Bosan dalam Hubungan Itu Hal yang Biasa, Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

Pada kenyataannya hubungan cinta tak selalu dipenuhi dengan perasaan bahagia. Terkadang ada

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Cara Mengatasi Bosan Dalam Hubungan

Pada kenyataannya hubungan cinta tak selalu dipenuhi dengan perasaan bahagia. Terkadang ada pula rasa bosan atau kecewa yang terselip di dalamnya. Ekspektasi yang terlalu tinggi di awal tidak terbayar dengan apa yang di alami dalam proses perjalanannya.

Kamu yang sedang atau pernah menjalin hubungan pasti sudah paham akan asam manis dan pahit di dalamnya. Kandasnya hubungan sebagai bukti bahwa tak semua orang mampu mengatasi masalah yang ada dalam sebuah hubungan, salah satunya tentang perihal rasa bosan.

Jika kamu memang ingin hubungan yang kamu jalani dengan pasanganmu tetap awet sampai maut memisahkan, maka kamu harus memasang kuda-kuda yang lebih kuat untuk menghalau semua masalah yang ada dalam hubungan kalian.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa bosan dalam sebuah hubungan.

1. Kenali Hal yang Menjadi Penyebab Rasa Bosan Itu Muncul

Penyebab Rasa Bosan Saat Pacaran
Penyebab Rasa Bosan Saat Pacaran

Coba kamu renungkan kembali. Sebenarnya hal apa yang membuatmu merasa bosan dalam menjalani hubunganmu saat ini. Tidak mungkin rasa bosan itu datang tanpa alasan yang jelas.

Jangan-jangan rasa bosan yang kamu rasakan bersumber dari dirimu sendiri, tapi kamu mencoba untuk menyalahkan pasanganmu atas hal tersebut. Sebelum kamu salah bertindak, akan lebih baik jika kamu mencari tahu secara pasti penyebab rasa bosan yang kamu alami.

Baca Juga: Waspada, Inilah Pertanda Pasangan Mulai Merasa Bosan Menjalani Hubungan

2. Atur Kembali Jadwal untuk Meluangkan Waktu Bersama

Atur Waktu Bersama
Atur Waktu Bersama

Selama ini mungkin kamu terlalu sibuk dengan urusanmu sendiri. Kamu seringkali lupa meluagkan waktumu untuk bisa bersama dengan pasanganmu.

Rasa bosan yang kamu rasakan saat ini mungkin muncul dari kesibukanmu yang tanpa jeda. Rasa lelah dan bosan atas kegiatan atau pekerjaan yang kamu lakukan membawa dampak yang cukup besar dalam hubunganmu dengan pasangan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba atur ulang jadwalmu kembali. Pandai-pandailah dalam mengatur waktu. Kamu dan pasanganmu juga butuh waktu yang cukup untuk dihabiskan bersama. Jangan hanya mementingkan urusanmu saja.

3. Coba Susun Rencana untuk Berpetualang Berdua

Berpetualang Bersama
Berpetualang Bersama

Rasa bosan bisa saja muncul karena aktivitas yang selalu sama setiap harinya. Mungkin kamu dan pasanganmu memang membutuhkan nuansa yang baru dalam menjalani hubungan.

Jika memang selama ini kamu dan pasanganmu tak pernah menghabiskan waktu bersama dengan melakukan perjalanan, kamu bisa mulai untuk mencobanya.

Susunlah rencana untuk melakukan perjalanan bersama. Tidak harus pergi tempat yang terlalu jauh. Mungkin kamu bisa pergi ke beberapa tempat yang dekat terlebih dahulu.

Kamu bisa menjadwalkan kegiatan ini misalnya dalam satu bulan sekali atau jika tempat yang ingin kamu tuju cukup jauh, kamu bisa melakukannya satu kali dalam satu tahun.

4. Saat Sedang Berdua, Sesekali Cobalah untuk Fokus pada Pasangan dan Melupakan Hal di Luar Hubungan

Saat Berdua Fokuslah Terhadap Pasangan
Saat Berdua Fokuslah Terhadap Pasangan

Mungkin selama ini kamu sering sibuk dengan duniamu sendiri meski sedang bersama dengan pasanganmu. Misalnya, saat sedang bersama dengan pasanganmu, kamu masih saja sibuk dengan ponselmu. Padahal dalam sebuah hubungan diperlukan komunikasi yang baik.

Jadi, sesekali fokuslah pada pasanganmu seorang. Habiskan waktu kalian dengan membahas segala hal tentang hubungan kalian saat ini dan ke depannya. Hargai setiap waktu yang menjadi momen kebersamaanmu dengan pasanganmu.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ternyata Inilah Penyebab Hubungan Terasa Membosankan

5. Lakukan Hobi Masing-masing Bersama

Lakukan Hobi Masing-masing
Lakukan Hobi Masing-masing

Sudah pasti kamu dan pasanganmu memiliki hobi masing-masing bukan? Meski hobi yang kamu miliki tidak sama dengan hobi pasanganmu, tak ada alasan untuk tak bisa melakukan hobi tersebut bersama.

Cobalah atur jadwalmu dengan pasanganmu. Ada kalanya kamu menemaninya dalam melakukan apa yang menjadi hobinya dan ada kalanya pasanganmu yang menemanimu untuk melakukan hobi yang kamu miliki.

Jika kamu dan pasanganmu merasa bahagia dan nyaman dalam menjalin hubungan, tentu rasa bosan bisa ditepis dari hubungan kalian.

6. Coba untuk Flashback Lagi Kenangan Indah yang Membuat Kamu dan Pasanganmu Tersenyum Bahagia

Cobalah Flashback Kenangan Indah
Cobalah Flashback Kenangan Indah

Saat kamu merasa rasa bosan dalam menjalin hubungan datang menghampirimu, kamu bisa coba mengingat masa-masa indah yang pernah kamu lalui dengan pasanganmu di masa lalu.

Pikirkan kembali apa kamu akan mengakhiri semuanya hanya karena rasa bosan yang tengah kamu rasakan? Atau justru kamu bisa menjadikan rasa bosan itu sebagai pelajaran dalam menjalin hubungan yang lebih baik ke depannya.

Jangan dengan mudah putus asa dengan hubungan yang dihantui rasa bosan. Ingat lagi hal apa yang sudah membuat kamu dan pasanganmu tertawa bahagia di masa dulu. Jangan sampai kamu menyesal saat kamu melangkah untuk menjauh dari pasanganmu atas dasar rasa bosan yang sebenarnya masih bisa kamu hilangkan.

7. Perbaiki Komunikasi dalam Hubungan

Memperbaiki Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan
Memperbaiki Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan

Inti dalam keutuhan hubungan adalah komunikasi. Saat komunikasimu dengan pasanganmu tak baik, sudah pasti akan ada banyak masalah yang kamu dan pasanganmu harus hadapi. Salah satu masalahnya adalah rasa bosan itu sendiri.

Perbaikilah komunikasimu dengan pasanganmu. Ajaklah dia ngobrol bersama tentang hubungan yang kalian jalin bersama. Jika ada yang membuat tak nyaman maka ungkapkan dan carilah solusinya.

8. Introspeksi Diri Masing-masing dengan Jalan Break

Introspeksi Diri Masing-masing
Introspeksi Diri Masing-masing

Yang terakhir, jika memang cara sebelumnya tidak bisa mengatasi rasa bosanmu dalam menjalani hubungan, maka solusi terakhirnya adalah break sejenak. Kamu butuh waktu untuk introspeksi diri.

Dengan cara ini, kamu akan tahu, apakah kamu tetap ingin bersama dengannya atau kamu sudah benar-benar tak memiliki kecocokan dengannya.

Baca Juga : Terlihat Berbeda, Mungkin Ini yang Jadi Alasan Pasanganmu Berubah

Nah, itu dia beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menangani rasa bosan yang menghapiri hubunganmu dengan pasangan. Kunci utamanya jangan mudah menyerah dan putus asa dalam menjalani sebuah hubungan. Saat ada masalah datang, pasti juga ada solusi terbaik untuk mengatasinya.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Mulai terjun di bidang bahasa semenjak menjadi mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile