in , ,

10 Cara Mudah Berteman dengan Rekan Kerja di Tempat Baru

Berteman Ditempat Kerja Baru

Salah satu hal yang muncul dipikirkan kamu ketika kamu mendapat kabar bahwa kamu diterima bekerja adalah cara mudah berteman dengan rekan kerja di tempat kerja yang baru. Kamu harus pandai menyesuaikan diri supaya lebih akrab dengan rekan kerja. Jika kamu akrab dengan rekan kerja, maka suasana di lingkungan kerja akan lebih menyenangkan.

Jika kamu masih canggung untuk berteman dengan rekan kerja di tempat kerja yang baru, mungkin beberapa tips ini dapat membantu dirimu.

1. Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan Diri
Memperkenalkan Diri

Salah satu cara mudah berteman dengan rekan kerja di tempat kerja yang baru adalah memperkenalkan diri. Biasanya pada perusahaan atasan kamu atau bagian HRD akan memperkenalkan kamu ke beberapa rekan kerja.

Meskipun ada juga yang kamu hanya akan di antar oleh HRD ke ruang kerja karena kebetulan atasan kamu sedang sibuk. Kesempatan tersebut haruslah kamu gunakan dengan baik. Perkenalkan diri kamu dengan  singkat namun jelas.

Memperkenalkan diri bisa dimulai dengan memperkenalkan nama, daerah asal, tempat tinggal, dan menempati posisi sebagai apa. Sebelum memperkenalkan diri jangan lupa mengucapkan salam dan setelah memperkenalkan diri jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Setelah memperkenalkan diri, kamu juga bisa menambah pembicaraan mengenai suasana kerja, pekerjaan mereka dan menu makan yang enak untuk dimakan saat makan siang atau tempat makan yang enak.

2. Menghafalkan Nama Rekan Kerja di Tempat Kerja yang Baru

Mengingat Nama Rekan Kerja
Mengingat Nama Rekan Kerja

Setelah kamu memperkenalkan diri, ada baiknya kamu memohon rekan kerja kamu yang lain untuk memperkenalkan dirinya. Perkenalan dapat dilakukan secara singkat seperti hanya menyebutkan nama dan jabatan saja.

Pada saat itu, kamu bisa mencatat nama-nama mereka dan beserta jabatannya. Jika kamu bisa menghafal nama-nama rekan kerja di tempat kerja yang baru, maka akan menjadi nilai tambahan tersendiri. Kamu akan dianggap sebagai rekan kerja yang menghargai orang lain.

Selain mereka akan merasa dihargai, jika kamu mampu menghafalnya saat  kamu membutuhkan pertolongan pada pekerjaan tertentu, kamu bisa meminta pertolongan yang tepat kepada orang yang tepat.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu memaksakan diri menghafalkan nama rekan-rekan kerja kamu dalam satu hari. Kamu bisa melakukannya dalam beberapa hari. Untuk mempermudah dalam menghafal nama. kamu bisa melakukan interaksi dengan mereka sesering mungkin. Dengan begitu, lama kelamaan kamu akan hafal sendiri.

3. Ikut Makan Siang Bersama

Makan Siang Bersama Karyawan Lain
Makan Siang Bersama Karyawan Lain

Saat bekerja semua orang memang harus fokus terhadap pekerjaan masing-masing. Jika kamu terlalu sering mengajak ngobrol rekan kerja terutama dengan topik yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan maka itu akan mengganggu mereka.

Ikut makan siang bersama merupakan cara yang tepat supaya mudah berteman. Jika kamu ingin lebih dalam mengenal rekan kerja di tempat kerja yang baru, kamu bisa melakukannya dengan cara ikut makan siang bersama mereka.

Jangan pernah sungkan untuk mengajukan diri ikut makan siang dan nimbrung. Jam makan siang merupakan saat yang tepat karena kamu bisa berbicara dengan bahasa dan topik yang santai.

Kamu bisa menanyakan topik mengenai kebiasaan-kebiasaan di kantor, lalu jika weekend atau hari libur kegiatan apa saja yang mereka lakukan. Kamu juga bisa meminta kontak pribadi atau media sosial mereka.

4. Ngopi Bersama Dapat Membuat Kamu Mudah Berteman

Ngopi Bersama
Ngopi Bersama

Selain makan bersama, kamu bisa mengakrabkan diri dengan mereka dengan cara ngopi bersama. Ngopi bersama bisa kamu lakukan setelah jam kantor. Meskipun begitu, cara ini membutuhkan keberanian yang banyak dari diri kamu.

Sebelum ngopi bersama kamu harus mencari tahu apakah rekan kerja kamu tersebut suka minum kopi atau tidak.Lalu sikap rekan kerja kamu jutek atau tidak. Jangan sampai kamu mengajak rekan kerja untuk ngopi namun rekan kerja kamu tersebut tidak suka minum kopi.

Mengajak ngopi bersama dengan rekan kerja di  tempat kerja yang baru harus dilakukan dengan pendekatan yang hati-hati. Jika kamu terlalu akrab kamu akan dianggap sebagai seseorang yang sok akrab dan sok asyik.

5. Mudah Berteman dengan Cara Makan Malam Bersama

Makan Malam Bersama
Makan Malam Bersama

Jika kebetulan kamu adalah anak kos dan teman kamu juga anak kos lalu kalian tinggal di tempat yang tidak terlalu jauh maka kamu bisa mengajak dia makan malam bersama. Kamu bisa meminta saran tempat makan yang enak terlebih dahulu lalu mengajaknya makan malam bersama.

Saat makan malam bersama kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengenal rekan-rekan kerja di tempat kerja yang baru.

Selain itu, jika kebetulan kamu dan rekan-rekan kerja kamu kebetulan sedang ada lembur sehingga pulang malam, kamu bisa mengajaknya makan malam bersama setelah kerja. Suasana yang santai saat makan malam, akan mendorong terbukanya percakapan sayang santai sehingga kalian akan lebih akrab.

7. Memajang Sesuatu di Meja Kantor Kamu

Memajang Sesuatu Di Meja Kerja
Memajang Sesuatu Di Meja Kerja

Salah satu cara mudah bergaul degan rekan kerja di tempat kerja yang baru yaitu memajang sesuatu di meja kantor kamu. Kamu bisa memajang foto-foto kamu ketika berada di suatu tempat, foto bersama keluarga atau foto bersama teman. Selain itu, kamu juga bisa memajang benda-benda lain yang mungkin merupakan hobi kamu misalnya seperti miniatur, boneka dan sebagainya.

Memasang benda di meja kantor dapat menjadi sarana untuk terbukanya suatu topik pembicaraan jika rekan kerja kamu melihatnya. Misalnya, jika kamu memasang foto di suatu tempat mungkin rekan kerja kamu akan penasaran dimana kamu mengambil foto tersebut dan bagaimana pendapat kamu mengenai tempat tersebut.

Jika kamu memasang sebuah miniatur atau boneka yang merupakan hobi kamu maka jika kebetulan kamu dan rekan kerja kamu memiliki hobi yang sama maka dapat membuat kalian lebih akrab.

7. Mengikuti Kegiatan Kantor

Mengikuti Kegiatan Kantor
Mengikuti Kegiatan Kantor

Selain bekerja beberapa perusahaan memiliki kegiatan lain. Misalnya kegiatan perayaan hari raya keagamaan atau hari lahir perusahaan. Kamu wajib mengikuti kegiatan tersebut supaya lebih akrab dengan mereka. Selain itu, kegiatan-kegiatan di luar pekerjaan dapat menjadi sarana bagi kamu untuk refreshing.

Selain memiliki kegiatan merayakan hari-hari tertentu, suatu perusahaan bisanya memiliki komunitas atau kelompok seperti kelompok futsal, bulu tangkis, musik dan sebagainya. Pilihlah kelompok atau komunitas yang sesuai dengan bakat kamu dan hal-hal yang kamu suka.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan teman yang baru dan menjadi akrab dengan rekan kerja kamu di tempat kerja yang baru. Selain menjadi lebih akrab, kamu juga mengembangkan bakat yang kamu miliki.

8. Membawa Makanan

Membawa Bekal Makanan
Membawa Bekal Makanan

Membawa makanan merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat kamu cepat akrab dengan teman kerja di kantor yang baru. Dengan membawa makanan, akan muncul topik pembicaraan yang baru antara kamu dan rekan kerja kamu.

Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat kamu dianggap sebagai orang yang menghargai orang lain dan dermawan.

Ketika kamu menawarkan suatu makanan maka teman akan bertanya makanan tersebut kamu beli atau buat. Jika kamu beli, kamu membeli dimana dan harganya berapa. Jika membuat sendiri teman kerja mungkin akan bertanya mengenai bagaimana cara membuatnya.

Akan tetapi jika kamu menggunakan cara ini, kamu harus ingat jangan sampai makan saat jam kerja ya!

9. Bergabung di Grup Chat

Bergabung Dengan Grup Chat
Bergabung Dengan Grup Chat

Jika kamu sudah masuk menjadi karyawan baru di suatu perusahaan sangat penting untuk bergabung dengan grup chat. Mintalah salah satu rekan kerja kamu untuk memasukkan kamu ke grup chat.

Di dalam grup chat kamu bisa mengetahui mengenai informasi-informasi yang terkait dengan pekerjaan sehingga kamu tidak akan ketinggalan informasi.

Selain itu bisa membicarakan hal-hal selain pekerjaan. Kamu bisa berbicara mengenai hobi,fashion, film, makanan dan sebagainya.  Dengan begitu, kamu akan mudah akrab dengan teman kerja kamu di tempat kerja yang baru.

10. Menyapa Teman Kerja supaya Cepat Akrab

Menyapa Teman Kerja
Menyapa Teman Kerja

Menyapa mungkin sering dianggap sebagai hal yang tidak penting. Akan tetapi menyapa sangatlah penting dalam menjalin suatu komunikasi. Jika kamu ingin mudah berteman dengan teman kerja di perusahaan yang baru, kamu bisa membiasakan diri untuk menyapa. Jika kebetulan kamu bertemu rekan kerja kamu di luar lingkungan perusahaan kamu bisa menyapanya.

Menyapa rekan kerja di lingkungan kerja dapat dilakukan dengan cara mengucapkan selamat pagi ketika kamu sampai di kantor. Kamu juga bisa mengucapkan hati-hati dijalan kepada rekan-rekan kerja ketika akan pulang. Tersenyumlah dan anggukan kepala ketika memberi salam.

Baca Juga :

Itulah 10 cara yang dapat kamu lakukan supaya mudah berteman dengan teman kerja di tempat kerja yang baru. Melakukan hal-hal tersebut memang membutuhkan keberanian, namun tidak ada salahnya kamu mencoba terlebih dahulu.

Written by Elsa Cordana

Suka bermimpi dan berusaha menggapai mimpi