in ,

10 Arti Warna Dalam Psikologi, Ketahui Biar Gak Salah Kostum Lagi

Arti Warna Dalam Psikologi
Arti Warna Dalam Psikologi

Hidup tidak terlepas dari warna warni yang dapat kita lihat. Tanpa warna tentu hidup akan terlihat buram dan gelap. Warna adalah elemen yang hadir untuk memberikan kesan tersendiri bagi individu.

Bayangkan jika dalam hidup ini tidak ada warna nya, tentu tidak menarik untuk dilihat. Dengan adanya warna kita dapat membuat dekorasi yang indah, memakai baju warna pilihan dengan semangat atau membuat suatu gambar yang enak dipandang mata.

Berbagai macam warna tentu tersedia di dalam rumah kita. Warna dasar yang mudah kita temui seperti putih, hitam, coklat, merah, hijau, abu-abu bisa dilihat disekitar.

Warna juga memiliki efek secara psikologis tersendiri bagi setiap individu. Warna tidak hanya menciptakan keindahan tetapi juga memiliki kekuatan yang berpengaruh karena dengan adanya warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa warna memiliki hubungan dengan manusia dan cara menafsirkan pada setiap individu.

Pembagian Jenis-Jenis Warna

Pembagian Jenis Warna
Pembagian Jenis Warna

Warna terbagi menjadi 4 kategori yakni warna primer, sekunder, netral dan tersier. Warna primer contohnya seperti warna merah, kuning, dan biru. Sedangkan warna sekunder adalah pencampuran dari warna-warna primer misalnya oranye, ungu, burgundy dan ungu.

Warna tersier adalah campuran salah satu warna primer dan sekunder misalnya coklat. Sedangkan warna netral adalah campuran dari ketiga jenis warna diatas contohnya warna hitam.

Warna dapat diartikan berbeda-beda pada tiap orang. Itu sebabnya kita memiliki warna favorit masing-masing. Jika dilihat dari aspek psikologis, warna dapat mewakili emosi manusia. Warna yang memiliki makna tersendiri dapat menunjukkan kesan atau perasaan dari sesuatu yang melekat pada warna tersebut.

Hal ini akan diproses melalui mata yang melihat kemudian sinyal nya ditangkap oleh otak sehingga menghasilkan suatu persepsi pada diri individu. Dapat dikatakan bahwa warna bisa menyampaikan pesan kepada seseorang. Juga dapat memengaruhi apakah seseorang tersebut suka atau tidak pada suatu benda.

Tidak hanya itu, warna juga dapat memengaruhi mood seseorang yang melihat atau berada pada ruangan berwarna tertentu. Makna nya apa sih warna-warna tersebut ?.

Warna-warna general yang dapat kita kenal lebih jauh makna nya bisa dijelaskan pada pembahasan berikut.

[lwptoc min=”2″ depth=”2″ hierarchical=”0″ numeration=”none” toggle=”1″ labelShow=”show” labelHide=”hide” hideItems=”0″ titleFontSize=”100%” itemsFontSize=”100%” wrapNoindex=”0″ useNofollow=”0″ skipHeadingLevel=”h2″]

1. Merah

Arti Warna Merah
Arti Warna Merah

Warna merah terlihat mencolok dan kuat. Jika diartikan warna merah dapat memberikan energi dan memiliki aura yang cukup kuat. Merah juga dapat diartikan sebagai symbol keberanian dan melambangkan kegembiraan. Hal ini dapat memengaruhi seseorang dalam bertindak sehari-hari.

Warna merah juga dapat memberikan kesan hangat bagi individu. Ruangan yang memiliki warna merah ini dapat membuat individu yang berada di dalamnya lebih semangat ketika mengerjakan sesuatu.

Namun warna merah yang ada pada ruangan rentan pula untuk membuat seseorang mudah cemas karena efek dari warna ini dapat adalah mudah panik dan mudah marah.

2. Putih

Arti Warna Putih
Arti Warna Putih

Warna putih tentu lebih banyak mendominasi dalam hidup kita. Dari pakaian, gorden, atau taplak meja yang ada biasanya berwarna putih.

Warna putih pada pakaian sering digunakan karena mudah untuk dipadu padankan dengan warna lain. Warna putih memiliki makna kebebasan dan ringan. Itu sebabnya pakaian berwarna putih lebih mudah dipadukan dengan pakaian warna lain.

Warna putih memberikan kesan bersih, suci, ringan dan terang. Warna ini diyakini memiliki efek menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit. Wajar ya jika warna ini sering sekali kita temui di rumah sakit.

3. Hitam

Arti Warna Hitam
Arti Warna Hitam

Warna lain nya yang sering ditemui karena juga tergolong mudah dipadu padankan dengan warna lain adalah hitam. Pada pakaian berwarna hitam akan memberikan kesan langsing pada pemakai nya. Warna hitam memberikan kesan suram, gelap dan menakutkan tetapi sekaligus elegan.

Umum nya individu yang menyukai warna hitam merupakan orang yang cuek namun nyaman untuk melakukan hal yang mereka sukai.

Warna hitam juga mencerminkan keberanian, kekuatan, keteguhan dan kemakmuran. Orang yang menyukai warna ini cenderung mudah bergaul dan mandiri.

4. Hijau

Arti Warna Hijau
Arti Warna Hijau

Warna hijau merupakan warna yang umumnya ditemukan pada tumbuhan. Jika kita melihat banyak pohon rindang persepsi kita akan terasa menyejukkan bukan.

Hal ini disebabkan warna hijau memiliki makna santai dan nyaman. Warna hijau dapat membantu seseorang untuk menyeimbangkan emosi dan lebih terbuka dalam komunikasi.

Selain itu warna hijau memberikan kesan akan kesuburan, kesegaran dan kedamaian. Warna hijau dapat memberikan ketenangan dan efek rileksasi pada individu yang melihatnya.

5. Oranye

Oranye
Oranye

Warna ini merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning. Kesan yang diberikan oleh warna ini adalah kehangatan. Oranye memiliki makna akan kepercayaan diri, kesuksesan, sosialisasi dan keberanian. Juga mewakili makna keceriaan dan dapat menenangkan pula.

Warna oranye memiliki unsure agresif dari warna dasar nya merah tetapi dipengaruhi kelembutan juga dari warna dasar kuning.

Warna ini memiliki pengaruh dapat meningkatkan rasa lapar pada seseorang karena warna oranye sering dikaitkan dengan vitamin pada makanan yakni vitamin C.

6. Kuning

Arti Warna Kuning
Arti Warna Kuning

Warna ini memberikan kesan optimis, ceria, enerjik dan bahagia.  Warna mencolok ini memberikan makna kehangatan dan menimbulkan semangat bagi seseorang.

Penyuka warna kuning cenderung memiliki sifat bijaksana, cerdas dan kreatif. Ide-ide orang yang menyukai warna kuning cenderung banyak dan unik.

Hal ini disebabkan karena warna kuning cenderung dapat merangsang aktivitas mental dan pikiran.

7. Biru

Arti Warna Biru
Arti Warna Biru

Warna biru cenderung dapat merangsang pikiran menjadi jernih dan menenangkan. Warna ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal ini karena biru memiliki kesan professional dan kepercayaan diri.

Warna biru juga dapat merangsang komunikasi, artistik, dan sebagai symbol kekuatan. Orang penyuka warna biru cenderung stabil dan ceria.

8. Coklat

Arti Warna Coklat
Arti Warna Coklat

Coklat merupakan warna yang juga sering kita temui di alam. Kesan yang diberikan oleh warna ini adalah hangat, nyaman dan aman. Warna coklat dapat memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan.

Untuk itu warna coklat dapat mewakili kesan kekakuatan dalam hidup. Kesan elega, modern dan canggih dapat ditemukan dengan warna ini. Namun warna coklat juga memiliki efek negatif yakni kesan kaku dan pesimis.

9. Ungu

Arti Warna Ungu
Arti Warna Ungu

Warna ungu memberikan kesan spiritualitas dan imajinasi yang tinggi. Terdapat sisi misterius pula pada warna ini. Warna ini dianggap mampu untuk menarik perhatian dan memiliki kesan ambisius, mandiri, bijaksana, visioner dan mewah. Ungu dapat memberikan rasa aman, nyaman dan akrab.

Warna ungu juga memiliki simbol kreativitas pada seseorang yang tinggi. Warna ini memberikan stimulus pada seseorang untuk dapat berpikir kreatif ketika melihatnya atau berada pada ruangan yang berwarna ungu.

Bagi penyuka warna ungu bukan berarti mereka janda ya, tetapi warna ungu sendiri cenderung memiliki sisi misterius namun elegan yang tinggi. Tetapi jika terlalu berlebihan warna ini memiliki sifat negatif yakni terlihat kurang teliti dan terasa penyendiri.

10. Merah Muda

Arti Warna Pink
Arti Warna Pink

Warna merah muda merupakan percampuran dari warna merah dan putih. Namun memiliki arti berbeda dengan warna merah. Warna ini melambangkan feminim dan sering nya disukai oleh perempuan.

Kesan yang diberikan pada warna ini adalah kelembutan, peduli, tegas, keras kepala dan romantis. Tidak heran jika ketika seseorang mengungkapkan kasih sayang diwakili oleh warna merah muda ini.

Penyuka warna merah muda ini memiliki sifat penyayang, murah hati namun sensitif. Cenderung ramah dan menarik, memiliki kehangatan, dan melindungi.

Ia cenderung optimis dan memiliki pandangan yang positif dalam hidup. Ada pula yang bersifat sembrono jika dalam diri nya belum memiliki kematangan. Dalam sikologi merah muda adalah simbol dari harapan.

Makna dari warna yang dibahas pada poin diatas sebaiknya tidak dijadikan pedoman utama sebagai pemilihan warna favorit. Penjelasan ini bersifat edukatif yang dapat memberikan kita pengetahuan terhadap warna-warna yang ada. Seseorang yang menyukai warna tertentu diatas bukan berarti pasti memiliki kecenderungan tersebut.

Kecenderungan karakter dan sifat seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh warna favorit. Tetapi juga oleh lingkungan nya, pola asuh nya, bahkan cara berpikir masing-masing individu berbeda-beda. Jangan langsung ganti warna favorit ya setelah membacanya. Tetap jadi diri anda yang terbaik.

Adakah warna favoritmu dari poin diatas ?. Jadi mau pakai warna apa hari ini ?. Apapun warna yang kamu kenakan, tetap harus semangat dan ceria ya.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.