in ,

5 Cara Efektif Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar

Cara Memprogram Ulang Pikiran Bawah Sadar

Kita menginginkan kehidupan yang baik tetapi di satu sisi kita masih memiliki ketidakjelasan tentang seperti apa kehidupan yang baik itu sendiri. Ada banyak sekali pertentangan-pertentangan dalam diri sendiri yang membuat hidup kita seperti jalan buntu.

Disinilah pentingnya bagi kita untuk belajar cara memprogram ulang pikiran bawah sadar. Artinya, kita menyelaraskan keinginan, tindakan dan pikiran untuk bisa mendapatkan hidup yang sejahtera.

Seperti yang sudah berulang-ulang dijelaskan bahwa penelitian telah membuktikan bahwa pikiran sadar kita hanya berdampak 3% dalam hidup, sementara 97% yang kita alami adalah hasil dari pikiran bawah sadar.

Ini artinya, kita perlu menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam pikiran bawah sadar terlebih dahulu sebab disanalah kunci kehidupan kita. Berikut ini adalah 5 cara untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar!

1. Memperjelas Tujuan Hidup

Untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar kita perlu memperjelas dulu kemana arah perubahan yang kita inginkan dalam hidup. Kehidupan seperti apa yang kita inginkan? Perubahan seperti apa yang ingin kamu alami secara fisik, emosional, finansial dan spiritual?

Kamu bisa menuliskan daftar keinginanmu di dalam buku catatan agar tetap bisa fokus pada target yang ingin dicapai dalam hidupmu, sehingga lebih mudah untuk menyusun langkah-langkah kecil yang akan membawamu kesana.

Disini kita perlu paham bahwa mengubah program pikiran bawah sadar tidak dapat terjadi dalam satu malam. Butuh upaya dan usaha serta fokus pada keinginan, inilah mengapa kita perlu benar-benar memperjelas tujuan hidup.

Sebab ketika tujuan hidup kita belum jelas, maka kita akan lebih mudah menyerah. Alasan teratas dari kebanyakan orang yang gagal mengkonsep dirinya adalah kurangnya kejelasan akan keinginan dan tujuan hidup.

Maka dengarkanlah keinginan yang memang benar-benar berasal dari intuisi mu bukan dari orang lain, terapkanlah nilai-nilai yang memang sesuai dengan suara hatimu bukan orang lain, sebab hanya dengan cara itu kamu bisa menjadi dirimu sendiri.

Tentang bagaimana cara membuat tujuan hidup yang tepat, kamu bisa mempelajari 7 Cara Mengenali Diri Sendiri Untuk Menentukan Tujuan Hidup.

2. Merendahkan Hati

Merendahkan hati atau bersikap rendah hati bukan berarti kita menyalahkan diri sendiri atas segala kesalahan dan kekurangan yang dimiliki saat ini, memang bersikap rendah diri sangat dekat dengan tidak bersyukur, tidak menerima kenyataan dan membenci diri sendiri.

Namun tujuan kita bersikap rendah hati disini adalah agar kita tahu apa kelemahan-kelemahan pada diri kita yang harus dihilangkan dan diganti dengan program yang lebih membawa manfaat bagi diri sendiri juga orang lain.

Disinilah waktu yang tepat untuk kita mengevaluasi segala ketakutan, keinginan dan kemampuan pada diri sendiri, yaitu dengan cara merenungkannya tanpa menghakimi diri sendiri.

Bersikap rendah hati juga berarti kita menurunkan ego bahwa kita sudah hebat, sudah sempurna dan sudah baik. Sebab jika ego kita terlalu kuat, maka akan sulit untuk memasukkan program baru ke pikiran bawah sadar.

Menyadari bahwa masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki pada diri sendiri akan memberi sinyal ke alam bawah sadar untuk mendorong kita belajar dan terus belajar lagi sehingga jiwa kita pun ikut bertumbuh ke arah yang positif.

3. Memulai dan Berkomitmen

Setelah kita sudah jelas dengan tujuan hidup yang ingin dicapai dan setelah kita sudah tahu hal-hal yang harus diperbaiki pada diri sendiri, maka sekarang saatnya untuk memulai semuanya dengan tindakan yang nyata.

Disini tantangan terberatnya namun yakinlah bahwa kamu pasti bisa. Ketidakmungkinan hanya ada dalam pikiran, sebab pada kenyataannya segala hal bisa menjadi mungkin.

Maka untuk bertindak sesuai keinginan, diperlukan komitmen dan tekad yang kuat pada diri sendiri, sebab hal itulah yang akan menolongmu dari rasa takut dan malas.

Nanti kamu pasti bisa melihat dengan jelas bahwa musuhmu yang nyata ada di dalam dirimu sendiri, yaitu kemalasan dan ketakutan. Jika kamu bisa mengatasi kedua hal itu, maka rintangan lainnya akan terasa lebih mudah untuk dihadapi.

Sekarang cara terbaik untuk memulainya, yaitu dengan membuat daftar aktivitas. Nah, agar lebih mudah lagi, kamu bisa menyetel alarm untuk memberi tahu kapan kamu harus melakukan ini dan itu. Cara ini sangat efektif jika kamu mau mencoba!

Tentang pikiran bawah sadar, mungkin kamu perlu mengetahui 6 Fakta Mengejutkan Tentang Pikiran Bawah Sadar Manusia.

4. Jauhkan Dirimu dari TOXIC

Toxic bisa diartikan sebagai hal-hal yang merusak emosi dan pikiran, atau hal-hal yang menghalangi pertumbuhan kita ke arah yang positif. Toxic berasal dari orang-orang sekitar kamu, juga berasal dari tontonan, musik atau bacaan.

Saat kamu sudah mengkonsep dirimu untuk bertumbuh ke arah yang kamu inginkan, maka tetaplah fokus pada hal itu saja dan jangan biarkan ada hal-hal lain yang mengganggu atau mengalihkan perhatianmu sehingga lupa dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Perlu diketahui bahwa program lama yang ada di pikiran bawah sadar kita saat ini adalah hasil dari toxic-toxic yang kita serap dari lingkungan sekitar, maka jalan satu-satunya jika kamu ingin berubah, mau tidak mau kamu harus menjauh dari semua itu.

Namun bagaimana pun, tetaplah untuk menjadi fleksibel dan ingat, walau kamu memiliki keinginan yang besar namun tetaplah berpikir realistis bahwa hidup tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. Situasi eksternal ada diluar kendalimu dan jangan merasa tertekan jika kamu melihat banyak rintangan diluar sana.

Bersabarlah melihat perubahanmu, biarkan saja dirimu bertumbuh pelan-pelan waktu demi waktu, seiring dengan langkah-langkah kecil itu tetaplah yakin bahwa kamu akan menjadi lebih baik di masa depan. Kamu bisa mempelajari tentang Toxic People, Ciri dan Cara Menyikapinya Agar Tetap Positif.

5. Berdamai Dan Memaafkan Diri Sendiri

Kita tidak akan bisa berubah ke arah yang positif atau mengubah program pikiran bawah sadar menjadi lebih positif selama didalam hati masih menyimpan begitu banyak dendam, kebencian, ego dan amarah.

Sebab semua perasaan dan pikiran negatif itu seperti suatu penghalang yang menghambat perubahan. Masa lalu yang pahit dan rasa sakit pasti akan terus menarikmu kebelakang, tetapi kamu harus tetap maju.

Namun kamu tak akan bisa maju jika belum melepaskan semua yang mengikat kakimu untuk melangkah. Tak ada cara lain untuk melepaskan semua itu kecuali berdamai dengan diri sendiri.

Ini sangat penting karena emosi-emosi negatif yang ada di dalam diri kita bisa memengaruhi keyakinan kita dalam segala hal. Semisal, kamu memiliki pengalaman pahit pernah diselingkuhi, akhirnya kamu meyakini bahwa cinta itu palsu dan kesetiaan itu omong kosong.

Selama kamu masih menggenggam sakitnya diselingkuhi dan tak mau melepaskannya, maka selamanya kamu tak akan menemukan pasangan yang setia meskipun pada kenyataannya mungkin saja.

Nah, agar kamu lebih mudah berdamai dengan diri sendiri dan memprogram ulang pikiran bawah sadarmu, kamu perlu mengulang-ulang kalimat positif yang nantinya akan di serap pikiran. Caranya adalah dengan mendengarkan audio afirmasi positif yang sama secara berulang-ulang.

Kamu juga bisa mempelajari lebih mendalam tentang 7 Cara Mencintai Diri Sendiri, Hidup Hanya Sekali Kamu Berhak Bahagia.

Akhir kata

Memprogram ulang pikiran bawah sadar tidaklah mudah, tidak terjadi dalam satu malam atau satu bulan, namun kamu pasti bisa,  dan pastinya akan menjadi mudah jika kamu mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar.

Maka, temukanlah orang yang bersedia mendukungmu berubah ke arah yang positif entah itu teman dekat, keluarga atau pasangan.