9 Cara Elegan Bikin Pacar Sadar atas Kesalahan yang Dia Lakukan

Mengakui kesalahan atau merasa bersalah atas tindakan yang dilakukan nyatanya bukan hal

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Membuat Pacar Sadar Akan Kesalahannya

Mengakui kesalahan atau merasa bersalah atas tindakan yang dilakukan nyatanya bukan hal sederhana yang mudah untuk dilakukan.

Banyak orang yang lebih mampu melihat kesalahan orang lain dibandingkan melihat kesalahan yang diri sendiri lakukan. Khususnya bagi para kaum cowok yang cenderung memiliki ego yang cukup tinggi.

Seringkali cowok mendominasi dalam sebuah hubungan. Apa yang menurutnya benar, akan selalu dia anggap benar. Sehingga tak jarang banyak cewek bertanya-tanya tentang cara yang ampuh untuk membuat pacarnya bisa sadar dengan kesalahan yang sudah dia lakukan.

Sebenarnya cara apa sih yang bisa dilakukan untuk membuat pacar memahami bahwa dia sudah melakukan kesalahan?

Jika kamu masih bingung tentang apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapinya, mungkin beberapa cara ini bisa bermanfaat untuk kamu gunakan.

1. Langsung Memberi Tahu tentang Kesalahan yang Dia Perbuat

Memberitahukan Kesalahannya Secara Langsung
Memberitahukan Kesalahannya Secara Langsung

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan memberitahunya secara langsung bahwa apa yang dia lakukan bukanlah hal yang benar. Kamu bisa langsung mengajaknya bicara berdua. Usahakan untuk menjaga emosimu juga.

Untuk melangsungkan cara yang satu ini, kamu harus bisa membuatnya tetap dalam keadaan tenang. Pada beberapa kondisi, biasanya akan sulit bagi seorang cowok menerima masukan atau nasihat dari orang lain.

Tetapi tenang saja, jika dia memang menganggapmu sebagai cewek yang penting dalam hidupnya, kamu pasti bisa meluluhkan hatinya dan dia pasti juga akan mencoba untuk memahami pendapatmu.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Pacaran Di Kondisi Yang Belum Matang

2. Memberi Pemahaman Tentang Hal Apa yang Seharusnya Dia Lakukan

Memberikan Pemahaman
Memberikan Pemahaman

Tak ada salahnya untuk mencoba memberinya pemahaman tentang hal yang seharusnya dia lakukan. Tunjukan tindakan yang benar agar dia bisa sadar bahwa apa yang sudah dia lakukan adalah suatu kesalahan.

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan jika memang pacarmu adalah sosok yang sangat menjaga image nya.

Dengan memberitahu mana hal yang lebih tepat untuk dilakukan, secara tidak langsung kamu sudah berusaha untuk menyadarkan dia tentang kesalahan sebelumnya. Kamu bisa menyadarkannya tanpa membuat harga dirinya jatuh begitu saja.

3. Memberi Masukan Padanya untuk Bertanggung Jawab atas Apa yang Sudah Dia Lakukan

Memberi Masukan Kepadanya Untuk Bertanggungjawab
Memberi Masukan Kepadanya Untuk Bertanggungjawab

Mintalah dia untuk mempertanggung jawabkan apa yang sudah dia lakukan. Dengan begitu, dia bisa belajar untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan maupun tindakan.

Cara yang satu ini akan menunjukkan bahwa kamu memang pendamping yang pantas untuk tetap dia pertahankan. Kamu mampu membantunya menjadi sosok yang bertanggung jawab dan tentunya memiliki pemikiran yang lebih rasional.

Baca Juga : Ini Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Merasa Depresi

4. Tunjukkan Kekecewaanmu atas Kesalahan yang Sudah Dia Lakukan

Tunjukkan Kekecewaanmu
Tunjukkan Kekecewaanmu

Cara lain yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan menunjukkan bahwa kamu kecewa dengan hal yang sudah dia lakukan. Cara yang satu ini akan membuatnya berpikir tentang benar tidaknya apa yang sudah dia lakukan sebelumnya.

Tunjukkan saja betapa kecewanya kamu akan tindakannya. Jika dia memang mencintaimu, dia tak akan suka melihat raut wajah kecewamu.

Sebisa mungkin dia pasti akan mengintrospeksi dirinya sendiri agar tahu kesalahan apa yang sudah dia lakukan sehingga membuatmu nampak begitu kecewa.

5. Untuk Sementara, Coba Jaga Jarak Darinya

Jaga Jarak Untuk Sementara
Jaga Jarak Untuk Sementara

Jika pacarmu adalah sosok yang cukup keras kepala, cara yang satu ini bisa kamu coba. Kamu bisa mulai menjaga jarak darinya untuk  sementara waktu sampai dia sadar bahwa dia telah melakukan kesalahan.

Selain itu, dalam menjalani hubungan tentu juga dibutuhkan yang namanya ruang atau jeda. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk memberi ruang dalam hubungan kalian berdua.

Tidak hanya pacarmu saja yang bisa melakukan introspeksi diri, kamu pun juga bisa melakukan hal yang sama.

Baca Juga : Coba Tes Kadar Cintamu, Begini Cara Pasangan Membuatmu Cemburu

6. Gunakan Jurus Diam Seribu Bahasa

Gunakan Jurus Diam
Gunakan Jurus Diam

Selanjutnya adalah dengan melakukan jurus diam seribu bahasa. Bukan untuk mengabaikannya, tapi lebih pada tujuan untuk membuatnya sadar atas kesalahan yang sudah dia lakukan.

Sementara waktu, abaikan dulu dia. Bersikaplah diam saat sedang bersamanya. Mungkin cara ini cukup bagus untuk membuatnya sadar atas kesalahan yang sudah dia perbuat.

7. Tunjukkan Sikap Acuh Tak Acuh Terhadap Segala Hal yang Dia Lakukan

Tunjukan Sikap Acuh Tak Acuh
Tunjukan Sikap Acuh Tak Acuh Via Beritagar.id

Meski sikap pacarmu cenderung cuek, sudah pasti dia pun tak suka jika dicuekin oleh orang di sekitarnya. Nah, kamu bisa memakai cara ini juga untuk menyadarkan dia atas kesalahannya.

Berhentilah memberikan perhatian padanya. Mulailah untuk tidak menghubunginya terlebih dahulu sebelum dia menghubungimu. Tak perlu memperhatikannya lagi dan biarkan dia sadar atas kesalahannya secara pelan-pelan.

Baca Juga : Dilema Bagi Pria, 5 Alasan Pria Memilih Mendiamkan Wanita

8. Gunakan Waktumu Bersama Orang Lain

Gunakan Waktumu Bersama Orang Lain
Gunakan Waktumu Bersama Orang Lain

Jika selama ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan pacarmu, mulailah untuk mengubah kebiasaan itu. Untuk menyadarkannya, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

Kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang lain yang ada di sekitarmu. Dengan begitu dia mungkin akan sadar bahwa ada suatu hal pada dirinya yang membuat sikapmu berubah.

9. Dalam Diam, Tetap Mendoakan

Dalam Diam Tetap Mendoakan
Dalam Diam Tetap Mendoakan

Jika semua cara di atas tidak berhasil untuk membuat pacarmu sadar, kamu bisa melakukan cara terakhir ini. Doakanlah dia. Berdoalah agar dia dapat menyadari segala kesalahan yang sudah dia lakukan.

Cara ini tidak menunjukkan keputus asaan kok. Setidaknya kamu sudah banyak berusaha untuk membuatnya sadar.

Jika memang semua usahamu sudah kamu kerahkan, namun masih belum juga berhasil, artinya kamu bisa menyerahkan segala urusan itu pada sang pemilik kehidupan.

Baca Juga : Cewek Harus Tahu, Ini Cara Cerdik Bikin Pacar Takut Kehilangan

Nah, itu beberapa cara yang mungkin bisa membantumu menyadarkan pacarmu tercinta bahwa apa yang sudah dia lakukan bukanlah hal yang benar. Mungkin memang tak mudah untuk menyadarkan seseorang atas kesalahannya. Namun setidaknya jika kamu sudah berusaha menyadarkannya, kamu sudah melakukan hal yang sudah seharusnya kamu lakukan sebagai pasangan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile