in

Wujudkan Hubungan yang Sehat, Ini 7 Cara Bersikap Dewasa di Depan Pasangan

Bersikap Dewasa Dihadapan Pasangan

Tidaklah mudah bagi seseorang untuk menjalin hubungan yang sehat sampai akhir dengan pasangannya. Mungkin hal ini juga menjadi masalah yang ada dalam hubunganmu saat ini.

Memulai hubungan nyatanya memang tidak sesulit mempertahankan hubungan. Kamu bisa dengan mudah memulai hubungan dengan orang yang kamu cintai, namun untuk mempertahankannya dan menjadikan hubungan tersebut bernilai positif tentu bukan hal yang mudah.

Banyak pasangan yang akhirnya harus merelakan hubungannya kandas di tengah jalan. Hubungan yang tak sehat seringkali menyakiti satu sama lain sehingga membuat hubungan tersebut tidak bisa terjalin lama.

Untuk mewujudkan hubungan yang sehat, kamu perlu menerapkan sikap dewasa dalam menjalin hubungan. Lantas apa sikap dewasa saja sih yang harus dilakukan untuk membuat hubunganmu menjadi hubungan yang sehat?.

Berikut ini 7 cara bersikap dewasa dalam menjalani hubungan. Sikap ini tentu akan membuat hubunganmu menjadi hubungan yang sehat ke depannya.

1. Tidak Menuntut Pasangan Menjadi Sosok yang Kamu Mau

Tidak Menuntut Pasangan Menjadi Yang Diinginkan
Tidak Menuntut Pasangan Menjadi Yang Diinginkan

Sama seperti prinsip hidup pada umumnya, sudah seharusnya kamu memperlakukan orang lain layaknya kamu ingin diperlakukan. Jika kamu tidak terlalu suka dengan tuntutan pasanganmu, maka kamu pun jangan terlalu menuntut pasanganmu untuk menjadi sosok yang kamu mau.

Berikan pasanganmu bebas untuk menjadi dirinya sendiri dan melakukan apa yang dia ingin lakukan selagi itu adalah hal yang baik dan tidak merugikan pihak manapun.

Kamu cukup menjadi pendampingnya untuk meraih masa depan yang lebih baik dari sekarang, bukan mengubahnya menjadi apa yang kamu inginkan.

2. Meminimalisir Sikap Egois dalam Menjalani Hubungan

Meminimalisir Sikap Egois
Meminimalisir Sikap Egois

Setiap orang pasti memiliki egonya masing-masing. Jika kamu memilih untuk mengedepankan egomu sendiri dalam menjalin hubungan, pastilah hubungan berakhir dengan tragis.

Sudah cukup banyak pasangan yang akhirnya memilih jalan perpisahan karena sikap ego salah satu pihak dalam menjalin hubungan. Tentu kamu tidak menginginkan hal yang sama terjadi pada hubunganmu, bukan?

Cobalah untuk meminimalisir sikap egomu sendiri. Perhatikan juga bagaimana perasaan pasanganmu. Cobalah untuk tidak mementingkan egomu sendiri dalam menjalin hubungan yang sejatinya adalah milik kalian berdua.

3. Memberi Kepercayaan pada Pasangan

Memberi Kepercayaan Terhadap Pasangan
Memberi Kepercayaan Terhadap Pasangan

Salah satu pondasi dalam hubungan adalah sikap saling percaya. Tanpa adanya sikap saling percaya, pasti akan muncul banyak kecurigaan yang bisa menjad pemantik pertengkaran dalam hubungan.

Boleh saja kamu menaruh keraguan pada pasanganmu, karena jika terlalu percaya pun bukanlah hal yang baik untuk hubunganmu. Ingatlah bahwa segala hal yang berlebihan tidak akan membuahkan hasil yang baik, begitu pula dalam menjalin sebuah hubungan.

4. Belajar Memahami Jalan Pikiran Pasangan

Belajar Memahami Pikiran Pasangan
Belajar Memahami Pikiran Pasangan

Wajar jika kamu masih belum bisa memahami pasanganmu secara penuh. Namun setidaknya kamu harus terus belajar untuk bisa memahami jalan pikirannya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menjalani hari-harimu dengan adanya dia di sisimu.

Perlu waktu memang untuk bisa memahami jalan pikiran seseorang. Tapi jika kamu bersedia untuk berusaha memahaminya, pasti sedikit demi sedikit kamu akan mampu memahaminya dengan baik.

Jangan hanya meminta pasanganmu untuk memahami dan mengikuti jalan pikiranmu karena sejatinya setiap orang pasti memiliki jalan pikirannya masing-masing.

Nah, dengan belajar untuk saling memahami jalan pikiran satu sama lain, tentu akan lebih untukmu dan pasangan dalam menyatukan visi dan misi kalian ke depan dalam menjalani hubungan.

5. Mau Meminta Maaf dan Memaafkan

Bersedia Meminta Maaf dan Memaafkan
Bersedia Meminta Maaf dan Memaafkan

Percayalah bahwa sikap berani meminta maaf dan memaafkan adalah hal yang sangat penting untuk kamu miliki. Meminta maaf dan memaafkan tidak akan membuat harga dirimu jatuh di hadapan pasangan. Sebaliknya, kamu justru menyelamatkan hubunganmu dari ancaman perpisahan.

Dalam menjalin sebuah hubungan pastilah kamu akan menemui sebuah konflik yang disebabkan oleh kesalahan salah satu ada kedua belah pihak sekaligus. Tetapi jika kamu berani meminta maaf saat melakukan kesalahan dan mau berlapang dada untuk memaafkan pasanganmu, tentu hubunganmu akan terselamatkan dari perpisahan.

6. Menjaga Komitmen untuk Selalu Setia

Menjaga Komitmen Untuk Saling Setia
Menjaga Komitmen Untuk Saling Setia

Setia memang hal yang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk diterapkan dalam kenyataan. Tidak semua orang berhasil untuk menjaga komitmennya.

Terlebih perlu disadari bahwa di luar sana ada banyak godaan yang siap menghampiri kapan saja. Tanpa adanya kemauan dalam menjaga komitmenmu untuk selalu setia pada pasanganmu seorang, tentu kamu akan lebih mudah tergoda untuk mendua di belakangnya.

Jika kamu tak ingin hubunganmu berjalan hanya sesaat saja, kamu harus terus menjaga kesetiaanmu pada pasanganmu. Ingatlah bahwa kesetiaan adalah hal yang sangat mahal dalam sebuah hubungan.

7. Bersabar dalam Menghadapi Kelemahan Pasangan dan Tidak Enggan untuk Memberi Apresiasi atas Usahanya

Bersabar Menghadapi Kelemahan Pasangan
Bersabar Menghadapi Kelemahan Pasangan

Tidak ada satu pun manusia yang sempurna di dunia ini, tidak juga denganmu dan pasanganmu. Sudah pasti kamu memiliki kelemahan dalam dirimu. Jika kamu berharap pasanganmu bisa menerimanya, kamu pun harus bisa menerima kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh pasanganmu.

Berusahalah untuk bersabar dalam menghadapi segala kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh pasanganmu. Tidak hanya itu, kamu juga harus selalu memberi apresiasi atas usaha atau hasil yang sudah dia dapatkan.

Pemberian apresiasi sangatlah penting, terlebih jika apresiasi itu datang dari orang yang dicintai. Setidaknya berikanlah pasanganmu apresiasi yang baik, meskipun itu hanya berupa kata-kata yang positif untuknya, agar ke depannya dia tetap semangat untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dari apa yang sudah dia lakukan saat ini.

Baca Juga :

Itu dia 7 sikap dewasa yang bisa kamu terapkan dalam menjalin hubungan. Jika kamu mampu bersikap dengan baik, percayalah hubunganmu akan lebih jauh dari sikap saling menyakiti yang bisa berdampak buruk bagi hubungan yang kamu jalani.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.