in

5 Tanda Kamu dan Pasangan Memahami Arti Cinta Sejati

Arti Cinta Sejati

Mungkin terlalu rumit untuk menggambarkannya dengan kata-kata tentang apa arti cinta sejati. Karena sejatinya cinta adalah perasaan dan hanya bisa dirasakan. Terkadang ia berwujud kehangatan, hasrat, kelembutan, sentimen tanpa syarat yang tak peduli itu disaat-saat baik atau sulit.

Banyak orang bilang bahwa cinta itu indah. Namun dibalik keindahannya terkadang cinta juga rumit untuk dipahami jika kamu belum mengalaminya sendiri dan cinta juga selalu beriringan dengan konflik.

Untuk mengalami cinta sejati tentu butuh waktu yang cukup panjang. Disini masalahnya! Terkadang saat jatuh cinta dengan seseorang kita menganggap itulah cinta sejati, namun kenyataannya jatuh cinta dan cinta sejati adalah dua hal yang berbeda.

Meskipun ini terlalu sulit untuk dipahami, namun kita bisa mempermudahnya dengan mengetahui 3 tanda bahwa kamu sudah menemukan cinta sejati!

1. Kamu dan Dia Memiliki Tujuan yang Sama

Kamu dan Dia Memiliki Tujuan yang Sama
Kamu dan Dia Memiliki Tujuan yang Sama

Ada banyak yang mengatakan cinta kepada seseorang, tetapi ketika sudah menjalin komitmen dalam hubungan justru malah berakhir ditengah jalan karena berbeda tujuan.

Inilah pentingnya memahami apa perbedaan antara cinta dan mencintai. Cinta itu bersama, saling dan berbagi. Sementara mencintai itu tidak berarti selalu bisa bersama.

Cinta yang sejati selalu terjadi secara alami. Sementara mencintai itu selalu berjalan sesuai kemauan kita sendiri yang belum tentu sesuai dengan kemauan orang yang dicintai.

Cinta sejati akan selalu bersama dalam suka dan duka sebab mereka mengetahui apa tujuannya. Sementara cinta yang sesaat akan berpisah seiring pekatnya masalah, sebab mereka tidak mengerti apa tujuannya bersama.

Ketika kamu sudah memiliki tujuan yang sama dengan seseorang, tentunya kamu akan berjuang bersama orang tersebut untuk mencapai tujuan bersama.

Nah, ngomongin tentang jenis cinta yang kamu miliki terhadap pasanganmu, kamu bisa mempelajari tentang : 8 Jenis Cinta Dalam Psikologi yang Wajib Kamu Ketahui

2. Penerimaan, Tulus dan Tanpa Syarat

Penerimaan dan Ketulusan
Penerimaan dan Ketulusan

Selama ini kita terlalu jauh mencari jawaban tentang apa arti cinta sejati, sebab jawabannya ada pada 3 kata ini yaitu penerimaan, tulus dan tanpa syarat.

Kita mesti menerima seseorang apa adanya, sebagaimana dirinya dengan semua kekurangan dan kelebihannya, setelahnya barulah kita bisa mengetahui cinta sejati itu seperti apa.

Tapi sayangnya, di masa kini terlalu banyak menelan asumsi dari masyarakat dan lingkungan sekitar yang membuat cinta menjadi sesuatu yang bersyarat-syarat.

Inilah yang menimbulkan munculnya pemikiran-pemikiran abstrak dalam diri kita tentang memandang cinta.

Jauh sebelum menemukan seseorang, kita sudah membuat syarat-syarat pada diri sendiri tentang bagaimana seseorang yang nantinya akan kita cintai.

Dan sederhana saja, jika itu sudah bersyarat-syarat artinya bukan cinta. Harus ini, harus itu dan lain-lain.

Jika kamu mengatakan tulus kepada seseorang yang sangat kamu idam-idamkan, itu namanya bukan tulus tetapi modus. Itu bukan cinta tetapi ego, nafsu dan obsesi.

3. Dia Melengkapi Kamu!!

Saling Melengkapi
Saling Melengkapi

Cinta sejati mungkin ada pada seseorang yang sehari tak bertemu sudah beribu rindu. Mungkin juga berbagi tentang hal-hal yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya dalam hidupmu dan juga berwujud perjuangan untuk memenuhi hidup seseorang tercinta.

Jadi pada intinya, cinta sejati adalah tentang menemukan seseorang yang melengkapi kamu. Seseorang yang dengan tulus berjuang untuk melengkapi kekuranganmu dan menutupi kelemahanmu.

Dan juga seseorang yang tanpanya kamu akan merasa kehilangan arah.

Namun perasaan-perasaan ini juga mirip seperti cinta obsesi yang sifatnya hanya sesaat saja sehingga kadang kita juga sulit untuk membedakannya.

Jadi kembali lagi seperti yang sudah dikatakan di awal artikel ini bahwa menemukan cinta sejati membutuhkan waktu yang cukup lama. Lebih lama kamu menjalin hubungan dengan seseorang itu akan lebih mendekatkan kamu pada cinta sejati.

Meskipun kamu sudah merasakan perasaan-perasaan seperti takut kehilangan, rindu dan lainnya, itu bukan berarti kamu sudah bersama dengan cinta sejatimu. Maka gunakan hati dan pikiranmu untuk bisa benar-benar merasakan apakah dia cinta sejatimu.

Nah ngomongin perasaan pasangan, ada beberapa tanda yang sebenarnya dapat kamu ketahui bahwa ia tidaklah mencintaimu dengan tulus. Coba pelajari : 7 Tanda Kamu Tak Lagi Mencintai Pasanganmu dengan Sepenuh Hati

4. Tetap Menghargai Dalam Keadaan Apapun

Selalu Ada Kapan pun dan Dimana pun
Selalu Ada Kapan pun dan Dimana pun

Ketika sedang sibuk-sibuknya bekerja, teleponmu berdering dan muncul nama kekasihmu disana. Lalu kamu menerima telepon darinya meskipun kamu sedang sibuk-sibuknya.

Dalam masa-masa sulit, kekasihmu kehilangan pekerjaannya. Dia tidak bisa memberimu apa yang kamu inginkan seperti biasanya. Tapi kamu tetap berada disampingnya dalam kondisi itu.

Cinta sejati adalah tentang bagaimana kita menghargai pasangan. Jika kamu sulit menghargai pasanganmu, mungkin dia bukanlah cinta sejatimu.

Jika kamu atau pasanganmu masih saling memanipulasi satu sama lain, jelas itu bukan cinta sejati. Dibutuhkan kedewasaan berpikir dan kapasitas kesabaran yang besar untuk menerima cinta sejati.

Cintamu dan cintanya sama besar, tidak ada pihak yang lebih sedikit cintanya dan tidak ada pihak yang lebih besar cintanya. Hal inilah yang membuat kamu dan dia bisa saling menghargai satu sama lain.

5. Menjadi Diri Sendiri

Tetap Menjadi Diri Sendiri
Tetap Menjadi Diri Sendiri

Seseorang yang tidak berani menjadi diri sendiri akan mengalami kerugian yang sangat besar dalam hidup baik dibidang karir, hubungan bahkan spiritual.

Sederhananya bagaimana mungkin seseorang bisa mencintaimu jika kamu sendiri sudah berubah menjadi orang lain yang bukan dirimu?

Inilah mengapa sebelum mencintai orang lain kita harus mencintai diri sendiri. Kita harus menerima keadaan diri sendiri sebelum orang lain mampu untuk menerimanya.

Jika kamu masih menggunakan taktik jitu menarik hati seseorang dengan cara manipulatif, maka akan sulit bagi seseorang untuk mencintai dirimu apa adanya sebab kamu sendirilah yang menutup kemungkinan itu.

Jadi pada akhirnya cinta sejati adalah tentang bagaimana kita mencintai diri sendiri. Percayalah, hanya dirimu sendiri yang bisa menentukan apakah kamu akan menemukan cinta sejati atau tidak.

Cinta sejati terlahir ketika dua orang sudah sama-sama berdamai dengan dirinya sendiri, sudah murni menjadi diri sendiri sehingga tidak ada kepalsuan.

Sebab ketika kamu menjadi seseorang yang palsu, maka kamu akan mendapati cinta yang palsu pula.

Ngomongin tentang menjadi diri sendiri dan mencintai tanpa syarat, coba pelajari tentang : Cinta Tanpa Syarat, Benarkah Ada atau Hanya Ilusi Belaka?

Akhir Kata

Bagaimana pun kamu berusaha mencari cinta sejati, tetap saja tidak akan menemukannya jika tidak berani memberikan pengorbanan yang tulus untuk seseorang.

Cinta bukan hanya kata-kata, tetapi tindakan.

Ibaratnya, jika saja jutaan kata-kata cinta dan puisi cinta yang pernah kita baca dikumpulkan, itu semua tidak akan pernah sanggup untuk mengalahkan besarnya pengorbanan cinta yang dibuktikan melalui tindakan.

Maka jika kamu ingin menemukan cinta sejatimu, mulailah perbaiki diri untuk menjadi seseorang yang tulus memberi kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan.