in ,

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Menyusahkan Orang Lain

Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Sudah berapa banyak orang yang kamu bahagiakan sepanjang hidupmu? Dan siapa orang yang paling sering kamu bahagiakan? Berbicara tentang kebahagiaan kita selalu fokus pada orang lain dan ini sangat melelahkan.

Kita selalu diajarkan untuk bersikap baik kepada orang lain, tetapi kita tak pernah belajar untuk bersikap baik kepada diri sendiri. Kita selalu diajarkan untuk berbicara dengan santun kepada orang lain, tetapi kita tidak berbicara dengan santun kepada diri sendiri.

Sangatlah miris mengetahui kenyataan bahwa kita berusaha membahagiakan orang lain dengan menyakiti diri sendiri. Hal ini membuat kita menjadi tidak tulus lagi sehingga selalu berharap dibahagiakan orang lain setelah kita membahagiakan mereka.

Nah, berikut ini adalah 10 cara sederhana membahagiakan diri sendiri tanpa perlu berharap kepada orang lain.

1. Fokus Pada Hal-hal yang Membuat Kamu Bersyukur

Tidak Lupa Bersyukur
Tidak Lupa Bersyukur

Apa hal yang membuat kamu bersyukur setahun belakangan ini? Jika pertanyaan itu sulit kamu jawab, apa hal yang kamu syukuri hari ini? Coba pikirkan sejenak dan temukan sedikitnya tiga hal saja.

Perlu diketahui, kebahagiaan adalah kondisi pikiran. Kamu bisa dengan mudah membuat dirimu sendiri bahagia hanya dengan mengalihkan fokus pikiran.

Ketidakbahagiaan muncul ketika kita fokus pada hal-hal yang menuntun kita untuk mengeluh, membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain dan berpikiran negatif. Maka hanya dengan mengganti fokus pikiran pada rasa syukur, secara otomatis kita akan bahagia.

2. Membentuk Citra Diri yang Positif

Membangun Citra Diri Yang Positif
Membangun Citra Diri Yang Positif

Kebahagiaanmu ditentukan oleh bagaimana kamu memandang dirimu sendiri. Ketika kamu memandang dirimu buruk, tidak berguna dan tidak berharga, maka perasaan yang muncul adalah penderitaan.

Nah, mengetahui hal ini, tentunya sangat mudah untuk mengubah penderitaan menjadi kebahagiaan. Yaitu dengan mengubah citra diri kita menjadi lebih positif.

Kita perlu memulai dari dalam diri terlebih dahulu, yaitu dengan mengubah cara kita dalam memandang diri sendiri dan percaya pada diri sendiri. Nah, kepercayaan diri dan citra diri yang positif secara otomatis akan memicu perasaan bahagia.

Baca Juga : Mengapa Self Concept Dalam Diri Sangatlah Penting?

3. Berkomitmen Pada Pengembangan Diri

Fokus Pengembangan Diri
Fokus Pengembangan Diri

Coba evaluasi lagi pertumbuhan kamu dalam hal intelektual, emosional, spiritual, finansial dan hubungan? Lalu bandingkan dengan dirimu dua atau tiga tahun sebelumnya. Apakah ada peningkatan, penurunan atau jalan di tempat?

Berkaca pada diri sendiri yang tidak ada perkembangan dan pertumbuhan kerap membuat kita tidak bahagia. Maka untuk membahagiakan dirimu sendiri, caranya cukup mudah yaitu terus meningkatkan kualitas diri.

4. Berbicara Positif Pada Diri Sendiri

Berbicara Positif Terhadap Diri Sendiri
Berbicara Positif Terhadap Diri Sendiri

Seberapa positif kamu berbicara dengan diri sendiri? Seberapa baik kamu dalam mengelola emosi dan pikiran yang muncul bergantian? Seberapa terampil dirimu membuat hatimu merasa lebih baik?

Ketika seseorang yang kita cintai terlihat sedih, kita mencoba menenangkannya dengan kalimat “Sabar ya, kamu pasti kuat kok.” Lalu saat kita bersedih apakah kita harus menunggu orang lain mengatakan hal yang baik juga agar kita merasa tenang? Bagaimana jika mereka tidak ada disana?

Menunggu adalah hal yang menyebalkan, terlebih jika dibarengi dengan harapan yang kuat, tentunya sangat berpotensi kecewa. Lalu akhirnya kita mengutuki diri sendiri.

Alih-alih menunggu orang lain untuk membuat kita merasa lebih tenang, ada baiknya kita berkata yang positif pada diri sendiri.

Semisal saat kamu menunggu antrian dan hadir perasaan cemas, cobalah mengubahnya menjadi perasaan yang bahagia dengan mengatakan “Tenang, kamu akan segara mendapatkan maumu.”

5. Menikmati Me Time Dengan Hal-hal yang Kamu Suka

Menikmati Me Time
Menikmati Me Time

Apa hal yang membuat kamu bergairah? Apa hal yang bisa menghilangkan rasa sepi ketika kamu sendirian? Semua orang pasti memilikinya termasuk kamu.

Kebanyakan dari kita mesti melakukan sesuatu lebih dulu baru bisa merasa bahagia, tak banyak dari kita yang bisa duduk diam dan berbahagia dengan kehidupan. Maka tak ada salahnya jika sesekali kamu menjauh dari keterikatan apapun dan hanya terhubung dengan dirimu sendiri saja.

Ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat diri sendiri bahagia, yaitu dengan menyendiri dan menikmati hidup sesuai dengan cara yang kita suka.

6. Membayangkan Hal Buruk yang Tidak Terjadi Saat Ini

Membayangkan Hal Buruk Tapi Belum Terjadi
Membayangkan Hal Buruk Tapi Belum Terjadi

Apa yang sedang kamu lakukan saat ini? Apakah kamu sedang membaca artikel ini sambil berbaring diatas kasur dan bantalmu yang empuk? Atau kamu sedang duduk santai sambil menikmati kopi?

Nah, coba perhatikan sekelilingmu, coba lihat secara detail hal-hal atau barang-barang yang kamu miliki, atau yang kamu gunakan sekarang seperti pakaian dan gadget. Apakah semua itu tidak membuat kamu bahagia?

Sekarang coba bayangkan jika semuanya hilang, semua yang kamu miliki, hilang. Nah, maka artinya kita seharusnya berbahagia sebab hal-hal buruk tidak terjadi sekarang. Sebagaimana kita tahu, hal buruk pasti akan terjadi bukan? Maka kita seharusnya berbahagia selama itu tidak terjadi.

7. Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan Diri Sendiri
Memaafkan Diri Sendiri

Coba ngat kesalahan yang pernah kamu buat pada dirimu sendiri? yaitu kesalahan yang dampaknya sangat terasa dalam kehidupanmu saat ini. Apakah kamu masih menyesalinya?

Lalu coba pikirkan lagi, apakah benar itu memang salahmu sepenuhnya atau memang ada campur tangan takdir? Coba hubungkan semua yang ada di masa lalu sampai dirimu di masa kini, bayangkan betapa indahnya itu.

Maka, tak ada yang perlu di sesali lagi bukan? Bahwa sudah seharusnya kita memaafkan diri sendiri dan mulai melangkah maju ke depan menuju kebahagiaan,

8. Menjauhi Orang-orang Toxic, Mendekati Orang-orang Baik

Membatasi Interaksi Dengan Orang Lain
Membatasi Interaksi Dengan Orang Lain

Mungkin ini terdengar mudah tapi sulit untuk dilakukan, bahwa kita harus mengambil jarak atau menjauh dari orang-orang toxic, yaitu orang-orang yang kerap memicu emosi negatif dalam diri kita atau orang-orang yang kerap berlaku negatif.

Sebaliknya, kita perlu mendekati orang-orang baik, yaitu orang-orang yang kita bisa mendapatkan lebih banyak perasaan positif. Sebab percuma kita berusaha membahagiakan diri sendiri jika masih dekat orang yang toxic, mereka akan menyerap emosi positif kita dan menggantinya menjadi perasaan yang negatif.

9. Membuat Ruangan Lebih Nyaman

Membuat Ruangan Lebih Nyaman
Membuat Ruangan Lebih Nyaman

Bahagia adalah kondisi dimana kita tidak merasakan sedikitpun perasaan negatif seperti marah, kesal, iri, tertekan dan lain-lain. Namun tampaknya kebahagiaan tidak hanya dipengaruhi kondisi pikiran saja, tetapi juga ruangan dimana kita berada.

Bagaimana keadaan kamar kamu? Apakah semuanya tertata rapi dan wangi? Untuk mendapatkan kebahagiaan yang sederhana kamu bisa mencoba mengasah kreativitas dengan mengubah tata letak ruangan.

Hal ini memang tampaknya melelahkan, namun jangan berasumsi jika kamu belum membuktikan. Coba buktikan saja sendiri dan lihat perubahan dalam hatimu.

10. Menjaga Kesehatan

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental
Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Hal terakhir yang menentukan kebahagiaan seseorang adalah kesehatannya. Entah kesehatan secara fisik, mental, spiritual, finansial, atau sosial, namun apapun jenisnya kesehatan adalah hal yang sangat berharga.

Artinya, kamu tak perlu sibuk mencari kebahagiaan kesana kemari, cukup jaga kesehatan saja, maka kamu akan bahagia selalu. Terutama yang harus dijaga adalah kesehatan pikiran, tetap berpikir positif.

Baca Juga : 

Kebahagiaan sejati ada didalam diri kita masing-masing. Daripada lelah mencari dimana kebahagiaan itu berada, ada baiknya untuk menyelidiki penyebab-penyebab ketidakbahagiaan didalam kita. Semoga artikel ini bermanfaat.