in ,

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Bangkit dari Kegalauan Akibat Putus Cinta

Putus cinta tentu bukan suatu hal yang menyenangkan bagi semua orang. Tidak ada satupun orang yang menginginkan hubungannya berakhir dengan kesedihan. Terlebih pasti putusnya sebuah hubungan akan bisa kan luka dan rasa sakit hati yang sulit disembuhkan.

Wajar jika kamu merasa kecewa marah ataupun benci pada keadaan akhirnya memisahkan kamu dari orang yang kamu cintai meskipun kebohongan itu berakhir dengan cara yang baik. Jika merasa sedih, itu hal yang wajar kok. Semua orang juga pasti akan merasakannya ketika dihadapkan dengan kondisi putus cinta.

Boleh saja kamu merasa sedih atau sakit hati dengan kenyataan yang saat ini kamu jalani. Tetapi kamu tidak bisa terus-menerus membiarkan perasaanmu hanyut dalam rasa sakit yang entah kapan bisa kamu akhiri. Kamu harus bisa bangkit dari kesedihanmu sendiri.

Tenangkan dulu dirimu dan cobalah untuk move on dari dia yang sudah tidak mungkin lagi kamu miliki. Berikut ini adalah 5 hal yang harus kamu lakukan untuk bisa bangkit dan kembali menjalani kehidupan baru tanpa dia di sisimu.

1. Menjaga Jarak dan Menghindari Kontak Dengannya, Baik Secara Langsung Maupun Tidak Langsung

Menjaga Jarak
Menjaga Jarak

Hal yang harus kamu lakukan untuk bisa segera bangkit dari kegalauan adalah menjaga jarak dengan mantan kekasihmu. Sebisa mungkin hindari kontak dengannya baik secara langsung maupun tidak langsung. Kamu perlu mengistirahatkan hidupmu dari segala hal yang berkaitan dengan mantan kekasihmu.

Kamu butuh waktu untuk bisa melupakannya. Jika kamu masih berhubungan dengannya, maka akan sulit untuk bisa melupakan segala kenangan yang pernah kamu lewati saat masih bersama.

Tidak hanya itu, ada baiknya kamu juga menyingkirkan barang-barang yang bisa mengingatkanmu tentang dirinya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengalihkan pikiranmu pada hal yang lain.

Baca Juga : Keputusanmu Membiarkan Dia Pergi Sudah Benar Jika Alasannya Karena Hal Ini

2. Belajar Menerima Kenyataan yang Terjadi Terkait Hubunganmu dengan Orang yang Kamu Cintai

Belajar Menerima Kenyataan
Belajar Menerima Kenyataan

Setelah putus cinta, sudah seharusnya kamu belajar untuk bisa menerima kenyataan yang saat ini kamu hadapi. Mungkin kamu memang sangat mencintainya, tetapi juga Tuhan berkata lain maka yang bisa kamu lakukan hanyalah menerima kenyataan tersebut dengan lapang dada.

Kamu tidak bisa memaksakan kehidupan ini untuk bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bersedihlah dan menangislah jika itu bisa membantumu untuk mengurangi kesedihanmu.

Tetapi ingat kamu harus tetap memahami batas kewajarannya. Jangan terlalu bersedih karena hal itu hanya akan membuatmu semakin terpuruk dengan keadaan yang saat ini kamu hadapi.

Belajarlah untuk bisa tegar dalam menerima segala ujian. Anggaplah apa yang saat ini kamu hadapi adalah satu langkah kecil untuk kamu belajar menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang. Nikmati saja prosesnya.

Jika sudah tiba waktunya pasti secara perlahan luka yang kamu rasakan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Menceritakan Apa yang Kamu Rasakan pada Orang yang Kamu Percaya

Menceritakan Yang Kamu Rasakan
Menceritakan Yang Kamu Rasakan

Saat kamu sedang terpuruk, biasanya kamu akan merasa lebih baik jika membagi kisahmu dengan orang yang kamu percayai. Kamu bisa berbagi cerita dengan keluarga ataupun teman yang selama ini selalu ada untukmu.

Tidak hanya sekadar mendengarkan saja, mungkin mereka juga bisa memberikan solusi agar kamu bisa lebih cepat melupakan si dia.

Kamu membutuhkan dukungan moril dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Dan kamu bisa mendapatkannya jika kamu mau berbagi cerita kepada orang-orang yang kamu percaya.

Dukungan dari mereka pasti bisa membuat kondisi melebih baik dan semangat untuk kembali menjalani hidup akan bertambah.

Baca Juga : Inilah Pentingnya Support System Dalam Melewati Masa Sulit

4. Mencoba Menata Kembali Kehidupanmu Tanpa Adanya Dia di Sisimu

Mencoba Menata Kembali Kehidupanmu
Mencoba Menata Kembali Kehidupanmu

Kehidupanmu pasca putus tentu akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mungkin saja kamu akan merasa hidupmu cukup hampa tanpa adanya dia yang menemani keseharianmu. Itulah kenapa kamu harus mulai menata urang kehidupanmu tanpa adanya dia di sisimu lagi.

Kamu membutuhkan suasana yang baru untuk bisa kembali menumbuhkan semangat hidupmu.

Kamu juga bisa mengisi waktu mu dengan melakukan apa yang selalu ingin kamu lakukan sebelumnya. Sibukkan dirimu sendiri dengan segala aktivitas yang memiliki pengaruh positif untuk dirimu ke depannya.

Manfaatkan momen ini sebagai momen untuk mengembangkan potensi diri. Kamu bisa menjadi sosok yang lebih baik jika kamu mau berusaha dan belajar.

Dengan segala aktivitas positifmu ini, kamu akan lebih mudah untuk melupakan dia yang kini hanya berstatus sebagai mantan.

5. Membangun Keyakinan Bahwa Kamu Tetap Bisa Bahagia Tanpa Adanya Dia dalam Kehidupanmu

Membangun Keyakinan Pada Dirimu
Membangun Keyakinan Pada Dirimu

Yang terakhir kamu harus percaya bahwa sumber kebahagiaanmu bukanlah dia seorang. Kamu pasti tetap bisa bahagia meski dia sudah tidak lagi bersamamu. Kamu bisa menemukan kebahagiaanmu sendiri.

Kamu juga harus yakin bahwa kamu bisa tetap menjalani hidupmu dengan baik meskipun tidak ada dia di sisimu. Pikiran yang positif akan melahirkan hal yang positif pula.

Jika kamu percaya dan yakin pada kemampuan dirimu sendiri, maka apa yang kamu percaya dan kamu yakini pasti akan menjadi kenyataan suatu saat nanti.

Baca Juga : 5 Tips Mengurangi Trauma Karena Gagal Menjalin Hubungan

Nah itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan saat kamu putus cinta. Jangan terlalu terpuruk dengan situasi yang buruk.

Kamu harus mulai menata kehidupan kembali dan mencoba membuka hati untuk besok baru yang mungkin akan membuatmu lebih bahagia dari sebelumnya.

Percayalah bahwa saat kamu dijauhkan dari seseorang, artinya dia bukan orang yang tepat untuk kamu perjuangkan. Yakinlah bahwa waktunya sudah tepat, kamu akan dipertemukan dengan sosok yang tepat, sosok yang memang sejak awal ditakdirkan Tuhan untuk menjadi pendamping hidupmu.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.