in ,

9 Cara Memotivasi Karyawan Untuk Meningkatkan Kinerja

Cara Memotivasi Karyawan

Motivasi dibutuhkan dalam berbagai hal. Meskipun sering terdengar klise, tak dipungkiri kalimat motivasi dapat membuat semangat lebih membara ketika melakukan sesuatu.

Seperti halnya pekerjaan, motivasi diperlukan agar memiliki komitmen dalam bekerja. Komitmen termasuk elemen yang penting untuk dimiliki seorang karyawan untuk meningkatkan produksi sebuah perusahaan.

Jadi atasan maupun pemimpin dari perusahaan Anda sendiri, tentu harus selalu memberikan motivasi yang maksimal untuk bawahannya. Dengan membangun komitmen karyawan terhadap perusahaan, kelancaran dan kemajuan perusahaan pun akan sejalan.

Bagaimana sih cara memotivasi karyawan yang tepat?

Simaklah tips bagi seorang pimpinnan dalam memberikan motivasi pada karyawan di bawah ini.

1. Bangun Kepercayaan Antar Karyawan Dan Perusahaan

Fondasi yang kuat di setiap hubungan adalah kepercayaan, termasuk salah satunya hubungan karyawan dan perusahaan.

Dalam memberikan motivasi kepada karyawan, penting untuk membangun rasa saling percaya. Membentuk kepercayaan yang kuat tentu akan membuat suasana bekerja lebih sehat.

Apabila karyawan melakukan kesalahan, ada baiknya dibicarakan baik – baik ketimbang bergosip di belakang dan begitu pula sebaliknya. Hindari kebohongan sekecil apapun karena dapat mengurasi rasa percaya para karyawan.

Bagaimana bisa memotivasi karyawan agar memiliki komitmen dalam bekerja kalau tidak didasari transparansi?

2. Informasikan Soal Penjelasan Jenjang Karir

Para karyawan tentunya punya harapan jenjang karir yang terjamin. Untuk memotivasi mereka, berikanlah informasi soal benefit apa yang berhubungan dengan karir, seperti misalnya mengenai promosi jabatan.

Berikanlah janji nyata tentang karir mereka sehingga para karyawan akan selalu memberikan kontribusi terbaiknya. Semangat itulah yang meningkatkan produktivitas dan juga agar mereka tidak bosan dalam bekerja.

Selain itu, ini akan meningkatkan loyalitas para karyawan karena mereka menganggap mereka berada di tempat yang tepat untuk keberhasilan karirnya.

3. Selalu Mengapresiasi Hasil Kerja Mereka

Membangun komitmen karyawan terhadap perusahaan dapat dimulai dari hal sederhana. Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi terhadap hasil kerja bawahan Anda walau sekecil apapun.

Tindakan ini tidak boleh disepelekan. Karyawan akan merasa termotivasi apabila hasil kerjanya diapresiasi secara positif.

Ketika Anda mengapresiasi prestasi para karyawan, pasti akan jadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Ini akan memacu mereka untuk terus memberikan yang terbaik.

Bentuk apresiasi tersebut misalnya bisa berbentuk bonus akhir tahun, ataupun tidak selalu berbentuk materi yakni dengan kepercayaan memberikan posisi yang lebih tinggi. Hal sederhana seperti ucapan bangga akan hasil kerja mereka pun termasuk apresiasi yang menyenangkan untuk didapat.

Selain itu, dengan begitu Anda pun dapat mengikuti perkembangan positif mereka ketika berkontribusi terhadap perusahaan.

4. Menghargai Setiap Ide Yang Diberikan

Inovasi dibutuhkan demi kemajuan perusahaan. Beruntunglah Anda jika memiliki karyawan atau bawahan yang kreatif dan inovatif.

Hargailah apapun ide yang mereka berikan sehingga di setiap pertemuan ataupun brainstorming mereka secara aktif selalu mengungkapkan ide terbaik mereka.

Cobalah tampung semua ide yang ada, kemudian baru dicerna. Terapkanlah kebiasaan ini untuk memotivasi karyawan lebih kreatif lagi.

Jangan “membunuh” ide sebelum mencoba untuk mengembangkannya. Ini malah akan membuat para karyawan jadi tidak percaya diri untuk mengeluarkan ide apapun yang mereka pikirkan.

5. Fasilitasi Karyawan Dalam Belajar Dan Berkembang

Ketika di awal menerima para karyawan bekerja, Anda tentu punya penilaian di balik alasan tersebut. Poles potensi terbaik mereka dengan memberikan fasilitas untuk belajar dan berkembang.

Setiap karyawan memiliki keunikan serta kelebihannya masing – masing. Keberagaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi perusahaan apabila diolah secara tepat.

Misalnya, ajukan seminar untuk mengasah skill mereka di bidangnya. Jadilah orang di balik perkembangan mereka sehingga para karyawan akan termotivasi dan percaya diri dengan kemampuannya dalam berkontribusi terhadap perusahaan.

6. Menjadi Panutan Bagi Para Karyawan

Sebelum memberikan motivasi pada karyawan, Anda perlu menjadi contoh yang baik terlebih dahulu. Jagalah perilaku dan wibawa baik di lingkungan kantor maupun di luar.

Jadi panutan yang positif penting apalagi untuk seorang pemimpin. Karyawan pasti memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap atasannya, maka dari itu cara untuk memotivasi mereka dimulai dari diri Anda sendiri.

Bisa dari hal sederhana, seperti dengan datang tepat waktu ke kantor agar karyawan pun jadi lebih disiplin. Kalau atasannya saja bisa datang lebih pagi, mereka akan malu seandainya telat setiap hari.

Sama seperti ritme kerja, apabila Anda menunjukkan kecepatan tetapi dengan kualitas hasil pekerjaan yang tetap baik, bawahan Anda akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

7. Adakan Acara Seru Bersama Karyawan

Kerja, kerja dan kerja terus akan bikin jenuh! Berbagai kalimat penyemangat pun jadi tidak cukup ampuh untuk meningkatkan produksi.

Hidup harus seimbang antara tekanan pekerjaan dan waktu bersenang – senang. Jadwalkanlah acara refreshing bersama para karyawan, misalnya pergi piknik ke luar kota ataupun sekadar acara seru bersama di kantor tanpa harus memikirkan pekerjaan.

Selain dapat menyegarkan kembali pikiran yang sudah stress karena padatnya deadline, ini juga menjadi sarana bonding antara Anda dengan para karyawan.

8. Menjalin Hubungan Baik Dengan Karyawan

Setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional. Namun demikian, bukan berarti ini menjadi dinding pembatas untuk menjalin hubungan sosial lebih dari atasan dan anak buahnya.

Menjalin hubungan baik secara personal terlepas dari urusan pekerjaan akan memotivasi karyawan untuk bekerja dan berkomitmen lebih. Para karyawan pun bisa jadi lebih terbuka terhadap atasannya.

Misalnya, makan siang bersama dan saling tukar cerita. Dari sini, karyawan akan mulai merasa nyaman berbicara dengan Anda namun masih tetap sopan dengan menjaga etika.

Kalau sudah ada kedekatan, mereka akan segan kalau tanggung jawab mereka tidak diselesaikan dengan baik. Bukan karena takut dimarahi, melainkan takut mengecewakan Anda sebagai seorang rekan sekaligus atasan.

9. Menciptakan Suasana Kerja Yang Positif

Karyawan dituntut untuk selalu bekerja dengan maksimal. Untuk mendapatkan hal tersebut, ini berkaitan dengan suasana kerja yang diciptakan oleh atasannya.

Suasana kerja yang positif berbanding lurus dengan produktivitas para karyawan. Kalau di kantor menyenangkan, menyelesaikan pekerjaan pun akan terasa tanpa beban.

Mudahnya, Anda bisa mulai dari menunjukkan sikap yang ramah, selalu tersenyum, dan memberikan semangat kepada para karyawan sehingga mereka tidak tegang setiap satu ruangan dengan Anda.

Ini termasuk cara memotivasi karyawan agar memiliki komitmen dalam bekerja. Dengan begitu, mereka pun akan memberikan hasil terbaik yang tidak akan membuat Anda kecewa.

Baca Juga : 20 Cara Untuk Menjadi Manajer yang Baik dan Menginspirasi

Akhir kata, demikian beberapa cara untuk memotivasi karyawan agar memiliki komitmen dalam bekerja.

Sebagai pemimpin, pasti Anda sudah merasakan sendiri bagaimana sulitnya mengatur individu dengan beragam sifat serta watak, terutama karyawan yang susah diatur.

Melakukan pendekatan yang tepat merupakan cara terbaik agar para karyawan termotivasi memberikan komitmen terbaik mereka untuk perusahaan.

Lihat juga cara Anda memotivasi mereka, apakah sudah sesuai atau belum. Mulailah dari diri sendiri sehingga dapat menjadi contoh terbaik untuk para karyawan Anda.

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.