in

Walau Berat, Ini 5 Cara Ampuh Melupakan Mantan Suami

Cara Melupakan Mantan Suami

Perceraian bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi oleh siapapun. Sedih dan duka sudah pasti. Bahkan kesedihan itu tidak hanya dirasakan oleh kamu saja, tetapi juga keluarga besar dan teman-teman terdekatmu tentunya.

Namun kita harus move on dari situasi ini. Tidak mungkin kamu selamanya terus meratapi perpisahan dengan mantan suami. Kamu harus segera melupakannya.

Dari sini tentunya muncul pertanyaan bagaimana caranya melupakan mantan suami? Nah, jawabannya mungkin cukup panjang sehingga kami menyusunnya menjadi 5 cara melupakan mantan suami dan bahagia meskipun hidup sendiri!

1. Beri Dirimu Waktu Untuk Berduka

Berduka tidak selalu tentang kematian seseorang. Sebab disini kita sedang berduka atas matinya pernikahan. Perceraian dengan suami pasti membawa luka yang menghujam hatimu, itu hal yang wajar karena memang dia pernah menjadi prioritasmu.

Tak perlu terburu-buru untuk jauh melangkah, tak perlu buru-buru untuk segera melupakannya, karena hati tidak bisa dibohongi.

Mungkin pikiran sadarmu berkata “Aku harus segera bangkit! Aku harus segera membuat hidupku menjadi lebih baik” tapi pastinya hati takkan bisa secepat itu untuk mengikuti apa maunya pikiran. Maka kalau hatimu masih ingin berduka, lepaskan saja semua kesedihan itu, entah dengan menangis atau mencurahkan isi hatimu dengan hal-hal lainnya.

Melepaskan semua kesedihanmu pasca perceraian akan membuat hidupmu menjadi lebih mudah. Dalam arti, lebih mudah untuk ditata rapi sesuai yang kamu harapkan. Intinya, bersedih saja sampai kamu paham bahwa kesedihan itu tak seburuk yang kamu bayangkan.

Sebab dibalik kesedihan ada banyak pelajaran yang bisa kamu petik dan menunjukkan kamu jalan.

2. Menjauhi Segala Hal yang Berkaitan Dengan Mantan Suami

Mungkin kata orang-orang kamu akan terlihat seperti kekanak-kanakan, tapi mengapa harus peduli apa kata orang-orang, toh apa yang kamu lakukan ini demi kebaikan.

Jika kamu benar-benar ingin melupakannya, maka mulai dari sekarang berhentilah menguntitnya diam-diam atau mencari tahu tentang kabarnya. Blokir dia di sosial media. Cari tempat tinggal yang jauh dari dirinya yang tidak memungkinkan kalian untuk bertemu lagi.

Intinya, jangan melakukan hal ini dengan berlandaskan rasa benci, kamu hanya perlu melakukan ini dengan menyadari bahwa ini memang jalan yang terbaik untuk dirimu.

Mungkin sesekali kamu akan teringat padanya tanpa sengaja, atau mungkin bermimpi seolah kalian masih bersama dan itu adalah bagian dari proses yang harus kamu lalui dalam melupakannya.

Maka kalau sesekali kamu teringat padanya, jangan mengartikannya sebagai kerinduan atau masih cinta, itu hanya sisa-sisa kenangan yang masih tersimpan di dalam memori mu. Kamu hanya perlu terus berjalan dan menata rapi hidupmu lagi!

3. Buat Dirimu Sibuk

Bercerai dengan mantan suami, hidup sendiri dan tak melakukan apa-apa tentunya akan membuat pikiran kita berkelana. Terlebih-lebih di titik terendah dalam hidup, saat kita sedang bersedih dan tak mempunyai kesibukan, maka pikiran akan otomatis mencari hal-hal yang menyenangkan.

Lalu, kemana lagi pikiran ini mencari hal-hal yang menyenangkan kalau bukan berkelana ke masa lalu? Akhirnya kamu pun teringat lagi saat-saat indah dengan mantan suami dimana hari-hari mu begitu menyenangkan. Tentu saja hal ini membuatmu jadi makin susah move on!

Nah, solusinya tidak lain adalah dengan menyibukkan diri. Jika selama ini kamu berkubang dalam air mata, sekarang cobalah kembali pada hobi dan minatmu. Lakukan sesuatu yang membuat dirimu bisa merasakan nikmatnya hidup dan kepuasan. Biarkan kreativitas mu bekerja!

4. Jadikan Pengalaman Itu Sebagai Bekal

Mungkin ini terdengar klise, tapi saat diterapkan ia akan menjadi sesuatu yang baik. Menjadikan pengalaman sebagai bekal untuk melangkah ke masa depan yang lebih baik tentu bukanlah hal yang baru sekali kita dengar, bahkan mungkin kita sudah bosan mendengar kata-kata ini. Tapi percayalah, ini akan sangat menakjubkan!

Kemampuan dalam mengubah perspektif kita memandang sesuatu itu seperti kita memiliki kekuatan untuk memindahkan gunung. Artinya, itu seperti kita mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya terlihat tidak mungkin.

Jadi, coba periksa ke dalam dirimu lagi dan lihat apa yang kamu rasakan atau apa yang kamu pikirkan saat mengingat masa lalu itu? Apakah kamu memandangnya sebagai suatu kemalangan atau sebagai berkah?

Baiklah jika kamu masih mengingat itu sebagai sebuah kebodohan, kesalahan atau apapun, tapi apakah kamu yakin itu 100% benar? Jadi, intinya adalah berpikir kritis tentang pengalaman itu dan mengambil pelajaran yang membuat kamu menjadi sosok yang lebih baik!

5. Belajar Untuk Mencintai Lagi

Kita tidak bisa mengontrol ingatan. Segala hal yang sudah kita alami tentu otomatis tersimpan dalam memori, terlebih jika hal yang dialami itu merupakan sesuatu yang manis dan berkesan.

Artinya kamu tidak bisa benar-benar melupakan mantan suami karena bagaimana pun dia sudah terlanjur mengukir kenangan bersamamu. Tetapi kamu bisa belajar untuk mulai mencintai lagi sehingga memori tentang dirinya tertimbun.

Saat kita sudah mencintai sesuatu atau seseorang, tentunya kita akan fokus disitu saja sehingga tak ada waktu untuk memikirkan hal lainnya termasuk memikirkan mantan suami.

Entah kamu mencintai pekerjaan, atau mencintai diri sendiri atau mungkin mencintai seseorang yang baru. Intinya mencintai apapun akan membuatmu lupa pada mantan suami.

Baca Juga :

Akhir Kata

Memiliki niat untuk move on saja sudah merupakan satu langkah awal yang baik, sebab dari niat itulah kita akan bergerak maju ke depan. Meskipun prosesnya agak berat, tetaplah yakin pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa.

Sekianlah artikel tentang 5 cara melupakan mantan suami. Semoga bermanfaat!