in , , , , ,

11 Cara Bekerja Dengan Ikhlas Tanpa Merasa Terbebani

Apakah kamu pernah merasa terbebani atas pekerjaan pekerjaan kamu? Beberapa orang yang pernah bekerja pernah merasa terbebani oleh pekerjaannya dan stress. Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa pekerjaan justru dapat menjadi beban hidup kamu.

Seseorang membutuhkan pekerjaan karena ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari atau untuk mempersiapkan masa depan. Oleh sebab itu terkadang seseorang akan menerima semua pekerjaan meskipun pekerjaan tersebut tidak dia sukai.

Selain itu orang juga akan bekerja terus menerus dan beberapa orang terjebak sebuah rutinitas, yaitu mengerjakan hal yang sama setiap harinya. Tentunya lama-kelamaan akan merasa terbebani.

Hasil pekerjaan yang tidak sesuai harapan juga dapat menyebabkan kamu merasa terbebani oleh pekerjaan kamu. Kamu terus dibayang-banyangi oleh target yang sulit kamu dapatkan.

Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka tidak baik bagi kesehatan metal kamu dan lama kelamaan akan berdampak pada kesehatan fisik kamu. Sebaiknya kamu menyimak cara berikut ini supaya pekerjaan kamu tidak menjadi beban bagi kamu dan menjalaninnya dengan ikhlas.

1. Tidak Lupa Untuk Bersyukur

Tidak Lupa Bersyukur
Tidak Lupa Bersyukur

Faktor utama yang berasal dari diri kamu yang menyebabkan kamu terbebani oleh pekerjaan kamu adalah kamu kurang bersyukur. Mungkin kamu merasa bahwa kehidupan yang kamu jalani saat ini sangat jauh dari kata sempurna sehingga tidak ada yang dapat kamu syukuri.

Kamu terkadang merasa iri terhadap teman yang sudah mencapai posisi yang lebih tinggi dari kamu, memiliki pendapatan yang lebih banyak dan sudah bisa membeli berbagai benda yang saat ini belum bisa kamu beli.

Membandingkan diri dengan orang lain memang sering dilakukan. Akan tetapi kamu harus pandai menyikapinya. Kamu boleh membandingkan diri dengan orang lain namun hal tersebut tidak boleh membuat kamu merasa minder.

Kamu sebaiknya menjadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi kamu supaya kamu memperbaiki diri kamu dan menjadi orang yang lebih baik. Selain itu kamu harus bersyukur terhadap apa yang telah kamu miliki sekarang.

Ingatlah bagai maka perjuangan kamu ketika masih menjadi job seeker. Mungkin saat ini kamu merasa bahwa hidup kamu masih buruk namun percayalah bahwa di luar sana ada orang yang berharap bisa hidup seperti kamu.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat Yang Cukup
Istirahat Yang Cukup

Pekerjaan yang sedang kamu kerjakan cukup banyak sehingga kamu harus melakukan lembur. Kamu boleh lembur asalkan kamu memiliki istirahat yang cukup. Salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran adalah dengan cara tidur.

Tidur dapat membuat tubuh beristirahat sehingga tubuh dan pikiran kembali segar. Tubuh dan pikiran yang segar tentunya akan membuat kamu lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jangan sampai pekerjaan membuat kesehatan kamu terganggu. Jika kamu mudah lelah, mood mudah berubah dan sulit berkonsentrasi itu tandanya kamu kurang istirahat.

Tidur yang ideal adalah 7-8 jam. Seberapa pun banyak pekerjaan kamu kamu memerlukan istirahat. Jika kamu ingin tidur dengan tenang sebaiknya jangan membawa pekerjaan ke rumah.

3. Rutin Olahraga

Rutin Olahraga
Rutin Olahraga

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Jika kamu merasa terbebani oleh pekerjaan kamu, maka itu adalah salah satu tanda bahwa kamu sedang stress. Kamu bisa melakukan olahraga untuk menghilangkan stress.

Olahraga yang rutin dilakukan lebih baik daripada jarang melakukan olahraga namun sekali melakukan olahraga langsung menghabiskan banyak waktu.

Jika kamu tidak terbiasa olahraga yang tidak berat maka pertama-tama mencoba berolahraga dengan jalan kaki atau bersepeda dengan jarak yang pendek. Selain membuat tubuh sehat, olah raga dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

 4. Mengerjakan Pekerjaan yang Sulit Terlebih Dahulu lalu mengerjakan pekerjaan yang mudah

Memilah Pekerjaan Tersulit
Memilah Pekerjaan Tersulit

Beberapa orang mungkin akan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu, akan tetapi sebaiknya jangan. Kerjakanlah pekerjaan yang sulit terlebih dahulu lalu setelah selesai kamu lanjutkan dengan pekerjaan yang lebih mudah. Hal tersebut ada alasannya.

Jika kamu mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu dan berhasil menyelesaikannya dengan baik maka mood kamu akan menjadi baik. Sehingga di pekerjaan selanjutnya, kamu dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan mood yang baik.

Selain itu, jika kamu dapat mengerjakan pekerjaan yang sulit maka kemungkinan besar kamu dapat mengerjakan pekerjaan yang tingkat kesulitannya lebih rendah dengan waktu yang lebih singkat.

5. Mengambil Cuti lalu Liburan

Mengambil Cuti
Mengambil Cuti

Liburan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress akibat bekerja. Jika kamu masih memiliki kesempatan cuti maka ambil kesempatan itu dan segeralah merencanakan liburan.

Liburan dapat kamu gunakan sebagai hadiah untuk kamu atas kerja keras yang selama ini kamu lakukan.

Pergilah ke sebuah tempat dimana kamu dapat melupakan sejenak segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan kamu.

Jika cuti kamu tidak banyak maka kamu bisa memilih tempat rekreasi yang dekat. Saat berlibur carilah kegiatan yang dapat membuat mood kamu membaik.

6. Mengingat Tujuan dan Target

Pikirkan Target Yang Kamu Tuju
Pikirkan Target Yang Kamu Tuju

Ketika pekerjaan yang sedang kamu jalani menjadi beban yang cukup berat bagi kehidupan kamu maka sebaiknya kamu mengingat kembali tujuan kamu bekerja dan target-target apa saja yang yang harus kamu dapatkan.

Hal tersebut akan mengembalikan motivasi kamu dalam bekerja. Jika kamu mengingat kembali hal tersebut maka akan membuat kamu lebih giat lagi untuk bekerja.

7. Bekerja dengan Tim

Kerja Sama Tim
Kerja Sama Tim

Ketika bekerja setiap divisi atau departemen pasti memiliki anggota lebih dari satu orang. Dalam satu tim biasanya bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Jika kamu merasa terbebani cobalah melihat pekerjaan apa yang sedang kamu kerjakan. Apakah pekerjaan tersebut sebenarnya merupakan pekerjaan satu tim namun hanya kamu kerjakan sendiri atau tidak.

Jika pekerjaan tersebut seharusnya dikerjakan dengan kelompok maka sebaiknya bagi pekerjaan tersebut, percayalah kepada teman satu tim kamu bahwa mereka dapat menyelesaikan sebagian dari pekerjaan tersebut.

Jika kamu merasa terbebani cobalah meminta bantuan dengan teman kamu yang masih berada dalam satu divisi. Jangan pernah malu bertanya dan meminta bantuan, karena hal tersebut akan membuat kamu sengsara.

8. Jangan Menunda-Munda Pekerjaan

Jangan Menunda Pekerjaan
Jangan Menunda Pekerjaan

Salah satu faktor mengapa pekerjaan kamu banyak dan rasanya seperti tidak pernah bisa menyelesaikannya adalah karena kamu suka menunda-nunda untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Sebaiknya ketika kamu mendapat suatu pekerjaan kamu harus menyelesaikannya.

Jangan suka menunda-nunda untuk mengerjakan suatu pekerjaan karena ada banyak pekerjaan lain yang akan datang dan minta untuk segera diselesaikan.

Mulailah disiplin terhadap diri sendiri untuk menyelesaikan suatu pekerjaan jauh-jauh hari sebelum deadline. Jika kamu merasa lelah bekerja maka beristirahatlah sebentar lalu bekerja lagi, bukan berhenti untuk bekerja.

9. Membuat Prioritas Pekerjaan

Membuat Prioritas Pekerjaan
Membuat Prioritas Pekerjaan

Jika kamu sedang tidak dihadapkan oleh banyak pekerjaan maka kamu bisa langsung menyelesaikan pekerjaan tersebut ketika pekerjaan tersebut datang. Akan tetapi ketika kamu sedang dihadapkan oleh beberapa pekerjaan maka kamu harus membuat skala prioritas pekerjaan.

Dengan membuat skala prioritas, kamu bisa menentukan pekerjaan mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dan tidak akan terbebani oleh pekerjaan. Membuat skala prioritas sangat penting supaya kamu dapat mencapai target.

Dalam membuat skala prioritas ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu deadline pekerjaan, tingkat kesulitan dan nilai dari pekerjaan tersebut.

10. Mengingat Anggota Keluarga dan Orang yang Kamu Sayangi

Mengingat Anggota Keluarga
Mengingat Anggota Keluarga

Keluarga merupakan harta yang berharga bagi setiap orang. Jika kamu merasa lelah dan terbebani atas pekerjaan yang kamu jalani, cobalah ingat akan keluarga kamu atau orang yang kamu sayangi.

Bayangkan wajah mereka dalam setiap kondisi apapun. Ingatlah bahwa kamu tidak boleh bermalas-malasan demi mereka.

Beberapa anggota keluarga kamu menaruh harapan pada kamu bahkan beberapa menggantungkan hidupnya kepada kamu. Jadi nasib masa depan mereka dipengaruhi oleh kamu.

Mengingat keluarga dan orang-orang yang kamu sayangi akan dapat memberikan motivasi kepada kamu untuk terus giat bekerja dan membuat mood kamu lebih baik

11. Berdoa

Berdoa
Berdoa

Berdoa merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk tidak merasa terbebani atas pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Berdoa bisa membuat mood menjadi lebih baik karena kita dapat mencurahkan segala keluh kesah dan harapan kita.

Jika kamu berdoa dengan sungguh-sungguh maka hati kamu merasa tenang sehingga kamu dapat mengerjakan pekerjaan tanpa rasa gelisah.

Selain itu kamu juga dapat memohon kepada Tuhan supaya memudahkan kamu dalam menjalani segala aktivitas.

Akhir Kata

Ikhlas dalam bekerja sangat diperlukan agar tetap dapat menjaga produktivitas dirimu dalam pekerjaan. Bekerja tanpa beban membuatmu semakin bersemangat dan termotivasi untuk selalu meningkatkan diri dan menjalani pekerjaan dengan senang hati. Semoga bermanfaat.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi