8 Aplikasi Yang Membantu Melacak dan Menganalisa Kualitas Tidur

Tidur mengambil peran penting dalam menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental. Terkadang,

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
Aplikasi Pelacak Tidur

Tidur mengambil peran penting dalam menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental. Terkadang, kita sama sekali tidak sadar bahwa kita mengalami masalah dengan kondisi tidur.

Kondisi tidur yang bermasalah dapat menyebabkan hal-hal negatif. Seperti mood yang buruk, tidak bersemangat atau termotivasi, bahkan mempengaruhi kreatifitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Beberapa aplikasi dibawah ini diciptakan untuk mengetahui apakah kamu memiliki waktu tidur yang cukup atau tidak. Bahkann beberapa aplikasi menawarkan fitur rileksasi yang dapat membantumu mengatasi insomnia.

Apa saja apalikasi tersebut?

1. Sleep Cycle

Aplikasi Sleep Cycle
Aplikasi Sleep Cycle

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi pelacak tidur yang paling sering diunduh. Tak heran karena aplikasi yang satu ini benar-benar berguna dan memberikanmu banyak sekali informasi yang penting.

Sleep Cycle bisa melacak kualitas tidurmu dan rata-rata waktu yang kamu habiskan di kasur. Aplikasi ini bisa memberikanmu analisis mendalam tentang berbagai fase tidurmu, seperti kapan kamu masuk ke fase deep sleep, kapan fase tidur paling ringanmu, kapan kamu rata-rata terbangun setiap malamnya.

Aplikasi ini akan menganalisis data-data yang ia kumpulkan dan bisa memberikanmu laporan tentang pola tidurmu setiap minggu atau setiap bulannya.

Pihak pembuat aplikasi ini tak pernah berhenti untuk menambahkan fitur-fitur baru agar bisa lebih berguna pagi para penggunanya. Salah satu fitur terbaru adalah kemampuan untuk mendeteksi dengkuran.

2. Sleep Score

Sleep Score
Sleep Score

Aplikasi ini dibuat dengan teknologi yang sudah diteliti dengan baik berdasarkan metode ilmiah yang ada. Pembuat aplikasi ini mengatakan bahwa mereka telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun dan telah mempelajari berbagai pola tidur agar aplikasi ini bisa lebih sempurna.

Para pembuat aplikasi ini berhasil membuat fitur bernama “sleep score” yang mampu memberikan rekomendasi khusus kepada setiap pegguna berdasarkan enam parameter tertentu agar pengguna bisa meningkatkan kualitas tidurnya.

Aplikasi ini juga bisa mengetahui apabila ada lebih dari dua orang yang tidur di kasur dan tetap memberikan pelacakan yang benar. Kamu tak perlu memakai aksesoris tertentu di bawah kasurmu agar aplikasi ini bisa menganalisa pola tidurmu.

Fitur unik lainnya dari Sleep Score adalah kamu bisa membeli aksesoris tambahan yang bisa menganalisa cahaya dan suara dari raungan agar bisa mendapatkan analisa pola tidur pengguna yang lebih baik.

Jika kamu mencari aplikasi pelacak tidur yang bisa memberikanmu laporan ilmiah yang terstruktur, maka Sleep Score adalah pilihan terbaik.

3. Sleep Tracker 24/7

Sleeptracker 24:7
Sleeptracker 24:7

Pembuat aplikasi yang satu ini mengkalim bahwa Sleep Tracker 24/7 adalah aplikasi yang bisa mengoptimalkan tidur para pengguna.

Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur dasar aplikasi pelacak tidur sejenis, seperti misalnya memonitormu saat kamu tidur dan terbagun, mendeteksi pergerakanmu dan lain sebagainya.

Namun, ada juga fitur lain yang membedakannya dengan kompetitior lain, yakni adanya fitur untuk menghitung detak jantungnmu untuk mengecek kualitas tidurmu.

Aplikasi ini juga memberikan opsi di mana kamu bisa mengatur alarm saat kualitas tidurmu menurun sehingga kamu terbangun memang di saat kamu benar-benar sudah beristirahat dengan cukup.

Tak hanya itu saja, tapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tidur siang ataupun power nap.

Data dari kedua hal itu bisa digabungkan bersamaan dengan data dari tidur malammu untuk memberikanmu analisis mendalam dari kebiasaan tidurmu, maka dari itu aplikasi ini cocok jika kamu mencari aplikasi yang memberikanmu pendekatan menyeluruh tentang pola tidurmu.

4. Sleep Bot

SleepBot
SleepBot

Aplikasi ini mendapatkan banyak ulasan positif dari orang-orang yang pernah mencobanya. Aplikasi ini punya teknologi pelacak yang mumpuni dan alarm pintar yang membantumu untuk bangun di pagi hari saat kamu sedang berada di fase tidur teringanmu. Aplikasi ini juga punya beberapa musik menenangkan dan membuatmu relaks, sehingga kamu bisa tidur dengan lebih baik.

Fitur alarm pintar yang ada di aplikasi inilah yang membedakannya dengan aplikasi lain sejenis. AI yang disematkan dalam alarm ini bisa mempelajari kebiasaan pengguna, pola tidur mereka dan pergerakan mereka selama tidur–lalu berdasarkan hal-hal tersebut akan menyetel alarm yang sesuai.

Alarmnya tak langsung membangunkanmu, tapi akan memainkan lagu ringan terlebih dahulu sebelum alarm pertama benar-benar nyala. Tak hanya itu saja, tapi aplikasi Sleep Bot ini juga memiliki beberapa musik yang bisa kamu pilih sesuai seleramu.

5. Sleep Genius

Sleep Genius
Sleep Genius

Dipercaya oleh para ilmuwan dari NASA, para pembuat aplikasi ini mengkalim bahwa Sleep Genius adalah aplikasi pelacak tidur paling canggih di dunia.

Aplikasi ini dibuat dengan bantuan dari orang-orang yang ahli di bidang neurosains, ahli dalam bidang tidur manusia dan ahli musik untuk memberikan pengguna aplikasi yang tak hanya melacak pola tidur, tapi juga membantu otak untuk santai dan tidur dengan nyenyak.

Aplikasi ini mempunyai banyak program yang bisa diatur sesuka hati tergantung dari keinginan dan rutinitas harianmu. Sleep Genius yang telah masuk ke dalam bagian pengembangan “Internet of Things” sehingga bisa memberikan pengguna ekosistem tidur yang lebih nyenyak.

Sleep Genius dibuat dengan hasil penelitian yang membantu para astronot untuk tertidur. Jika aplikasi ini membantu astronot, maka kemungkinan besar juga akan bermanfaat dan membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

6. Pillow

Pillow Sleep Tracker
Pillow Sleep Tracker

Aplikasi lain yang dilahirkan untuk memanfaatkan ekosistem Internet of things. Aplikasi Pillow ini bisa melacak, merekam dan memonitor segala hal yang kamu lakukan saat sedang terlelap–termasuk juga mendengkur.

Kamu tak perlu mengutak-atik settings, mengatur alarm atau hal ribet lain. Cukup pakai Apple Watch milikmu saat tidur dan Pillow akan melakukan semuanya dengan otomatis.

Aplikasi Pllow ini cocok bagi mereka yang sangat suka dengan Perangkat Wearable seperti Apple Watch, misalnya. Tak hanya tidur saja, tapi aplikasi ini juga akan memonitor detak jantungmu dan merekan suara saat kamu sedang terlelap.

Berbagai fitur tersebut membuatmu bisa memahami lebih dalam dan lebih jauh tentang pola tidurmu.

Data-datanya juga tak dalam bentuk angka yang membosankan, melainkan dalam bagan grafik yang indah, tapi tetap berisi penjelesan yang lengkap mengenai pola tidurmu dan bagaimana cara agar kamu bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

7. Alarm Clock Xtreme

Alarm Clock Xtreme
Alarm Clock Xtreme

Dulunya aplikasi ini adalah sebuah aplikasi alarm yang simpel, namun sekarang, telah berhasil berevolusi menjadi aplikasi pelacak tidur yang tak bisa dipandang sebelah mata. Aplikasi ini punya berbagai fitur lengkap, punya tampilan yang cantik dan tak berhenti dikembangkan oleh para pembuatnya.

Aplikasi ini juga terdapat suara alarm yang indah dan berbagai pilihan snooze yang menantang. Alarmnya akan bisa snooze saat kamu memecahkan soal matematika–sebuah fitur luar biasa bagi orang-orang yang hobinya tak segera bangun, tapi justru memencet tombol snooze berulang kali.

Sedangkan fitur pelacak tidurnya juga tak terlalu berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Alarm Clock Xtreme juga memberikanmu banyak pengaturan manual yang bisa kamu rubah-rubah sesuka hatimu.

Jika kamu mencari kombinasi sempurna antara alarm canggih dan aplikasi pelacak tidur dasar, Alarm Clock Xtreme ini tak akan mengecewakanmu.

8. Sleep as Android

Sleep As Android
Sleep As Android

Seperti namanya, aplikasi ini hanya ekslusif untuk para pengguna Android saja. Aplikasi ini masuk ke daftar ini karena sudah ada lebih dari 290 ribu orang yang me-review nya di Google Play serta mempunyai rating 4.4 bintang.

Aplikasi ini menggunakan teknologi canggih seperti pendeteksi gerakan dan sonar untuk mendeteksi gerakan dan pola saat tidur. Sleep as Android juga punya fitur alarm pintar yang tak akan mati kecuali kamu melakukan apa yang disuruh di layarnya.

Aplikasi ini cocok dengan berbagai perangkat wearable canggih seperti Samsung Health, Google Fit dan juga Fitbit. Sleep as Android adalah aplikasi yang wajib kamu miliki juga kamu ingin meningkatkan kebugaranmu.

Baca Juga: 

Demikian beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui dan menganalisa aktifitas tidurmu setiap hari. Semoga artikel ini dapat memecahkan masalahmu.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile