in

7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel
Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel

Perawatan wajah tentu merupakan hal yang esensial bagi semua perempuan. Wajah perlu dirawat untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Apalagi kamu yang aktif dan sibuk dengan segala aktivitas segunung.

Tentu merawat kesehatan kulit wajah menjadi prioritas dalam list perawatan diri mu bukan. Perawatan wajah kini sudah banyak tersedia dan beragam macamnya. Kamu tinggal memilih perawatan apa yang cocok untuk dirimu.

Merawat diri di sela kesibukan mungkin juga menjadi salah satu cara untuk menghargai dirimu sendiri setelah seharian bekerja keras. Selain itu melakukan perawatan diri merupakan bentuk self-love.

Self-love ini penting agar dirimu tidak mudah stres dan tetap ceria sepanjang hari. Tentunya untuk melakukan perawatan yang bagus kamu harus merogoh kocekmu terlebih dahulu. Semakin lengkap dan beragam perawatan yang kamu lakukan maka akan semakin tinggi juga cost yang akan kamu keluarkan.

Bahan Perawatan Wajah Alami dan Murah

Selain biaya, kamu juga harus meluangkan waktu ekstra untuk bisa mengantri di salon atau klinik kecantikan. Apalagi jika kamu pergi ke sana ketika akhir pekan. Akan cukup ramai dan antrian akan cukup panjang.

Tapi tahukah kamu, selain melakukan perawatan dengan ahlinya kamu juga melakukan perawatan sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah kamu bisa merawat kulit wajahmu yang cantik.

Dari sekian banyak perawatan yang ada, salah satunya adalah melakukan masker wajah. Masker wajah ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan membuat bahan yang tersedia di rumah. Manfaatnya tidak kalah dengan kamu melakukan perawatan di salon atau klinik lho.

Lalu apa saja sih manfaat dari menggunakan masker yang dibuat sendiri di rumah ini?. Coba kita simak.

1. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat adalah buah yang cukup enak jika dibuat jus yang ditambahkan dengan susu kental manis coklat bukan. Selain enak, buah ini juga bisa memberikanmu rasa kenyang yang cukup lama.

Selain untuk di makan, buah alpukat juga bisa kamu jadikan masker lho. Cara pembuatan masker alpukat ini adalah dengan menyiapkan satu buah alpukat yang hampir matang. Kemudian keruk buahnya dan hancurkan hingga lembut.

Setelahnya campurkan satu sendok teh minyak zaitun dan aduk merata. Kamu bisa langsung memakai masker alpukat ini setelah membersihkan wajah dengan benar. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas sampai bersih.

Masker alpukat ini cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering. Buah alpukat dengan minyak zaitun ini akan membantu melembabkan kulit wajahmu.

Baca Juga : Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

2. Lemon

Lemon
Lemon

Buah lemon yang rasanya asam ini sedang naik daun untuk dijadikan infused water. Dicampurkan dengan air dingin dan didiamkan semalamam sebelum dikonsumsi. Dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan membantu penurunan berat badan.

Siapa sangka lemon juga bisa digunakan untuk kamu maskeran di rumah. Cara membuatnya adalah dengan memeras air jeruk lemon dan campurkan dengan 1 butir putih telur. Takaran ar jeruk lemon ini hanya setengahnya saja untuk sekali pemakaian.

Kemudian aduk merata dan oleskan maske lemon ini ke wajah dan diamkan selama beberapa menit. Penggunaan masker jeruk lemon ini sebaiknya pada saat menjelang tidur dan dibilas sampai bersih menggunakan air hangat di esok harinya.

Fungsi dari masker ini adalah untuk mengencangkan kulit wajah, kesegaran kulit dan menghilangkan kusam.

3. Mentimun

Mentimun
Mentimun

Mentimun selain dijadikan sebagai sayur pelengkap juga dapat dibuat masker sendiri di rumah.

Masker mentimun ini memiliki manfaat untuk mengatasi kulit berjerawat, berminyak, melembabkan wajah, menghilangkan kantung mata, memperbaiki kulit yang rusak dan menyegarkan wajah.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu bisa menghaluskan mentimun dan saring untuk diambil sarinya. Kemudian campurkan dengan satu sendok makan gula pasir dan aduk hingga merata.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

4. Oatmeal

Oatmeal Untuk Wajah
Oatmeal Untuk Wajah

Oatmeal yang dijadikan sarapan sehat sehari-hari ini juga bisa kamu olah untuk dijadikan masker. Oatmeal dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Hal ini karena oatmeal mampu menyerap minyak yang berlebih pada wajah.

Cara membuat masker dari oatmeal ini adalah campurkan setengah cangkir oatmeal dengan air panas. Kemudian aduk-aduk hingga halus seperti bentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata.

Oleskan merata ke seluruh wajah dan pijat perlahan selama kurang lebih 3 menit. Setelahnya kamu bisa membilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Kopi

Kopi Untuk Wajah
Kopi Untuk Wajah

Sekarang ini tentu banyak yang suka sekali mengonsumsi kopi. Selain rasanya yang enak meski pahit, kopi dapat juga membantu menemani hari sibukmu agar tetap on terus. Ternyata kopi selain diminum juga dapat dibuat menjadi masker.

Manfaat dari masker kopi ini adalah dapat melawan tanda penuaan, mengatasi jerawat, menyamarkan kantung mata, menghaluskan wajah, mengencangkan wajah hingga mencegah kanker kulit.

Kopi mengandung polifenol yang dapat menangkal radikal bebas dan kerusakan DNA. Kopi juga mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang cocok untuk kulit berjerawat. Selain itu kopi memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin B3

Cara membuat masker kopi ini dengan mencampur bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan ke wajah dan tunggu selama 10 menit. Bisa juga bubuk kopi ini dicampurkan dengan yogurt atau susu sapi.

6. Tomat

Tomat Untuk Wajah
Tomat Untuk Wajah

Tomat memiliki rasa yang segar baik diolah maupun dimakan langsung. Tomat bisa kamu gunakan sebagai masker wajah. Manfaat dari tomat untuk perawatan kulit wajah ini adalah dapat membantu mengatasi jerawat.

Selain itu tomat juga dapat menjaga pori-pori wajah. Cara membuat masker tomat ini mudah dan cukup beragam. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok denganmu atau yang ingin kamu coba untuk dijadikan masker.

Cara yang pertama adalah dengan memotong tomat menjadi dua atau beberapa bagian kemudian oleskan irisan tomat secara merata pada wajah. Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Atau kamu bisa menghaluskan tomat dan oleskan merata pada wajah. Cara pemakaiannya pun sama. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain dalam campuran tomat yang dihaluskan ini misalnya madu atau perasan lemon.

7. Madu

Masker Madu
Masker Madu

Madu selain rasanya yang manis dan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, juga bisa dijadikan masker. Madu sendiri mengandung antimikroba, antioksidan dan memiliki efek menenangkan kulit.

Selain itu terdapat kandungan antiseptic dan antibakterial pada madu. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Masker madu cocok bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat dan juga jenis kulit kering.

Cara pembuatan masker madu ini dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Kemudian oleskan madu secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit. Bilas dengan bersih menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Kemudian bilas kembali dengan air dingin. Fungsi membilas dengan air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit wajah. Air dingin digunakan di akhir untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

Selain menggunakan masker untuk perawatan wajah, ada hal lain yang harus kamu lakukan agar seimbang. Yakni jangan malas untuk membersihkan wajah secapek apapun kamu. Kemudian jadwalkan secara rutin untuk melakukan scrubbing karena scrubbing tidak boleh dilakukan setiap hari.

Baca Juga : Yuk Merawat Rambut, 6 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

Hal ini dilakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah. Jangan lupa untuk menggunakan toner setiap selesai membersihkan wajah. Gunakan tabir surya dan pelembab sebelum bepergian.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.