in ,

Kamu Terlalu Sibuk, Berikut 3 Cara Memperbanyak Waktu Luangmu

Cara Memperbanyak Waktu Luang
Cara Memperbanyak Waktu Luang

Akhirnya jam kerja yang sibuk telah usai, namun sebelum kamu bisa bersantai di rumah, kamu harus melewati jalanan yang macet selama 45 menit terlebih dahulu. Saat akhirnya kamu sampai di rumah, kamu langsung berbaring di sofa dan merasa benar-benar capek. Apakah skenario tersebut terdengar tak asing untukmu?

Skenario di atas memang sangatlah umum, apalagi di kota-kota besar. Dan parahnya lagi, skenario di atas tak terjadi sekali dua kali saja, tapi banyak orang yang mengalami hal tersebut setiap harinya!

Maka dari itu, bukanlah suatu hal yang mengejutkan kalau banyak orang merasa kewalahan dengan pekerjaan mereka dan stres dengan berbagai tuntutan kehidupan yang harus dilaksanakan.

Mereka merasa kalau mereka tak punya waktu dan energi untuk mencapai apa yang mereka inginkan atau melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Atau ada juga beberapa orang yang bahkan tak punya waktu luang untuk melakukan apa yang memang seharusnya di lakukan! Ya, seperti itulah fakta dan kondisi dari banyak manusia modern di zaman sekarang ini.

Untuk memberikanmu beberapa contoh tentang hal di atas, cobalah bayangkan kehidupan dan tekanan yang harus dirasakan oleh orang tua yang bekerja setiap harinya hingga malam atau kehidupan dari orang-orang yang bekerja di banyak pekerjaan sekaligus karena mereka tak punya pilihan lain untuk membayar berbagai kebutuhannya?

Apakah kamu merupakan salah satu dari orang-orang itu? Jika iya, tak usah khawatir karena artikel ini akan membahas tentang cara simpel merapikan hidupmu sehingga kamu punya waktu luang untuk melakukan berbagai hal yang kamu inginkan.

Seperti uang, kamu juga harus punya budget untuk waktumu. Hal ini karena waktu itu adalah termasuk sumber daya yang tak bisa diperbarui, jadi kamu tak akan bisa mendapatkan waktumu lagi kalau sudah kamu gunakan.

Maka dari itu, penting untuk memahami kemana waktumu digunakan dan di mana kamu bisa meningkatkannya, terutama jika kamu merasa kewalahan dengan semua hal yang ada di hidupmu.

1. Prioritaskan Kegiatan Sehari-harimu dan Atur Jadwal Yang Harus Dilakukan

Prioritaskan Kegiatan Sehari-harimu
Prioritaskan Kegiatan Sehari-harimu

Kamu mungkin akan terkejut kalau rata-rata manusia modern itu mengkonsumsi sekitar 34 GB informasi setiap harinya. Dan itu belum termasuk dengan 50.000 pemikiran yang terjadi di otakmu setiap harinya. Luar biasa, kan?

Dengan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan otakmu itu, tak heran kalau kamu merasa tertekan dan kewalahan dengan berbagai informasi serta data yang tak berhenti menyerangmu setiap waktunya.

Untungnya, ada satu cara simpel untuk mengambil kendali dari pikiranmu dan hal ini menggunakan sesuatu yang kemungkinan besar selalu kamu bawa ke mana-mana setiap harinya, yakni smartphone-mu. Yup, handphone canggihmu itu bisa bertindak sebagai alat pengingat dan pengatur yang sempurna.

Jadi begini. Daripada mencoba–dan ujung-ujungnya gagal mengingat segala informasi penting yang datang ke hidupmu, kamu bisa mengandalkan smartphone-mu untuk melakukan hal tersebut. Tak hanya itu saja, smartphone-mu itu juga bisa membantumu untuk merencanakan sesuatu yang ingin kamu lakukan.

Mungkin kamu lebih sering menggunakan smartphone-mu untuk media sosial, membaca berita, melakukan panggilan dan selfie. Namun, smartphone-mu dinamakan smartphone karena bisa melakukan berbagai hal luar biasa lain, terutama jika kamu punya aplikasi yang tepat untuk melakukannya.

Sangat direkomendasikan untuk mengunduh dan meng-install aplikasi bernama Evernote di smartphone-mu. Aplikasi ini bisa membuatmu mencatat dan menyimpan idemu dengan cepat dan mudah di manapun dan kapanpun yang kamu mau.

Kamu bisa mengetik catatanmu secara manual atau kamu juga bisa mengambil gambar atau alamat dari suatu halaman internet. Lalu, mencari dan menemukan catatan di Evernote juga mudah karena adanya fitur tag dan kategori yang sudah disediakan. Selain itu, Evernote ini juga menyimpan catatanmu dengan aman di cloud, jadi walaupun smartphone-mu hilang, kamu tak akan kehilangan catatan-catatanmu.

Oh ya, selain Evernote, aplikasi lain yang direkomendasikan untuk kamu install adalah Google Calendar. Aplikasi ini tersedia untuk Android, iOS dan semua browser yang tersedia di pasaran. Kenapa kamu harus meng-install Google Calendar?

  • Kamu bisa menambahkan tanggal-tanggal penting, seperti rapat ataupun ulang tahun.
  • Kamu bisa mengatur pengingat dan alarm untuk tanggal dan jam-jam yang memang penting.
  • Kamu bisa membagikan kalendar yang sudah berisi jadwal-jadwalmu kepada orang lain.
  • Aplikasi dengan segudang fitur ini merupakan aplikasi tak berbayar.
  • Dan tentu saja, Google Calendar juga membuatmu bisa dengan mudah melihat tanggal, bulan dan tahun.

Jika kamu menggabungkan Evernote dan Google Calendar, maka kegiatan harianmu akan jauh lebih mudah, sehingga kamu bisa lebih bersantai dan mempunyai waktu luang untuk melakukan hal lainnya. Tapi, ingat, agar bisa berfungsi optimal, kamu harus membiasakan untuk menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Melepaskan Kecemasan Agar Lebih Tenang Dalam Bekerja

2. Menyerahkan Kegiatan Tertentu Kepada Orang Lain

Menyerahkan Tugas Tertentu Kepada Orang Lain
Menyerahkan Tugas Tertentu Kepada Orang Lain

Tak peduli seberapa kuat tekadmu dan tak peduli seberapa banyak tenagamu, kamu hanyalah satu orang saja. Maksudnya, kamu hanya punya waktu terbatas untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan. Maka dari itu, menyerahkan kegiatan tertentu kepada orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk menambah waktu luangmu.

Jika kamu masih bingung dengan poin ini maka akan kami berikan contoh: kamu tak suka berkebun, tapi kamu juga tak suka dengan pemandangan halaman belakang rumahmu yang bagaikan hutan saja. Jadi, setiap minggunya, kamu mengeluarkan alat-alat berkebun yang tak pernah kamu pakai yang sekarang sudah karatan.

Memang alat-alat tersebut sudah tak optimal dalam memotong rumput dan sebagainya, namun dengan kegigihanmu, kamu masih bisa melakukannya. Dari awal sampai selesai, kamu menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk membuat halaman belakang rumahmu cukup enak untuk dipandang.

Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, berkebun itu adalah sesuatu yang kamu hindari. Dan jujur saja, harus membersihkan dan memotong rumput setiap minggunya menjadi kegiatan menyebalkan yang menghabiskan waktu luangmu di akhir pekan. Tapi tenang saja, karena ada sebuah solusi untuk masalahmu ini.

Kamu bisa memanggil tukang kebun untuk melakukannya atau bisa saja tetanggamu untuk membantu–intinya, kamu membutuhkan seseorang yang bisa datang setiap minggu untuk memotong rumput dan merawat berbagai tanaman yang ada di sana.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu tak perlu repot untuk melakukan kegiatan yang tak kamu sukai ini sendirian serta kamu juga akan mendapatkan ekstra waktu luang tambahan setiap bulannya. Kamu bisa menggunakan tambahan waktu luang ini untuk melakukan apapun yang kamu inginkan, seperti mempelajari alat musik baru, menulis buku ataupun sekedar bertemu dengan teman ataupun keluarga.

Tentu saja, di atas hanyalah contoh dan memberikan kegiatan kepada orang lain tak terbatas kepada berkebun saja. Cobalah untuk memberikan kegiatan kepada orang lain apabila kegiatan itu termasuk ke dalam tiga kategori di bawah ini:

  1. Kegiatan yang tak kamu sukai — seperti berkebun di atas atau membersihkan mobil ataupun mengurusi pajak.
  2. Kegiatan yang seharusnya tak kamu lakukan –kamu mungkin menyukai memperbaiki televisimu, tapi kemungkinan besar kamu membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan teknisi televisi.
  3. Kegiatan yang tak bisa kamu lakukan — contohnya, jika kamu ingin membuat sebuah website untuk bisnismu, tapi kamu tak punya kemampuan teknis dalam hal itu, maka sebaiknya kamu menggunakan jasa web developer.

Setelah kamu sudah menentukan kegiatan apa yang ingin kamu serahkan kepada orang lain, maka lakukanlah! Jika sudah melakukannya, kamu akan mulai merasakan perbedaan di hidupmu. Kamu akan mempunyai lebih banyak energi, lebih banyak waktu dan tentu saja, kamu akan merasakan lebih bahagia daripada sebelumnya.

3. Memperbaiki Kebiasaan Buruk

Memperbaiki Kebiasaan Buruk
Memperbaiki Kebiasaan Buruk

Kita semua punya kebiasaan, beberapa ada yang baik, tapi beberapa ada juga yang buruk. Namun, kamu pasti tak pernah berpikir kalau kebiasaan burukmu itu membuatmu menghabis-habiskan waktu sia-sia.

Salah satu contoh terbaik adalah jika kamu dibangunkan oleh alarm, kamu tak segera bangun dari kasur secepatnya, kan? Dan biasanya memencet tombol snooze berulang kali.

Nah, kebiasaanmu itu bisa dikategorikan sebagai kebiasaan yang buruk, lho. Walaupun kamu hanya snooze selama 10 menit saja setiap paginya, kalau dihitung-hitung akan menjadi sejam per minggunya. Sejam per minggu itu seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Namun tentu saja, tak peduli seberapa buruk kebiasaan tersebut, kebiasaan apapun bisa dirubah, kok.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Keseimbangan Antara Pekerjaan Dan Kehidupan Pribadi

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi situasi kehidupan yang terlalu sibuk karena pekerjaan yang kamu jalani. Memiliki waktu luang tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan produktifitas. Memiliki waktu luang dapat kamu isi dengan berolahraga, membaca buku, hingga berkumpul dengan keluarga.

Written by Mirza M. Haekal

Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle.