in ,

6 Cara Membangun Mental Yang Kuat untuk Diri Sendiri

Cara Membangun Mental yang Kuat
Cara Membangun Mental yang Kuat

Ketangguhan mental tentu saja sangat penting agar kita bisa mencegah gangguan-gangguan mental. Kepedulian terhadap kesehatan mental di generasi milenial ini mengalami peningkatan.

Tentu saja baik jika orang-orang sering membahas gangguan mental dan cara-cara menyembuhkan seseorang dengan gangguan mental. Tapi sayangnya kita sering melupakan bagaimana cara membangun ketangguhan mental.

“Apa yang dimaksud ketangguhan mental?”

Ketangguhan mental berarti kamu bisa mengatur emosi, mengelola pikiran, bersikap positif terlepas dari apapun kondisi.

Bukan hanya orang yang sedang kecewa saja yang bisa merasakan panik dan cemas,  beberapa orang yang dalam kondisi stabil tanpa masalah pun bisa saja merasa panik, cemas dan lain-lain.

Hal ini dikarenakan lemahnya mental seseorang, terlepas dari apapun kondisi yang sedang ia alami. Kabar baiknya, ada beberapa cara untuk membangun ketangguhan mental agar kita tidak mudah goyah.

1. Rutin Melakukan Latihan Fisik dan Kreativitas Otak

Rutin Melakukan Latihan Fisik
Rutin Melakukan Latihan Fisik

Kembali mengingat nasehat orang-orang dahulu, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan fisik kita bisa memengaruhi kesehatan mental.

Maka saat kamu melakukan olahraga, sebenarnya kamu tidak hanya menjaga kebugaran tubuh saja tetapi juga membangkitkan ketangguhan mental.

Dan selanjutnya juga perlu diikuti dengan melatih kreativitas, membuat karya seperti kerajinan tangan dan lainnya. Jika kita rutin melatih kesehatan fisik dan kreativitas otak, secara otomatis kita juga akan membangkitkan ketangguhan mental.

Untuk sekadar saran, kita juga bisa melatih kesehatan fisik dan kreativitas otak secara bersamaan dengan berkebun. Tapi ada baiknya kamu melakukan hobi yang benar-benar kamu sukai.

Apapun kegiatan itu, setidaknya ia bermanfaat. Sebab aktivitas tangan dan otak yang dilakukan untuk membuat sesuatu dapat melatih mental kita.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak Agar Lebih Fokus

2. Membiasakan Diri Menghadapi Ketidaknyamanan

Membiasakan Diri Dengan Ketidaknyamanan
Membiasakan Diri Dengan Ketidaknyamanan

Kita seringkali takut pada masalah. Tapi kita lupa bahwa menghindari masalah sama saja membatasi diri menjadi lebih berkembang.

Ada banyak hal-hal yang menjadi ketidaknyamanan dalam diri kita, bahkan hal-hal kecil seperti tidak mau mendengarkan kritik dari orang lain.

Jika kita mencoba untuk memberanikan diri, mungkin saja kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat mental dan bijaksana.

Dalam masalah-masalah lain seperti menghadapi kegagalan pun kita selalu takut. Padahal dari kegagalan kita bisa belajar banyak ilmu dan tentu saja menguatkan mental kita.

Jadi anggaplah kegagalan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, bukan alasan untuk menyerah. Mengubah sudut pandang kita dalam menyikapi kegagalan akan mengarahkan kita untuk menemukan cara yang lebih baik lagi!

3. Tetap Fokus Pada Kendali

Tetap Fokus Pada Kendalimu
Tetap Fokus Pada Kendalimu

Menghabiskan waktu menggunakan otak untuk memikirkan hal-hal yang tidak bisa dikendalikan dapat melemahkan mental kita. Semakin fokus kita pada hal-hal yang diluar kendali, semakin sedikit peluang kita untuk menjadi kreatif.

Jangan mengeluh tentang hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan. Biarkan saja, begitulah hidup.

Jangan pula khawatir apakah kamu dapat menyenangkan orang lain, jadi dirimu sendiri. Apapun yang kamu lakukan, pasti ada saja orang-orang yang setuju dan tidak setuju.

Kembali fokus pada dirimu. Hemat energi dan pikiranmu untuk hal-hal yang lebih produktif. Ketika pikiranmu mengawang tanpa fokus, segera alihkan pada topik yang lebih bermanfaat.

Membiasakan diri untuk melatih pikiran tetap fokus dapat membantu kita membangun ketangguhan mental.

4. Mengurangi Porsi Waktu Penggunaan Medsos dan Game Online

Mengurangi Penggunaan Sosial Media
Mengurangi Penggunaan Sosial Media

Poin ini tentu tidak berlaku bagi kamu yang menghasilkan manfaat dari media sosial atau game online. Tetapi…

Jika menggunakan media sosial hanyalah pengalihan dari waktu kosongmu. Jika bermain game online adalah pelarian dari sepimu. Maka hentikan sekarang.

Jangan berpikir bahwa kamu akan ketinggalan berita jika tidak menggunakan media sosial. Jangan berpikir bahwa kamu akan kelihatan bodoh karena tidak tahu bermain game online.

Dan jangan membuka media sosial disaat kondisimu sedang dalam tekanan, sebab penelitian telah membuktikan bahwa media sosial dapat membuat stress lebih parah.

Ketangguhan mental dapat dibangun dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman yang positif. Hubungan yang sehat dengan orang-orang terkasih dapat menguatkan mental kita dalam menghadapi berbagai masalah.

Sebarkan cinta kepada orang-orang, sebab saat kita menolong orang yang sedang mendapatkan masalah juga bisa menguatkan mental dan menambah kebahagiaan kita.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Media Sosial Membuat Kebahagiaan Terancam

5. Rutin Melakukan Latihan Spiritual

Rutin Melakukan Latihan Spritual
Rutin Melakukan Latihan Spritual

Saat kita merasa hebat di atas dunia ini, maka saat itu pula kita mudah jatuh. Namun beginilah kenyataannya, keyakinan yang kita pegang pun tergantung pada masa lalu.

Dengan kata lain sebenarnya tidak ada dari kita yang benar-benar menjadi diri sendiri, sebab faktor eksternal dan pengalamanlah yang membentuk kita.

Tapi apapun yang kamu yakini, lakukanlah latihan spiritual seperti meditasi atau ritual keagamaan, sebab kekuatan mental seseorang terletak pada apa yang ia yakini.

Coba periksa lagi pikiran kita masing-masing tentang apa yang kita yakini dan apa yang kita tuju. Saat kita sudah benar-benar bulat dalam meyakini sesuatu maka mental kita juga akan semakin tangguh.

6. Melakukan Kontak Dengan Alam

Melakukan Kontak Dengan Alam
Melakukan Kontak Dengan Alam

Sadarilah bahwa di era modern ini sebenarnya kita membangun dinding-dinding penghalang yang memisahkan kita dengan alam. Cobalah pikirkan mengapa kamu merasa jenuh saat bekerja di depan komputer dengan punggung yang semakin pegal.

Memang semuanya sudah berubah. Sangat sulit untuk lepas dari rutinitas yang sudah kita bentuk ini, tapi untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja, cobalah ubah posisi duduk, berdiri dan lakukan senam-senam kecil.

Nah, untuk semakin memperkuat inti mental kita, cobalah sesekali melakukan kontak dengan alam. Pergilah ke tempat-tempat yang indah dan alami sebab dari sanalah kita berasal.

Cari tempat hening di alam dan merenungkan apa masalah kamu sebenarnya. Namun jika hal itu terlalu sulit untuk kamu lakukan, maka cobalah menghijaukan halaman rumah.

Berkebun atau sekedar menanam bunga dapat membantu kita membangun kekuatan mental. Bersamaan dengan bunga yang kita tanam dan rawat setiap hari, kondisi mental kita juga akan semakin bertumbuh dan kuat.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Menjadi Lebih Produktif

Akhir Kata

Sedari kecil hingga kini mental kita dibentuk secara alami oleh pengalaman, pengetahuan dan faktor eksternal. Sekarang sudah saatnya kita membangun ketangguhan mental dengan cara kita sendiri.

Apakah kamu masih belum berani mengambil keputusan?

Hal ini sangat penting, sebab menjadi seseorang yang lemah mental tentu sangat menyedihkan. Membuat kita selalu merasa cemas, bingung dan panik di setiap kondisi.

Demikianlah artikel tentang cara membangkitkan ketangguhan mental! Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Klik icon instagram jika ingin mengenal saya lebih dekat!