in , ,

Usir Rasa Bosan, Ini 8 Tips Bekerja dengan Hati yang Gembira

Bekerja Dengan Hati Gembira

Ada yang mengungkapkan bahwa kamu akan merasa bahagia jika dikelilingi oleh orang-orang yang juga sedang berbahagia. Tapi tentu saja pendapat tersebut bersifat subjektif. Kebahagiaan setiap orang tentu bersumber dari hal yang bermacam-macam.

Menemukan kebahagiaan atau kegembiraan di tempat kerja sebenarnya bukanlah hal yang mustahil kok. Ada banyak faktor yang dapat membuatmu bisa gembira saat sedang bekerja. Berikut ini adalah 8 tips bekerja dengan gembira yang wajib kamu coba terapkan.

1. Jaga Asupan Makanan dan Minuman

“The groundwork for all happiness is good health.” – Leigh Hunt

Bagaimana bisa kamu bahagia saat bekerja jika tubuhmu dalam keadaan tak baik-baik saja.  Untuk bisa bekerja dengan maksimal, kamu harus menjaga kesehatanmu sendiri. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Kamu butuh energi untuk bisa bekerja dengan baik. Jika tubuhmu mendapatkan asupan makanan dan minuman yang cukup, kamu pun bisa melakukan pekerjaanmu dengan lebih maksimal dan dengan hati yang bahagia tentunya.

2. Lakukan Daily Workout

“Our growing softness, our increasing lack of physical fitness, is a menace to our security.” – John F. Kennedy

Berolahraga setiap hari akan membuat tubuhmu tetap bugar dan lebih siap untuk melakukan rutinitasmu di tempat kerja. Tidak harus dalam waktu yang lama kok, kamu hanya perlu rutin melakukannya. Misalnya, kamu bisa melakukan daily workout 15 menit setiap hari.

Kamu bisa mengisi daily workout-mu dengan berbagai jenis olahraga. Kamu bisa jogging, bersepeda, berenang, atau melakukan olahraga lainnya yang kamu sukai. Dengan melakukan olahraga yang kamu sukai, tentu kamu akan terhindar dari rasa malas untuk berolahraga.

Dengan berolahraga secara rutin, tubuhmu tentu akan lebih berenergi. Olahraga juga bisa meningkatkan mood yang positif loh. So, kamu jadi lebih semangat deh dalam bekerja.

3. Jangan Campurkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan

“If something stands between you and your success, move it. Never be denied.” – Dwayne Johnson

Jadilah seorang yang professional. Jangan campurkan masalah pribadimu ke dalam masalah pekerjaan. Dengan begitu kamu tidak akan terbebani dengan masalah pribadi saat bekerja dan akan lebih merasa nyaman dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Baca Juga : Seimbangkan Kehidupan Pribadimu dengan Pekerjaan, Ini Caranya

4. Berikan Apresiasi pada Pencapaian Diri Sendiri

“You must expect great things of yourself before you can do them.” – Michael Jordan

Stres dalam bekerja merupakan salah satu penyebab kamu tak bisa bahagia dalam menjalani pekerjaanmu loh. Selain itu, stress juga akan membuatmu lupa tentang nilai dirimu sendiri.

Jangan terlalu memikirkan prestasimu yang menurun atau hal buruk lainnya. Coba beri apresiasi pada sekecil apapun usaha yang sudah kamu lakukan. Mungkin dengan begitu semangatmu akan terpacu dan kinerjamu pun akan semakin meningkat.

Yang bisa membahagiakan dirimu adalah kamu sendiri. Jadi sebisa mungkin hargai setiap usaha yang sudah kamu lakukan. Ini menjadi tips bekerja dengan gembira yang wajib kamu coba.

5. Luangkan Waktu untuk Take a Breather

“No matter how many mistakes you make or how slow you progress, you are still way ahead of everyone who isn’t trying.” – Tony Robbins

Jangan paksakan dirimu untuk terus bekerja tanpa kenal waktu. Tubuhmu perlu jeda untuk beristirahat dan kembali mengisi energi untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. So, berikan waktu untuk dirimu take a breather.

Buat tubuhmu dalam situasi yang relax, kemudian tarik napas secara perlahan dan hembuskan secara perlahan juga. Meski terlihat sepele, cara ini cukup ampuh untuk membuatmu lebih bahagia saat sedang bekerja.

Tentang bekerja berlebihan, kamu bisa pelajari tentang Burnout Syndrome, 8 Cara Mengatasinya Agar Tetap Produktif

6. Fokus pada Hal-hal Positif

“Don’t give up on your dreams, or your dreams wil give up on you.” – John Wooden

Dilansir dari positivepsychology.com, terdapat sebuah studi yang dilakukan di Harvard Medical School dan Bender Institute of Neuroimaging di Jerman. Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang berlatih mindfulness dan melakukan meditasi sebelum atau sesudah jam kerja merasa lebih terhubung dan memiliki faktor emosional yang stabil di tempat kerja (Holzel et al., 2011).

Kamu juga bisa melakukan meditasi dan berusaha untuk lebih memfokuskan pikiranmu pada hal-hal positif di lingkungan kerja. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman dan merasa bahagia ketika melakukan pekerjaanmu.

7. Hindari Bergosip di Tempat Kerja

“Once you learn to quit, it becomes a habit.” – Vince Lombardi Jr

Budaya menggosip memang bisa kamu temukan di berbagai tempat, tak terkecuali di tempat kerja sekali pun. Namun, ada baiknya kamu hindari kebiasaan itu, ya. Jangan ikut-ikutan bergosip bersama rekan kerjamu di tempat kerja.

Kebiasaan menggosip hanya akan membuang waktumu untuk hal yang tak penting. Bahkan bisa saja gosip yang kamu dengar justru bisa mengganggu kinerjamu karena kamu cenderung berpikir negatif di lingkungan kerjamu. So, jangan sia-siakan waktu berhargamu untuk menggunjingkan hal yang belum pasti kebenarannya, ya.

8. Atur Pekerjaan dengan Baik

“Most people fail, not because of lack of desire, but, because of lack of commitment.” – Vince Lombardi

Coba buat jadwal untuk pekerjaan yang harus kamu lakukan. Atur dengan baik pekerjaan mana yang harus kamu lakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa kamu kesampingkan untuk sementara waktu.

Cara ini akan membuat waktu kerjamu lebih optimal. Kamu bisa langsung mengerjakan pekerjaan lain ketika satu pekerjaan sudah kamu selesaikan. Intinya ada pada komitmenmu dalam menjalankannya. Jangan biarkan dirimu menganggur di jam kerja, ya.

Itulah 8 tips bekerja dengan gembira versi golife.id. Jangan selalu berpikiran negatif terhadap pekerjaanmu, ya. Jika caramu benar, pekerjaanmu pasti akan terasa menyenangkan.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer