Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

Berteman dengan mantan adalah alasan beberapa pasangan untuk tetap menjalin tali silahturahmi dan menunjukkan bukti kedewasaan.

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Berteman Dengan Mantan

Berteman dengan mantan, mungkin kah ?

Memulai sebuah hubungan mungkin tidak akan sesulit mengakhiri hubungan secara tuntas. Jika hanya sekadar mengakhiri hubungan saja mungkin semua orang bisa melakukannya, tapi tidak dengan mengakhiri kenangan yang sudah ada selama menjalin hubungan tersebut.

Inilah alasan kenapa akhirnya banyak orang yang sulit move on dari hubungannya yang sudah berakhir. Masalah yang ada tak sebanding dengan kenangan yang harus dilupakan.

Akhirnya, beberapa orang mencoba membohongi dirinya sendiri dengan tetap menjalin hubungan pertemanan dengan mantan.Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pertemanan, khususnya berteman dengan mantan.

Namun sebelum kamu melakukan hal tersebut, ada baiknya kamu memahami beberapa alasan yang mendukung bahwa tak seharusnya kamu berteman dengan mantanmu. Berikut ini adalah beberapa alasan yang harus terlebih dulu kamu pahami.

1. Tidak Menutup Kemungkinan Masih Ada Cinta di Hati Kedua Belah Pihak atau Salah Satu Pihak

Khawatir Masih Ada Cinta di Hati Kalian Berdua
Khawatir Masih Ada Cinta di Hati Kalian Berdua

Biasanya memang alasan satu pasangan memutuskan untuk berpisah adalah hilangnya rasa cinta yang dimiliki untuk satu sama lain. Tetapi kenyataannya ada banyak orang menjadikan itu sebagai alasan klasik yang menutupi alasannya yang sebenarnya.

Apa mungkin rasa cinta yang sudah dipupuk sejak lama bisa hilang dalam sekejap mata?

Meskipun salah satu pihak mengatakan sudah tidak ada cinta, tidak menutup kemungkinan pihak yang satu masih menyimpan rasa cinta bukan?

Dengan masih adanya rasa cinta yang tersisa tentu akan sulit bagimu menjalin hubungan pertemanan yang sehat dengan mantanmu.

Rasa cinta, meski hanya sedikit saja akan membawa dampak yang cukup besar dalam hubungan pertemananmu dengan sang mantan. Bukannya berakhir dengan bahagia, mungkin saja pertemananmu itu justru hanya akan berujung kesedihan.

Baca Juga : Cukup Aneh, Inilah 7 Tanda Bahwa Mantan Adalah Jodoh Kita

2. Kamu akan Lebih Sulit Move On dari Hubunganmu yang Sudah Kandas Dengannya

Kamu Akan Sulit Untuk Move On
Kamu Akan Sulit Untuk Move On

Apakah kamu memang sudah benar-benar ingin mengakhiri hubungan dengan mantanmu? Jika iya kenapa kamu harus berteman baik dengannya.

Pertemanan memang bukan hal yang salah, tapi pertemanan dengan mantan hanya akan membuatmu sulit untuk melupakan kenangan.

Yang akan terjadi justru kamu akan terjebak dalam masa lalumu bersamanya. Kamu tak bisa bebas dari bayangannya. Sebaliknya, berteman dengan mantan mungkin akan membuatmu kembali bergantung padanya.

Akan lebih sulit bagimu untuk benar-benar melupakan dan move on dari hubunganmu dengannya yang sudah kandas itu.

Baca Juga : Inilah Penyebab Kamu Gagal Move On Bertahun-tahun dari Mantan

3. Ada Kemungkinan Menyakiti Hati Pasangan yang Baru, Baik Pasanganmu Maupun Pasangannya

Cenderung Menyakiti Pasangan Masing-Masing
Cenderung Menyakiti Pasangan Masing-Masing

Apakah kamu yakin untuk tetap menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan mantanmu saat kamu sudah memiliki pasangan yang baru?

Apakah kamu juga tetap yakin untuk menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan mantanmu saat mantanmu itu sudah memiliki kekasih hatinya yang baru?

Kamu tidak bisa terlalu egois. Kamu juga harus menjaga perasaan pasanganmu maupun pasangan mantanmu yang baru.

Jika kamu menjalin hubungan perteman yang cukup dekat dengan mantanmu sudah pasti akan ada ketidaknyamanan bagi pasangan baru, entah itu pasanganmu maupun pasangan mantanmu.

Terkadang kamu juga perlu memperhatikan perasaan orang lain yang ada di sekitarmu. Jangan sampai niat baikmu untuk tetap berhubungan baik dengan mantan justru menyakiti beberapa pihak yang ada di sekitarmu maupun di sekitar mantanmu.

Meski berulang kali kamu mengatakan bahwa hubunganmu dan mantanmu hanya sebatas teman, itu tetap bisa menyakiti beberapa orang sekitar.

Baca Juga : 5 Tanda Yang Jelas Bahwa Mantan Masih Ada Rasa Kepadamu

4. Kamu akan Lebih Mudah Baper

Kamu Akan Lebih Mudah Baper
Kamu Akan Lebih Mudah Baper

Baper yang dimaksud mungkin karena kamu sebenarnya masih menyimpan rasa pada mantanmu itu. Ya, memang harus diakui sih bahwa berakhirnya hubungan belum tentu juga menjadi tanda berakhirnya perasaan.

Kamu yang mengaku sudah tidak menjalin hubungan dengan mantanmu bisa jadi masih menyimpan perasaan untuknya.

Terlepas dari masih punya rasa atau tidak, sebenarnya berteman baik dengan mantan hanya akan membuatmu mudah baper.

Contohnya saja saat dia memberi ucapan selamat ulang tahun padamu, bisa saja kamu akan mengingat perayaan ulang tahunmu sebelumnya saat masih berstatus sebagai pasangannya.

Hal kecil lain yang bisa dengan mudah membuatmu baper adalah pesan yang dikirim oleh mantanmu.

Entah dia hanya berniat menyapa atau ada tujuan lainnya, pesan yang dia kirim secara otomatis pasti akan membuatmu berpikir bahwa dia masih memperhatikanmu, meski statusnya kini kamu dan dia hanya sebatas teman saja.

Baca Juga : 7 Cara Halus untuk Dapatkan Kembali Hati Sang Mantan

5. Kamu akan Merasa Bimbang dengan Perasaanmu yang Sesungguhnya

Kamu Akan Merasa Bimbang Dengan Perasaanmu
Kamu Akan Merasa Bimbang Dengan Perasaanmu

Setelah kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan, semestinya kamu sudah memahami dengan jelas bagaimana perasaanmu pada mantanmu itu. Jangan sampai kamu mengakhiri hubunganmu karena alasan yang tidak jelas.

Biasanya tidak jelasnya alasan saat mengakhiri hubungan akan membuatmu semakin bimbang setelahnya. Mungkin kamu akan mudah bimbang dengan keputusan yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu mulai ragu apa benar rasamu pada mantanmu itu sudah tidak tersisa sedikit pun.

Nah, jika dengan keadaan tersebut kamu tetap memaksakan diri untuk berteman baik dengan mantanmu, rasa bimbangmu itu akan semakin besar.

Kamu mungkin akan galau lagi dalam menentukan perasaanmu. Mungkin ada kalanya kamu merasa kamu ingin terus bersamanya, di sisi lain kamu juga punya alasan tersendiri untuk putus darinya.

Baca Juga : 10 Tanda Bahwa Mantan Akan Kembali Kepadamu

Itulah beberapa alasan kenapa berteman dengan mantan adalah ide yang cukup buruk untuk kamu lakukan. Tak hanya bisa menyakiti perasaanmu sendiri, hal itu juga bisa menyebabkan pihak lain merasa tak nyaman bahkan bisa sampai pada level sakit hati.

Jika kamu memang ingin menjaga silaturrahmi dengan mantanmu, kamu tetap bisa bertegur sapa saat bertemu, tapi jangan menjalin hubungan pertemanan yang terlalu dekat dengannya.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile