in

5 Cara Ampuh Hadapi Rasa Bosan dalam Hubungan Pernikahan

Cara Menghadapi Rasa Bosan Dalam Hubungan Pernikahan
Cara Menghadapi Rasa Bosan Dalam Hubungan Pernikahan

Menjalin hubungan adalah proses yang dipenuhi oleh beragam perasaan. Kamu yang kini tengah menjalin sebuah hubungan pasti sudah pernah merasakan yang namanya asam manis sebuah hubungan, bukan?

Terlebih jika kamu sudah cukup lama menjalin hubungan dengan pasanganmu, tentu rasa bosan menjadi hal yang sangat wajar untuk kamu maupun pasanganmu rasakan.

Jangankan pasangan yang sudah menikah, pasangan yang masih sekadar pacaran saja normalnya juga bisa merasakan yang namanya bosan. Perasaan itu adalah hal yang tidak bisa kamu hindari sepenuhnya.

Kamu hanya bisa mencoba mencari cara untuk membuat rasa bosan yang ada dalam hubunganmu tidak menjadi alasan perpisahanmu dengan pasanganmu.

Sudah semestinya kamu melakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan pernikahan yang sudah kamu bina dengan pasanganmu saat ini.

Nah, demi menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tanggamu dengan pasanganmu, kamu bisa mencoba melakukan 5 hal ini untuk mengatasinya.

1. Carilah Apa yang Menjadi Penyebab Munculnya Rasa Bosan dalam Hubunganmu

Carilah Penyebab Rasa Bosan
Carilah Penyebab Rasa Bosan

Rasa bosan adalah hal yang wajar ada dalam sebuah hubungan. Kamu tidak bisa menghindarinya, tapi kamu bisa mengatasinya. Tidak ada rasa bosan yang tidak bisa diatasi jika kamu dan pasanganmu memiliki komunikasi yang baik dalam menjalani hubungan.

Cobalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasanganmu. Kamu harus mencari tahu tentang penyebab kebosanan yang ada dalam hubungan kalian. Tanpa adanya komunikasi yang baik tentu masalah ini tidak akan pernah bisa terpecahkan.

Sebenarnya yang kamu dan pasanganmu butuhkan adalah berbicara bersama dengan serius. Ungkapkan apa yang ada dalam hatimu, begitu pula sebaliknya.

Kamu pun harus tahu apa kekuranganmu di mata pasanganmu. Dengan begitu rasa bosan yang ada dalam hubungan kalian akan lebih mudah untuk diatasi bersama.

Baca Juga : Bosan dalam Hubungan Itu Hal yang Biasa, Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

2. Sesekali Berikan Kejutan Kecil pada Pasangan, Tak Harus Menunggu Adanya Hari Istimewa

Sesekali Berikan Kejutan Kecil
Sesekali Berikan Kejutan Kecil

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan memberikan kejutan pada pasanganmu. Rasanya tidak ada satu pun orang yang tak menyukai adanya kejutan dari pasangannya.

Kejutan kecil yang kamu berikan pada pasanganmu selain bisa mengatasi rasa bosan yang ada juga bisa membuat hubunganmu menjadi lebih erat dari sebelumnya. Kejutan kecil nan manis pasti akan membuat hati pasanganmu bahagia saat menerimanya.

Ingatlah bahwa memberikan kejutan tidak harus menunggu adanya hari yang istimewa. Di hari biasa pun kamu bisa memberikan kejutan kecil pada pasanganmu.

Tidak harus mahal kok, asalkan kamu tulus untuk memberikan kejutan tersebut, pasti pasanganmu pun akan sangat bahagia atas usahamu dalam membahagiakannya.

3. Lakukan Sebuah Perjalanan Bersama Sambil Mengingat Masa Indah Berdua

Lakukan Perjalanan Berdua
Lakukan Perjalanan Berdua

Kesibukanmu dan kesibukan pasanganmu saat masih pacaran sudah pasti tak sebanyak saat kalian sudah mengarungi bahtera rumah tangga. Kebutuhan yang harus dipenuhi membuatmu dan pasangan harus bekerja lebih keras untuk mengatasi permasalahan ekonomi.

Kamu dan pasangan terlalu sibuk bekerja sehingga hanya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk bersantai, terlebih untuk melakukan perjalanan bersama. Bisa dibilang kamu dan pasanganmu sudah sangat sulit bepergian untuk berlibur bersama.

Wajar jika akhirnya kesibukan yang kamu dan pasanganmu jalani membuat adanya rasa bosan dalam hubungan pernikahan kalian. Saat rasa bosan ini datang, mungkin kamu dan pasanganmu memang membutuhkan waktu untuk liburan.

Kamu bisa mulai merencanakan sebuah perjalanan bersama pasangan dan pergi bersama pasanganmu saat kamu dan pasanganmu berhasil memperoleh hari libur untuk melakukannya.

Sebuah perjalanan bersama pasangan secara tidak langsung akan membuat hubunganmu dengannya menjadi lebih baik dan tentu saja cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan.

Baca Juga : Waspada, Inilah Pertanda Pasangan Mulai Merasa Bosan Menjalani Hubungan

4. Cobalah untuk Membuat Penampilanmu Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya

Cobalah Membuat Penampilan Lebih Baik
Cobalah Membuat Penampilan Lebih Baik

Cara keempat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan pernikahanmu dengan pasangan adalah dengan memperbaiki penampilan.

Mungkin karena kamu sudah sibuk dengan segala urusanmu, tak jarang kamu lupa bahwa penampilanmu tak lagi semenarik dulu.

Buatlah pasanganmu lebih betah untuk memandangmu dengan penampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan begitu rasa bosan dalam hubungan pernikahanmu secara perlahan bisa teratasi dengan baik.

Meski sebenarnya penampilan bukanlah hal yang utama, tapi kamu tetap harus memperhatikannya. Jadi mulai sekarang cobalah untuk berbenah dalam hal penampilan. Dengan begitu rasa bosan tak akan pernah mudah muncul dalam hubunganmu bersama pasangan.

5. Fokuslah pada Pasangan Saat Sedang Bersama, Jangan Biarkan Ponsel Maupun Pekerjaan Menjadi Pengganggu

Fokuslah Terhadap Pasangan Saat Bersama
Fokuslah Terhadap Pasangan Saat Bersama

Mungkin selama ini kamu dan pasanganmu terlalu sibuk dengan dunia kalian masing-masing. Bahkan rasanya sangat sulit untuk bisa memiliki waktu bersama yang berkualitas.

Saat sedang bersama pasanganmu pun kamu maupun pasanganmu masih saja disibukkan dengan ponsel dan media sosialnya.

Selain itu mungkin sikapmu yang terlalu gila kerja juga membuatmu sulit memiliki waktu yang baik dengan pasanganmu.

Meskipun sudah berada di rumah dan sedang bersamanya, kamu masih saja sibuk dengan pekerjaanmu sendiri sehingga kamu sangat jarang memberi perhatian yang penuh pada pasanganmu.

Jika sudah seperti ini, kamu harus mulai mengatur waktumu dengan baik. Kerjakan pekerjaanmu di tempat kerja dan jangan pernah membawanya pulang ke rumah.

Saat di rumah, terlebih saat tengah bersama dengan pasanganmu, berikan perhatian penuh padanya, jangan malah sibuk bermain ponsel, seolah kamu tidak menganggap pasanganmu ada di dekatmu.

Baca Juga : Cara Membuat Hubungan Pernikahan Suami-Istri Semakin Kuat

Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu jadikan senjata untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan pernikahan.

Kamu harus selalu ingat bahwa pernikahan bukan sekadar tentang menjaga cinta, melainkan tentang bagaimana kamu dan pasangan bisa menjaga komitmen yang sudah kamu dan pasanganmu sepakati sebelumnya.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.