in

Wajib Tahu, Ini 8 Cara Bikin Pacar agar Tidak Selingkuh

Tips Agar Pacar Tidak Selingkuh

Tidak sedikit hubungan yang harus hancur karena adanya perselingkuhan di dalamnya. Pasti kamu pun tak ingin hubunganmu bernasib sama, bukan? Karena pada dasarnya seseorang yang tulus mencintai akan benar-benar menjaga hubungannya dari perpisahan.

Ada banyak faktor yang mungkin bisa membuat pacarmu berselingkuh di belakangmu. Bisa jadi penyebabnya juga bersumber dari dirimu sebagai pasangan. Komunikasi yang tak cukup baik juga menjadi faktor pendukung adanya perselingkuhan.

Sebagian orang memiliki pandangan bahwa saat pacarmu mencintaimu, dia tidak akan pernah selingkuh di belakangmu. Namun pada kenyataannya tidak sedikit orang yang bisa mencintai dua orang atau lebih dalam satu waktu yang sama. Jadi cinta bukan satu-satunya hal yang akan mencegah pacar berselingkuh.

Kamu perlu memahami beberapa hal tentang pacarmu sendiri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah memilih cara yang tepat untuk membuatnya tidak berselingkuh darimu. Berikut ini ada 8 cara membuat pacar tidak berselingkuh. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam mengambil langkah.

1. Selalu Introspeksi Diri

Introspeksi Diri
Introspeksi Diri

Sikap selalu merasa benar tidak bisa kamu pertahankan jika kamu tak ingin pacarmu berpaling darimu. Saat ada masalah antara kamu dan pacarmu, alih-alih melimpahkan semua kesalahan kepada pacarmu, cobalah untuk introspeksi diri terlebih dahulu.

Selain itu, kamu harus selalu introspeksi kekurangan yang selama ini kamu miliki. Lihat juga kesalahan apa yang selama ini sering kamu lakukan kepada pacarmu. Saat kamu sudah bisa menemukannya, berusahalah untuk memperbaiki diri dan berjanji pada dirimu sendiri untuk tidak mengulang kesalahan yang sama.

Semoga pacarmu bisa menyadari usahamu untuk berubah menjadi sosok yang lebih baik untuknya dan mengapresiasi segala usaha yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu sudah melakukan langkah awal untuk mencegah pacarmu selingkuh.

2. Bersikap Terbuka dalam Menjalani Hubungan

Bersikap Terbuka Dalam Hubungan
Bersikap Terbuka Dalam Hubungan

Bagaimana nasib sebuah hubungan tanpa adanya sikap saling terbuka dan kejujuran di dalamnya. Meski pun masih berjalan, tidak ada yang tahu hubungan tersebut butuh waktu berapa lama untuk tetap bertahan.

Hubungan tanpa adanya sikap terbuka dan kejujuran memiliki peluang untuk menjadi sebuah hubungan yang toxic. Pada akhirnya hubungan seperti ini hanya akan melahirkan banyak kebohongan di antara pasangan. Kamu dan pacarmu tidak akan bisa terus bertahan untuk setia dalam hubungan seperti ini.

3. Berhenti Mencurigainya Tanpa Alasan yang Jelas

Behenti Mencurigai Pacar
Behenti Mencurigai Pacar

Apakah kamu termasuk orang yang sulit percaya dan selalu overthinking terhadap pacarmu sendiri? Jika iya, berhentilah mencurigai pacarmu tanpa alasan yang jelas. Hal itu hanya akan memicu pertengkaran di antara kalian.

Jika kamu merasa tak nyaman dengan suatu hal, tanyakan saja secara langsung kepada pacarmu. Jangan dengan tiba-tiba melemparkan tuduhan atau mencurigai pacarmu tanpa adanya alasan yang jelas.

Curiga tanpa alasan hanya akan membuat pacarmu merasa tak nyaman dalam menjalani hubungan denganmu. Ujung-ujungnya, akan ada kemungkinan dia mencari kenyamanan dari orang selain dirimu.

4. Hindari Menjadi Pacar yang Terlalu Posesif

Bersikap Posesif Terhadap Pasangan
Bersikap Posesif Terhadap Pasangan

Jangan menjadikan alasan cinta untuk bersikap terlalu posesif kepada pacarmu. Jika kamu benar-benar mencintainya, kamu tidak akan membatasi langkah kakinya. Jika kamu benar-benar mencintainya, kamu akan memberinya rasa percayamu yang tinggi.

Berhentilah bersikap terlalu posesif kepada pacarmu jika kamu tak ingin dia selingkuh. Kamu harus bisa menunjukkan sikap yang lebih bijaksana. Berikan kebebasan dan kepercayaan kepada pasanganmu.

Sejauh apapun dia lari, percayalah bahwa jika kamu adalah rumah baginya, dia akan tetap kembali kepadamu. Jadi, berikan dia kebebasan dalam menjalani kehidupannya, ya.

5. Masuk dalam Lingkaran Pertemanannya

Berteman Dengan Orang Disekitarnya
Berteman Dengan Orang Disekitarnya

Cara selanjutnya adalah dengan masuk dalam lingkaran pertemanannya. Jalinlah hubungan yang baik dengan teman-temannya. Dengan begitu kamu akan tahu banyak tentang pacarmu dan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini akan mencegah rasa curiga yang berlebihan saat kamu sedang tidak bersama pacarmu. Selain itu, teman-temannya juga akan membantumu untuk menjaga pacarmu agar tidak berselingkuh di belakangmu.

Jika kamu ingin mendapatkan hati pacarmu seutuhnya, kamu juga harus bisa mencuri hati orang-orang di sekelilingnya. Cobalah dan buktikan bahwa cara ini akan sangat ampuh untuk membuat pacarmu tidak berselingkuh darimu.

6. Jaga Kesetiaanmu

Menjaga Komitmen Untuk Saling Setia
Menjaga Komitmen Untuk Saling Setia

Setia memang kata yang mudah diucapkan namun menjadi sikap yang sulit dilakukan. Sebagian orang selalu menuntut pacarnya untuk setia, sedangkan dirinya sendiri justru masih suka melirik lawan jenis lainnya.

Jika kamu ingin pacarmu tidak selingkuh, maka kamu harus memulainya dari dirimu sendiri. Jagalah jarakmu dari lawan jenismu, meski dia adalah temanmu sendiri. Ingat bahwa rasa nyaman selalu dimulai dari hubungan pertemanan.

Hindarilah segala hal yang bisa memicu hancurnya kesetiaanmu kepada pacarmu. Jika kamu saja tidak bisa menjaga setiamu, kamu pun tidak berhak untuk menuntut kesetiaan dari pacarmu.

7. Berikan Apresiasi atas Pencapaian yang Diperoleh Pacarmu

Memberi Apresiasi Kepada Pacar
Memberi Apresiasi Kepada Pacar

Tidak hanya mengapresiasi pencapaian yang diraih oleh pacarmu saja, bahkan kamu juga perlu memberikan apresiasi atas usaha yang sudah dia lakukan. Terlepas dari apakah usaha yang dia lakukan membuahkan hasil atau tidak.

Apresiasi yang kamu berikan kepadanya akan menjadi penyemangat baginya untuk menjadi lebih baik dari saat ini. Tidak harus kamu mengapresiasi usahanya dengan memberinya barang mewah kok. Kamu bisa memberikan ucapan-ucapan yang bisa menyejukkan hatinya, seperti “kamu hebat” atau “aku bangga sama kamu”.

Jadi, jangan terlalu pelit untuk mengapresiasi usaha yang dilakukan pacarmu dan pencapaian yang dia raih. Seperti halnya dirimu sendiri yang selalu ingin diapresiasi orang lain, dia juga membutuhkan apresiasi dari pacarnya, yaitu kamu.

8. Dukung Segala Keputusan yang Diambil Pacarmu Asal Itu Baik Untuknya

Mendukung Pasangan
Mendukung Pasangan

Kamu tidak memiliki hak untuk membuat keputusan atas kehidupan pacarmu. Tetapi sebagai pacar yang baik, kamu perlu memberi dukungan atas keputusan yang diambil oleh pacarmu asalkan keputusan itu adalah keputusan yang baik untuknya.

Jangan sampai pacarmu merasa kamu tidak pernah bisa menghargai keputusan yang dia ambil. Terlebih lagi, jangan sampai pada akhirnya pacar merasa bosan dan mencari dukungan dari orang lain karena dia tidak mendapatkannya darimu.

Baca Juga :

Itulah 8 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat pacarmu tidak selingkuh. Kamu pun harus bisa menjadi versi terbaik darimu sebagai pasangan untuknya. Dengan begitu hubunganmu dengan pacarmu akan terhindari dari adanya orang ketiga.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer