in , ,

4 Cara Membangun Hubungan yang Baik Dengan Pelanggan

Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan
Cara Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah satu hal yang paling penting dalam menjalankan usaha. Sebagai pemilik usaha, tentunya kamu perlu mengetahui seperti apa konsumen yang membutuhkan.

Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu kita mengetahui keluhan, kepuasan dan kebutuhan mereka. Tentunya menjaga hubungan dengan konsumen saat ini memberikan kita keuntungan lebih besar daripada mencari pelanggan baru.

Maka jangan pernah biarkan pelanggan yang sudah datang pergi meninggalkan bisnis yang kamu jalankan. Jagalah hubungan tersebut dengan membangun interaksi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Jika kita berhasil menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, dari waktu ke waktu bisnis kita akan semakin berkembang.

Berikut cara-cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan!

1. Berkomunikasi Dengan Baik

Berkomunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan
Berkomunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tentunya kita butuh komunikasi. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga pasti tahu tentang hal ini, namun jangan hanya berkomunikasi dan merayu pelanggan di awal saja lalu membiarkannya pergi.

Tetap jaga komunikasi tersebut dengan meminta nomor kontak, email dan lainnya baik sebelum, selama atau setelah proses penjualan.

Satu kunci dalam berkomunikasi yang baik, kita tidak boleh hanya berbicara saja tetapi juga perlu mendengarkan.

Jangan hanya melakukan promosi dan promosi melulu, sesekali kirimkan email berupa pertanyaan sehingga pelanggan ikut andil dalam komunikasi dua pihak.

Berikut contoh-contoh komunikasi yang diperlukan dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan:

  • Mengirim email tentang promosi terbaru secara pribadi
  • Mengirim beberapa pertanyaan singkat tentang keluhan, kepuasan dan kebutuhan klien
  • Undang mereka untuk mengikuti platform social media/blog perusahaan

2. Berikan Sesuatu yang Melebihi Harapan

Berikan Hal Lebih Kepada Pelanggan
Berikan Hal Lebih Kepada Pelanggan

Bukan hanya membawa uang, pelanggan datang juga membawa harapan tentang produk yang akan dibeli. Sebagai pemilik usaha, kamu perlu berpikir satu langkah di depan pelanggan.

Semisal saat pelanggan bertanya-tanya tentang sepatu, jelaskan lebih banyak dan sebanyak mungkin dari apa yang mereka tanyakan. Tawarkan semua yang menurut kamu cocok untuk pelanggan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Berikan penawaran dan promosi, lalu berikan mereka lebih dari apa yang di promosikan.

Jika kamu menjalankan bisnis online, katakan pada pelanggan bahwa barang akan sampai seminggu ke depan, namun pada kenyataannya barang akan sampai 3 hari kemudian.

Atau semisal, ketika total belanjaan 1 juta 2 ratus ribu dan pelanggan telah mentransfer uang tersebut, berikan mereka cashback sebesar seratus ribu.

Berikan pelanggan kepuasan melebihi apa yang mereka duga. Ketika pelanggan terkesan, maka mereka akan kembali lagi.

Baca Juga : 7 Cara Memulai Bisnis Baru dari Nol Khusus Bagi Pemula

3. Perkuat Hubungan Lewat Media Sosial

Perkuat Hubungan Lewat Sosial Media
Perkuat Hubungan Lewat Sosial Media

Di era internet saat ini, tentunya semua orang tidak lepas dari penggunaan media sosial. Maka manfaatkanlah kesempatan ini untuk memperluas jaringan serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Menurut laporan yang dipublikasi oleh Sprout Social 78% orang ingin toko/perusahaan terhubung melalui media sosial, dan 76 % responden lebih cenderung membeli merek yang terhubung dengan media sosial daripada pesaing.

Mengetahui data tersebut tentu membuka mata kita untuk segera mengembangkan pelanggan dan hubungan yang baik dengan pelanggan lewat media sosial.

Komunikasi yang dibangun lewat media sosial tentu berbeda dengan komunikasi yang dilakukan secara langsung, berikut beberapa tips membangun hubungan yang baik dengan pelanggan lewat media sosial:

  • Fast Response!

Semakin besar kesempatan untuk mengembangkan usaha, maka semakin besar pula tantangannya. Mungkin kita sudah sering melihat bagaimana pelanggan marah-marah di media sosial karena respon yang terlalu lambat dari penjual.

Sebagai pemilik usaha, tentu kamu tidak ingin membuat pelanggan kecewa karena hal itu dapat memperburuk nama baik perusahaan.

Untuk mengatasinya, tentu kamu perlu mempercepat respon agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu. Respon cepat bukan hanya menyenangkan pelanggan, tetapi juga dapat membangun kepercayaan mereka sehingga hubungan dengan pelanggan berjalan baik.

  • Mengapresiasi Konten yang Dibuat Pelanggan

Dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, ada cara yang lebih menyenangkan hati mereka daripada sekedar respon cepat.

Apresiasi dan posting ulang konten yang dibuat pelanggan sehingga mereka merasa lebih bersahabat dengan perusahaan.

Di era sosial media saat ini, tentunya hampir semua orang suka memposting foto-foto makanan, baju, sepatu sampai kopi. Terkadang ada beberapa pelanggan yang menandai akun perusahaan di platform sosial media.

Nah, sebagai pemilik usaha harusnya kita lebih cermat dalam melihat situasi tersebut. Jika ada seorang pelanggan yang memposting foto dan menandai akun perusahaan kamu di sosial media, maka lakukan posting ulang.

  • Dengarkan Ide Dari Pelanggan

Mendengarkan pendapat para pelanggan di media sosial akan membawa lebih banyak keberuntungan bagi usaha yang kamu jalankan.

Sebaik apapun ide bisnis yang kamu buat, selalu ada kemungkinan akan komentar-komentar negatif dengan usaha yang kamu jalankan, maka sangat penting untuk mendengarkan keluhan pelanggan dengan cermat.

Survey telah membuktikan bahwa 70% pelanggan memberikan komentar di media sosial untuk menyadarkan pemilik usaha akan suatu masalah tertentu.

Maka tanggapi dengan cepat komentar-komentar negatif yang muncul. Simak baik-baik lalu periksa kembali produk yang telah kamu sebar luaskan.

Ini sangat berguna membangun hubungan baik dengan pelanggan serta memperbaiki usaha yang kamu jalankan.

4. Berikan Hadiah

Hadiah
Hadiah

Alih-alih menambah pelanggan baru, hadiahi pelanggan lama dengan program diskon, kompetisi dan lainnya. Maka dengan senang hati dan tanpa harus diminta, pelanggan lama kamu akan menjadi sales tanpa bayaran yang rela mengiklankan usaha kamu.

Lakukan program loyalitas, ketika membeli barang pelanggan akan mendapatkan poin. Tentukan seberapa banyak poin yang harus dikumpulkan untuk mendapatkan hadiah-hadiah tertentu.

Hadiah bisa berupa diskon. Bisa juga berupa barang-barang seperti kaca mata, topi, kaos hingga hadiah yang lumayan besar seperti smartphone dan jam tangan.

Terutama berikan hadiah kepada pelanggan lama, karena menurut survey pelanggan lama berani membelanjakan uangnya 67% lebih banyak daripada pelanggan baru.

Baca Juga : 6 Teknik Berbicara Dengan Klien Agar Lebih Meyakinkan

Akhir Kata

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan tentu tidak dapat selesai dalam satu malam. Hal ini tentu akan merepotkan kamu dan para karyawan kamu dalam jangka pendek.

Tapi bersiaplah untuk keuntungan jangka panjang yang lebih indah daripada apa yang kamu bayangkan. Sebab hubungan yang baik dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan sebuah usaha.

Demikianlah artikel tentang cara membangun hubungan baik dengan pelanggan. Semoga bermanfaat!