in

Cara Membuat Hubungan Pernikahan Suami-Istri Semakin Kuat

Cara Membuat Hubungan Pernikahan Semakin Kuat
Cara Membuat Hubungan Pernikahan Semakin Kuat

Menjaga hubungan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Ada perbedaan yang cukup besar antara hubungan pacaran dan pernikahan.

Dengan adanya pernikahan yang sudah kamu dan pasanganmu lakukan, artinya kalian sudah mengucapkan janji untuk hidup bersama selamanya. Meski pada kenyataannya sudah ada cukup banyak pasangan menikah yang mengakhiri hubungannya dengan perceraian.

Untuk kamu yang sudah menikah, kamu pasti sudah mengerti perbedaan yang ada dalam kehidupan pacaran dan pasca pernikahan. Mungkin selama kamu menjalani kehidupan pernikahanmu, kamu sudah mengalami banyak ujian di dalamnya.

Dalam menghadapi masalah-masalah yang datang, kamu dan pasanganmu harus berjuang bersama dan sebisa mungkin tetap bergandengan tangan dalam mencari solusi terbaiknya.

Sudah pasti masalah dalam kehidupan rumah tangga akan membuat hubungan di dalamnya mungkin sedikit renggang atau retak. Namun jika ada hal yang bisa melemahkan sebuah hubungan, tentu juga akan ada hal yang bisa menguatkannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin memperkuat hubungan pernikahan dengan pasangan.

1. Jangan Campur Adukkan antara Urusan Pekerjaan dengan Urusan di Rumah

Jangan Campur Adukkan Urusan Pekerjaan dan Rumah Tangga
Jangan Campur Adukkan Urusan Pekerjaan dan Rumah Tangga

Jika kamu adalah seorang pekerja, kamu harus paham bahwa tidak baik untukmu membawa urusan pekerjaan ke rumah. Selalu usahakan untuk menyelesaikan semua urusan pekerjaan di tempat kerja.

Jika kamu sudah sampai di rumah, artinya sudah saatnya kamu hanya fokus pada pasangan dan keluarga kecilmu.

Bukan hal yang buruk jika kamu ingin bercerita atau berdiskusi dengan pasanganmu perihal apa yang terjadi di tempatmu bekerja. Namun kamu juga harus jeli dalam memperhatikan wajah pasanganmu.

Bisa saja dia tidak suka dengan sikapmu yang selalu mementingkan pekerjaan, bahkan setelah kamu berada di rumah bersamanya sekali pun.

Kamu harus memberikan perhatian yang cukup untuk pasanganmu. Jangan sampai dia merasa bahwa kamu hanya mementingkan pekerjaan dan tidak terlalu mempedulikan segala hal tentangnya.

Pastikan kamu memiliki quality time yang cukup bersama keluargamu.

Baca Juga : 5 Tanda Bahwa Selama Ini Pasanganmu Tak Merasa Bahagia

2. Memberi Pujian Kepada Pasangan Ketika Dia Melakukan Hal yang Benar

Memberi Pujian Ketika Melakukan Hal Yang Benar
Memberi Pujian Ketika Melakukan Hal Yang Benar

Ada yang bilang bahwa masa pendekatan adalah masa yang paling indah. Biasanya saat pacaran keindahan itu akan berkurang, terlebih jika sudah menikah dan memiliki anak.

Saat masih pacaran dulu pasangan mungkin sangat sering memberikan pujian, entah atas keindahan fisik maupun pencapaian dalam hal belajar dan karir.

Meskipun kamu kini sudah menikah, tidak ada salahnya untuk tetap memberi pujian pada pasangan. Jika pasanganmu sudah melakukan suatu hal yang benar, maka berikanlah dia pujian yang tulus.

Dengan begitu dia akan merasa bahagia dengan apresiasi yang kamu berikan dan kehidupan rumah tanggamu akan lebih hangat tentunya.

Baca Juga : Menambah Kemesraan, Inilah Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan

3. Anak Memang Segalanya, Tapi Jangan Lupa untuk Tetap Memprioritaskan Pasangan

Jangan Lupakan Pasangan
Jangan Lupakan Pasangan

Setelah menikah dan memiliki anak, pasti perhatianmu akan terpecah. Kamu harus membagi perhatianmu untuk anak dan pasanganmu. Di saat seperti ini kamu dituntut untuk bersikap adil.

Dalam hal ini biasanya ada banyak pasangan yang akhirnya lalai. Mereka lebih mementingkan anak sehingga lupa untuk memperhatikan pasangannya. Kalau bisa, hal seperti ini jangan sampai terjadi ya.

Meski kamu sangat menyayangi anakmu, jangan lupa bahwa keberadaan anakmu juga berkat usaha dan kerja keras pasanganmu.

4. Menjadwalkan Waktu Bercengkrama Bersama untuk Bicara dari Hati ke Hati

Jadwalkan Waktu Bercengkrama
Jadwalkan Waktu Bercengkrama

Semakin dewasa, pasti kesibukan seseorang akan semakin padat. Terlebih untuk para pasangan yang sudah berumah tangga. Tentunya kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk bisa bersantai dengan keluarga.

Kesibukanmu di tempat kerja seringkali membuatmu jengah dan emosi yang kamu simpan dari tempat kerja tak jarang kamu lampiaskan pada pasanganmu saat berada di rumah.

Komunikasi dalam hubungan pernikahan harus benar-benar dijalin dengan baik. Jangan sampai ada kesalahpahaman dalam hubungan tersebut. Kamu harus mulai mencari cara agar komunikasi yang terjalin antara kamu dan pasanganmu bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu caranya adalah dengan membuat jadwal untuk bisa bercengkrama bersama. Misalnya pada sore hari dengan ditemani segelas teh dan kue kering atau pada akhir pekan saat kamu dan pasanganmu memiliki waktu luang yang cukup.

Baca Juga : Sadarilah, Ini 7 Hal yang Tanpa Sengaja Bisa Membuat Pasangan Terluka

5. Tidak Melupakan 3 Kata Kunci Penting dalam Kehidupan: Tolong, Terima Kasih, dan Maaf

Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih Kepada Pasangan
Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih Kepada Pasangan

Dalam menjalani sebuah hubungan sosial, tidak hanya dengan pasangan, kamu harus paham tentang pentingnya 3 kata kunci, yaitu tolong, terima kasih dan maaf.

Tiga kata itu adalah kata yang sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia, tak terkecuali dengan pasanganmu meskipun kamu sudah menikah.

Jika kamu membutuhkan bantuan dari pasanganmu, maka jangan lupa mengatakan kata tolong. Jika kamu sudah mendapatkan suatu kebaikan dari pasanganmu, maka jangan lupa untuk mengatakan kata terima kasih.

Yang terakhir saat kamu melakukan kesalahan entah kamu melakukan itu dengan sengaja maupun tidak sengaja, kamu harus mengucapkan maaf dan mengakui kesalahanmu kepadanya.

Tidak banyak orang yang mempraktikkan 3 kata penting itu dalam menjalani hubungan.

Baca Juga : 5 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Para Pengantin Baru

Akhir Kata

Nah, jika kamu juga termasuk orang yang kerap lupa untuk menggunakan 3 kata penting itu, maka mulai sekarang gunakanlah dengan baik. Jangan sampai lupa untuk menggunakan 3 kata itu.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat berguna untuk kamu dan juga pasanganmu. Segala sesuatu bisa saja terjadi di masa depan. Tidak ada yang tahu akhir dari kehidupan rumah tanggamu akan seperti apa.

Tapi setidaknya mulai dari sekarang kamu bisa berusaha untuk memperkuat hubunganmu dengan pasangan agar bisa menghadapi segala ujian yang mungkin akan menghalaumu di masa mendatang.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.