7 Cara Membuat Hubungan Bertahan, Meski Takdir Sepenuhnya Milik Tuhan

Terlepas dari jodoh ataupun bukan, kalian tetaplah harus saling membahagiakan selagi waktu masih memberikan kebersamaan.

Widi Adawiah Widi Adawiah · 4 min read >
Membuat Hubungan Tetap Bertahan Lama

Hal yang paling indah ketika mencintai yaitu dengan dicintai kembali. Ketika kamu merasa telah menemukan orang yang tepat, maka tentu saja kamu tidak pernah menginginkan hubunganmu berjalan dengan singkat. Kamu akan melakukan berbagai cara untuk mempertahankan hubungan kalian, terlebih jika cinta telah mengendalikan isi kepala, benar begitu?

Memang, takdir dan jodoh itu sepenuhnya milik tuhan. Namun, sebagai hamba-Nya kita juga diharuskan untuk tetap berusaha. Terlepas dari jodoh ataupun bukan, kalian tetaplah harus saling membahagiakan selagi waktu masih memberikan kebersamaan.

Banyak yang menyesal setelah kehilangan karena merasa telah gagal mempertahankan cinta yang selama ini ia jaga. Atau ada juga yang terlambat menyadari saat menyakiti seseorang yang terbaik namun kini ia telah pergi karena tak lagi kuat menahan pelik.

Lalu, bagaimana cara agar hubunganmu dengan pasangan tetap bertahan lama ? Berikut tips yang bisa langsung kamu coba.

1. Kunci Dari Sebuah Hubungan Adalah Kepercayaan

Kepercayaan
Kepercayaan

Orang bilang bahwa percaya sudah tentu cinta namun cinta belum tentu percaya, lalu apa yang kamu rasakan terhadap pasanganmu? Sebelum kamu mencintainya usahakan kamu telah percaya padanya. Kamu harus percaya bahwa dia adalah orang yang tepat, juga seseorang yang memang pantas menerima hatimu.

Kamu bisa mencari tahu dulu sifat dan sikapnya sebelum memutuskan untuk jatuh hati padanya. Lakukan semua itu di dalam proses pendekatan, cari tahu lewat social media nya, teman dekatnya atau bisa kamu lihat langsung ketika ia sedang bersamamu.

Setelah kamu merasa percaya padanya maka masalah-masalah kecil dalam hubungan tidak akan menimbulkan perpisahan.

Ketika dia pergi sekadar untuk membicarakan pekerjaan dengan teman perempuannya, atau bertukar pesan dengan perempuan lainnya maka itu semua tidak akan menjadi masalah yang besar untukmu.

Karena kamu percaya bahwa dia akan menjaga hatinya untukmu, dan kamu juga percaya bahwa dia tidak akan melakukan tindakan serendah itu dengan membagi hatinya untuk perempuan lain.

2. Komunikasi yang Baik Adalah Suatu Keharusan

Komunikasi Dalam Mempertahankan Hubungan
Komunikasi Dalam Mempertahankan Hubungan

Salah satu penyebab utama kesalahpahaman adalah komunikasi yang buruk, untuk itu komunikasi sangatlah penting dalam suatu hubungan. Bagaimana mungkin sebuah hubungan ingin terjalin dengan baik jika komunikasinya saja masih buruk? Komunikasi yang baik disini bukan berarti kalian harus tetap chattingan selama 24 jam, duh repot sekali.

Komunikasi yang baik terletak dari bagaimana kamu mengatur prioritas, artinya sesibuk apapun kamu jika pasanganmu adalah prioritasmu maka kamu tidak akan lupa hanya untuk sekadar berkabar.

Terlebih bagi perempuan kabar adalah hal yang sangat penting, ketika kamu menyempatkan waktu untuk mengirimkan ia pesan di sela-sela kesibukan maka saat itu juga dia merasa kamu menghargainya sebagai pasangan.

Tidak usah banyak banyak dan panjang lebar, ucapakan hal-hal manis yang mampu membuatnya senyum-senyum sendiri.

Misalnya,

“Selamat pagi, semangat untuk mengejar mimpi. Salam sayang, yang kau cintai” Click To Tweet

Hanya sependek itu namun mampu membuatnya semangat dalam jangka panjang. Setelah itu lakukanlah aktivitas kalian berdua dengan focus, jika sempat kembali berkabar di waktu luang atau istirahat, jika tidak maka malam adalah waktu yang tepat untuk merebah dan menuangkan segala rindu.

Luangkan waktu untuk tetap berkomunikasi meskipun sebentar, maka hubunganmu akan terjauh dari pertengkaran yang mengundang perpisahan.

3. Berilah Ruang Untuk Diri Sendiri

Memberi Ruang Untuk Me Time atau Sekedar Melakukan Hobi
Memberi Ruang Untuk Me Time atau Sekedar Melakukan Hobi

Meski menyatukan dua hati bukan berarti kita harus kehilangan diri sendiri, baik kamu atau pasanganmu tentu saja kalian membutuhkan masa dimana kalian ingin menikmati waktu sendiri.

Lakukanlah jadwal me time untuk kalian, jangan terus menerus menghabiskan waktu berdua. Selain menghindari rasa bosan namun hal ini juga bisa menjadikanmu dan pasanganmu tetap produktif.

Jangan pernah melarang pasanganmu untuk pergi atau nongkrong bersama teman-temannya, karena ia berhak untuk menikmati waktu itu, pun kamu juga begitu.

Jangan sampai karena kalian berpacaran maka waktu untuk bersama teman semakin di abaikan. Hal ini penting untuk dilakukan agar kalian bisa tetap menjadi pribadi yang menyenangkan meskipun sudah memiliki pasangan. Duniamu tidak hanya tentang pacar bukan?

4. Hindari Cemburu Buta

Cemburu Membuat Hubungan Mudah Runtuh
Cemburu Membuat Hubungan Mudah Runtuh

Memang benar jika cemburu adalah tanda cinta, namun akan berbahaya jika porsinya berlebihan. Bukan tidak mungkin jika kamu mencemburuinya tanpa sebab dan Karena masalah sepele maka dia akan merasa kamu tak lagi mempercayainya.

Cobalah untuk saling mengerti posisi masing-masing, jika dia benar mencintaimu maka dia tidak akan mengkhianatimu dan jika benar kamu mencintainya maka kamu akan percaya kalimat itu.

Jika ada yang menyukai pasanganmu maka itu bukan salah dia, lakukanlah cara yang elegan untuk menghadapinya. Tunjukkan pada pasanganmu bahwa kamu memiliki sisi kedewasaan yang mampu membuatnya bertahan. Jangan sampai kamu merusak segala yang telah kalian bangun dan membuat orang lain merasa menang, ya.

5. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah Diri Sendiri
Jadilah Diri Sendiri

Mencintainya bukan berarti harus menjadi sesorang yang sesuai dengan keinginannya. Tidak perlu untuk berusaha merubah apa yang tidak bisa kamu ubah, jika dia mencintaimu dengan tulus maka dia akan menerimamu apa adanya.

Setinggi apapun kriteria, jika rasa nyaman telah ada maka semuanya akan sirna. Karena bukan sempurna yang membuat hubungan bahagia, melainkan kenyamanan saat bersamanya.

Setiap orang tentu akan merasa tidak nyaman jika harus berpura-pura, seperti halnya kamu jika memaksa untuk terlihat berbeda.

Bukannya suka, pasanganmu justru akan risih karena kamu tidak menjadi dirimu sendiri. Bagaimana mungkin kamu akan mencintai pasanganmu jika kamu saja tidak bisa mencintai diri sendiri? Jangan jadi orang lain agar dicintai, sejatinya cinta akan datang pada jiwa yang bangga akan dirinya sendiri.

6. Pandai Mengatur Emosi Ketika Pertengkaran Menghampiri

Mengatur Emosi Saat Bertengkar Dengan Pasangan
Mengatur Emosi Saat Bertengkar Dengan Pasangan

Tidak ada hubungan yang selalu baik-baik saja, pertengkaran akan selalu ada untuk menjadi bumbu di dalamnya. Seharusnya pertengkaran itu menguatkan, bukan malah mendorong pada perpisahan. Kamu dan pasanganmu harus pandai mencari solusi saat pertengkaran menghampiri. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah dengan menjaga emosi.

Saling mengerti adalah kesepakatan dalam mencintai, untuk itu harus ada yang mengalah diantara kalian ketika kesalahpahaman terjadi. Jika api dibalas api, maka yang tersisa adalah abu. Jangan mencari siapa yang salah, tapi carilah solusi agar kalian tidak saling menyalahkan.

Jika terjadi pertengkaran, lebih baik beri waktu untuk kalian berpikir dan menenangkan diri. Lalu kembali dengan hati yang tenang dan menyelesaikan semuanya. Jangan menunda masalah terlalu lama, karena semakin kalian mengabaikannya ia akan semakin menjadi duri dalam hubungan kalian.

Dan yang terpenting adalah jangan mudah untuk mengucapakan kata pisah, ingatlah perjuangan yang telah kalian lalui juga mimpi-mimpi yang telah terangkai selama ini. Selagi bisa bertahan maka pertahankanlah, jangan sampai kehilangan membawamu pada penyesalan yang menyakitkan.

7. Luangkan Sedikit Waktu Untuk Berduaan

Memilih Waktu Berduaan Bersama Pasangan
Memilih Waktu Berduaan Bersama Pasangan

Meskipun kalian sibuk dengan dunia masing-masing, namun menghabiskan waktu berdua sangat penting untuk menjada keharmonisan dalam hubungan. Jangan terlalu sering, cukup satu kali dalam sepekan misalnya. Sesempatmu saja, yang penting dia tetap menjadi prioritas utama.

Bukankah dia juga salah satu tujuan dari lelahmu bekerja? Jadi menghabiskan waktu dengannya juga bisa menjadi obat dari segala macam stress akibat beban pekerjaan.

Kalian juga perlu waktu untuk berbagi cerita, menguatkan rasa, juga membayar rindu yang selama ini terjaga. Kebersamaan yang tercipta mampu menjauhkanmu dari orang ketiga, jangan sampai pasanganmu tergoda karena kamu sangat jarang ada saat dia membutuhkannya.

Sekarang mulai atur jadwal pertemuanmu, ya! Jika kamu dan pasanganmu LDR, masih banyak media komunikasi yang bisa di manfaatkan. Menghabiskan waktu berdua tidak terpaku pada tatapan mata, kan?

Nah itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan agar hubunganmu dengan dia bertahan lama, apakah selama ini kamu sudah melakukannya? Setelah membaca artikel ini semoga kamu bisa mempraktikannya agar tidak lagi gagal dalam hubungan percintaan ya.

Baca Artikel Terkait: 

Sekali lagi, jodoh memang di tangan tuhan, namun sebagai manusia kita juga wajib berusaha. Sejatinya kita memang tidak pernah memiliki apapun di dunia ini, karena pada akhirnya kita juga akan kembali pada sang maha pemilik.

Yang bisa kita lakukan adalah berusaha membuat kebahagiaan untuk seseorang yang tuhan amanahkan dalam bentuk cinta. So, semoga berhasil ya!

Widi Adawiah
Kenali seseorang dari karya, bukan rupa. Read Full Profile