7 Aplikasi Untuk Mengedit Foto Menjadi Lebih Instagramable

Ada banyak aplikasi bagus yang dapat digunakan untuk mengedit foto instagram. Memiliki foto keren tentunya suatu keharusan untuk personal branding

Muhammad Taufik Muhammad Taufik · 3 min read >
Aplikasi Untuk Mengedit Foto

Aplikasi untuk mengedit foto saat ini ada banyak jenisnya. Baik yang gratisan maupun yang premium.

Bahkan yang kualitasnya lebih bagus dari Adobe Photoshop juga banyak tersedia. Maka dari itu, di saat ini otak-atik foto bukan lagi hal yang rumit. 

Akan tetapi tidak semua mengetahui apa saja software foto editor tersebut. Sehingga untuk melakukan editing saja, masih membayar jasa tenaga profesional.

Atas dasar itu, berikut akan dirilis beberapa aplikasi edit foto yang bagus dan cara mengoperasikannya mudah. Silakan dicoba, ini aplikasinya:

1. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express
Adobe Photoshop Express

App editing foto yang pertama adalah Adobe Photo Express . Perangkat lunak ini dirilis oleh Adobe System Inc, yang memang sudah terkenal sebagai penghasil aplikasi editing terbaik. 

Salah satu keunggulan aplikasi ini ialah, memiliki stock icon bingkai yang cukup banyak dengan desain dekorasi yang elegan. Sehingga, dengan fitur ini, hasil foto lebih cantik dan penuh warna. 

Selain itu, aplikasi juga mengusung menu Koreksi Perspektif yang bisa digunakan untuk memperbaiki hasil foto yang terdistorsi pencahayaan yang buruk.

Fitur ini lebih elegan dengan munculnya fitur One Touch Filter dan Watermark keren dengan icon lebih banyak. 

Untuk tipe terbaru, aplikasi ini juga menawarkan fitur Image Rendering. Yang mana dengan aplikasi ini, pengguna lebih leluasa berkreativitas dalam mengolah file foto berkapasitas besar.  

Baca Juga : Sering Terjadi, 5 Penyebab Aplikasi Berjalan Lambat Saat Digunakan

2. Lightroom

Lightroom
Lightroom

Jika ingin melakukan editing foto android via PC, maka aplikasi edit foto terbaik 2019, Lightroom bisa dijadikan pilihan. Karena software ini sudah mengusung fitur Sync dan Export yang berfungsi untuk sinkronisasi perangkat ponsel dengan IOS dan Windows. 

Kelebihan dari perangkat lunak ini tidak terbatas pada fitur basic yang lengkap. Tetapi sesuai dengan namanya, tool pencahayaan juga mumpuni. 

Selain ada fitur Highlights, Shadows dan Curve, admin juga sudah menyematkan Exposures dan Contrast yang berfungsi untuk menghapus detail yang mengganggu. Maka dari itu, dengan fitur ini, hasil foto lebih cantik dan jernih. 

Di dalam aplikasi ini, juga terdapat tool Temperatures yang dikolaborasikan dengan Vibrance. Sebuah fitur editing foto keren yang mulai viral.  

3. Snapseed 

Snapseed
Snapseed

Jika ingin mengubah hasil foto biasa menjadi lebih instagramable, maka lakukan editing menggunakan aplikasi Snapseed. Ini merupakan perangkat lunak edit image yang terkenal dengan tool pengaturan cukup lengkap. 

Aplikasi besutan Google INC ini juga mudah dioperasikan. Bahkan editor foto pemula sekalipun bisa menjalankannya. Maka dari itu, jika memiliki aplikasi ini, tidak perlu lagi menyewa editor profesional kalau hanya untuk menghasilkan foto yang cantik. Dijamin hasilnya pasti memuaskan. 

Yang paling disukai dari aplikasi Snapseed adalah tersedianya fitur Export Image To FB. Jadi dengan tool ini, hasil foto yang sudah diedit, bisa langsung dikirimkan ke media sosial terkemuka tersebut. 

Sedangkan keunggulan selanjutnya ialah, stock efek foto lebih banyak dibandingkan App lain. Maka dari itu, user bisa berkreasi semaunya untuk menghadirkan foto yang lebih unik dan lucu. 

4. PicsArt

PicsArt
PicsArt

Aplikasi Untuk Mengedit Foto yang ke empat adalah PicsArt. Software ini layak dikatakan sebagai editor foto studio terkeren yang bisa disejajarkan dengan adobe photoshop. 

Selain tersedianya Icon Background gambar dan stiker, jumlah text yang disediakan juga cukup banyak. Sehingga dengan software ini, pengguna bisa mengedit foto sekaligus memasang quotes yang indah di dalamnya. 

Untuk pemula mungkin masih ribet ketika melakukan editing manual menggunakan aplikasi ini. Untunglah, di dalamnya juga disediakan fitur Efect Fx, yang berisi pilihan efek foto otomatis, lengkap dengan pencahayaannya. 

Nah, jika ingin menampilkan foto yang lebih keren dan bertema, silakan aktifkan fitur Magis. Namun, sayang untuk tool ini dibutuhkan jaringan internet yang bagus. 

5. Prisma Foto Editor

Prisma Photo Editor
Prisma Photo Editor

Prisma Labs, Inc tidak mau kalah dengan pesaingnya, Adobe. Maka dari itu, perusahaan ini juga melahirkan aplikasi editing foto yang bagus, yaitu Prisma Foto Editor.

Filosofi App ini tidak hanya menghadirkan fitur untuk menghaluskan dan mempercantik foto. Lebih jauh dari itu, juga untuk membantu pengguna melakukan perubahan radikal pada gambar. 

Cara melakukannya juga mudah. Karena semua fitur filter bisa diakses langsung saat melakukan editing. Tempatnya sendiri berada di posisi bawah. Pengguna tinggal menggeser saja untuk mengaktifkan filter yang akan digunakan. 

Sayang untuk pengguna android, editing dengan aplikasi ini harus dilakukan secara online. Artinya, perangkat harus tersambung dengan jaringan internet. Namun, untuk perangkat ios, App sudah bisa diaktifkan secara offline. Jadi lebih irit dan lebih nyaman. 

6. PhotoGrid College Maker

PhotoGrid College Maker
PhotoGrid College Maker

PhotoGrid College Maker dibuat oleh perusahaan Cheetah Mobile Inc, yang bisa diunduh dari Google Play Store. Keunggulan aplikasi ini ialah bisa menghasilkan efek kolase pada foto dengan teknik yang sangat mudah. ‘

Sedangkan untuk fitur Boarding dan Shading, pengguna bisa menyelipkan tekstur. Sehingga pembingkaian tidak terlihat monoton dan satu warna.

Jika ingin membuat foto Gif, aplikasi ini juga bisa digunakan. Bahkan banyak master pembikin Meme yang menggunakan App PhotoGrid untuk menghasilkan foto jenaka yang elegan dan artistik. 

Fitur terbaik dari aplikasi ini ialah tool Filter Face dengan ikon mencapai 100 buah. Dengan menu ini, foto sederhana bisa diolah dan diedit sehingga menjadi foto cantik laksana diambil dari kamera selfie mahal. 

7. Noizz

Noizz
Noizz

Jika ingin mengedit foto menjadi slide bergerak, maka aplikasi editing image Noizz bisa dicoba. Bahkan software reinkarnasi dari Biugo ini bisa membantu pengguna menggabungkan foto menjadi video yang cantik. 

Jika proses editing sudah dilakukan, video dari koleksi foto yang digabung tersebut, bisa dikirimkan ke facebook, twitter, dan instagram. Caranya tinggal cari fitur Export Video To Fb, klik saja di sana. 

Yang paling unggul dari aplikasi ini ialah, pengguna tidak perlu membuat bingkai dan background secara manual. Karena pihak admin sudah menyiapkannya, sehingga tinggal digunakan saja.

Jadi jika ingin menampilkan slide foto berbentuk video di acara ulang tahun, silakan edit menggunakan aplikasi ini. Dijamin acara lebih meriah dan luar biasa. 

Baca Juga : 8 Aplikasi Yang Membantu Melacak dan Menganalisa Kualitas Tidur

Punya foto yang tidak memuaskan? Jangan khawatir! Lakukan editing saja dengan menggunakan aplikasi untuk mengedit foto yang sudah dijelaskan di atas. Pasti hasil foto yang tidak cantik menjadi lebih elegan dan artistik. 

Muhammad Taufik
Geek, pedant, casual gamer, lover of anything science fiction and cofee. I want to be alone, with someone else who wants to be alone. Read Full Profile