in ,

Yuk Merawat Rambut, 6 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

Merawat Rambut
Merawat Rambut

Kesehatan tubuh tidak hanya pada kesehatan organ dalam saja. Namun kesehatan anggota tubuh lainnya juga patut untuk diperhatikan dan dirawat. Perawatan tubuh biasanya banyak dilakukan oleh perempuan. Tetapi laki-laki juga diperbolehkan untuk melakukan perawatan. Kenapa tidak, perawatan tubuh merupakan hal yang universal bukan.

Perawatan tubuh dapat dilakukan di salon atau klinik kecantikan terdekat. Tentu dengan variasi biaya yang beragam disesuaikan oleh jenis perawatannya. Perawatan yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari perawatan kaki hingga perawatan daerah kepala. Perawatan kaki meliputi manicure, pedicure dan merendam kaki.

Perawatan daerah kepala cukup banyak pilihannya sesuai dengan kebutuhan kliennya. Perawatan tersebut seperti hair spa, hair mask, potong rambut, toning, mewarnai rambut, extension hingga creambath. Umumnya yang sering dilakukan adalah creambath. Proses creambath yang lama namun menyenangkan membuat individu merasa rileksasi setelahnya.

Proses dari creambath sendiri dimulai dari mencuci rambut, mengoleskan krim pada rambut, membungkusnya dengan handuk hangat, dan dipijat sembari menunggu krim tersebut menyerap pada rambut kemudian dibilas. Cukup menyenangkan bukan.

Krim yang digunakan untuk creambath ini juga bermacam-macam. Masing-masing memiliki kegunaan dan manfaatnya sendiri. Sebelum memutuskan untuk melakukan creambath, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari pilihan krim untuk creambath tersebut.

Bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan rambut ternyata dapat dengan mudah kita temukan disekitar kita. Simak 6 bahan paling sering digunakan untuk merawat rambut secara alami berikut ini.

1. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Siapa yang tidak mengenal lidah buaya di masa sekarang ini. Manfaat lidah buaya yang sangat banyak bagi tubuh dan juga rambut membuat orang-orang menyukai lidah buaya.

Krim yang digunakan untuk creambath juga terdapat varian lidah buaya. Manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah ia merangsang pertumbuhan rambut dengan kandungan vitamin dan mineralnya.

Bagi anda yang memiliki rambut rontok, menggunakan lidah buaya merupakan pilihan yang tepat.

[1] Lidah buaya dapat menutrisi kulit kepala dan rambut juga menjadi lebih kuat. Lidah buaya juga dapat membantu mengatasi rambut rusak, kasar dan bercabang. Rambut yang berminyak juga dapat diatasi dengan lidah buaya  .

Ia akan mengontrol produksi minyak tanpa membuat kulit kepala menjadi kering. Selain itu lidah buaya yang dioleskan ke rambut juga akan membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala sekaligus menghaluskan, melembabkan dan meluruskan rambut. Selain rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menutrisi alis dan bulu mata.

2. Ginseng

Ginseng Untuk Kesehatan Rambut
Ginseng Untuk Kesehatan Rambut

Tumbuhan yang masih satu keluarga dengan rempah ini sudah terkenal berbagai macam khasiatnya dari dulu. Ginseng juga dapat digunakan untuk merawat rambut.

Manfaat dari creambath dengan krim ginseng antara lain untuk menutrisi dan mencegah kerusakan pada rambut. Kandungan selulosa pada ginseng dapat membantu memberikan lapisan pelindung rambut sehingga terhindar dari kerusakan rambut.

Ginseng juga bermanfaat untuk mencegah ketombe dan menghilangkan rasa gatal karena bekas ketombe. Kandungan saponin pada ginseng dapat mencegah munculnya masalah ketombe pada rambut yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat lain yang sudah dikenal oleh umum dari ginseng adalah untuk mencegah kerontokan rambut. Kandungan ginsenosida akan membantu menutrisi akar rambut sehingga rambut dapat tumbuh kuat dan terhindar dari kerontokan.

Selain itu ginseng juga dapat membantu menstimulasi peredaran darah jadi lebih lancar serta mencegah munculnya uban pada rambut dengan kandungan miyak atsiri dan fitosterolnya. Rambut yang rapuh dan rontok sangat cocok dengan creambath ginseng.

3. Kemiri

Manfaat Kemiri Untuk Rambut
Manfaat Kemiri Untuk Rambut

Rempah yang satu ini juga memiliki manfaat yang baik jika digunakan pada rambut. Kemiri yang digunakan untuk diolah dengan produk perawatan rambut biasanya berasal dari minyak kemiri.

Manfaat dari kemiri ini adalah untuk membantu mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Kandungan asam linoleat dalam kemiri berfungsi sebagai anti radang.

Kemiri juga dapat mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh folikel rambut lemah. Kandungan protein dan mineral pada kemiri dapat membantu membuat folikel rambut kuat. kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe dengan mengoleskannya ke rambut.

Manfaat lain dari kemiri adalah untuk menebalkan dan menyuburkan rambut serta membuat rambut tampak lebih hitam. Tentu hasilnya tidak secepat dan tidak sebaik cat rambut ya. Namanya juga bahan alami, mereka membutuhkan waktu untuk berproses agar menghasilkan yang baik dengan maksimal.

Kelembapan rambut dapat dibantu dijaga dengan kemiri. Kandungan asam lemak tidak jenuh pada kemiri membuat rambut lembap dan mudah diatur. Selain itu kemiri dapat membantu memanjangkan rambut, membuat rambut lembut dan halus, hingga membantu meluruskan rambut.

4. Alpukat

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Rambut
Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Rambut

Buah alpukat tidak hanya enak untuk dikonsumsi tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Alpukat memiliki manfaat penting untuk rambut seperti membantu mengatasi rambut keirng dan rusak.

Tekstur creamy dari alpukat menjadikan alpukat bisa digunakan sebagai conditioner alami. Selain itu alpukat dapat membantu menyehatkan dan membuat rambut jadi lebih berkilau.

Rambut rontok juga dapat dirawat dengan menggunakan alpukat. [2] Alpukat dapat merangsang pertumbuhan rambut dan kandungan vitamin B, vitamin E dapat memperkuat helai rambut, melindunginya dari kerusakan sehingga dapat mencegah kerontokan rambut.

Minyak dari alpukat dapat membantu menjaga kondisi kulit kepala yang kering.

Alpukat mampu memberikan nutrisi pada rambut dengan senyawa keratin, melembabkan rambut, membantu mencegah kotoran menempel pada rambut dengan kandungan vitamin C dan flavanoid.

Rambut yang kusut dapat dirawat dengan menggunakan alpukat. Kandungan vitamin E pada alpukat membantu membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

5. Strawberry

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan Rambut
Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan Rambut

Buah berwarna merah ini juga memiliki manfaat bagi rambut selain alpukat. Strawberry tentu memiliki kandungan vitamin C tinggi yang mampu membantu merawat masalah pada rambut panjang seperti rambut bercabang, patah hingga rontok. Tidak hanya itu, strawberry juga bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau dan melembabkan rambut.

Kandungan antioksidan pada strawberry yang tinggi sangat baik untuk merawat rambut. Selain itu strawberry juga membantu untuk mencegah penipisan rambut dengan kandungan ellagic acid nya yang tinggi.

Kandungan asam folat, vitamin B5 dan vitamin B6 yang dapat mencegah kerontokan rambut. Manfaat lainnya adalah untuk membantu mengatasi rambut kusam dan rusak, membantu mengatasi ketombe, mencegah pertumbuhan jamur dengan kandungan anti jamurnya, dan membantu meregenerasi batang rambut.

6. Coklat

Manfaat Coklat Untuk Merawat Rambut
Manfaat Coklat Untuk Merawat Rambut

Coklat mungkin merupakan favorit kita semua. Tetapi coklat juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Coklat memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu melancarkan sirkulari darah pada kulit kepala.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut agar dapat tumbuh dengan baik juga terkandung dalam coklat. Vitamin B2, vitamin B1, potassium dan magnesium yang membantu proses tersebut.

Vitamin A yang terkandung dalam coklat membantu untuk menguatkan rambut agar tidak mudah rapuh. Selain itu coklat memiliki kandungan fosfor untuk dapat menghindarkan rambut dari kerontokan yang dibantu pula oleh asam lemak.

Sekaligus membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan tidakmudah kusut. Anti inflammatory pada coklat dapat membantu proses penyembuhan luka kulit kepala akibat dari bahan kimia berlebih dari produk perawatan rambut lainnya.

[3] Coklat juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, vitamin A, B1, B2, D dan E. Biasanya terdapat pada coklat hitam atau dark chocolate. Kandungannya ini membantu melembabkan rambut, melindungi rambut dari sinar UV, menghindari garis halus dan keriput akibat dari kolagen yang rusak, memperindah rambut, dan menyuburkan rambut.

Ternyata manfaat dari hasil tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya bagi tubuh tapi juga untuk kesehatan dan perawatan rambut.

Tidak harus mengunjungi salon favorit anda untuk dapat merasakan manfaat dari 6 bahan diatas. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah atau jika ada tanaman lidah buaya, anda dapat langsung mengoleskan pada rambut setelah dikupas terlebih dahulu.

Menarik bukan bahan-bahan tersebut ?

Rasanya selain merawat tubuh, kita juga harus merawat bagian mahkota kita yakni kepala pada bagian rambut dan kulit kepala agar tetap sehat, berkilau dan segar. Tentu rambut yang sehat akan terlihat halus, mudah diatur dan kesegaran rambut dapat membuat kita bersemangat untuk beraktivitas sehari-hari.

Jadi dari keenam bahan diatas, mana yang ingin anda coba terlebih dahulu ?. Sesuaikan dengan kebutuhan rambut ya. Sebaiknya juga tidak berlebihan memakainya. Selamat merawat keindahan rambut anda.

Referensi :

[1] Researchgate : Aloe vera : A Potential Herb and its Medicinal Importance
[2] Researchgate : Avocado
[3] Dokter Sehat : Kandungan Cokelat

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.