in , ,

6 Aplikasi Terbaik Yang Bisa Bantu Kamu Jaga Kesehatan

aplikasi untuk menjaga kesehatan terbaik

Aplikasi untuk menjaga kesehatan – Saat ini smartphone memang tidak dapat dipungkiri telah menjadi sebuah benda yang memiliki segudang manfaat, diluar fungsi utamanya sebagai alat komunikasi. Dengan dukungan aplikasi, Smatphone dapat memilki fungsi lain yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Salah satu fungsi tersebut adalah untuk menjaga kesehatan.

Saat ini telah banyak pengembang aplikasi yang merilis aplikasi dengan dukungan fitur yang dapat membantu penggunanya untuk dapat menjaga kesehatan.

Bentuk bantuan dalam menjaga kesehatan yang diberikan kebanyakan aplikasi tersebut adalah berupa informasi dan juga fitur untuk membantu memulai pola hidup yang lebih sehat.

Nah, berkaitan dengan aplikasi yang dapat membantu penggunanya menjaga kesehatan. Kali ini, redaksi Golife telah merangkumkan 6 aplikasi untuk menjaga kesehatan yang dapat kamu jadikan pilihan jika ingin tetap menjaga tubuh kamu bugar dan tentunya sehat. Berikut daftar aplikasi tersebut.

MyFitnessPal

MyFitnessPal
MyFitnessPal

Untuk urusan membantu menjaga kesehatan, MyFitnessPal menjadi rekomendasi aplikasi pertama yang dapat kamu andalkan. Aplikasi yang merupakan calori counter dan juga diet tracker ini dapat membantu penggunanya untuk menjaga pola makan sekaligus mengetahui jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga dapat memberikan rekomendasi 350 olahraga untuk penggunanya yang tengah menjalankan program diet.

Sesuai dengan keterangan sebelumnya, MyFitnessPal juga merupakan calorie counter yang dapat memungkinkan penggunanya untuk menghitung jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Aplikasi MyFitnessPal ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, terutama yang dalam program diet.

Apikasi MyFitnessPal telah tersedia untuk dalam versi Android dan juga IOS. Untuk kepopulerannya, MyFitnessPal telah memiliki 50 juta pengguna hingga saat ini.

Sworkit

Sworkit
Sworkit

Salah satu hal dasar dalam menjaga kesehatan adalah selalu meluangkan waktu untuk berolahraga. Sworkit adaah salah satu aplikasi untuk menjaga kesehatan terbaik yang dapat dicoba untuk menemani sesi olahraga kamu.

Aplikasi yang dirilis oleh Nexercise Inc ini menawarkan pilihan program olahraga apa yang ingin dilakukan oleh penggunanya.

Sworkit akan menampilkan nama dan satu jenis latihan beserta durasi melakukannya. Setelah durasi latihan yang ditampilkan berakhir, maka aplikasi ini akan secara otomatis beralih ke gerakan latihan selanjutnya yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

Pada bagian akhir latihan , Sworkit akan menampilkan hasil dari olahraga atau latihan yang telah dilakukan sebelumnya.

Yang cukup menarik dari aplikasi Sworkit ini adalah pengguna dapat membuat program latihannya sendiri. Selain itu, Aplikasi ini juga menyediakan berbagai video olahraga yang dapat diunduh dan menjadi panduan saat melakukan olahraga di rumah atau dalam ruangan.

Sworkit sendiri telah diuduh oleh lebih dari 5 juta kali pengguna Playstore hingga saat ini.

Strava

Strava
Strava

Berkaitan dengan menjaga kesehatan tubuh lewat olahaga, selain kedua aplikasi yang disebutkan sebelumnya, kamu juga dapat mempertimbangkan aplikasi bernama Strava.

Aplikasi ini dapat membantu mengontrol kegiatan olahraga penggunanya, terutama untuk pengguna yang menekuni olahraga lari(jogging) atau bersepeda.

Aplikasi yang jumlah unduhan di Playstore-nya telah mencapai lebih dari 10 juta unduhan ini dapat menghitung jarak maupun kecepatan lari penggunanya.

Selain itu, terdapat juga fitur kompetisi yang memungkinkan penggunanya melihat catatan rekor lari pengguna lain pada suatu wilayah dan mengalahkannya.

Headspace

Aplikasi Headspace
Aplikasi Headspace

Aplikasi selanjutnya yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan adalah Headscape. Selain berhubungan dengan fisik, kesehatan juga berhubungan dengan mental. Aplikasi bernama Headspace ini ditujukan untuk menjaga kesehatan mental penggunanya.

Aplikasi yang hadir dengan slogan Meditation & Sleep ini diracang untuk dapat mencegah atau mengurangi kecemasan dan depresi melalui pengenalan serta panduan meditasi. Aplikasi Headspace ini menggunakan animasi dan kartun sebagai media untuk melacak progress dari penggunanya.

Headspace sendjri menyediakan 10 sesi gratis tentang dasar-dasar meditasi dengan pilihan meditasi terpandu selama 3, 5 atau 10 menit (dapat dipilih).

Untuk kepopulerannya, aplikasi ini memiliki jumlah unduhan yang cukup tinggi di Playstore yakni mencapai 10 juta unduhan.

Lumosity

Lumosity
Lumosity

Lumosity berada diurutan selanjutnya untuk kategori aplikasi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Aplikasi yang dikembangkankan oleh Lumos Labs, Inc ini sendiri merupakan aplikasi untuk melatih otak dan meningkatkan kemampuan otak seperti perhatian, kewaspadaan dan lainnya.

Aplikasi Lumosity ini terdiri dari 40 game yang didesain untuk dapat mengasah kemampuan kognitif penggunanya. Pengguna juga dapat menentukan sendiri faktor-faktor atau kemampuan yang ingin dilatih.

Selanjutnya, aplikasi ini akan menyediakan berbagai latihan otak mulai dari yang tingkatannya mudah hingga yang paling tinggi.

Tujuan dari game yang disediakan di aplikasi ini adalah menyelesaikan game dengan batas waktu yang disediakan serta mendapatkan skor tertinggi. Semakin tinggi skor yang didapatkan oleh pengguna menunjukan semakin baik laporan dari latihan otak yang dilakukan.

Konsep yang menarik dari aplikasi Lumosity ini terbukti cukup menarik yang ditunjukan dengan jumlah unduhan di Playstore dari aplikasi ini yang fantastis, yakni mencapai lebih dari 10 juta unduhan hingga saat ini.

Sleep Cycle

Aplikasi Sleep Cycle
Aplikasi Sleep Cycle

Waktu tidur juga merupakan salah satu faktor penting dalam kesehatan. Waktu tidur merefleksikan kualitas istirahat yang didapatkan oleh tubuh. Aplikasi Sleep Cycle ini dapat membantu kamu menata ulang waktu tidur kamu.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Playstore ini dapat melacak pola tidur penggunannya, sekaligus menjadi alarm.

Sleep Cycle sendiri dapat memonitor sinyal tubuh dan membangunkan penggunanya pada waktu yang paling tepat, sehingga penggunanya akan terbangun dalam keadaan yang nyama dan segar. Saat ini, aplikasi ini telah tersedia dalam versi Android dan juga IOS.

Baca Juga : Susah Tidur? 8 Aplikasi Ini Bantu Kamu Mengatasi Insomnia

Itulah 6 rekomendasi terbaik aplikasi untuk menjaga kesehatan yang telah dirangkum oleh Golife. Bagaimanakah menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk mencoba aplikasi tersebut untuk membantu menjaga tubuhmu tetap sehat dan bugar?.

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.