak bermunculan aplikasi perekam layar PC yang menawarkan fitur –fitur menarik yang dapat membantu dalam pembuatan konten video.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami telah merangkumkan beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat kamu andalkan untuk merekam layar PC sekaligus membuat konten video kamu.

Action Screen Recorder

Action Screen Recorder
Action Screen Recorder

Action! menjadi aplikasi perekam layar PC pertama yang dapat kamu coba. Aplikasi yang memiliki tampilan interface didominasi warna hitam ini dapat kamu gunakan, aplikasi Action! Ini menawarkan hasil rekaman dengan resolusi HD hingga 1080p (gambar jernih).

Selain dapat digunakan untuk merekam layar PC kamu, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur screenshot, sehingga kamu dapat men-capture salah satu scene dalam rekaman layar PC kamu. Aplikasi Action! ini terbilang cocok untuk pembuatan video tutorial aplikasi ataupun video gaming.

TinyTake

TinyTake
TinyTake

Aplikasi selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk kamu adalah aplikasi bernama TinyTake.

Aplikasi perekam layar PC yang satu ini ditawarkan dalam 2 versi, yakni versi gratis dan juga versi berbayar. Tentunya terdapat perbedaan diantara 2 versi TinyTake tersebut.

Salah satu perbedaan tersebut terdapat pada kehadiran fitur Anotasi lengkap, dimana fitur ini hanya terdapat pada versi berbayar. TinyTake sendiri merupakan aplikasi perekam yang memilki interface yang cukup userfriendly, sehingga sangat mudah digunakan (bahkan pengguna baru)

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga tidak memiliki watermark, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan munculnya watermark pada saat video kamu diproduksi.

Yang lebih menarik, TinyTake juga menyediakan penyimpanan gratis Cloud hingga mencapa 2GB.

Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder
Bandicam Screen Recorder

Dibandingkan dengan aplikasi untuk merekam layar PC yang lain, aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk dapat merekam layar PC kamu secara penuh ataupun pada area tertentu saja.

Bandicam Screen Recorder juga menawarkan fitur-fitur menarik yang dapat menunjang pembuatan konten video kamu, seperti live drawing yang dapat digunakan untuk menggambar pada area tertentu di layar PC pada saat proses perekaman hingga fitur perekaman suara real time yang dapat digunakan untuk screencast.

Untuk format video yang dihasilkan oleh aplikasi Bandicam Screen Recorder ini sendiri adalah format AVI dan juga MP4. Namun sayangnya, dalam versi gratis, aplikasi ini akan menampilkan watermark produk pada hasil video yang diproduksi.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software
Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software berada di urutan selanjutnya untuk kategori aplikasi perekam layar PC.

Aplikasi yang satu ini terbilang cukup flexible dalam penggunaannya, dimana aplikasi ini bersifat multi platform yang membuatnya dapat digunakan di beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux/GNU hingga OSX.

Sama halnya dengan aplikasi TinyTake sebelumnya, Open Broadcaster Software memilki tampilan interface yang sederhana, sehingga sangat mudah dipergunakan (userfriendly).

Aplikasi yang satu ini juga menghadirkan beberapa fitur yang menjadi kelebihannya, salah satunya adalah fitur perekam yang memungkinkan kamu untuk merekam menggunakan webcam bawaan ataupun eksternal.

Selain itu, terdapat juga fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan text ataupun emoticon pada saat kkamu melakukan streaming. Bahkan Open Broadcaster Software juga menawarkan cukup banyak filter yang dapat kamu gunakan saat streaming atau merekam.

Untuk format video yang dihasilkan, kamu dapat memproduksi video ke dalam format FLV ataupun MP4.

Ezvid Video Maker

Ezvid Video Maker
Ezvid Video Maker

Komputer atau laptop kamu menggunakan sistem operasi Windows?, maka Ezvid Video Maker adalah salah satu rekomendasi untuk kamu jika ingin menggunakan aplikasi untuk merekam layar PC.

Aplikasi yang memiliki tampilan interface yang cukup sederhana ini tidak hanya memungkinkan kamu untuk merekam keseluruhan layar, namun pada area tertentu di layar yang kamu tentukan.

Selain itu, Ezvid Video Maker juga menawarkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan judul, keyword, meta dan juga deskripsi di hasil video rekaman. Aplikasi yang satu ini bahkan dilengkapi dengan fitur Voice Synthesis yang berfungsi untuk menjernihkan suara pada saat proses rekaman.

Yang terakhir tentang aplikasi Ezvid Video Maker, aplikasi ini juga didukung dengan fitur Auto-save yang akan otomatis menyala saat proses perekaman dimulai.

ShadowPlay

ShadowPlay
ShadowPlay

Mungkin sebagian dari kamu belum mengenal aplikasi bernama ShadowPlay. Aplikasi yang dibesut oleh NvDIA ini juga menawarkan banyak keunggulan yang dapat diandalkan ketika melakukan perekaman dan pembuatan video.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ShadowPlay ini adalah fitur perekam mundur yang memungkinkan kamu untuk merekam mundur selama 20 menit ke belakang.

Tidak hanya itu, kualitas video yang dihasilkan oleh aplikasi yang satu ini juga sangat tinggi, sehingga aplikasi ini cocok sekali untuk kamu yang ingin merekam game ataupun merekam aktifitas lain di layar PC kamu.

Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft Free Online Screen Recorder
Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft Free Online Screen Recorder berada di posisi terakhir untuk kategori aplikasi perekam layar PC terbaik yang telah dirangkum oleh redaksi Golife. Apowersoft Free Online Screen Recorder sendiri bukan merupakan aplikasi, melainkan sebuah platform pereka layar PC online gratis. Untuk dapat menggunakan layanan dari Apowersoft Free Online Screen Recorder ini, kamu hanya tinggal mengunjungi situs platform Apowersoft ini.

Apowersoft Free Online Screen Recorder ini menawarkan kelebihan pada hasil produksi video yang dapat dibuat dalam beragam format seperti MOV, AVI, MP4 hingga MP4. Selain itu, platform perekam layar PC ini juga bebas watermark produk, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan munculnya watermark produk pada video yang diproduksi.

Baca Juga : 7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Kebutuhan Youtube

Itulah beberapa aplikasi perekam layar PC terbaik yang dapat kamu andalkan untuk penyediaan konten video. Bagaimana? Apakah ada salah satu aplikasi yang kiranya cukup familiar untuk kamu?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.