in

Bantu Pasangan Atasi Duka Kehilangan dengan 7 Cara Ini

Bantu Pasangan Atasi Duka

Di dunia ini ada banyak situasi dan kondisi yang terkadang tidak kita harapkan untuk terjadi. Namun sebagai manusia biasa, tentu saja kita tidak bisa memaksakan kehendak kita pada kenyataan yang sudah Tuhan tetapkan. Salah satunya adalah saat kehilangan orang yang disayangi.

Kehilangan sosok orang tersayang tentu akan menjadi duka yang mendalam bagi orang yang mengalaminya. Meski tidak mengalaminya secara langsung, kamu pun pasti akan ikut merasakan duka itu ketika orang yang kamu sayangi mengalami kejadian serupa.

Sebagai pasangan, sudah seharusnya kamu melakukan suatu hal untuk membantu orang yang kamu sayangi pulih dari dukanya karena kehilangan orang tersayang. Biasanya, duka itu akan lebih mudah sembuh jika mendapat perlakuan yang tepat dari orang yang juga berarti untuknya, termasuk kamu sebagai pasangannya.

Jika kamu masih kebingungan untuk mencari cara yang tepat untuk bisa menghibur pasanganmu dan mencoba membantunya pulih dari dukanya, coba lakukan 7 cara ini. Mungkin cara ini bisa membantumu untuk setidaknya mengurangi duka yang dirasakan oleh pasanganmu.

1. Pastikan Kamu Selalu Ada Saat Dia Membutuhkanmu

Dukungan dari pasangan pasti akan sangat membantu untuk mengurangi duka yang dia rasakan. Usahakan kamu selalu siap saat dia membutuhkanmu untuk ada di sisinya, entah hanya untuk menemaninya atau untuk mendengarkan ceritanya.

Hatinya yang masih dalam keadaan remuk, butuh penguat dari orang-orang yang dia sayangi. Sebagai salah satu orang yang penting dalam kehidupannya, kamu punya porsi itu. Kamu bisa menjadi salah satu penguat untuknya dalam menghadapi duka yang sedang dia rasakan.

2. Ajaklah Dia ke Tempat yang Lebih Tenang Agar Kesedihannya Pun Bisa Mereda

Mungkin saja dia butuh suasana yang baru untuk bisa melepas kesedihannya. Jika memungkinkan kamu bisa mencoba mengajaknya pergi ke tempat dengan suasana baru dan lebih tenang. Dengan begitu, dia juga bisa mencoba untuk menenangkan diri di sana.

Jika pasanganmu memiliki tempat favorit ketika dia sedang bersedih, tempat itu juga bisa kamu jadikan pilihan. Kamu bisa mengajaknya ke sana untuk menenangkan diri. Mungkin saja dengan berada di tempat itu, kesedihannya akan sedikit demi sedikit mereda.

Membawanya ke tempat yang lebih tenang juga dapat membuatnya lebih mudah mengungkapkan isi hatinya loh. Mungkin selama ini ada yang dia ingin sampaikan. Tetapi karena situasi dan kondisi yang kurang tepat akhirnya dia memutuskan untuk menyimpannya seorang diri.

3. Berikan Dia Pelukan Hangat untuk Menenangkan Hati dan Pikirannya

Percayalah, pelukan dari orang yang disayangi adalah salah satu obat penghilang rasa sakit dalam hati seseorang. Tak perlu banyak kata-kata untuk dia dengarkan dari mulutmu, mungkin saja pelukan justru menjadi satu hal yang sangat dia butuhkan di masa-masa terpuruknya.

Ada rasa nyaman, tenang, dan aman saat berada dalam pelukan seseorang yang disayangi. Hal itu juga yang akan dirasakan oleh pasanganmu saat mendapatkan pelukan hangat darimu.

Pelukanmu sudah cukup untuk membuatnya sadar bahwa dia tidak sedang sendirian. Ada kamu yang siap menemaninya untuk melewati masa-masa terburuk dalam hidupnya.

4. Jadilah Pendengar yang Baik Saat Dia Ingin Meluapkan Apa yang Dia Rasakan

Saat seseorang berada dalam kondisi hati yang tak baik, salah satu yang dia inginkan adalah didengar. Untuk itu, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuknya.

Ketahuilah bahwa duka yang saat ini dia alami bukanlah duka kecil yang mudah disembuhkan dengan kata-kata yang menghibur. Ada hal yang juga ingin dia ungkapkan. Dan saat dia mengungkapkan segalanya, dia sangat ingin didengarkan oleh seseorang yang menurutnya dapat dia percayai secara penuh.

Tidak hanya saat berada dalam masa yang membahagiakan, sebagai pasangan kamu juga harus siap menjadi pendengar yang baik ketika dia berada dalam masa tersulit di hidupnya. Kamu harus bisa menjadi penerang dalam gelapnya duka yang dia rasakan.

5. Tunjukkan Perhatianmu yang Tulus dengan Melakukan Kontak Mata Saat Dia Berbicara

Saat dia mengungkapkan isi hatinya, berikan perhatianmu secara penuh kepadanya. Tatap matanya dalam-dalam. Ikutilah ritme yang dia ciptakan untuk membuatmu mengerti apa yang dia rasakan.

Tatapan matamu yang tulus untuknya akan membuatnya mengerti bahwa saat itu kamu benar-benar ada bersamanya. Kamu benar-benar ada untuk mendengarkan semua keluh kesahnya. Kamu benar-benar ada untuk menemaninya melangkah setelah duka yang menghantam hati dan perasaannya.

6. Jangan Pernah Memotong Pembicaraannya, Biarkan Dia Selesaikan Semua yang Ingin Dia Sampaikan

Ada kalanya kamu memiliki pendapat yang berbeda dengan apa yang dia ungkapkan saat dia mengungkapkan isi hatinya kepadamu. Tapi ingatlah baik-baik, jangan pernah memotong pembicaraannya.

Berikan dia waktu yang cukup untuk mengeluarkan isi hatinya. Dengan begitu dia bisa lega dan itu cukup membantunya untuk mengurangi beban mental yang dia tanggung saat ini.

Cobalah untuk memahami apa yang dia ungkapkan dengan melihat dari sisi dimana dia berada. Jangan hanya melihatnya dari kacamatamu sendiri yang tidak ikut merasakan secara langsung apa yang dia rasakan.

7. Berikan Respon Positif dan Motivasi Agar Dia Bisa Menjalani Hari-hari ke Depannya dengan Lebih Kuat

Yang terakhir, perbanyak memberikan respon positif dan motivasi untuknya. Yakinkan dia bahwa semua akan tetap baik-baik saja. Seberat apapun kondisi yang dia alami saat ini, dia akan mampu melewatinya dengan baik esok hari.

Berikan keyakinan padanya bahwa orang yang dia sayangi sudah lebih bahagia di tempat yang paling indah saat ini. Tidak ada lagi kesakitan duniawi yang harus dirasakannya lagi.

Buatlah pasanganmu kembali bersemangat untuk menjalani hari-harinya lagi. Kehidupannya tidak akan berhenti begitu saja dengan hilangnya orang yang sangat dia sayangi. Buatlah dia mengerti bahwa dia harus bisa melanjutkan hidupnya dengan baik.

Baca Juga :

Menjadi kuat setelah duka besar yang tiba-tiba datang dalam kehidupan seseorang bukanlah hal yang mudah. Pahamilah hal itu dan berikan pengertianmu juga pada kondisi mental pasanganmu yang mungkin sedang down.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan senyumnya yang mungkin saat ini masih hilang entah kemana. 7 cara di atas adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantunya bangkit dari keterpurukan. Selanjutnya, berilah dia waktu untuk memulihkan kondisi hati dan jiwanya secara perlahan.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.