in ,

10 Arti Warna Dalam Psikologi Terkait Kepribadian Seseorang

5. Oranye

Oranye
Oranye

Warna ini merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning. Kesan yang diberikan oleh warna ini adalah kehangatan. Oranye memiliki makna akan kepercayaan diri, kesuksesan, sosialisasi dan keberanian. Juga mewakili makna keceriaan dan dapat menenangkan pula.

Warna oranye memiliki unsure agresif dari warna dasar nya merah tetapi dipengaruhi kelembutan juga dari warna dasar kuning.

Warna ini memiliki pengaruh dapat meningkatkan rasa lapar pada seseorang karena warna oranye sering dikaitkan dengan vitamin pada makanan yakni vitamin C.

6. Kuning

Arti Warna Kuning
Arti Warna Kuning

Warna ini memberikan kesan optimis, ceria, enerjik dan bahagia.  Warna mencolok ini memberikan makna kehangatan dan menimbulkan semangat bagi seseorang.

Penyuka warna kuning cenderung memiliki sifat bijaksana, cerdas dan kreatif. Ide-ide orang yang menyukai warna kuning cenderung banyak dan unik.

Hal ini disebabkan karena warna kuning cenderung dapat merangsang aktivitas mental dan pikiran.

7. Biru

Arti Warna Biru
Arti Warna Biru

Warna biru cenderung dapat merangsang pikiran menjadi jernih dan menenangkan. Warna ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal ini karena biru memiliki kesan professional dan kepercayaan diri.

Warna biru juga dapat merangsang komunikasi, artistik, dan sebagai symbol kekuatan. Orang penyuka warna biru cenderung stabil dan ceria.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Warna Logo Desain Dengan Trik Psikologi

8. Coklat

Arti Warna Coklat
Arti Warna Coklat

Coklat merupakan warna yang juga sering kita temui di alam. Kesan yang diberikan oleh warna ini adalah hangat, nyaman dan aman. Warna coklat dapat memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan.

Untuk itu warna coklat dapat mewakili kesan kekakuatan dalam hidup. Kesan elega, modern dan canggih dapat ditemukan dengan warna ini. Namun warna coklat juga memiliki efek negatif yakni kesan kaku dan pesimis.

9. Ungu

Arti Warna Ungu
Arti Warna Ungu

Warna ungu memberikan kesan spiritualitas dan imajinasi yang tinggi. Terdapat sisi misterius pula pada warna ini. Warna ini dianggap mampu untuk menarik perhatian dan memiliki kesan ambisius, mandiri, bijaksana, visioner dan mewah. Ungu dapat memberikan rasa aman, nyaman dan akrab.

Warna ungu juga memiliki simbol kreativitas pada seseorang yang tinggi. Warna ini memberikan stimulus pada seseorang untuk dapat berpikir kreatif ketika melihatnya atau berada pada ruangan yang berwarna ungu.

Bagi penyuka warna ungu bukan berarti mereka janda ya, tetapi warna ungu sendiri cenderung memiliki sisi misterius namun elegan yang tinggi. Tetapi jika terlalu berlebihan warna ini memiliki sifat negatif yakni terlihat kurang teliti dan terasa penyendiri.

10. Merah Muda

Arti Warna Pink
Arti Warna Pink

Warna merah muda merupakan percampuran dari warna merah dan putih. Namun memiliki arti berbeda dengan warna merah. Warna ini melambangkan feminim dan sering nya disukai oleh perempuan.

Kesan yang diberikan pada warna ini adalah kelembutan, peduli, tegas, keras kepala dan romantis. Tidak heran jika ketika seseorang mengungkapkan kasih sayang diwakili oleh warna merah muda ini.

Penyuka warna merah muda ini memiliki sifat penyayang, murah hati namun sensitif. Cenderung ramah dan menarik, memiliki kehangatan, dan melindungi.

Ia cenderung optimis dan memiliki pandangan yang positif dalam hidup. Ada pula yang bersifat sembrono jika dalam diri nya belum memiliki kematangan. Dalam sikologi merah muda adalah simbol dari harapan.

Makna dari warna yang dibahas pada poin diatas sebaiknya tidak dijadikan pedoman utama sebagai pemilihan warna favorit. Penjelasan ini bersifat edukatif yang dapat memberikan kita pengetahuan terhadap warna-warna yang ada. Seseorang yang menyukai warna tertentu diatas bukan berarti pasti memiliki kecenderungan tersebut.

Kecenderungan karakter dan sifat seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh warna favorit. Tetapi juga oleh lingkungan nya, pola asuh nya, bahkan cara berpikir masing-masing individu berbeda-beda. Jangan langsung ganti warna favorit ya setelah membacanya. Tetap jadi diri anda yang terbaik.

Baca Juga : 10 Pilihan Parfum Berdasarkan Karakteristik dan Kepribadiannya

Adakah warna favoritmu dari poin diatas ?. Jadi mau pakai warna apa hari ini ?. Apapun warna yang kamu kenakan, tetap harus semangat dan ceria ya.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist at Golife.id, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.