in , ,

6 Cara Mempertajam Intuisi Dalam Mengambil Keputusan Besar

Cara Mempertajam Intuisi

Ketika kita dihadapkan pada situasi pengambilan keputusan penting dalam hidup, biasanya kita akan membagikan hal itu kepada orang lain dan mendengarkan pendapat mereka. Dengan kata lain, kita selalu mencari jawaban dari luar diri kita.

Tapi sampai kapan kita terus seperti ini? Dapatkah kita lebih berani untuk mengambil keputusan sendiri? Kita selalu terjebak dalam kecemasan yang tidak nyata dan juga ketakutan yang menghambat langkah.

Nah, kamu mungkin mengenal beberapa orang yang selalu menang dalam permainan. Seseorang yang seolah benar-benar tahu kapan hal buruk akan datang dan juga tahu kapan harus memulai sebuah proyek.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita hanya akan menonton orang lain mengendalikan permainan? Jika jawabannya tidak, maka sekarang saatnya untuk belajar mempertajam intuisi untuk mengambil keputusan besar dalam hidup!

1. Biasakan Diri Dengan Suasana Hening

Keheningan
Keheningan

Intuisi adalah suatu perasaan yang membimbing kita untuk bertindak tanpa memahami alasannya. Dengan kata lain, logika kita takkan mampu menangkap apa pesan yang disampaikan, sehingga kita butuh untuk menggunakan hati.

Sementara di dunia yang serba sibuk, instan dan penuh kebisingan saat ini suara hati kita tidak mampu terdengar, sebab ia berbicara lewat bahasa perasaan yang begitu halus dan lembut.

Maka untuk melatih intuisi kita butuh membiasakan diri dengan suasana hening, menjauh dari kebisingan dan belajar memahami diri sendiri. Lalu apa yang akan kita lakukan dalam suasana hening? Meditasi!

Para pakar dan psikiater mengatakan meditasi atau menjadi tenang selama 3 menit saja sudah membantu kita mempertajam intuisi. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Kita hanya perlu duduk diam, menutup mata dan bernapas dengan sepenuh perhatian di setiap tarikan juga hembusannya. Fokus pada napas dan jangan memikirkan apapun.

Jika ada pikiran yang muncul, kita hanya perlu menerima dan membiarkannya saja. Tetaplah memperhatikan aliran napas.

Tentang keheningan, kamu juga bisa mempelajari : 4 Manfaat dan Potensi Dari Keheningan yang Selalu Kita Abaikan.

2. Melatih Kesadaran Penuh Dalam Setiap Aktivitas

Melatih Kesadaran Penuh
Melatih Kesadaran Penuh

Bukanlah sebuah masalah jika kamu merasa tidak tenang saat melakukan meditasi, sebab tujuan meditasi adalah agar kita lebih tenang dan bisa fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, setelah melatih kesadaran dalam meditasi, kita juga perlu mempraktekkannya dalam aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Misal, saat makan, kita perlu sepenuhnya sadar dan meresapi setiap rasa makanan didalam lidah kita.

Begitu pula dengan aktivitas lainnya, seperti mandi, memakai baju, mengambil minum dan lainnya. Jangan biarkan dirimu melakukan aktivitas secara autopilot. Sebab intuisi akan lebih jelas saat kita sepenuhnya sadar.

Misal, saat kamu sedang berbicara dengan seseorang, jika kamu sadar sepenuhnya maka intuisi alamimu akan menyampaikan pesan tentang baik atau buruknya orang tersebut. Jika orang itu tidak baik, kamu akan lebih cepat merasa kelelahan, itulah intuisi.

Meditasi adalah salah satu cara yang sangat ampuh bagi kita dalam melatih sebuah kesadaran. Terkait tentang meditasi, kamu juga bisa mempelajari : 5 Manfaat Melakukan Meditasi Menurut Para Ilmuwan.

3. Belajarlah Membedakan Antara Ego dan Intuisi

Membedakan Ego dan Intuisi
Membedakan Ego dan Intuisi

Kita tidak bisa mempertajam intuisi tanpa memperluas pengetahuan. Setidaknya, kita perlu tahu perbedaan antara ego dan intuisi agar tidak menyesal nanti setelah mengambil keputusan.

Pertama, Intuisi bersifat tenang dan tidak memaksa, sementara ego sifatnya buru-buru dan memaksa. Saat suatu pemikiran muncul, berikan jarak terlebih dahulu dan pikirkan lagi apakah itu sifatnya terburu-buru?

Kedua, Intuisi bersifat mendukung dan tak pernah menjatuhkan siapapun, sementara ego sifatnya selalu ingin menang dan merasa lebih baik dari yang lain. Pikirkanlah apakah keputusanmu akan merugikan diri sendiri atau orang lain, jika tidak maka itulah intuisi.

Ketiga, Intuisi tidak memberikan pesan secara rinci, jika keputusan yang akan kamu ambil sudah penuh dengan berbagai pertimbangan yang matang dan hasilnya hanya memikirkan keuntungan, maka itu adalah ego.

Terakhir, segala hal yang berkaitan dengan kesenangan duniawi tidaklah berasal dari intuisi. Dengan kata lain, intuisi hanya menyampaikan pesan-pesan tentang kebahagiaan yang sejati.

4. Ajukan Pertanyaan Kepada Diri Sendiri

Mengajukan Pertanyaan Kepada Diri Sendiri
Mengajukan Pertanyaan Kepada Diri Sendiri

Untuk mempertajam intuisi kita perlu memisahkan diri dari orang lain dan mulai melihat ke dalam diri sendiri. Nah, memisahkan diri dari orang lain bukan berarti kita harus menyendiri, sebab hal ini juga bisa kita lakukan saat berhadapan dengan orang lain.

Misal, ketika seseorang sedang berbicara denganmu, perhatikanlah setiap gerak-geriknya, caranya memandang juga tinggi-rendah suaranya. Lalu saat itu juga, tanyakan pada dirimu sendiri orang ini sedang berkata jujur atau bohong.

Jika jawabannya belum muncul, diamlah sejenak dan terus perhatikan orang itu. Lalu tanyakan lagi pada dirimu sendiri, jawaban yang pertama muncul adalah benar.

Hal ini memang terkadang menjadi begitu sulit dilakukan sebab ribuan keraguan juga akan muncul di hatimu. Namun apapun jawaban yang muncul pertama kali, itulah yang benar.

Jadi seberapa hebat pun keraguan yang muncul dalam benakmu, katakan saja pada diri sendiri “Wahai diriku, tenanglah. Aku hanya memegang jawaban yang pertama. Benar atau tidaknya bukanlah sebuah masalah!”

Dialog batin sangat penting dalam setiap aspek yang kita lakukan dalam hidup. Kamu juga bisa mempelajari : Cara Memperbaiki Dialog Batin Yang Membingungkan

5. Sesuaikan Pikiran, Perasaan dan Tindakan

Menyatukan Pikiran dan Perasaan
Menyatukan Pikiran dan Perasaan

Biasakan dirimu untuk tidak melawan hati. Sebab ketika kamu melakukan sesuatu yang tidak sejalan dengan pikiran dan perasaan, maka secara tidak langsung kamu telah menghambat pertumbuhan intuisi alami dalam dirimu.

Misal, ketika kamu sedang berkumpul bersama teman, disana suasananya baik-baik saja tapi dalam hati kamu merasakan sesuatu yang tidak enak, pikiranmu pun tidak tenang. Apakah kamu tidak mengambil tindakan apa-apa dan tetap duduk disana?

Seharusnya kamu mengikuti perasaanmu saja dan bertindak dengan segera pergi dari tempat itu. Tak perlu memakai logika dalam hal ini, sebab dalam dunia intuisi tidak ada perhitungan yang pasti, segalanya adalah mungkin.

Begitu pula saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari, ikutilah kata hatimu. Sering-seringlah bertanya pada dirimu sendiri tentang hal-hal apapun yang akan kamu lakukan dan peganglah jawaban yang pertama kali muncul.

Ingatlah, tidak ada cara lain untuk mempertajam intuisi kecuali menyesuaikan pikiran dan perasaan dengan tindakan. Maka, biasakanlah dirimu!

6. Jadilah Lebih Percaya Diri

Meningkatkan Kepercayaan Diri
Meningkatkan Kepercayaan Diri

Intuisi yang kuat berjalan seiring dengan kepercayaan diri dan kepercayaan diri yang kuat berjalan seiring dengan meningkatnya kualitas diri. Maka, hal pertama yang harus kita lakukan adalah meningkatkan kualitas dengan fokus pada pengembangan diri.

Melakukan hal-hal yang bermanfaat dan mengurangi hal-hal yang hanya buang waktu. Secara perlahan kepercayaan diri pun akan meningkat dan disaat bersamaan intuisi kita pun semakin kuat.

Saat kita sudah percaya diri, maka tidak ada lagi keragu-raguan sebab yang ada hanyalah dua pilihan yaitu yakin atau tidak. Semakin kita yakin pada diri sendiri, maka semakin tajamlah intuisi dalam diri kita.

Kuncinya, teruslah fokus memperbaiki diri, dengan kata lain memperbanyak ilmu dan menghilangkan kebiasaan buruk. Sebab kemalasan dan kesenangan yang instan hanya akan mempertebal ego dan menghalangi ketajaman intuisi kita.

Akhir Kata

Tidak ada yang lebih hebat antara menggunakan intuisi atau logika. Keduanya sama-sama penting dan tergantung bagaimana kita dengan bijak menempatkannya.  Mempertajam intuisi tanpa mengasah otak sama saja kosong.

Begitu pula sebaliknya, mempertajam logika dan memperbanyak ilmu tanpa memberi makan intuisi sama saja kosong. Maka, hal terpenting disini adalah menyesuaikan pertumbuhan logika dan intuisi dibarengi dengan tindakan yang nyata!

Sekianlah artikel tentang 6 cara mempertajam intuisi untuk mengambil keputusan besar dalam hidup. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Penikmat dan pemerhati