7 Cara Halus untuk Dapatkan Kembali Hati Sang Mantan

Terkadang ada saja keinginan dalam hati seseorang untuk bisa balikan sama sang

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Cara Halus Dapatkan Hati Mantan

Terkadang ada saja keinginan dalam hati seseorang untuk bisa balikan sama sang mantan. Tapi, untuk bisa memulai hubungan kembali dengan orang di masa lalu bukanlah hal yang mudah.

Perpisahan yang sudah terjadi tentu ada dengan sebab yang pasti. Belajar dari pengalaman, hanya sedikit orang yang mau memulai cerita lagi dengan orang yang ada di masa lalu alias mantan pasangan. Alasannya pun bergam, ada yang tidak ingin kembali karena takut mengulang rasa sakit dan luka yang sama seperti di masa silam misalnya.

Tapi tenang saja, jika memang kamu benar-benar ingin balikan dengan mantan, ada trik khususnya kok. Jangan sampai caramu membuatnya kembali terkesan sedikit memaksa ya. Berikut adalah beberapa cara halus untuk dapatkan kembali hati si dia yang pernah pergi.

1. Jangan Berdebat tentang Alasan Kenapa Dulu Kalian Memutuskan untuk Berpisah

Jangan Berdebat Dengannya Tentang Masa Lalu
Jangan Berdebat Dengannya Tentang Masa Lalu

Jika kamu kontra dengan alasan yang membuat hubungan kalian bubar, justru itu bukan hal yang baik. Biarlah alasan itu ada karena toh memang kenyataannya itulah hal yang membuat status kalian tak lagi menjadi pasangan, melainkan mantan.

Kamu hanya membuang-buang waktumu saja dengan memperdebatkan perihal alasan perpisahan itu. Tak hanya membuang waktu dan energi, kamu juga akan menggagalkan usahamu untuk kembali lagi padanya sebagai seorang kekasih.

Jika memang yang terjadi di masa lalu adalah kesalahanmu, beranilah untuk mengakuinya. Mintalah maaf dengan tulus dan ungkapkan penyesalanmu atas kejadian di masa itu.

Baca Juga: Inilah Penyebab Kamu Gagal Move On Bertahun-tahun dari Mantan

2. Tak Perlu Terlalu Meyakinkannya untuk Kembali pada Dirimu

Tak Perlu Terlalu Meyakinkannya
Tak Perlu Terlalu Meyakinkannya

Dengan meyakinkannya secara berlebihan, kamu hanya akan membuatnya semakin enggan untuk kembali menjalin hubungan denganmu. Saat kamu terlihat begitu hancur dengan kepergiannya, tidak emnutup kemungkinan hal itu justru membuatnya merasa putus darimu adalah pilihan yang tepat untuknya.

Sebaliknya, beberapa orang cenderung lebih tertarik pada seseorang yang bahagia dengan dirinya sendiri. Jadi kamu tak perlu terlalu meyakinkannya karena tanpa kamu yakinkan dia akan kembali padamu dengan sendirinya.

3. Tunjukkan Sikap Tanggung Jawabmu Atas Hal yang Menyebabkan Terjadinya Perpisahan di antara Kalian

Tunjukan Sikap Tanggungjawabmu
Tunjukan Sikap Tanggungjawabmu

Cobalah untuk melihat lebih dalam lagi pada hal yang sudah menyebabkan perpisahan kalian terjadi. Bukan malah menyalahkan satu pihak saja atas kejadian itu. Bagaimana pun perpisahan pasti terjadi karena kesalahan kedua belah pihak dalam setiap hubungan.

Alih-alih hanya menginginkan dia untuk kembali, kamu juga perlu memiliki keinginan yang kuat untuk berubah. Jangan sampai kesalahan yang dulu terjadi kamu ulangi kembali. Jadilah pribadi terbaik untuk dia yang kamu cintai.

4. Pahami Hal Apa yang Sebenarnya Membuat Perpisahan Itu Terjadi

Memahami Mengapa Sebelumnya Kalian Berpisah
Memahami Mengapa Sebelumnya Kalian Berpisah

Sebelum kamu mendekatinya kembali, ada baiknya kamu memahami dengan detail apa yang sebenarnya terjadi sehingga perpisahan antara kamu dan pasanganmu tak bisa dihindari lagi. Setidaknya dengan cara ini kamu akan belajar untuk tidak menyepelekan hal sekecil apapun dalam menjalani hubungan.

Cara ini sekaligus menjadi cara yang bagus untuk introspeksi diri. Tentu saja untuk kembali dengan pasangan di masa lalu ada syarat untuk tidak mengulangi kesalahan terdahulu. Kamu harus tahu apa yang harus dibenahi dan apa yang harus dipertahankan. Hati-hati, hubunganmu saat ini dalam fase yang sangat sensitif.

5. Jangan Terlalu Sering Menghubunginya, Beri Ruang untuk Dirinya

Beri Ruang Untuk Dirinya
Beri Ruang Untuk Dirinya

Selanjutnya adalah jangan terlalu sering menghubunginya. Yang ada dia akan risih dengan tingkah lakumu yang berlebihan, apalagi statusmu saat ini sudah sebagai mantan. Bahasa kasarnya kamu harus sadar diri dengan posisimu saat ini.

Posisimu saat ini sudah tidak memungkinkan untuk bisa menghubunginya setiap saat. Jangan terlalu mengganggunya dengan keinginan yang kamu miliki untuk bisa kembali menjalin kisah cinta bersamanya.

Tunggu dulu sampai jangka waktu tertentu. Biarkan dia memiliki ruang sendiri untuk dapat mengintrospeksi dirinya dan menyadari seperti apa perasaannya yang sebenarnya. Biarkan dia memahami apakah sebenarnya memang perpisahan denganmu yang dia inginkan, atau justru dia tak pernah ingin jauh darimu. Sepertimu yang merindunya, berikan juga waktu untukya merindukanmu.

6. Cobalah untuk Memperbaiki Diri

Cobalah Memperbaiki Diri
Cobalah Memperbaiki Diri

Sudah waktunya kamu menjadi pribadi yang baru. Berubahlah ke arah yang lebih baik. Jadikan momen putusmu dengannya sebagai salah satu cambukan untukmu secepatnya berbenah.

Ambil segala pelajaran positif dari sebuah kejadian baik itu sebuah kejadian yang menyenangkan, menyedihkan, maupun mengecewakan. Tidak hanya fisikmu yang harus kamu benahi, melainkan juga kepribadian dan cara berpikirmu. Buktikan pada dirinya bahwa kamu bukanlah sosok yang dulu lagi. Kamu sudah lebih dewasa dan bijak dalam menanggapi segala hal.

7. Jangan Terlalu Terburu-buru dalam Mengungkapkan Isi Hatimu

Jangan Terlalu Terburu-buru Mengungkapkan Perasaan
Jangan Terlalu Terburu-buru Mengungkapkan Perasaan

Yang terakhir adalah dengan menikmati segala prosesnya. Jangan terlalu buru-buru untuk mengungkapkan isi hatimu. Kamu perlu pastikan dia memang masih availble alias belum memiliki pasangan baru.

Kamu harus mencari tahu segala tentang dirinya secara diam-diam. Jangan menanyakannya langsung padanya karena bisa jadi hal itu akan memiliki risiko yang cukup besar. Kamu bisa mulai mencari tahu informasi tentang dia melalui teman-teman atau orang-orang yang ada di sekitarnya.

Jika ternyata dia sudah memiliki pasangan, jangan paksakan. Lebih baik kamu mundur dan melihat akhir kisahmu seperti apa. Bukankah jodoh sudah ditur oleh Tuhan? Jadi kamu tak perlu lagi merisaukannya.

Baca Juga: Jarang Disadari, Penyebab Menyesalnya Sang Mantan Setelah Tak Lagi Bersamamu

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin akan membuat hubunganmu dengan mantanmu kembali bersemi. Tidak ada salahnya kok kembali pada sang mantan. Asal jangan ulangi kesalahan yang pernah jadi penyebab hancurnya hubungan kalian. Selamat mencoba ya, semoga berhasil!

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile